Kepemimpinan Scott Morrison sudah diakui oleh banyak orang, sehingga ia dikenal sebagai good leader. Namun bagaimana sebenarnya sosoknya?

Mari simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengenal Scoot Morrison

Scott Morrison adalah seorang putra dari perwira polisi bernama John yang juga pernah menjabat sebagai Wali kota Waverley.

Ia lahir di kota Waverley, New South Wales, dan merupakan anak bungsu dari dua bersaudara. Ibunya ialah Morion Morrison (Smith).

Meskipun saat ini dikenal sebagai pemimpin yang sukses dalam dunia politik, rupanya sosok yang juga dikenal sebagai ScoMo ini pernah juga menjadi actor cilik, dan pernah membintangi beberapa iklan di televisi.

Scott Morrison juga sudah lama dikenal sebagai sosok yang berkarakter pekerja keras dan memiliki potensi sebagai pemimpin.

Hal ini tentu saja merupakan pengakuan dari para rekannya.

Bahkan pada tahun 2015 yang lalu, tepatnya sebelum Malcolm Turnbull menantang Tony Abbott untuk posisinya, seorang anggota parlemen yang berpengaruh pernah mengatakan kepada Australian Women’s Weekly bahwa “Jika kita kalah dalam pemilihan berikutnya, Scott Morrison akan menjadi pemimpin.”

Salut! Tiru Kepemimpinan Scott Morrison Ini Biar Berhasil Jadi Good Leader 01

[Baca Juga: Meninjau Gaya Kepemimpinan Ho Chi Minh, Sang Tokoh Revolusi Vietnam]

 

Hal ini sudah bisa membuktikan bahwa Scott Morrison merupakan sosok yang sangat berpengaruh, bahkan sebelum ia menjabat sebagai Perdana Menteri Australia, dan telah memberi pengaruh yang besar kepada para rekannya yang juga tentu saja memiliki karir yang baik dalam dunia politik.

 

Kepemimpinan Scott Morrison dan Dunia Politik

Sebelum akhirnya terpilih sebagai Perdana Menteri Australia ke 30 sekaligus menjadi pemimpin partai Liberal, Morrison tercatat telah bertahun-tahun menjadi seorang pemimpin.

Hal ini jugalah yang akhirnya membentuk Morrison menjadi pemimpin yang baik.

Kariernya di dunia politik kurang lebih dimulai dari tahun 2007, yaitu ketika Scott Morrison mendaftarkan dirinya untuk mengikuti pra-seleksi partai Liberal untuk Divisi Cook.

Salut! Tiru Kepemimpinan Scott Morrison Ini Biar Berhasil Jadi Good Leader 02

[Baca Juga: Menginspirasi! Ini Dia 15 Tokoh Penyandang Autism, No.10 Presiden Lho!]

 

Meskipun sempat kalah pada pra-seleksi pertama, namun karena terdapat beberapa masalah, maka Morrison bisa memenangkan pra-seleksi ke-2.

Lalu di tahun selanjutnya, oleh Koalisi Malcolm Turnbull, Morrison ditunjuk menjadi Menteri Bayangan Perumahan dan Pemerintahan Lokal.

Tidak sampai disitu saja, setahun kemudian ia lalu menjabat sebagai Menteri Bayangan Imigrasi dan Kemasyarakatan dimana Tony Abbott menjabat sebagai pemimpin oposisi.

Semenjak itu, dibawah kepemimpinannya ada banyak hal baru yang terjadi, khususnya untuk masalah pendatang asing ke Australia.

Pada tahun 2013 ia membuat Operasi Kedaulatan Perbatasan, yang bertujuan untuk mencegah pendatang ilegal dan kapal-kapal ilegal memasuki wilayah Australia.

Hasil dari program yang ia canangkan, diketahui bahwa pada tahun 2013 terdapat 300 kapal serta 20.587 orang yang tidak memiliki izin memasuki Australia.

Kemudian pada tahun selanjutnya, yaitu di 2014, tercatat bahwa hanya ada 1 kapal dan 157 orang saja, yang artinya hal ini merupakan sebuah pencapaian yang besar.

