Tak terasa, Sudah tujuh puluh tahun bangsa Indonesia merdeka. Namun tidak semua rakyat Indonesia mengalami kesuksesan atau kebebasan keuangan. Apa saja yang harus kita lakukan agar kita segera mendapatkan kebebasan keuangan ?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Kemerdekaan Bangsaku dan Kebebasan Keuangan – Ku

Perencana Keuangan Independen Finansialku mengucapkan Dirgahayu Indonesia ke 70. Semoga di umur yang 70 ini Indonesia menjadi semakin lebih dewasa dan maju dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan semua bidang. Amin.

Kemerdekaan Bangsaku dan Kebebasan Keuangan -Ku - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Soundcloud – Johana May – Tanah Air

 

Berbicara kemerdekaan tidak jauh beda dengan kebebasan. Apakah Anda sudah mencapai kemerdekaan finansial atau kebebasan keuangan? Jika Ya, sudah Anda harus bersyukur dan berbagi rahasianya. Jika belum, Apakah Anda sudah bekerja atau berjalan menuju kearah tersebut? Berikut ini ada sebuah quote sederhana dari Manoj Arora terkait dengan kebebasan keuangan:

 

English

To achieve what 1% of the worlds population has (Financial Freedom), you must be willing to do what only 1% dare to do, hard work and perseverance of highest order.

Manoj Arora

 

Kemerdekaan Bangsaku dan Kebebasan Keuangan -Ku - Manoj Arora - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Indonesia

Untuk mencapai apa yang 1 % dari populasi dunia memiliki (Kebebasan Keuangan), Anda harus bersedia untuk melakukan apa yang hanya 1 % berani dilakukan, yaitu memberikan prioritas utama pada kerja keras dan ketekunan.

Manoj Arora

 

Apa yang Dimaksud dengan Kebebasan Keuangan?

Kebebasan keuangan tidak berarti Anda memiliki pendapatan yang besar, tidak berarti Anda memiliki tabungan atau deposito yang besar. Menurut Robert T. Kiyosaki (Konsultan Keuangan di Amerika), kebebasan keuangan adalah kebebasan yang benar-benar bebas, kita bebas melakukan apa yang kita inginkan, kebebasan untuk menjadi apa yang kita inginkan.

Tahukah Anda kita sebagai manusia memiliki tiga jenis pendapatan, pendapatan aktif, pendapatan portofolio dan pendapatan pasif. Dalam perhitungan atau kalkulasi keuangan, kondisi kebebasan keuangan dapat didefinisikan dengan pendapatan pasif kita minimal dua kali pengeluaran kita.

Robert Kiyosaki dan Manoj Arora seirama mengatakan apabila kita ingin menjadi seseorang yang memiliki kebebeasan keuangan, kita harus berubah dari kondisi kita yang sekarang. Kita wajib bekerja lebih keras, cerdas dan ketekunan.

 

Kesimpulan

Kerja keras dan ketekunan adalah hal yang diperlukan dalam mencapai kebebasn keuangan. Pertanyaannya apakah kita mau mencapai kebebasan keuangan?

 

Image Credit:

  • Indonesia Merdeka – http://goo.gl/rQEn6C

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang