Kepercayaan diri tidak datang dengan sendirinya. Kepercayaan diri perlu ditanamkan dan ditingkatkan kualitasnya. Tapi bagaimana caranya?

Ini dia cara ampuh yang dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda, terutama Anda yang bekerja sebagai seorang karyawan.

Anda sebagai pemimpin perusahaan juga perlu meningkatkan kepercayaan diri karyawan Anda. Untuk apa? Tentu saja untuk perkembangan bisnis usaha dari perusahaan Anda. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kepercayaan Diri Perlu di Segala Lini

“Low self-esteem is like driving through life with your hand brake on.” -Maxwell Maltz

“Harga diri yang rendah seperti mengemudi sepanjang hidup dengan rem tangan Anda.”

 

Tentu Anda hampir sering melihat bagaimana penampilan seorang pembawa acara di layar kaca yang begitu mahir dalam membawa setiap penonton masuk dalam atmosfer yang ia “kendalikan”.

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana ia bisa melakukan setiap aksinya itu dan tanpa ragu dan bahkan malu, mereka menampilkan kepercayaan diri yang tinggi melalui talenta mereka dalam berbicara dan membawakan acara.

Sebut saja salah satu artis yang juga pembawa acara di berbagai acara di layar kaca seperti Daniel Mananta, Gilang Dirga, atau presenter Najwa Shihab.

Sudah tidak diragukan lagi kepiawaian mereka dalam membawakan sebuah acara sehingga membuat para penonton bisa “terhipnotis” oleh pembawaan materi yang mereka sajikan.

Ini-10-Cara-Ampuh-Meningkatkan-Kepercayaan-1-Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Menabung Usia 20 an yang Ga Bakal Lupa, Pasti Bisa Nabung, Terbukti 99% Berhasil]

 

Tidak hanya artis atau presenter yang membutuhkan kepercayaan diri tinggi dalam menekuni dunia kerja mereka, bahkan Anda dengan setiap ladang pekerjaan Anda, sekalipun seorang karyawan, Anda perlu untuk memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Jika Anda seorang sales marketing, tentu Anda harus percaya diri ketika Anda menawarkan produk baru kepada pelanggan Anda atau calon pembeli.

Anda sebagai karyawan kantoran, ada kalanya Anda akan mendapatkan kesempatan untuk membawakan presentasi dalam sebuah meeting, atau setidaknya mengutarakan ide cemerlang Anda dalam sebuah forum pertemuan.

Kepercayaan diri sangat diperlukan di segala lini kehidupan dan juga pekerjaan, tidak terkecuali.

Setidaknya dengan kepercayaan diri, kita bisa menjadi pribadi yang lebih mumpuni dan tidak gampang terombang-ambing kian kemari atas opini orang lain karena Anda memiliki kepercayaan diri yang tinggi terhadap suatu ideologi atau prinsip dalam diri.

Kepercayaan diri tidak langsung bisa didapatkan atau terlahir begitu saja di dalam diri.

Ini membutuhkan proses pengalaman dan juga sebuah aksi yang tidak hanya instan.

Anda perlu terus mencoba dan tidak ragu untuk mengambil kesempatan untuk menampilkan kepercayaan diri Anda.

 

Cara Ampuh Meningkatkan Kepercayaan Diri

Berikut ini berbagai tips yang bisa Anda lakukan dan tanamkan dalam diri sebagai sebuah usaha dalam meningkatkan kepercayaan diri demi meraih kehidupan yang lebih sukses.

 

#1 Visualisasikan diri Anda seperti yang Anda inginkan

“What the mind can conceive and believe it can achieve.” -Napoleon Hill

“Apa yang bisa dibayangkan dan diyakini oleh pikiran itu bisa dicapai.”

 

Visualisasi adalah teknik melihat citra diri yang Anda banggakan dalam pikiran Anda sendiri.

Ketika kita bergumul dengan kepercayaan diri yang rendah, kita memiliki persepsi yang buruk tentang diri kita yang seringkali tidak akurat.

Tips pertama untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda adalah dengan cara memvisualisasi versi diri Anda yang fantastis dan sesuai dengan keinginan Anda.

 

#2 Tegaskan Diri Anda

“Affirmations are a powerful tool to deliberately install desired beliefs about yourself.” -Nikki Carnevale

“Afirmasi adalah alat yang ampuh untuk dengan sengaja memasang keyakinan yang Anda inginkan tentang diri Anda.”

 

Kita cenderung berperilaku sesuai dengan citra diri kita sendiri. Trik untuk membuat perubahan yang terus menerus alias langgeng adalah dengan mengubah cara Anda memandang diri sendiri.

Afirmasi adalah pernyataan positif dan meneguhkan yang kita katakan kepada diri kita sendiri.

Cara ini biasanya akan lebih efektif jika dikatakan dengan keras sehingga Anda dapat mendengar sendiri setiap kata yang Anda ucapkan.

Kita cenderung percaya apa pun yang kita katakan kepada diri kita secara konstan.

Law-of-Attraction-7

[Baca Juga: 10 Prinsip dari Dale Carnegie untuk Negosiasi Harga Properti dengan Tingkat Keberhasilan Tinggi]

 

Misalnya, jika Anda membenci penampilan fisik Anda sendiri, latihlah mengatakan sesuatu yang Anda hargai atau sukai dari diri Anda ketika Anda melihat di depan cermin.

Agar otak Anda menerima pernyataan positif Anda lebih cepat, ucapkan afirmasi Anda dalam sebuah kalimat pertanyaan seperti:

“Mengapa saya begitu baik dalam membuat kesepakatan?”

daripada:

“Saya sangat pandai membuat kesepakatan.”

 

Otak kita secara biologis terhubung untuk mencari jawaban pertanyaan, tanpa menganalisis apakah pertanyaan itu valid atau tidak.

 

#3 Lakukan Satu Hal yang Membuat Anda Takut Setiap Hari

“If you are insecure, guess what? The rest of the world is too. Do not overestimate the competition and underestimate yourself. You are better than you think.” -T. Harv Eker

“Jika Anda merasa tidak aman, coba tebak? Seluruh dunia juga demikian. Jangan melebih-lebihkan kompetisi dan meremehkan diri sendiri. Kamu lebih baik dari yang kamu kira.”

 

Cara terbaik untuk mengatasi rasa takut adalah menghadapinya secara langsung.

Dengan melakukan sesuatu yang membuat Anda takut setiap hari dan memperoleh kepercayaan dari setiap pengalaman, Anda akan melihat rasa percaya diri Anda melambung tinggi. Jadi, keluar dari zona nyaman Anda dan hadapi ketakutan Anda!

Takut untuk melakukan presentasi di kantor? Jangan hindari kesempatan baik itu!

Ini-10-Cara-Ampuh-Meningkatkan-Kepercayaan-2-Finansialku

[Baca Juga: Strategi Jitu Bagi Investor Properti Agar Pengajuan Kredit Disetujui Bank! 99 Persen Berhasil!]

 

Lakukan afirmasi pada diri sendiri bahwa Anda mampu menyelesaikannya dengan baik dan membuat perubahan yang semakin baik dalam diri Anda.

Lari dari kesempatan itu dengan mencari berbagai alasan agar lepas dari kesempatan membawakan presentasi, malahan akan membuat Anda semakin jauh dari rasa keperayaan diri yang sesungguhnya bisa Anda tingkatkan.

 

#5 Pertanyaan Kritik dari Batin Anda

“You have been criticizing yourself for years, and it hasn’t worked. Try approving of yourself and see what happens.” -Louise L. Hay

“Anda telah mengkritik diri sendiri selama bertahun-tahun, dan itu tidak berhasil. Coba setujui dirimu dan lihat apa yang terjadi.”

 

Beberapa komentar paling keras yang kita peroleh sebetulnya berasal dari diri kita sendiri, melalui “suara kritikus batin”.

Jika Anda bergumul dengan kepercayaan diri yang rendah, ada kemungkinan bahwa kritik batin Anda menjadi terlalu aktif dan tidak akurat.

Kritikan bisa Anda dapatkan dari luar, namun jika batin Anda mengiyakan hal tersebut dan melebih-lebihkan, ini bisa merusak diri Anda dari dalam.

Orang Tidak Sukses 01 Finansialku

[Baca Juga: Pebisnis Kalau Mau Sukses Harus Punya Program Kerja, Berikut ini Tips Menyusun Program Kerja]

 

Strategi seperti terapi perilaku kognitif bisa membantu Anda dengan mempertanyakan kritik batin Anda, dan mencari bukti untuk mendukung atau menyangkal hal-hal yang dikatakan oleh kritikus batin Anda kepada Anda.

Misalnya, jika Anda berpikir bahwa Anda gagal, tanyakan pada diri Anda:

“Bukti apa yang ada untuk mendukung pemikiran bahwa saya gagal?”

Dan

“Bukti apa yang ada yang tidak mendukung pemikiran bahwa saya gagal?”

 

Temukan peluang untuk memberi selamat, memuji dan menghargai diri Anda sendiri, bahkan untuk keberhasilan terkecil. Tetap hargai diri Anda dengan setiap pujian pada diri sendiri atas setiap hal yang telah Anda lakukan dengan baik, walaupun tak selamanya yang dilakukan itu berhasil.

 

#6 Matikan Pikiran Negatif & Stay Positive

 “No one can make you feel inferior without your consent.” -Eleanor Roosevelt

“Tidak ada yang bisa membuat Anda merasa rendah diri tanpa persetujuan Anda.”

 

Pernahkah ketika Anda sedang akan memulai berolahraga pagi, batin Anda berkata bahwa ini masih jam 5 pagi, masih ada waktu untuk menghangatkan badan dengan minum kopi.

Atau pernahkah pikiran Anda diliputi dengan sebuah pernyataan bahwa jalanan akan becek karena tadi malam hujan?

Ada begitu banyak alasan yang akan timbul dan mengisi pikiran kita.

Singkirkan pikiran negatif dan nyalakan pikiran positif Anda dan Anda berkuasa untuk membuat hal-hal positif menguasai pikiran dan perilaku serta tindakan Anda.

Niat tersebut ada dalam diri Anda, bangungkan dia, jangan biarkan dia tertidur.

 

#7 Anda adalah Seorang Pemenang

“To establish true self-confidence, we must concentrate on our successes and forget about the failures and the negatives in our lives.” -Denis Waitley

“Untuk membangun kepercayaan diri yang sejati, kita harus berkonsentrasi pada kesuksesan kita dan melupakan kegagalan dan negatif dalam kehidupan kita.”

 

Terlalu banyak orang yang berkecil hati tentang kemampuan mereka karena mereka menetapkan sendiri tujuan yang terlalu sulit untuk dicapai.

Mulailah dengan menetapkan sendiri sasaran kecil yang bisa Anda menangkan dengan mudah.

Setelah Anda membangun aliran kesuksesan yang membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri, Anda dapat melanjutkan ke tujuan yang lebih sulit.

Pastikan Anda juga menyimpan daftar semua pencapaian Anda, baik besar maupun kecil, untuk mengingatkan diri sendiri tentang saat-saat yang telah Anda lakukan dengan baik.

It's OK to Fail, Seperti Kata D'MASIV JANGAN MENYERAH 01 Sukses - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Investasi Emas? Ketahui Dulu Cara Perhitungan Pajak Penghasilan Beli Emas]

 

Keberhasilan dengan skala besar bisa terjadi karena melewati berbagai kerikil dan setiap kesuksesan berskala kecil.

Jangan berharap untuk bisa melintasi sebuah gunung yang tinggi jika Anda tidak bisa menanjaki sebuah gundukan pasir yang ada di hadapan Anda atau bahkan melewati genangan air rongga di jalanan.

Mengalami trauma atas kegagalan yang pernah Anda alami, atau melakukan kebodohanyang membuat Anda merasa menjadi seorang pecundang?

Anda seorang pemenang dan Anda mampu bangkit dari keterpurukan yang telah Anda lakukan.

Jika Anda bisa membuat diri Anda terpuruk, Anda jugalah yang bisa membuat diri Anda bangkit dan meraih kesuksesan dengan kepercayaan diri tinggi dan menjadi seorang pemenang.

 

#8 Bantu Orang Lain

“You are the only person on earth who can use your ability.” -Zig Ziglar

“Anda adalah satu-satunya orang di dunia yang dapat menggunakan kemampuan Anda.”

 

Membantu orang lain sering membuat kita melupakan diri sendiri dan merasa bersyukur atas apa yang kita miliki.

Daripada berfokus pada kelemahan Anda sendiri, secara sukarela bantulah orang lain yang membutuhkan keahlian Anda, dan Anda akan melihat kepercayaan diri Anda tumbuh secara otomatis melalui sebuah proses yang Anda alami.

 

#8 Perhatikan Diri Anda Sendiri

“Self-care is never a selfish act ­– it is simply good stewardship of the only gift I have, the gift I was put on earth to offer to others.” -Parker Palmer

“Perawatan diri tidak pernah menjadi tindakan egois – itu hanya pemeliharaan yang baik dari satu-satunya hadiah yang saya miliki, hadiah yang saya berikan di bumi untuk ditawarkan kepada orang lain.”

 

Percaya diri tergantung pada kombinasi kesehatan fisik yang baik, kesehatan emosional dan kesehatan sosial.

Sulit untuk merasa nyaman dengan diri sendiri jika Anda membenci fisik Anda sehingga membuat Anda memiliki energi yang rendah setiap harinya.

Luangkan waktu untuk menumbuhkan kebiasaan olahraga, makan, dan tidur yang baik. Selain itu, berpakaianlah seperti yang Anda inginkan.

Ini-10-Cara-Ampuh-Meningkatkan-Kepercayaan-4-Finansialku

[Baca Juga: Melihat Prospek Berinvestasi di Saham RANC, Pemegang Merek Dagang Ranch Market]

 

Tak harus mengenakan pakaian mahal atau dengan pernak-pernik dari merek dengan harga selangit.

Setidaknya, Anda terlihat rapi dan bersih melalui pandangan diri sendiri dan juga orang lain.

Bangun rasa percaya diri Anda dengan berusaha untuk menjaga kebutuhan Anda sendiri.

 

#9 Buat Batasan Pribadi

“Never be bullied into silence. Never allow yourself to be made a victim. Accept no one’s definition of your life, but define yourself.” -Harvey Fierstein

“Jangan pernah diintimidasi dalam keheningan. Jangan pernah biarkan diri Anda menjadi korban. Jangan menerima sepenuhnya pandangan orang lain tentang diri Anda, tetapi tentukan pandangan Anda sendiri.”

 

Belajar berkata tidak. Ajarkan orang lain untuk menghormati batasan pribadi Anda.

Memiliki kontrol diri akan meningkatkan kepercayaan diri.

Prinsip hidup Andalah yang akan menggerakkan diri Anda kepada tujuan yang Anda ciptakan, bukan orang lain.

 

#10 Anda adalah Diri Anda Seutuhnya

“Wanting to be someone else is a waste of the person you are.” -Marilyn Monroe

“Ingin menjadi orang lain adalah pemborosan orang seperti Anda.”

 

Orang dengan kepercayaan diri rendah melihat orang lain lebih baik atau lebih layak dari diri mereka sendiri. Daripada membawa persepsi ini, lihat diri Anda sama dengan semua orang. Mereka tidak lebih baik atau lebih layak dari Anda.

Terima diri Anda sebagaimana keberadaan diri Anda. Jika Anda merasa orang lain lebih sukses dari Anda, mungkin Anda belum berusaha dengan semaksimal mungkin seperti yang mereka lakukan.

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam hidup ini, apakah Anda sudah menggunakan kesempatan Anda dengan baik?

Demikian juga kesuskesan finansial yang bisa didapat dari sebuah investasi yang merupakan cara jitu untuk meraih masa depan yang lebih baik secara finansial.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi orang sukses melalui investasi dengan cara memiliki Panduan Berinvestasi dari Finansialku dengan mendownload E-Book Gratis Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku berikut ini:

Panduan Berinvestasi Saham

Panduan Berinvestasi Emas

Panduan Berinvestasi Reksa Dana

 

Tingkatkan Kepercayaan Diri dengan Bersyukur

“Once we believe in ourselves, we can risk curiosity, wonder, spontaneous delight, or any experience that reveals the human spirit.” -E.E. Cummings

“Begitu kita percaya pada diri sendiri, kita bisa mengambil risiko rasa ingin tahu, bertanya-tanya, kegembiraan spontan, atau pengalaman apa pun yang mengungkapkan jiwa manusia.”

 

Bersyukur atas keberadaan diri dan setiap pencapaian serta apa yang Anda miliki juga adalah salah satu cara untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Citra diri akan semakin berkembang dengan perasaan syukur atas segala sesuatu yang bisa kita dapatkan dan rasakan. Bersyukur tidak selamanya untuk hal-hal yang kita rasa itu baik. Bahkan ketika kita menghadapi kesulitan dalam mendidik buah hati. Ini adalah satu proses untuk menguji kesabaran.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • W. Dunn. 7 September 2016. 10 Things You Can Do to Boost Self-Confidence. Entrepreneur.com – https://goo.gl/w1XAag
  • Leo Babauta. 25 Killer Actions to Boost Your Self-Confidence. Zenhabits.net – https://goo.gl/FVGptu
  • Agus Dwi. 12 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Karyawan Anda. Duniakaryawan.com – https://goo.gl/JDvfZS
  • Osman A. 27 Powerful Quotes to Boost Your Self Confidence. Codeofliving.com – https://goo.gl/UmKLCZ

 

Sumber Gambar:

  • Kepercayaan Diri Anda – https://goo.gl/8AQny7
  • Kepercayaan Diri Anda 2 – https://goo.gl/u1Wc7C
  • Kepercayaan Diri Anda 3 – https://goo.gl/jswz6w
  • Kepercayaan Diri Anda 4 – https://goo.gl/FopHex

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Summary
Ini 10 Cara Ampuh Meningkatkan Kepercayaan Diri Anda Sebagai Karyawan
Article Name
Ini 10 Cara Ampuh Meningkatkan Kepercayaan Diri Anda Sebagai Karyawan
Description
Kepercayaan diri tidak datang dengan sendirinya. Kepercayaan diri perlu ditanamkan dan ditingkatkan kualitasnya. Tapi bagaimana caranya?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo