Daripada beli kartu ucapan lebaran, mending buat sendiri! Lebih cantik, lebih unik dan tentunya lebih berkesan bagi penerimanya.

Yuk simak ulasan Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kartu Ucapan Lebaran Anti Mainstream

Perayaan lebaran sudah menjadi tradisi turun temurun masyarakat Indonesia ketika bulan Syawal. Tidak lain, tradisi tersebut adalah bersilaturrahmi sekaligus berbagi angpao dan kartu ucapan.

Di era modern ini, silaturrahmi tetap bisa dilakukan walaupun terpisah jauh oleh jarak geografis. Cara bersilaturrahmi dengan kerabat yang jauh, yang tidak kita jumpai saat lebaran bisa dilakukan dengan memberikan kartu ucapan secara online melalui media sosial.

 

Simpel dan Praktis! Ini Cara Buat Sendiri Kartu Ucapan Lebaran Unik

Adanya teknologi yang berkembang dapat membantu pelaksanaan tradisi silaturrahmi, melalui kartu ucapan yang dikirim via sosial media. Kartu ucapan akan semakin berkesan apabila buatan dan ide dari Anda sendiri.

Kartu Lebaran 1

[Baca Juga: Games: Selain Ketupat, Ada 10 Makanan Khas Lebaran yang Wajib Kamu Coba]

 

Kata hati Anda akan terasa oleh kerabat yang menerima kartu ucapan. Apalagi bila yang Anda kirim merupakan buatan Anda sendiri. Tidak hanya itu, Anda pun semakin merasa puas jika bisa memberikan kartu ucapan atas kreasi sendiri.

Saat ini kartu ucapan dapat Anda buat sendiri melalui beberapa aplikasi bantuan, seperti;

 

#1 Canva

Canva merupakan aplikasi desain yang dapat membantu Anda membuat kartu ucapan. Caranya dengan memilih template tipe desain kartu sesuai selera Anda.

Kemudian, juga bisa mengunggah foto yang diinginkan dan memadukan dengan teks ucapan lebaran. Langkah selanjutnya adalah simpan dan bagikan.

 

#2 Greetings Island

Greetings Island merupakan salah situs untuk membantu Anda dalam membuat kartu ucapan lebaran. Situs tersebut memberikan berbagai desain grafis yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera.

Selain itu, Anda dapat memodifikasi teks yang ingin diungkapkan kepada kerabat. Lebih baik lagi jika kartu ucapan yang Anda buat dicetak dan kirim via pos agar lebih memberikan kesan haru dan lebih dihargai dari pada pengiriman secara digital.

 

#3 Pinterest

Terdapat pula aplikasi yang lebih praktis untuk mendapatkan sebuah kartu ucapan. Jika tidak sempat membuat kartu ucapan sendiri, Anda dapat memilih kartu ucapan secara praktis dan tidak perlu memodifikasi lebih lanjut melalui aplikasi pinterest.

Kartu Lebaran 3

[Baca Juga: Menyambut Bulan Ramadhan Daftar Lagu Religi Terfavorit Selama Bulan Puasa]

 

Hal yang Anda lakukan hanya mengunduh kartu ucapan yang sesuai dengan selera dan mengirimkan secara digital melalui aplikasi sosial media kepada kerabat.

 

#4 Flex Klip

Jika Anda ingin membuat kartu ucapan yang berbeda dan lebih menarik, buatlah dalam bentuk video. Dengan aplikasi Flex Klip, Anda dapat terbantu dalam membuat kartu ucapan berbentuk video dengan memilih template yang tersedia.

Melalui aplikasi Flex Klip juga dapat mengedit gambar, teks, dan dapat mengunggah video milik Anda sendiri.

 

#6 Poster My Wall

Situs poster my wall menyediakan kartu ucapan secara instan. Anda bisa langsung mengunduh sesuai selera. Kartu ucapan yang disediakan berupa video animasi yang cukup menarik.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#6 Kartu Ucapan Berupa Pop Up Card

Kartu ucapan yang dibentuk berupa pop up tidak kalah menarik dengan pembuatan secara digital. Hal ini menjadi unik karena akan ada suatu tampilan yang timbul dan muncul secara tiba-tiba ketika kartu ucapan dibuka.

 

#7 Kartu Ucapan Berhadiah

Jika dari kartu ucapan yang disebutkan di atas hanya dibagikan secara online atau pun bisa didesain untuk angpao. Kali ini kartu ucapan ini didesain lebih tebal agar dapat diisi kue.

 

Serunya Membuat Kartu Ucapan Lebaran

Penjelasan yang telah diulas di atas, dapat Anda jadikan sebagai inspirasi dalam membuat kartu ucapan sesuai dengan kreasi dan selera masing-masing.

Anda tentunya bisa menyesuaikan keinginan, dan memilih step by step mana yang paling mudah.


Di tengah pandemi ini, di mana Anda lebih banyak di rumah, tentu kesempatan ini bisa dimanfaatkan. Selagi sempat untuk membuat kartu ucapan, kenapa tidak dicoba?

 

Walaupun tetap berada di rumah, Anda bisa memeriahkan lebaran 2020 bukan? Yuk bagikan artikel ini pada orang terdekat Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Imanuel Kristianto. 28 Maret 2020. Rekomendasi Kartu Ucapan Lebaran 2020 untuk Idul Fitri yang Berkesan. Review.bukalapak.com – https://bit.ly/3c2V86s
  • Admin. Semarakkan Momen Lebaran dengan Berkirim Kartu Ucapan. Canva.com – https://bit.ly/3ejCYP5

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Lebaran 1 – https://bit.ly/2LVGzqF
  • Kartu Lebaran 2 – https://bit.ly/2X0joBQ
  • Kartu Lebaran 3 – https://bit.ly/2LYTvfl