Yuk, kupas tuntas kelebihan dan kekurangan serta fakta ISTP dalam artikel Finansialku kali ini agar Anda lebih mengenal diri Anda.

Punya karakter ISTP tapi bingung dengan potensinya? Tentu Anda membutuhkan artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengenal Kepribadian ISTP

Fakta ISTP (Introverted, Sensing, Thinking, dan Perceiving) adalah merupakan termasuk beberapa kepribadian unik yang dimiliki seorang manusia dan memiliki kelebihan serta kekurangan dari sifat dan kepribadian tersebut.

Jenis kepribadian ISTP ini ada dua macam, yaitu ISTP-a dan ISTP-t.

pengertian dari ISTP sendiri adalah sebutan untuk perwakilan dari 16 jenis kepribadian yang terdapat pada instrumen tes kepribadian. Perbedaan ISTP-a dan ISTP-t adalah terletak pada kategori kepribadian tersebut.

 

Informasi Mengenai Fakta ISTP

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai fakta ISTP, akan banyak sekali informasi yang bisa Anda dapatkan. Karena, perihal mengenai ISTP ini akan sangat banyak yang bisa dibahas.

Pada dasarnya, perihal ISTP ini memang sangat menarik untuk dibahas dan diketahui. Adapun fakta-fakta mengenai kepribadian ISTP ini antara lain:

 

#1 Banyak Tokoh ISTP

Jika Anda ingin mengetahui, ada beberapa tokoh ISTP yang bisa Anda ketahui. Tokoh-tokoh ini berhubungan dengan eksisnya kepribadian ISTP ini.

Antara lain, seperti aktor tenar Tom Cruise, musisi Keith Richards, seorang astronot Alan Sheperd, hingga Presiden Amerika Zachary Taylor serta masih banyak lagi tokoh populer lainnya.

Kelebihan, Kekurangan dan Fakta Unik Kepribadian ISTP 01 - Finansialku

[Baca Juga: QUIZ: Cari Tahu Apa Tipe Kepribadian Kamu Di Sini]

 

#2 Jurusan Berhubungan dengan ISTP

Kepribadian ISTP merupakan perwujudan orang yang jujur dan tidak suka basa basi, lebih banyak melakukan tindakan daripada berteori.

Dengan begitu, jurusan yang cocok untuk ISTP adalah seperti teknik sipil, kriminologi, ekonomi dan penerbangan. Selain itu, orang ISTP bisa menjadi atlet, pilot dan teknisi.

 

#3 Pelaksanaan Tes MBTI Untuk ISTP

Selain tokoh dan jurusan, bicara mengenai ISTP juga berhubungan dengan tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator).

Tes ini adalah sebuah tes kepribadian atau psikotes yang dirancang, bertujuan untuk mengukur atau mengetahui indikasi prefensi dasar dalam seseorang dalam melihat dunia dan cara menjalaninya.

Tes ini bisa dilakukan untuk mengetahui seperti apa kepribadian Anda sebenarnya, serta mengarah pada potensi, minat dan bakat Anda.

 

Kelebihan yang Keren Dari ISTP

Kategori sifat dan kepribadian fakta ISTP ini pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya, hal tersebut sangat normal terjadi layaknya kepribadian lain pada umumnya.

Namun, kelebihan dan kekurangan dari kepribadian ISTP ini memang ada keunikan tersendiri. Beberapa kelebihan dari ISTP di antaranya adalah:

 

#1 Optimis dan Enerjik

Orang-orang yang memiliki kepribadian ISTP ini, memiliki kelebihan yang selalu optimis dan terlihat semangat dan enerjik.

Karena sifatnya yang obyektif dan kreatif tadi, dengan begitu semangatnya lebih menonjol. Orang-orang ini lebih menyalurkan energinya secara fisik, seperti halnya olahraga.

Kelebihan, Kekurangan dan Fakta Unik Kepribadian ISTP 03 - Finansialku

[Baca Juga: Tipe Pekerjaan Berdasarkan 16 Tipe Kepribadian, yang Kamu?]

 

#2 Kreatif dan Gemar Melakukan Sesuatu

Kelebihan yang kedua adalah orang-orang dengan kepribadian ISTP sangat kreatif dan senang mempraktikkan apapun yang ilmiah.

