Termasuk tipe manakah kamu berdasarkan cara mengelola anggaran? Ternyata ada 4 tipe orang berdasarkan cara mereka mengelola anggaran lho.

Mari melihat apakah kamu termasuk tipe yang cuek atau justru menerapkan pengelolaan anggaran? Temukan jawabannya di sini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Setiap Orang Punya Cara Masing-masing

Dalam pengelolaan anggaran atau keuangan, tentu setiap orang punya caranya masing-masing. Kita tidak bisa mematok satu standar dalam cara seseorang mengelola anggaran.

Hal tersebut dikarenakan setiap orang punya kondisi keuangan yang berbeda-beda, sehingga penanganannya dalam pengelolaan anggaran pun tentu berbeda juga.

Sebagai contohnya, kita dapat melihat bahwa seorang yang hidup mewah dan bergelimang harta belum tentu memiliki pengelolaan anggaran yang baik. Begitu pula sebaliknya.

Sudah pasti setiap orang memiliki situasi hidup yang berbeda, dan kamu tidak bisa saling membanding-bandingkan satu dengan yang lain.

5 Komponen Ini Harus Ada Dalam Manajemen Keuangan Efektif

[Baca Juga: Jembatan Menuju Kebebasan Finansial: Berpindah dari Sisi Kiri ke Sisi Kanan Kuadran]

 

Dalam hal finansial, kita adalah satu-satunya yang bertanggung jawab. Kita tidak perlu membandingkan bagaimana cara kita mengelola anggaran dengan orang lain. Kamu hanya perlu bersaing dengan diri sendiri dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik daripada dirimu terdahulu.

Dengan kata lain, kamu harus tahu seberapa baik kamu mengelola keuangan saat ini untuk bisa berbuat lebih baik lagi di periode selanjutnya.

Nah, meski berbeda-beda setiap orang tetap bisa melihat sebuah pola dalam pengelolaan anggaran atau keuangan. Kepribadian yang dimiliki seseorang akan menginformasikan cara tentang kamu dalam mengambil keputusan keuangan.

Cara termudah dan terpraktis membuat anggaran yaitu bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah aplikasi. Tentunya, aplikasi ini akan memudahkan kamu dalam membuat anggaran dan pencatatan keuangan.

Aplikasi Finansialku hadir di tengah-tengahmu untuk menemukan solusi dan menjawab kegalauan kamu dalam Mengelola Anggaran.

 

Selain itu, kamu bisa membaca ebook perencanaan keuangan untuk usia 20 tahun dan perencanaan keuangan untuk usia 30 tahun. Pilih saja yang sesuai dengan kelompok umur kamu.

Jika 2 hal tersebut kamu lakukan, niscaya kamu bisa mengelola anggaran dan keuangan dengan cara kamu sendiri.

Nah, untuk mengetahui termasuk tipe orang manakah kamu dalam mengelola anggaran, yuk ikuti dulu quiz-nya berikut ini:

[viralQuiz id=64]

 

Bagaimana dengan hasil quiz-mu?

Apakah kamu tipe mengelola anggaran yang punya tujuan atau tipe mengelola anggaran yang mengutamakan otomasi? Atau tipe mengelola anggaran yang mengandalkan orang lain atau tipe belum mengutamakan pengelolaan anggaran?

Supaya kamu memahami lebih detail dan jelasnya, simak terus penjelasan karakteristik masing-masing tipe pengelola anggaran tersebut.

 

4 Tipe Orang berdasarkan Cara Mengelola Anggaran

Setiap orang memiliki caranya sendiri dalam mengelola anggaran atau keuangan pribadinya, kami paham tidak semua cara bisa berlaku sama bagi semua orang. Namun yang terpenting adalah kamu tidak melakukan kesalahan yang sudah pasti akan membawa malapetaka keuangan.

Oleh karena itulah, kami paling senang mendengar pengalaman orang lain yang telah menjalani kegagalannya dalam mengelola keuangan sehingga kami tahu bagaimana cara mengelola keuangan pribadi yang benar.

Yuk bagikan tips mengelola keuanganmu pada kolom komentar.

Setelah membagikan tips-mu dalam mengelola keuangan, maka simak bagaimana karakteristikmu dalam cara mengelola anggaran berdasarkan quiz tadi:

 

#1 Tipe Pengelola Anggaran dengan Tujuan Jelas

Membuat anggaran merupakan tahapan yang paling penting dalam perencanaan keuangan. Namun tipe pertama ini termasuk dalam pengelola anggaran yang mengutamakan tujuannya.

Tipe pertama ini selalu menetapkan sasaran, merencanakan cara mencapainya, sampai akhirnya bisa mewujudkan impian tersebut. Mulai dari meningkatkan tabungan untuk masa pensiun, memisahkan uang untuk uang muka pembelian rumah, dan lain sebagainya.

21 Tips Keuangan Agar Cepat Kaya, Mau Tahu - Finansialku

[Baca Juga: Jembatan Menuju Kebebasan Finansial: Berpindah dari Sisi Kiri ke Sisi Kanan Kuadran]

 

Bagi mereka, disiplin adalah yang utama dalam mengelola anggaran karena mereka bertekad untuk mencapai tujuan finansialnya sesuai target. Mereka juga selalu fokus akan tujuannya dan tidak mudah terganggu perhatiannya.

Namun karena terlalu berfokus pada tujuan, umumnya tipe pengelola keuangan ini kurang siap menghadapi hal-hal tak terduga. Toleransi risikonya pun rendah karena cenderung memiliki target yang tinggi.

 

#2 Tipe Pengelola Anggaran dengan Otomasi Tinggi

Bagi kamu yang mudah lupa dan tidak terlalu fokus dalam mengelola anggaran, mungkin kamu termasuk dalam tipe kedua pengelolaan anggaran.

Sebagai dampak positifnya, umumnya kamu menerapkan sistem keuangan yang berfungsi dengan baik untuk diri sendiri, misalnya dengan melakukan pembayaran otomatis, melakukan setoran ke rekening tabungan, dan memisahkan langsung penghasilan untuk investasi.

Mengatur Keuangan Pribadi Mahasiswa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Latte Factor Anda? Cara Mengelola Keuangan dengan Aplikasi Keuangan Pribadi Finansialku]

 

Pengelola keuangan tipe ini sebenarnya bagus dan menjadikan pengelolaan keuangan sebagai hal rutin. Namun demikian, meskipun mengotomatisasi keuangan adalah cara yang tepat untuk mengelola tagihan dan tabungan, namun kamu tidak boleh melupakan pentingnya analisis dan review berkala.

Kamu harus mengubah sistem jika memang kurang baik dan tidak sejalan dengan tujuan keuanganmu seiring waktu.

 

#3 Tipe Pengelola Anggaran Mengandalkan Orang Lain

Tipe pengelola anggaran ketiga menolak untuk mengelola keuangannya sendiri atau mengotomasikannya. Mereka lebih suka mengandalkan orang lain dalam pengelolaan keuangannya.

Sebenarnya hal ini sah-sah saja, terlebih dengan anggapan bahwa pengelolaan anggaran akan jauh lebih baik jika dikelola oleh tenaga profesional. Sebagai contohnya, kamu bisa mengandalkan pengelola (dibaca: perencana) keuangan Finansialku dalam pengelolaan anggaranmu.

Pakai Jasa Financial Planner 02 Diskusi Konsultasi - Finansialku

[Baca Juga: 11 Langkah Keuangan agar Hidup Kaya Sebagai Single Moms]

 

Pengelola keuangan Finansialku memiliki sertifikat CFP yang siap membantumu mengelola anggaran sesuai dengan kondisi keuanganmu. Jadi, kamu bisa tenang dan santai dalam mengelola anggaran.

