Siapa bilang kalau internet hanya memberikan pengaruh buruk? Banyak orang tua yang khawatir jika anaknya menggunakan internet, padahal ada banyak contoh orang-orang yang bisa kaya berkat internet.

Pada dasarnya, internet hanyalah alat yang dibuat untuk memudahkan manusia.

Jika digunakan dengan benar, internet bisa membantu Anda meraih banyak manfaat, bahkan mendapatkan penghasilan yang Anda inginkan.

Bahkan banyak orang yang bisa kaya berkat internet pada usia yang masih muda. Mari simak artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Kisah Miliuner Muda dari Negeri China

Memiliki banyak harta di usia muda, siapa yang tidak mau?

Tapi tidak semua orang bisa mendapatkannya. Apalagi jika bukan hanya kaya di usia muda, tapi juga mendunia. Bagaimana caranya?

Jika berbicara tentang miliuner di China, yang terpikir pertama pasti Jack Ma.

Nama Jack Ma memang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Akan tetapi, ternyata masih ada orang yang lebih kaya dari Jack Ma yaitu Ma Huateng.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Nama Ma Huateng memang tidak lebih dikenal dibandingkan dengan Jack Ma. Namun, harta yang dimiliki Ma Huateng tidak kalah melimpah dibandingkan Jack Ma.

Saat ini, Ma Huateng adalah orang terkaya nomor 2 di China, melampaui Jack Ma.

Kerajaan bisnis Ma Huateng dibangun lewat berbagai hal yang berkaitan dengan internet dan teknologi. Dan kekayaan yang ia miliki sudah mencapai US$39 miliar, atau setara dengan Rp592,8 triliun jika dihitung dengan kurs Rp15.200.

Ma Huateng lahir di China, dengan ayah yang bekerja sebagai manajer di sebuah pelabuhan besar China.

Pada tahun 1993, ia lulus dari Universitas Shenzhen dengan gelar di bidang ilmu komputer, lalu mendapatkan pekerjaan untuk mengembangkan perangkat lunak yang digunakan pada pager.

Resep Seorang Muda yang Kaya Berkat Internet 02 Ma Huateng - Finansialku

[Baca Juga: Ada Lho 5 Bisnis Kreatif Mahasiswa yang Menghasilkan Rupiah]

 

Ma Huateng memang telah memiliki minat terhadap teknologi. Meskipun pada saat itu pengguna komputer masih sangat jarang, namun Ma percaya bahwa internet dan teknologi akan memiliki masa depan di negerinya.

Sekitar 15 tahun setelah kelulusan, ia bertemu dengan kawan-kawannya di Universitas dan membangun Tencent Inc. bersama dengan mereka. Dari sini berawal cikal bakal perusahaan internet terbesar di dunia.

Biaya untuk memulai Tencent Inc. ini mayoritas didapatkan dari keuntungan di pasar saham.

Memulai sebuah bisnis startup memang bukan hal yang mudah. Sama seperti bisnis startup lainnya, Ma dan kawan-kawannya banyak mengerjakan berbagai hal mulai dari membersihkan kantor hingga merancang situs web.

Pada awal pendiriannya, Tencent Inc menawarkan layanan email dan laman internet.

Salah satu produk yang mereka buat adalah AOL Instant Messenger yang kemudian disebut QQ. Dengan cepat QQ menjadi populer dan banyak digunakan karena membantu pengguna komputer terhubung dengan pengguna ponsel.

Selanjutnya, Tencent mulai bisa menghasilkan uang dengan memberikan layanan QQ Premium yang bisa didapatkan dengan membayar biaya berlangganan setiap bulannya. Serta mulai memasang iklan sebagai sumber pemasukan.

Pada tahun 2001, QQ berhasil mendapatkan lebih dari US$32 juta (setara dengan Rp486,4 miliar) dan 3 tahun selanjutnya berhasil menjadi perusahaan publik di Hong Kong.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Tahun 2011, Tencent melakukan debut aplikasi pesan instan dengan mengeluarkan WeChat yang berbeda dengan QQ. Dari aplikasi inilah Tencent semakin tersebar luas dan meraup keuntungan yang semakin banyak.

Keuntungan yang didapat Tencent melalui WeChat ini didukung dengan dilarangnya penggunaan Facebook dan WhatsApp di China. Meskipun begitu, bukan berarti Tencent kemudian merasa aman dan cukup.

Pengembangan WeChat terus dilakukan hingga dapat dikatakan melebihi Facebook dan dapat memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya.

Kepopuleran WeChat didukung oleh fiturnya yang semakin berkembang dan memudahkan pengguna.

