Bagaimana langkah keuangan agar hidup kaya sebagai single moms? Menjadi single moms bukan berarti menjalani keterbatasan finansial. Anda dapat menjadi single moms yang sukses, bahkan di bidang finansial sekalipun. Bagaimana cara menjadi single moms yang sejahtera? Mari kita lihat dan ketahui 11 langkah keuangan agar hidup kaya sebagai single moms.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Manajemen Keuangan untuk Single Moms

Menjadi single moms seringkali bukanlah sebuah pilihan. Namun, bukan berarti Anda pasrah dengan keadaan dan tidak berusaha mengubah kondisi keuangan tersebut. Melalui artikel ini, Finansialku akan membantu Anda untuk mempelajari 11 langkah keuangan agar hidup kaya sebagai single Moms.

11 Langkah Keuangan agar Hidup Kaya Sebagai Single Moms 02 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Single Parent Mengatur Keuangan Keluarga: Harta Gono Gini dan/atau Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa]

 

#1 Menikmati Kemandirian Finansial

Jangan menganggap bahwa kemandirian finansial merupakan sesuatu yang buruk. Jika Anda mengalami perceraian, sebaiknya Anda jangan bergantung kepada mantan suami dan mengharapkan uang tunjangan atau biaya pendidikan anak dari sang suami. Jadilah seseorang yang mandiri dalam berbagai aspek, termasuk aspek finansial.

 

#2 Mengatur Pengeluaran

Tidak ada salahnya jika Anda menjadi lebih hemat mulai dari hal terkecil sekalipun. Kini Anda adalah single parent, Anda bertanggung jawab atas diri sendiri dan anak-anak Anda. Dengan demikian, akan muncul beberapa tuntutan seperti harus mengatur pengeluaran.

Anda perlu mengetahui berapa banyak pengeluaran Anda termasuk detailnya, untuk mengetahui mana yang dapat dihemat kemudian hari.

 

#3 Mengatur Pemasukan

Untuk mengetahui kondisi keuangan Anda secara teratur dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda mengatur pemasukan Anda juga. Merencanakan keuangan merupakan tugas yang berat bagi beberapa orang, namun Anda dapat meminta bantuan profesional seperti perencana keuangan Finansialku untuk membantu Anda mengatur keuangan Anda.

Dengan demikian Anda dapat menentukan bagaimana kondisi keuangan Anda dan apa yang sebaiknya dilakukan selanjutnya untuk menanganinya.

5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan) 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)]

 

#4 Menjaga Credit Score

Credit score merupakan suatu ukuran risiko kredit yang biasanya digunakan oleh pihak bank untuk mengukur kemampuan finansial Anda. Hal ini akan berpengaruh nantinya jika Anda ingin mengajukan kredit misalnya untuk kepemilikan rumah atau kendaraan bermotor.

Anda perlu menjaga credit score dengan menghindari utang kartu kredit yang semakin menumpuk atau dengan penggunaan kartu kredit yang tidak tepat.

 

#5 Menentukan Target Finansial

Sesaat setelah Anda menjadi seorang single parent, penting untuk mengetahui kondisi keuangan Anda sebelum memulai membuat target finansial yang baru. Setelah Anda mengetahui kondisi keuangan Anda sekarang, barulah Anda dapat memulai mengatur strategi untuk mencapai target finansial.

Anda dapat memulai dengan target jangka pendek seperti melunasi utang kartu kredit, menyiapkan dana darurat dan melanjutkannya dengan target jangka panjang seperti membeli rumah, dan menyiapkan dana pensiun serta dana pendidikan buah hati Anda.

 

#6 Menjaga Kualitas Hidup

Menjadi single parent memang tidak mudah, namun bukan berarti Anda bekerja keras mencari uang seharian hingga tidak memperhatikan kualitas hidup Anda dan buah hati Anda. Anda tetap perlu menjaga kesehatan dan menjaga hubungan serta komunikasi dengan sang anak.