Hubungi tim Finansialku melalui menu Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku seperti pada gambar berikut ini:

 

Namun penting juga loh untuk membekali diri dengan informasi keuangan, agar kamu kelak bisa sedikit demi sedikit mulai belajar mengelola keuangan. Jangan khawatir, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit kok.

Salah satu informasi yang bisa kamu baca yaitu buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True. Setelah selesai membaca buku ini, kamu akan mengerti dan memahami bagaimana caranya merencanakan keuangan demi terwujudnya mimpi-mimpi keuangan kamu!

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 02 - Finansialku

Mau buku Finansialku

 

Yuk mulai belajar keuangan!

 

#4 Tipe Belum Mengutamakan Pengelolaan Anggaran

Tipe terakhir ini adalah yang paling bahaya, karena mereka belum mengetahui pentingnya pengelolaan keuangan. Mereka cenderung cuek dan tidak merasa adanya kebutuhan akan pengelolaan keuangan demi masa depannya.

Biasanya mereka mengutamakan masa kini daripada masa depan, dengan prinsip hidup bersenang-senang dan menikmati saat ini.

Namun, ini berbahaya bagi masa depanmu. Padahal, pengelolaan anggaran bukanlah hal yang sulit lho dewasa ini.

7 Masalah Keuangan Fresh Graduate yang Biasa Mereka Hadapi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Membutuhkan Kebebasan Finansial yang Lebih Baik dalam Pernikahan Anda?]

 

Kamu bisa memulainya dengan mencatat setiap perencanaan dan penerapan anggaran secara rinci dan jelas. Dengan demikian, kamu dapat mengetahui pola pemasukan dan pengeluaranmu.

Setelah mengetahui pola keuangan, kamu bisa memprediksi jumlah pengeluaran di waktu yang akan datang dan mulai menyiapkan dananya mulai dari sekarang.

Jika kebingungan, kamu bisa menggunakan Aplikasi Finansialku sebagai alat bantu membuat anggaran dan catatan keuangan untukmu. Dengan demikian membuat anggaran menjadi mudah dan praktis.

Kini mengelola anggaran pun mudah dan tidak ribet kan?

Sebagai pengguna baru, kamu bisa download aplikasi Finansialku secara GRATIS di Google Play Store atau dengan klik tautan berikut ini:

Gunakan kode voucher POTONG50RIBU, kamu akan menemukan keuntungan yang besar lho!

 

Termasuk Tipe Manakah Kamu Dalam Cara Mengelola Anggaran?

Setelah melihat 4 tipe orang dalam caranya mengelola anggaran, termasuk tipe manakah kamu? Tipe manapun tidak masalah, selama kamu bisa berubah.

Seperti yang diungkapkan di awal tadi, kita adalah satu-satunya yang bertanggung jawab akan keuangan kita. Jadi, saat kita merasa kurang baik, kita bisa merubah diri menjadi lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Jika kamu masih kesulitan dalam mengelola keuangan, sebenarnya kamu bisa meminta bantuan profesional seperti perencana keuangan Finansialku!

Para perencana keuangan di Finansialku adalah pemegang lisensi CFP® aktif dan bekerja sesuai dengan kode etik profesi perencana keuangan yang telah ditetapkan oleh Financial Planning Standards Board Indonesia.

Dengan demikian, kamu juga bisa dengan mudah mengelola keuangan dan mencapai kebebasan finansial hanya dengan menggunakan jasa Finansialku. Gunakan menu Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku, seperti yang tadi sudah disebutkan sebelumnya.

 

Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai cara mengelola anggaran lainnya? Tinggalkan komentarmu di bawah.

 

Sumber Referensi:

  • Devayanti Pardi. 4 Jenis Orang Berdasarkan Cara Mengelola Anggaran Keuangan. Koinworks.com – https://bit.ly/34dY2BI
  • Erik Carter. 4 April 2014. How A Financial Educator Manages His Own Money. Forbes.com – https://bit.ly/34vTozh

 

Sumber Gambar:

  • Cara Mengelola Anggaran – https://bit.ly/36sS4yy