Karena sangat kreatif, sehingga mereka sering membuat banyak kerajinan tangan ataupun hal-hal yang berhubungan dengan mekanik.

Fakta ISTP menjelaskan bahwa orang-orang ISTP yang kreatif, pastinya juga sangat inovatif. Dengan begitu, orang-orang berkarakter ISTP selalu banyak ide yang bisa dengan mudahnya dia wujudkan.

 

#3 Spontan dan Rasional

Selain kreatif dan inovatif, pemilik sifat ini juga sangat spontan dan rasional. Semuanya dilakukan tanpa basa basi, serta lebih mengandalkan logika karena memang orang-orang ini sangat pemikir.

Semua pemikirannya berdasarkan hal-hal yang nyata dan memang masuk secara logika pikiran manusia. Untuk beberapa masalah, sifat seperti ini sangat berguna untuk penyelesaiannya.

 

#4 Tahu Prioritas

Karena orang-orang yang memiliki karakter ISTP termasuk orang yang sangat kaku dan serius, maka orang-orang ini sangat mengetahui bagaimana cara menempatkan prioritas diri.

Mana yang harus diprioritaskan mana yang tidak, orang tipe sangat mengerti posisinya. Ini salah satunya fakta ISTP berikutnya.

Kelebihan, Kekurangan dan Fakta Unik Kepribadian ISTP 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kamu INTP? Intip Fakta Unik sampai Tokoh di Dunia yang INTP Juga!]

 

#5 Bagus dan Kritis

Selanjutnya, kategori orang yang memiliki fakta ISTP ini juga terdapat kelebihan bagus dan kritis. Artinya, dengan sifat kreatifnya membuatnya lebih bisa menghadapi banyak masalah secara kritis. 

Sehingga, tipe ini pada dasarnya lebih tangguh dalam menghadapi berbagai masalah.

 

#6 Rileks dan Santai

Kelebihan yang terakhir adalah orang-orang dengan fakta ISTP ini cukup rileks dan santai dalam menghadapi masalah kehidupan, walaupun pada kenyataannya mereka cenderung kaku dan kurang basa basi. Semuanya dijalani dengan apa adanya.

Jadi, meskipun ada pekerjaan yang menuntut untuk berpikir keras dalam deadline, ISTP akan bisa memaksimalkan mood-nya tetap positif.

Tentu hal ini berhubungan dengan meningkatnya produktivitas selama melaksanakan proyek hingga selesai tanpa harus panik dan overthinking.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Kekurangan ISTP yang Harus Diperbaiki

Selain kelebihan, ada juga kekurangan yang juga dimiliki oleh tipe orang seperti ini.

Beberapa kelemahan atau kekurangan yang juga terdapat pada orang dengan tipe seperti ini adalah keras kepala, kurangnya rasa sensitif karena terlalu menggunakan akal dan logika sehingga tidak memiliki rasa empati terhadap orang lain.

Lebih suka menyendiri dibandingkan harus bergaul dan bersosialisasi, serta cepat bosan dalam menjalani sesuatu.

Selain itu, tipe ini juga tidak begitu menyukai komitmen sehingga mungkin banyak dari tipe ini yang tidak memiliki pasangan hidup. 

Yang lebih sedikit aneh, orang dengan tipe ini sangat suka melakukan sesuatu yang memiliki risiko tinggi.

Dari beberapa fakta dan kelebihan atau kekurangan yang dibahas di atas, maka kita lebih mengetahui dan mengerti bagaimana sebenarnya sifat orang-orang tersebut. Dengan begitu, sudah lengkap semua fakta ISTP yang perlu Anda ketahui.

 

Setelah membaca artikel di atas, maka Anda akan semakin paham tentang fakta unik ISTP. Yuk, bagikan artikel ini pada orang terdekat yang suka dengan psikologi, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Harrison Ford. Kepribadian “Virtuoso”. 16personalities.com – http://bit.ly/3hSzzd2
  • Arby Suharyanto. Tipe Kepribadian ISTP. Dosenpsikologi.com – http://bit.ly/2XnOMJW

 

Sumber Gambar:

  • Fakta 1 – http://bit.ly/2XpvDHe
  • Fakta 2 – http://bit.ly/3s5ELPC
  • Fakta 3 – http://bit.ly/3orMsNT