 

#7 Mengupayakan Penghasilan Lebih

Prinsip hidup seorang single parent adalah kemandirian. Anda diminta untuk menjadi seseorang yang lebih mandiri dan mampu membiayai hidup Anda dan sang buah hati. Demi kehidupan yang layak dan nyaman, Anda perlu mengupayakan penghasilan lebih. Tanyakanlah kepada diri Anda, solusi apa saja yang mungkin Anda pilih untuk memperoleh penghasilan lebih banyak.

Kehidupan saat Suami Meninggal Bukan Akhir dari Segalanya - Finansialku

[Baca Juga: Kehidupan saat Suami Meninggal Bukan Akhir dari Segalanya]

 

#8 Eliminasi Tagihan yang Tidak Penting

Setelah memutuskan untuk meraih penghasilan lebih, bukan berarti Anda dapat melakukan pemborosan. Anda perlu mengecek dan mengevaluasi pengeluaran Anda. Eliminasilah pengeluaran yang tidak memiliki nilai tambah atau bahkan yang tidak ada gunanya.

Misalkan hentikanlah pembayaran rutin membership di sarana olahraga yang mungkin hanya Anda gunakan 3 bulan sekali.

 

#9 Hentikan Over Shopping

Jika Anda kesulitan menghentikan kebiasaan shopping, mungkin ini saatnya untuk belajar membedakan kebutuhan dan keinginan. Seringkali over shopping terjadi akibat lapar mata dan setelah sampai di rumah barang tersebut hanya menjadi pajangan yang tidak berguna.

Disinilah Anda harus membatasi diri dan bertanya setiap kali Anda ingin berbelanja, “Apakah barang ini saya butuhkan? Apakah harganya sesuai dengan nilai gunanya? Perlukah saya membelinya sekarang, atau bisakah saya membelinya lain kali?”

 

#10 Jadikan Pengeluaran Sebagai Inspirasi Penghasilan

Apakah Anda sering mengeluarkan uang hanya untuk membayar tukang kebun? Ataukah Anda membayar jasa laundry setiap minggu karena sibuk bekerja dan tidak sempat mencuci? Pengeluaran-pengeluaran seperti ini dapat Anda hentikan dan Anda ubah menjadi penghasilan. Bagaimana caranya?

Jadikanlah inspirasi pemasukan dengan mempertimbangkan bahwa begitu banyak ibu rumah tangga yang kini sibuk bekerja sehingga tidak sempat mencuci baju, sehingga mungkin Anda dapat membuka jasa laundry sendiri dan bekerja di rumah daripada bekerja di kantor dan menghabiskan uang untuk biaya laundry dan perawatan rumah.

 

#11 Beristirahatlah Sejenak

Bercerai atau ditinggalkan oleh pasangan yang meninggal dunia bukanlah akhir dari segalanya. Anda perlu mengambil waktu untuk mengistirahatkan fisik dan pikiran untuk mendorong semangat Anda. Jangan jadikan ini sebagai alasan untuk menyerah, namun jadikanlah dorongan untuk memotivasi diri Anda menjadi seorang single parent yang bahkan lebih baik dari sebelumnya.

Perencanaan Dana Darurat - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Perencanaan Dana Darurat Keluarga]

 

Jadilah Single Parent Mandiri dan Kaya

Mungkin memang sulit untuk memulainya, terlebih jika Anda terpaksa menjadi single moms dalam waktu yang singkat. Namun Anda juga bisa menjadi single moms yang lebih sukses dan kaya daripada orangtua yang lengkap. Kemandirian tidak ditentukan oleh kelengkapan orangtua, namun oleh tekad dan kerja keras yang Anda lakukan demi mencapai kebebasan finansial.

 

Apakah Anda mengetahui langkah keuangan agar hidup kaya sebagai single moms lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Emma Johnson. 4 September 2014. 11 Financial Steps to a Rich Life as a Single Mom. Wealthysinglemommy.com – https://goo.gl/a0fmW3

 

Sumber Gambar:

  • Moms and Child – https://goo.gl/Pd6tH2 dan https://goo.gl/5oVCGh

 

Free Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana