Mari melihat bagaimana tes psikologi cinta kamu dengan mengikuti kuis imajinasi dibawah ini. Temukan jawabannya di artikel Finansialku berikut!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Tes Psikologi Cinta

Dalam tes ini, kamu diharuskan membayangkan dan berimajinasi bahwa setiap kejadian merupakan kejadian nyata dan respon kamu terhadap kejadian tersebut yang akan menunjukan pandangan kamu mengenai cinta.

Dalam menjawab pertanyaan, usahakan untuk tidak berpikir terlalu lama. Jawab dulu pertanyaannya baru lihat jawabannya ya.

Yuk langsung dimulai!

 

Quiz: Tes Psikologi Cinta

Suatu hari kamu sedang berkunjung ke rumah pasangan untuk mengajaknya nge-date malam mingguan. Sebelumnya ada beberapa kejadian yang terjadi, lengkapi kejadian dibawah ini dengan imajinasimu sendiri.

 

Tes Psikologi Cinta #1 Kamu sudah sampai di rumahnya, siapa yang pertama kali muncul dan menyambutmu?

  1. Asisten Rumah Tangga
  2. Ibu dari pacar
  3. Ayah dari pacar
  4. Pacarmu sendiri

Pertanyaan yang pertama adalah pertanyaan yang menunjukan keterlibatan orang lain dalam pola kamu menjalin sebuah hubungan.

 

Pembantunya: Dalam menjalin hubungan, kamu mengijinkan orang lain untuk ikut serta dalam hubungan tersebut. Bahkan teman-teman kamu turut membantu, malah kadang mengganggu dalam hubungan kalian.

Ibu dari pacar kamu: Kamu berharap keluarga dari kekasih kamu dapat menerima kamu dengan baik. Kamu juga selalu berusaha membuat keluarganya terkesan dengan banyak hal yang kamu lakukan, tidak masalah asal hal yang kamu lakukan jujur dan positif bagi hubungan kalian.

Ayah dari pacar kamu: Hubungan dan kedekatan yang kamu berusaha jalin adalah kedekatan yang serius, hubungan yang mengarah kepada hal yang lebih jauh, bukan hanya sekedar main-main.

Pacar kamu sendiri: Kamu kurang memiliki kedekatan dengan keluarga dari kekasih kamu. Kamu tidak ingin melibatkan orang lain dalam hubungan. Kamu merasa hubungan kamu adalah hubungan yang privasi, dan sangat risih jika ada orang lain yang ikut campur di dalamnya.

 

Tes Psikologi Cinta #2 Setelah itu, orang yang menjawab panggilan kamu mempersilakan kamu untuk menunggu. Kira-kira dimana kamu dipersilakan untuk menunggu?

  1. Menunggu di luar pagar
  2. Menunggu di teras rumah
  3. Menunggu di ruang tamu
  4. Menunggu di kamar

Pertanyaan kedua menunjukan pola interaksi dan keterbukaan yang terjalin antara kamu dan pasangan kamu.

 

Menunggu di Luar Pagar: Kurang adanya keterbukaan dalam menjalin hubungan, banyak rahasia yang ditutup-tutupi. Kamu kurang mengenal dan kurang memiliki keterbukaan dalam menjalani sebuah hubungan, adanya kepercayaan yang kurang baik

Menunggu di Teras Rumah: Kamu dengan jelas memberikan batasan tertentu untuk kekasih kamu. Ada beberapa hal umum yang kamu ceritakan namun ada beberapa hal yang kamu rasa harus disimpan sendiri. Hubungan kedekatan yang kalian bina masih kaku.

Menunggu di Ruang Tamu: Keterbukaan yang kalian bina merupakan keterbukaan yang ideal. Kalian saling bercerita namun juga saling mengetahui batasan-batasan privasi yang tidak perlu diketahui oleh orang lain. Terdapat kepercayaan yang baik dalam hubungan kalian.

Menunggu di Kamar: Kamu dengan tegas menuntut kekasih kamu untuk menceritakan semua yang dialaminya, terbuka dan tidak ditutup-tutupi apapun itu. Ada rasa curiga jika ia tidak menceritakan beberapa hal.

 

#3 Selama menunggu, kamu melihat sebuah meja yang terletak tidak jauh dari tempat kamu menunggu. Seperti apa bentuk meja itu?

  1. Berbentuk bulat
  2. Berbentuk oval
  3. Berbentuk kotak
  4. Berbentuk segitiga

Bentuk meja mengacu pada pola penanganan masalah antara kamu dengan pasangan kamu

 

Berbentuk Bulat/Oval: Kamu mempercayai pasangan kamu secara utuh, kadang membiarkannya menangani masalahnya sendiri, dan secara terbuka membantu serta menerima masalah yang kalian alami. Masalah yang kalian alami sering diselesaikan dengan cara bertukar pikiran.

Berbentuk Kotak: Kamu memiliki rasa curiga terhadap pasangan kamu. Ada rasa kurang saling percaya diantara kalian. Kadang ada masa dimana kamu dan pasangan kamu menerka perasaan dan saling diam jika mengalami sebuah masalah. Kalian lebih suka menutup-nutupi masalah untuk mempertahankan sebuah hubungan.

Berbentuk segitiga: Jika ada masalah, biasanya di selesaikan dengan cara yang kurang baik. Kamu lebih suka berterus terang walau itu menyakitkan dan sering menimbulkan konflik dalam hubungan kalian. Coba untuk memperbaikinya dengan komunikasi yang baik.

 

 

#4 Di atas meja yang kamu lihat, terdapat vas bunga. Apa bahan vas bunga tersebut?

  1. Kayu
  2. Kaca
  3. Keramik
  4. Plastik

Bahan dari Vas Bunga menunjukan perasaan kamu ketika sedang ada masalah dengan pasangan kamu

 

Kayu: Kamu berharap hubungan kamu berjalan dengan natural, tenang, apa adanya dan berjalan sebagaimana mestinya, tidak mau macam-macam dalam hubungan.

Kaca: Kamu memiliki perasaan yang rapuh jika mengalami masalah dalam menjalani hubungan dengan pasangan kamu, kamu mudah terluka dan lama sembuh apabila sudah tersakiti.

Keramik: Kamu selalu berusaha terlihat tegar dari luar dan mampu menangani semuanya dengan baik, selalu berusaha menahan emosi, padahal jika mau jujur ada rasa sakit dari dalam hati.

Plastik: Kamu berharap hubungan yang awet dan baik-baik saja, namun kamu tidak terlalu serius dalam menjalani hubungan tersebut, hubungan yang awet butuh keseriusan dan kejelasan.

 

#5 Di dalam vas tersebut terdapat bunga yang cantik dan bagus. Apa jenis bunga tersebut?

  1. Mawar merah
  2. Mawar putih
  3. Mawar biru
  4. Merah hitam

Jenis bunga dalam Vas mewakili sifat cinta kamu terhadap pasangan kamu

 

Mawar merah: Cinta kamu adalah cinta yang membara, menggebu-gebu, emosional, keinginan untuk memiliki yang besar dan adanya cemburu yang berlebihan

Mawar putih: Cinta kamu adalah cinta yang tulus, apa adanya, tidak banyak menuntut pasangan, dan lebih cenderung penurut terhadap pasangan.

Mawar biru: Cinta kamu adalah cinta yang rasional, jadi apa yang terjadi kamu pikirkan terlebih dahulu, agar tidak terjadi hal yang nantinya disesali.

Mawar hitam: Cinta kamu adalah cinta yang eksklusif, ingin berbeda dengan kebanyakan orang, namun kadang pesimis terhadap cinta itu sendiri.

 

#6 Kamu masih menunggu pasanganmu bersiap, berapa lama kamu menunggunya?

  1. Cepat,cuma sebentar lalu dia udah keluar
  2. Lumayan cepat
  3. Cukup lama menunggu
  4. Sangat Lama menunggu hingga benar-benar bosan

Waktu menunggu pasangan adalah waktu yang kamu inginkan dalam proses pendekatan

 

Cepat: Kamu terlalu terburu-buru dalam mencari pasangan. Kamu terkadang bisa salah melangkah jika tidak teliti.

Sedang: Kamu menunggu waktu yang tepat dalam melakukan proses pendekatan, memanfaatkan waktu dengan cukup baik.

Lama: Kamu adalah orang yang sabar menunggu dalam proses pendekatan, butuh pengenalan untuk melanjutkan perasaan.

Sangat Lama: Kamu orang yang pasif dalam pendekatan, menunggu orang lain yang melakukan pendekatan terlebih dahulu.

 

Kata Kata Bijak Cinta 06 - Finansialku

[Baca Juga: Quiz: Seberapa Serius Hubunganmu Dengan Pacar]

 

#7 Selama menunggu ternyata orangtua pasangan kamu datang dari dalam rumah untuk menawari kamu minuman jus buah. Jus buah apa yang dibawanya?

  1. Jus Apel
  2. Jus Pisang
  3. Jus Anggur
  4. Jus Jeruk

Jus buah yang dibawakan, merujuk kepada hubungan kamu dengan keluarga pasangan kamu

 

Apel: Hubungan yang kamu jalani adalah hubungan basa-basi, hubungan yang umum terjadi, komunikasi yang terjalin seadanya saja.

Pisang: Hubungan yang kamu jalin dengan keluarga pasangan adalah kedekatan yang personal, sering menceritakan kisah menarik dan juga sering berbincang-bincang secara pribadi.

Anggur: Hubungan yang kamu jalin dengan keluarga pasangan kamu adalah hubungan yang cenderung kaku. Kamu berusaha sopan dan selalu terlihat baik, tapi itulah yang membuat hubungannya terasa janggal dan kaku.

Jeruk: Kamu menyadari bahwa hubungan tidak selama akan baik saja, ada masa dimana kamu menjadi cuek, ada dimana dimana kamu menjadi saat peduli, hubungan yang cenderung berubah-ubah.

 

#8 Setelah kamu bertemu dengan kekasih kamu, kalian pun berangkat nge-date. Ada beberapa pilihan jalan, mana yang akan kamu pilih?

  1. Jalan lurus yang cepat sampai pada tujuan
  2. Jalan panjang dengan pemandangan yang indah
  3. Jalan berkelok yang lama dan cukup jauh

Jalan yang kamu pilih merujuk pada apa yang terjadi setelah kamu berpisah dengan pasangan kamu

 

Jalan lurus yang cepat sampai pada tujuan: Kamu dengan mudah bisa melupakan pasangan kamu setelah berpisah.

Jalan panjang dengan pemandangan yang indah: Kamu sulit melupakan kenangan yang kamu jalin bersama dengan pasangan kamu.

Jalan berkelok yang lama dan cukup jauh: Kamu dapat melupakan pasangan kamu namun dengan proses yang tidak mudah.

 

Bagaimana Hasil Tes Psikologi Cinta Kamu?

Sudah mengetahui hasil tes psikologi cinta kamu? Tapi ingat, semua hasil yang didapatkan dari tes ini tidak mencerminkan seluruh kepribadian percintaanmu, lho.

Tes ini hanya membantumu untuk menemukan dan mengetahui kepribadian mana yang mencerminkan diri kamu.

Yang terpenting, jika kalian sudah yakin dengan pasangan dan memutuskan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius, kalian harus mempersiapkan baik mental dan finansialnya.

Karena pernikahan bukanlah sekadar ‘I love you, you love me, we are happy family’, tapi lebih kepada komitmen dan tanggung jawab.

Maka dari itu, kesiapan finansial sangat diperlukan untuk memulai kehidupan rumah tangga.

Tentu saja kamu akan menjadi orang yang tidak bertanggung jawab jika membuat anak orang menderita karena ketidaksiapan kamu, terlebih orang tersebut adalah pasangan yang kamu cintai.

Pastinya kamu tidak mau itu terjadi bukan? Makanya, siapkan dulu dana untuk berumah-tangga.

Jika saat ini kamu merasa tidak mampu, selama hari ini kamu masih memiliki pemasukkan, kamu bisa mempersiapkan rumah tanggamu lho!

Dear Pacarku, 10+ Investasi Hubungan Percintaan yang Bikin Langgeng 01

[Baca Juga: MONEY CONVERSATION – Terbuka Soal Keuangan Saat Pacaran]

 

Bagaimana caranya? Hari ini ada banyak tempat yang menawarkanmu untuk belajar keuangan, bagaimana menabung untuk mempersiapkan pernikahanmu, mengatur keuangan pribadi dan keluarga, dan sebagainya.

Salah satu yang menawarkan hal ini adalah Finansialku.com. Kamu bisa menggunakan layanan kami di website Finansialku.com dan aplikasi Finansialku yang bisa diunduh di Google Play Store atau Apple Apps Store.

Klik ikon berikut untuk mengunduh.

playstore icon
appstore icon

 

Aplikasi Finansialku bisa membantu kamu mencatat keuangan, menganggarkan, hingga merencanakan masa depanmu, termasuk dana pernikahan.

Dengan mencatat dan mengatur keuangan kamu bisa memiliki masa depan yang lebih aman. Pensiun dini pun akan tidak jadi masalah.

Lebih dari itu, kamu bisa konsultasi secara langsung dengan para pakar keuangan Finansiallku yang bisa memberikan masukan dan diskusi mengenai keinginan kamu akan keuangan kamu.

Jadi, yang mau seriuskan cintamu, yuk mulai siapkan dari sekarang.

 

Yuk, share artikel ini kepada teman terdekatmu supaya mereka mengetahui informasinya.

 

Ebook Perencanaan Keuangan Untuk MAHASISWA

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Buku “Who Am I 2” by @PsikologID dengan modifikasi