Bagaimana rencana Anda mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri? Biar anti mainstream, cobalah beberapa kata mutiara Idul Fitri berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Hari raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Mengapa disebut sebagai hari kemenangan?

Hal ini dikarenakan pada bulan Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk berlomba-lomba menekuni ibadah dan memerangi hawa nafsu.

Apabila umat Islam yang menjalankan ibadah dengan sungguh-sungguh pada bulan Ramadhan sebagai sarana berhijrah menuju yang lebih baik untuk mencapai keimanan yang lebih tinggi, maka akan memperoleh kemenangan di hari raya tersebut.

Makna dari kemenangan tersebut adalah menang memerangi hawa nafsu dan berhasil meningkatkan kadar keimanan.

Berpuasa dan menjalankan ibadah atas dasar mengharap ridha Allah akan diampuni dosa-dosanya dan akan kembali fitrah pada 1 Syawal.

Seluruh umat Islam di Indonesia menyambut gembira datangnya hari kemenangan tersebut dengan mengucapkan perayaan kepada sesama muslim.

 

Mengungkapkan Selamat Merayakan Hari Kemenangan Umat Islam

Tradisi masyarakat Indonesia ketika lebaran adalah bersilaturahmi, berjabat tangan, dan saling memaafkan. Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk rela mudik ke kampung halaman demi bersilaturahmi dengan kerabatnya.

Silaturrahmi dan memberikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri ini juga bisa dilakukan melalui sosial media untuk menjangkau pintu maaf dari siapa pun yang jaraknya jauh dengan kita.

Kumpulan Kata Kata Terbaik Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2020 01 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Ketupat, Ada 10 Makanan Khas Lebaran yang Wajib Kamu Coba]

 

Apalagi, dalam kondisi adanya wabah virus corona saat ini yang mengharuskan masyarakat untuk tetap tinggal di rumah, sehingga larangan mudik pun diberlakukan.

Tidak dapat mudik, bukanlah menjadi suatu penghalang untuk bersilaturahmi, saling memaafkan, dan mengucapkan selamat. Berikut ini kumpulan kata-kata yang mungkin dapat disampaikan saat perayaan lebaran tahun 2020.

 

#1 Ucapan yang Menyentuh Hati

Indahnya suara gema takbir, menggertakkan hati untuk memohon maaf. Tidak terjaganya lisan, pengabaian janji, perilaku yang tak berkenan, dan hati yang terkadang berprasangka.

Segala kekhilafan yang terjadi. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat lebaran 2020.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#2 Ucapan yang Puitis

Takbir berkumandang di seluruh penjuru. Seluruh alam semesta pun menyambut gembira datangnya hari kemenangan. Selamat Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.

 

#3 Ucapan untuk Teman

Manusia tidak pernah luput dengan perbuatan khilaf. Aku berharap kau memaafkan kawanmu ini di hari kemenangan. Selamat merayakan lebaran 2020.

Kumpulan Kata Kata Terbaik Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2020 02 - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Murah: Berapa Dana Liburan ke Raja Ampat ala Backpacker? Lihat Perhitungannya!]

 

#4 Ucapan yang Disertai Doa

Ramadhan telah usai. Takbir pun telah meramaikan kemenangan umat Islam. Selamat lebaran 2020. Semoga Allah menerima segala amal ibadah kita selama Ramadhan.

 

#5 Ucapan dengan Kerendahan Hati

Pintu maaf telah tiba. Segala bentuk dosa, kekhilafan yang pernah dilakukan dengan kerendahan hati mohon maaf lahir dan batin. Selamat merayakan lebaran 2020.

 

#6 Ucapan dengan Esensi Perayaan

Berkumandangnya takbir, penanda pintu maaf pun tiba. Dengan segala kerendahan hati atas kekhilafan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat lebaran 2020.

 

#7 Ucapan Tentang Hari Kemenangan

Bulan suci Ramadhan telah berlalu, berganti dengan hari kemenangan. Hati bergetar mendengarkan gema takbir. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Selamat merayakan hari kemenangan umat Islam.

Kumpulan Kata Kata Terbaik Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2020 03 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO : 3 Tips Mudah Mengatur Keuangan Keluarga di Bulan Ramadhan #KETUPAT Eps 1]

 

Ucapkan Maaf Sebagai Esensi Hari yang Suci

Hari raya kemenangan umat Islam ini berkaitan erat dengan tujuan mencapai ketakwaan atau mengembalikan diri menjadi fitrah (suci) setelah berhijrah selama bulan Ramadhan.

Tidak hanya mendapatkan pintu maaf dari Allah SWT, namun juga mendapatkan maaf dari sesama yang mungkin pernah kita sakiti.

Kita tidak pernah tau jika orang lain merasakan sakit hati karena perbuatan diri sendiri.

Maka dari itulah, bersilaturrahmi ketika lebaran memang penting dilakukan demi memperbaiki hubungan sosial dengan sesama baik secara online maupun offline.

 

 

Situasi wabah corona pada lebaran tahun 2020 ini tidak menjadi alasan untuk tidak bersilaturahmi karena ada alternatif lain melalui sosial media.

Share artikel ini agar semangat menyambut Idul Fitri tahun ini semakin bermakna terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hasyim Ashari. 05 Mei 2020. Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah Lebaran 2020 Cocok untuk Medos & WhattsApp. kupang.tribunnews.com – https://bit.ly/3bTvGQJ
  • Anugerah Ayu Sendari. 05 Juni 2019. Makna Idul Fitri yang Tak Hanya Sekadar Kembali Ke Fitrah. Liputan.com – https://bit.ly/2A1Vixy

 

Sumber Gambar:

  • Idul Fitri 1 – https://bit.ly/3gg6irI
  • Idul Fitri 2 – https://bit.ly/36mJsKv
  • Idul Fitri 3 – https://bit.ly/2WVUC5P