Mari melihat bagaimana tipe kepribadian kamu, Finansialku telah merangkum daftar Tipe Kepribadian. Temukan jawabannya di artikel!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tipe Kepribadian

Setiap orang dipastikan mempunyai karakter serta kepribadian yang berbeda-beda. Sebaiknya kita mengetahui karakter diri baik pribadi serta orang lain.

Hal tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan perubahan diri ke arah yang lebih baik dan positif.

Menurut ilmu Psikologi, terdapat 4 kepribadian yang dimiliki manusia, yaitu; Koleris, Melankolis, Plegmatis, dan Sanguinis. Penasaran kamu termasuk yang mana?

 

Termasuk Tipe Kepribadian Manakah Kamu?

Sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, kamu bisa cek di bawah ini.

 

#1 Tipe Koleris (Kuat)

Koleris merupakan orang yang sangat fokus pada tujuan hidup yang ia tetapkan. Mereka orang yang logis, analitis, serta cerdas.

Inilah yang membuat mereka dianggap sebagai orang yang tidak ramah dan tidak enak untuk dijadikan teman.

Orang koleris terlalu praktis dan sangat berterus terang. Mereka pun tidak suka basa-basi dan menyukai percakapan yang bermakna serta berat.

Ketakutan Entrepreneur! Jadikanlah Ketakutan Menjadi Kekuatan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Quiz: Ketahui Tipe Kepribadianmu Saat Menyimpan Uang Di Dompet]

 

Mereka cenderung eksklusif dan hanya mau bersosialisasi dengan orang yang sejenis dengan mereka.

Orang dengan tipe ini suka menghabiskan waktu bersama orang-orang yang memiliki minat profesional yang serupa.

Pekerjaan ideal untuk seorang dengan tipe koleris adalah pekerjaan yang terkait dengan industri tentang pengelolaan, teknologi, statistik, teknik, serta pemrograman.

 

Kelemahan:

Terlalu terpacu dan menyukai pada hal hal serius sehingga melupakan kebutuhan akan waktu yang santai dan menyenangkan. Kehidupannya terpacu pada target, tujuan dan hasil.

 

#2 Melankolis (Sempurna)

Orang dengan kepribadian melankolis bisa dibilang orang yang konservatif. Mereka masih menganut: perempuan harus memasak untuk laki-laki, dan laki-laki harus membukakan pintu untuk perempuan.

Melankolis sangat menyayangi keluarga dan teman-temannya, namun tidak menyukai petualangan dan tantangan.

Orang Melankolis cenderung mudah berbaur dan suka berbuat baik kepada orang lain. Mereka pun sangat gigih dan disiplin dalam pekerjaannya.

Orang dengan kepribadian ini cenderung tidak ingin menikah dengan orang asing atau bahkan meninggalkan tanah airnya ke negara lain.

Mereka juga dikenal sebagai orang yang sangat sosial dan berkontribusi pada komunitas, memiliki ketelitian lebih serta orang yang akurat.

Melankolis merupakan manajer yang keren dengan kepribadian yang baik.

Karier yang cocok untuk tipe kepribadian ini antara lain dalam bidang pengelolaan/manajemen, akuntan, pekerjaan sosial, atau bagian administrasi.

 

Kelemahan:

Cenderung selalu mendahulukan kepentingan orang lain diatas kepentingannya sendiri sampai melupakan kebutuhan dirinya sendiri.

Merasa tidak puas apabila sesuatu berjalan tidak sesuai kehendaknya atau yang dia rasa benar.

Pemikirannya yang terlalu sempurna terkadang dianggap terlalu rumit dan tidak terlalu perlu oleh orang di sekitarnya.

Dianggap terlalu serius oleh orang di sekitarnya.

 

#3 Plegmatis (Cinta Damai)

Orang yang termasuk tipe plegmatis merupakan orang-orang yang sangat ramah. Mereka mencari keseimbangan dalam dirinya, lebih memilih memiliki sedikit sahabat daripada banyak teman yang tidak terlalu dekat dengannya.

Hal tersebut yang membuat orang tipe ini akan menjadi pasangan yang setia serta orang tua yang penyayang.

Mereka berusaha untuk tetap memiliki hubungan yang baik dengan teman lama dan anggota keluarga yang jauh.

4 Tipe Kepribadian Orang Menurut Cara Memakai Uang, Kalau Anda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Quiz: 4 Tipe Orang Berdasarkan Cara Mengelola Anggaran, Kamu Yang Mana?]

 

Mereka lebih memilih untuk menghindari konflik dan selalu mencari aman. Plegmatis selalu berusaha menjadi penengah bagi orang lain untuk agar tercipta perdamaian serta harmoni. Mereka sangat suka beramal serta membantu orang lain.

Karier yang ideal untuk tipe kepribadian plegmatis antara lain perawat, guru, psikolog, konselor, atau layanan sosial.

 

Kelemahan:

Cenderung mengalir apa adanya dan terkesan tidak memiliki impian atau pendirian hidup yang tegas. Sulit menentukan pilihan. Tidak pandai memberikan masukan atau gagasan baru.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

 

#4 Sanguinis (Populer)

Orang bertipe sanguinis merupakan pribadi yang lincah, optimis, energik, serta tidak peduli. Mereka sangat suka melakukan hal-hal yang memacu adrenalin serta berpetualang.

Mereka orang yang tidak bisa merasa bosan. Selalu ada yang mereka lakukan untuk mencari hiburan.

Tak jarang sifat ini dapat menjadi masalah ketika berhubungan dengan orang lain.

Sanguinis sangat suka melakukan hal-hal yang menyenangkan, meskipun kadang bisa memberikan kerugian kepada diri mereka sendiri. Misalnya, banyak makan junk food yang bisa membahayakan kesehatan.

Namun, mereka juga orang yang kreatif serta sangat ahli menularkan keceriaan ke lingkungannya.

apa-ya-investasi-yang-sesuai-dengan-kepribadian-saya-01-finansialku

[Baca Juga: Quiz: Tes Psikologi Cinta, Yuk Cek Gimana Cintamu?]

 

Orang bertipe sanguin juga dikenal sangat kreatif. Mereka bisa menjadi seniman serta penghibur yang keren. Yang pasti, mereka akan berhasil jika akhirnya memilih karier di industri hiburan.

Kemampuan alami orang sanguinis sangat cocok apabila mengambil pekerjaan yang berhubungan dengan marketing, travel, fashion, memasak/kuliner, atau olahraga.

 

Kelemahan:

Orang dengan tipe sangunis cenderung tidak terorganisir, tidak mudah mengingat hal hal yang terperinci, kurang serius dalam apapun, mempercayakan pada orang lain untuk melakukan pekerjaan, terlalu mudah ditipu dan kekanak- kanakan, mempunyai ide cemerlang namun tidak mampu melaksanakan sampai akhir, merasa sebagai orang tanpa kesalahan, berbicara terlalu banyak, mementingkan diri sendiri, mempunyai ingatan yang belum dikembangkan, pelupa, suka menyela dan menjawab untuk orang lain, tidak tertib dan tidak dewasa.

 

Sekarang kamu tahu ‘kan apa tipe kepribadian kamu? Apa pendapatmu mengenai hal ini? Kamu bisa share hal ini pada kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikelnya pada rekan-rekanmu yaa. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Arinta Wijaya Mukti. 30 Agustus 2019. Tipe Kepribadian Manusia: Sanguinis, Plegmatis, Koleris, Melankolis. Tirto.id – http://bit.ly/3areu4w