Karyawan memiliki saham perusahaan dengan ESOP? Apa itu ESOP? Apakah mungkin seorang karyawan memiliki saham perusahaan dengan ESOP? Finansialku akan membahas cara karyawan memiliki saham perusahaan dengan ESOP di Indonesia.

1203istockmedium Karyawan Memiliki Saham Perusahaan dengan ESOP

 

Apa itu Kepemilikan Saham Perusahaan dengan ESOP?

ESOP atau employee stock option program adalah progam yang memberikan hak kepada karyawan atas kepemilikan saham. Progam kepemilikan saham perusahaan di Indonesia dikenal dengan sebutan progam kepemilikan saham bagi karyawan (PKSK). Progam kepemilikan saham perusahaan dengan ESOP pertama kali ada di Amerika, sekitar tahun 1950 an.

Progam kepemilikan saham perusahaan dengan ESOP dilakuakan dalam beberapa cara, antara lain perusahaan memberikan sahamnya secara cuma-cuma (stock grant) kepada karyawan, menjual saham perusahaan pada karyawan (umumnya dengan harga diskon) dan memberikan opsi kepada karyawan untuk membeli saham perusahaan pada periode tertentu dan pada harga tertentu. Progam kepemilikan saham perusahaan dengan ESOP di Indonesia memang belum tenar, terlebih untuk perusahaan-perusahaan yang masih bersifat perusahaan keluarga.

Perusahaan apa sajakah yang telah menerapkan progam kepemilikan saham perusahaan dengan ESOP? Tim Finansialku mengutip penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Tim Studi Penerapan ESOP Emiten atau Perusahaan Publik di Pasar Modal Indonesia dengan judul Studi Tentang Penerapan Esop (Employee Stock Ownership Plan) Emiten Atau Perusahaan Publik Di Pasar Modal Indonesia tahun 2002.

Karyawan Memiliki Saham Perusahaan dengan ESOP

Mengapa perusahaan atau management memberikan kesempatan karyawan untuk memiliki saham perusahaan dengan ESOP? Tim Finansialku mencoba menggali beberapa hal yang menjadi motivasi perusahaan, antara lain:

loyalty-pano_20169 Karyawan Memiliki Saham Perusahaan dengan ESOP

[Baca juga : Planning untuk Kebebasan Keuangan (Financial Freedom)]

 

Sebagai bentuk Penghargaan (Reward)

Mungkin Anda pernah mendengar stick and carrot, yaitu ungkapan yang menunjukan bahwa perusahaan harus memberikan hadiah kepada karyawan yang berprestasi dan hukuman bagi karyawan yang tidak berprestasi atau melakukan kesalahan. Salah satu bentuk hadiah yang ditawarkan perusahaan adalah kepemilikan saham perusahaan dengan ESOP. Hadiah adalah salah satu cara untuk memotivasi karyawan untuk mecetak prestasi.

 

Cara Mempertahankan Karyawan (Retaining Program)

Kepemilikan saham perusahaan dengan ESOP diduga mampu mempertahankan karyawan (alias meminimasi keluar masuknya karyawan atau turn over karyawan). Karyawan yang memiliki saham perusahaan cenderung akan memiliki rasa memiliki dan akhirnya menimbulkan semangat dalam bekerja.

 

Bagaimana Cara Kerja Kepemilikan Saham Perusahaan dengan ESOP?

Menurut hasil penelitian Tim Studi Penerapan ESOP Emiten (sumber 3) terdapat 5 cara kepemilikan saham peruasahaan dengan ESOP yaitu:

