Punya pengalaman kartu kredit decline dan gagal digunakan bertransaksi? Pasti kejadian itu bikin kamu gak nyaman dan bertanya-tanya ‘kok bisa ya?’.

Yuk, ketahui penyebab dan cara mengatasinya di artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pengalaman Kartu Kredit Decline

Ngomongin tentang kartu kredit, saya jadi teringat seorang sahabat yang lebih dari 10 tahun setia menggunakan kartu ini.

Dia sering menyebutnya sebagai kartu sakti, karena dengan mudah ia bisa membeli berbagai kebutuhan yang diinginkan.

Memang diakui, pembayaran dengan kartu kredit terbilang simple apalagi untuk mereka yang jarang melakukan transaksi tunai alias cashless.

Bahkan dengan kartu kredit seringkali mendapat banyak keuntungan dari diskon yang ditawarkan. Menarik, bukan?

But anyway, satu waktu saya pernah menemani sahabat saya belanja ke toko baju anak. Berbagai kebutuhan sudah tersimpan apik di tas belanja, dan waktunya ngantre ke kasir deh.

5+ Alasan Kenapa Kartu Kredit Decline dan Solusinya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Boleh Beli Hewan Kurban Pakai Kartu Kredit? Cek Kebenarannya!]

 

Setelah cukup lama mengantre, giliran sahabat saya melakukan transaksi pembayaran. Lumayan lama nih sampai beberapa pembeli yang mengantre di belakangnya memasang muka badmood.

Akhirnya saya pun mendekati kasir tersebut, ternyata kartu kredit sahabat saya ditolak, artinya tidak bisa dilakukan transaksi. Duh, malu dan serba salah banget jadinya.

Untung saat itu saya membawa uang cash, akhirnya transaksi dilanjutkan secara tunai, deh. Apakah Sobat Finansialku pernah mengalami kejadian serupa?

Mungkin kita sempat bertanya-tanya “kok bisa ya kartu kreditnya decline?” Kira-kira apa sih penyebabnya?

 

7 Penyebab Kartu Kredit Decline dan Tips Mengatasinya

Mengalami kejadian kartu kredit gak bisa digunakan seperti yang menimpa sahabat saya memang jadi pengalaman yang kurang mengenakkan. Apalagi jika saat itu barang tersebut benar-benar dibutuhkan.

Nah, supaya kejadian itu tidak berulang, mari simak beberapa tips mengatasi kartu kredit decline sesuai dengan penyebabnya.

 

#1 Terdapat Sejumlah Dana yang Ditahan

Dana yang di tahan di kartu kredit biasanya sebagai jaminan, seperti untuk menyewa hotel. Biasanya waktu dikembalikannya dana ini berbeda dari satu penerbit kartu dengan penerbit kartu yang lain.

Cara mengatasinya, sebisa mungkin cegah dana agar tidak ditahan. Bisa juga kamu menanyakan berapa jumlah dana yang ditahan sehingga kamu dapat menganggarkan dengan tepat.

 

#2 Telat Membayar Tagihan

Gagal transaksi atau kartu kreditmu ditolak bisa disebabkan karena telat membayar tagihan sehingga penerbit kartu me-non-aktifkan kartu kreditmu.

Jika hal ini terjadi, kamu bisa menghubungi layanan pelanggan dan tanyakan berapa banyak yang perlu kamu bayar agar kartu diaktifkan kembali.

Amannya, jangan sampai kamu terlambat membayar misalnya dengan menjadwalkan pembayaran rutin untuk setidaknya melakukan pembayaran minimal setiap bulan.

5+ Alasan Kenapa Kartu Kredit Decline dan Solusinya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kartu Kredit untuk Investasi? Jangan Salah! Ini Kebenarannya!]

 

#3 Salah Menggunakan Chip Kartu

Beberapa pembaca kartu chip tidak akan menerima kartu chip kredit ketika kamu mencoba untuk menggesek strip magnetik. Juga, mencabut kartu chip sebelum muncul perintah di layar dapat berakibat kartu kredit ditolak.

Solusinya, jangan panik. Coba masukan kartu dan ikuti instruksi di layar untuk mengulang proses pembayaran.

 

#4 Menunggu Uang Ditransfer

Institusi keuangan memiliki kebijakan berbeda dalam penanganan dana dan proses transfer. Sehingga jika berhubungan dengan pembayaran dan pelunasan yang jatuh tempo, ini dapat berakibat keterlambatan membayar.

Misal, sebuah akun bank segera mentransfer dana setelah perintah transfer dibuat, tetapi rekening bank lain menahan dana selama 24 jam dan hari berikutnya dana baru ditransfer setelah jam kerja selesai.

Bagaimana mengatasinya? Tentukan dan ketahui waktu transfer dari bank atau penerbit kartu atau hubungi layanan pelanggan dan minta mereka melihatnya sekarang.

 

 

#5 Melupakan Biaya Tahunan

Kamu mungkin lupa bahwa ada biaya tahunan yang mencapai Rp 300 ribu. Jika kartu kreditmu sudah mendekati limit, sangat berisiko mengalami tidak cukup dana ketika biaya tahunan dikenakan.

Solusinya tidak ada pilihan lain kecuali membayar biaya ini. Buat pengingat sebulan sebelum biaya tahunan dikenakan sehingga kamu bisa membayarnya sebelum biaya itu dikenakan.

5+ Alasan Kenapa Kartu Kredit Decline dan Solusinya! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Bayar DP Mobil Pakai Kartu Kredit. Memang Bisa?]

 

#6 Kartu Tambahan Dinonaktifkan

Jika kamu diberikan akses untuk memegang kartu tambahan dari orang tua/suami/istri/keluarga, gunakanlah sebaik mungkin secara bijak karena kartumu bisa saja dinonaktifkan, lho.

Sekalipun hal ini menimpamu, solusinya hubungi pemilik kartu utama dan mintalah agar kartu kreditmu diaktifkan kembali.

 

#7 Memicu Aktifnya Perlindungan Penipuan Kartu

Merespon semakin maraknya penipuan kartu, banyak penerbit memperhatikan pembelian-pembelian yang terjadi di luar pola yang tetap.

Selain itu, aktifnya perlindungan penipuan kartu bisa dipicu ketika kamu melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa memberitahukan kepada penerbit kartu.

Ketika hal ini terjadi, sebaiknya daftarkan kartumu untuk menerima pemberitahuan lewat SMS sehingga supaya mengetahui tengah dilakukan transaksi.

Termasuk jika kamu bepergian ke luar negeri, informasikan kepada penerbit kartu mengenai rencana kepergian tersebut.

 

Sedia Cash Sebelum Transaksi

Meskipun tren cashless semakin marak, gak ada salahnya kamu selalu sedia uang tunai sebagai alternatif sekaligus antisipasi jika kartu kreditmu decline.

Selain itu, hal penting lainnya adalah gunakan kartu kredit secara bijak dan sebaik mungkin. Catat selalu pengeluaran supaya cashflow terkontrol dengan baik.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku yang akan membantu kamu mencatat dan mengatur keuangan. Kamu juga bisa berkonsutasi dengan ahli keuangan dan mengetahui Kesehatan finansial kamu, lho.

Download aplikasinya dan manfaatkan promo potongan Rp 50 ribu dengan memasukkan kode CUAN50 untuk menjadi member premium.  

playstore icon
appstore icon

 

Jika kamu punya pengalaman serupa, jangan ragu share di kolom komentar ya. Bagikan juga artikel ini ke teman-temanmu untuk menambah pengetahuan mereka seputar dunia kartu kredit. Terima kasih.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Kredit 1 – https://bit.ly/3gZ3IGg
  • Kartu Kredit 2 – https://bit.ly/31FinjM
  • Kartu Kredit 3 – https://bit.ly/3h0sTbT