Meskipun bermula sebagai aplikasi pesan instan, WeChat kemudian menambahkan berbagai fitur seperti telpon, bermain game, mengirim uang, belanja, alat pembayaran di restoran, taksi online, bahkan juga menyediakan fitur kencan online.

Resep Seorang Muda yang Kaya Berkat Internet 03 Tencent - Finansialku

[Baca Juga: Penghasilan Tambahan: Cara Menghasilkan Uang dari Channel YouTube]

 

Keberhasilan Tencent di WeChat dilanjutkan dengan pengembangannya ke area lain. Selanjutnya Tencent juga menjadi penyedia cloud, usaha intelijen buatan, dan juga hiburan. Salah satu aplikasi game populer milik Tencent adalah “Fortnite”.

Diproduksi oleh Epic Game, anak perusahaan Tencent Games, Fortnite menawarkan game royale pertempuran besar – besaran yang seru dan banyak dinikmati oleh para pencinta game.

Kekayaan Tencent masih terus berkembang dengan menaruh investasi di beberapa perusahaan di luar China. Beberapa di antaranya adalah Tesla, Snap, dan Spotify dengan persentase saham di masing – masing perusahaan adalah sebesar 5 persen, 10 persen, dan 10 persen.

728x90 hitung sekarang Rencanakan Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Rencanakan Keuangan

 

Atas kegigihannya ini, Tencent berhasil menjadi perusahaan teknologi pertama yang ada di Asia dan mampu mencapai valuasi hingga sebesar US$500 miliar (setara dengan Rp7.600 triliun).

Dengan begitu, Tencent menjadi perusahaan publik termahal yang saat ini ada di Asia.

Kesuksesan Tencent seakan saling berkompetisi dengan kesuksesan Alibaba.

Dua perusahaan ini seakan saling bersaing untuk memperluas pasar masing-masing baik di negara China sendiri ataupun di luar negeri.

Seiring dengan semakin umumnya pembayaran non-tunai di China, Tencent dan Alibaba juga saling bersaing untuk mendominasi pasar tersebut dengan menawarkan layanan Ten Pay dan Alipay.

Baik Ma Huateng dan Jack Ma pun seperti saling bersaing untuk mendapatkan gelar sebagai orang terkaya di China.

Saat ini, Ma Huateng telah berhasil menjadi orang terkaya kedua di China versi Forbes. Mengalahkan Jack Ma yang berada di posisi orang terkaya ketiga di China dengan selisih kekayaan sebesar US$4 miliar (setara dengan Rp60,8 triliun).

 

Kunci Kaya Berkat Internet di Usia Muda!

Ma Huateng berhasil kaya berkat internet bukanlah suatu kebetulan.

Kemampuannya membaca kebutuhan pasar di masa depan dan kemampuan melihat secara visioner membantunya tetap serius dalam bidang yang ia yakini dan berhasil menuai apa yang ia usahakan sejak lama.

Selain itu, dalam menjalankan usaha dan menjadi kaya dalam usia muda, maka Anda harus memulainya sejak sangat muda juga.

Kesabaran dalam mengejar visi yang diharapkan juga menjadi faktor penentu apakah seseorang dapat mencapai apa yang ia impikan atau tidak.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Tencent tidak dibangun dalam satu malam. Butuh banyak kerja keras dan kesabaran untuk bisa membangun perusahaan besar.

Bahkan orang terkaya nomor dua di China pun sempat menjalankan peran sebagai petugas kebersihan untuk kantornya sendiri pada saat awal-awal ia membangun Tencent.

Kemampuan melihat peluang, kebutuhan, serta selera masyarakat juga menjadi faktor penentu lain yang menjadikan produk keluaran Tencent mudah diterima masyarakat secara luas.

 

Menurut Anda, apa lagi resep yang bisa dilakukan agar bisa kaya berkat internet sejak usia muda? Sampaikan pendapat Anda dengan menuliskannya di kolom komentar.

Anda juga bisa menuliskan tokoh pengusaha muda kaya yang menjadi inspirasi Anda.

Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, silakan bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda, agar mereka juga mendapatkan manfaat yang sama dengan Anda. Semoga sukses.

 

Sumber Referensi:

  • Eduardo Simorangkir. 28 September 2018. Yang Muda yang Kaya Raya Berkat Internet. Finance.detik.com – https://goo.gl/dGnhuZ

 

Sumber Gambar:

  • Internet pembuat uang – https://goo.gl/XbZBfp
  • Ma Huateng – https://goo.gl/zZMnTN
  • Tencent – https://goo.gl/gm6cBX