  1. Pemberian Saham (Stock Grants). Pemberian saham ini sifatnya hibah dari perusahaan kepada karyawan. Pemberian saham adalah jenis transfer kepemilikan saham perusahaan dengan ESOP yang paling sederhana. Umumnya diberikan kepada orang-orang kunci dalam perusahaan sebagai bentuk penghargaan atau retensi karyawan.
  2. Program Pembelian Saham Oleh Karyawan (Direct Employee Stock Purchase Plans). Jenis ini memungkinkan karyawan untuk membeli saham perusahaan dengan keuntungan-keuntungan tertentu, misal harga lebih murah (diskon). Karyawan diperbolehkan untuk menolak program pembelian saham jika dirasa tidak menguntungkan atau ada penawaran yang lebih baik.
  3. Program Opsi Saham (Stock Option Plans). Perusahaan memberikan pilihan kepada karyawan untuk membeli saham perusahaan dengan harga tertentu dan pada periode tertentu. Opsi sifatnya adalah hak bukan kewajiban. Jika harga saham perusahaan (perusahaan publik) berada di bawah harga pasar, maka karyawan dapat membeli saham tersebut.
  4. Employee Stock Ownership Plans (ESOPs). Progam ini adalah salah satu bentuk dari progam pensiun. Skemanya adalah perusahaan akan meminta manajer investasi atau pengelola dana profesional untuk berinvestasi pada saham perusahaan, kemudian keuntungannya diberikan kepada karyawan. Progam employee stock ownership plans (ESOPs) dibuat oleh Kelso.
  5. Phantom Stock and Stock Appreciation Rights (SARs). Progam ini memungkinkan karyawan untuk mendapat keuntungan ekonomis atas kepemilikan saham tanpa diikuti transfer (pemindahan) saham sesungguhnya. Progam SAR ini sifatnya adalah hibah dari perusahaan kepada karyawan untuk menerima kas sebesar kenaikan harga tertentu dari saham perusahaan di masa yang akan datang.

 

Apakah Kepemilikan Saham Perusahaan dengan ESOP dapat Diimplementasikan untuk Perusahaan Start Up atau UMKM?

Setelah mengetahui jenis progam ini, apakah Anda memiliki pemikiran untuk menerapkan ESOP pada perusahaan Anda (perusahaan keluarga, perusahaan start up atau UMKM)? Jika ya, mungkin saja beberapa cara pengalihan ESOP tidak dapat dilakukan (misalnya ESOP berupa Opsi saham).

Hal pembagian saham perlu dibicarakan kepada seluruh pemegang saham atau pemilik perusahaan. Bagaimana cara pembagian saham perusahaan start up, UMKM? Tim Finansialku memberikan illustrasi sederhana yang dapat Anda gunakan pada perusahaan Anda. Jika Anda ingin menerapkan konsep ESOP perlu Anda diskusikan dengan konsultan keuangan atau konsultan pajak Anda. Contoh sebuah perusahaan dimiliki oleh Pak Alpha (25%), Ibu Beta (25%), Pak Charlie (25%) dan Ibu Delta (25%), seperti pada gambar di bawah ini:

Karyawan Memiliki Saham Perusahaan dengan ESOP awal

Bagaimana cara pembagian keuntungan (dividen) bagi masing-masing pemilik saham?

Karyawan-Memiliki-Saham-Perusahaan-dengan-ESOP-skema-awal revisi

Jika masing-masing pemegang saham memberikan 2,5% sahamnya untuk karyawan (karyawan mendapat 10% saham), seperti pada gambar berikut:

Karyawan Memiliki Saham Perusahaan dengan ESOP setelah dibagi

Jika masing-masing pemegang saham memberikan 2,5% sahamnya untuk karyawan (karyawan mendapat 10% saham), seperti pada gambar berikut:

Karyawan Memiliki Saham Perusahaan dengan ESOP skema ESOP

Sumber:

  1. Bimo Prasetio. 2013. PELUANG KARYAWAN MENJADI PEMEGANG SAHAM DALAM PERUSAHAAN.
  2.  I Made B. Tirthayatra. 2009. PROGRAM KEPEMILIKAN SAHAM BAGI KARYAWAN (ESOP).
  3. Tim Studi Penerapan ESOP Emiten atau Perusahaan Publik di Pasar Modal Indonesia. 2002. STUDI TENTANG PENERAPAN ESOP (EMPLOYEE STOCK OWNERSHIP PLAN) EMITEN ATAU PERUSAHAAN PUBLIK DI PASAR MODAL INDONESIA.

 

 

Kami akan sangat berterima kasih jika Anda mau berbagi mengenai kepemilikan saham perusahaan dengan ESOP di perusahaan Anda. Terima kasih.

 

Artikel-artikel Finansialku terkait dengan bisnis dan properti:

finansialkuPendanaan Online untuk Bisnis OnlineBaca
finansialkuCara Bagi Hasil Bisnis PatunganBaca
finansialkuMembuat Rencana Bisnis atau Business PlanBaca

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuRencana Keuangan KomprehensifBaca
finansialkuBelajar Saham – Trader dan InvestorBaca
finansialkuPlanning untuk Kebebasan Keuangan (Financial Freedom)Baca