Meski demikian, kebijakan ini mengundang berbagai kritikan baik dari kalangan politikus maupun dari jurnalis.

Salut! Tiru Kepemimpinan Scott Morrison Ini Biar Berhasil Jadi Good Leader 03

[Baca Juga: Kepemimpinan Presiden Masuk 50 Tokoh Muslim Berpengaruh Di Dunia]

 

Namun sesungguhnya, kebijakan ini memiliki manfaat yang begitu besar. Sebab menurut data, terdapat 1.100 pencari suaka yang tewas antara tahun 2008 hingga 2013, atau sebelum kebijakan tersebut muncul.

Sedangkan sejak kebijakan tersebut dikeluarkan, maka data menunjukkan bahwa sejak bulan desember 2013 hingga september 2014, tidak ada pencari suaka yang tewas di lautan.

Sampai disini, setidaknya ada 2 hal yang patut kita tiru dari kepemimpinan Scott Marrison, yaitu keberaniannya dalam mengambil suatu keputusan yang baru dan ketegasannya dalam memberlakukan peraturan tersebut.

Tentu saja, seorang pemimpin tanpa memiliki ke-2 hal penting tersebut, akan mengalami banyak kesusahan dalam menghadapi orang-orang yang dipimpinnya.

 

Kepemimpinan Scott Morrison Sebagai Perdana Menteri

Sebelum menjabat sebagai Perdana Menteri Australia, awalnya Morrison memberi dukungan penuh kepada Turnbull yang saat itu menjabat sebagai pemimpin, dan menganggap bahwa Turnbull merupakan orang yang tepat, meskipun dirinya tidak menutup kemungkinan untuk “naik posisi” apabila memiliki kesempatan.

Dari hal ini kita bisa meneladani sifatnya yang tidak “haus akan kekuasaan” dan selalu berpikir lebih tenang, meskipun saat itu tentu sudah banyak orang yang mendukungnya.

Lalu ada satu hal penting yang juga bisa kita petik dari pidato pertamanya sebagai Perdana Menteri. Seperti yang dilansir dari Matamatapolitik.com,

Morrison berkata:

“Tumbuh di rumah tangga Kristen, saya membuat komitmen untuk iman saya pada usia dini. Kepercayaan saya kepada Yesus Kristus bukanlah agenda politik… bagi saya, iman itu pribadi, tetapi implikasinya bersifat sosial. Dari iman saya, saya memperoleh nilai-nilai cinta kasih, keadilan, dan kebenaran, untuk bertindak dengan belas kasih dan kebaikan, mengakui kemanusiaan kita bersama, dan untuk mempertimbangkan kesejahteraan orang lain; untuk memperjuangkan hak yang adil bagi semua orang, untuk memenuhi potensi manusia bekerja, dan menghapus rintangan apapun yang tidak adil yang menghalangi mereka, termasuk mengurangi tanggung jawab pribadi mereka untuk kesejahteraan mereka sendiri; dan untuk melakukan apa yang benar, untuk menghormati supremasi hokum, kesucian hidup manusia, dan integrase moral pernikahan dan keluarga.”

 

Dari pidatonya kita bisa melihat bahwa Morrison memiliki niat dan tujuan yang baik untuk semua orang yang dipimpin olehnya, dan memiliki komitmen untuk melakukan apa yang baik.

Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, maka hal ini juga sangat perlu untuk kita tiru, agar lembaga yang kita pimpin bisa berjalan kearah yang lebih baik lagi.

 

Ketahui dan Praktikan

Setelah membaca artikel ini, akhirnya kita mengetahui beberapa rahasia Scott Morrison sehingga menjadi pemimpin yang baik.

Namun, tidak cukup hanya mengetahui saja, tetapi sebaiknya langsung dipraktikkan dalam kepemimpinan kita.

 

Gunakan aplikasi Finansialku untuk membaca lebih banyak kisah inspiratif! Unduh aplikasinya pada link di bawah ini yaa

playstore icon
appstore icon

 

Finansialku juga ingin memberikan satu lagi kisah sukses melalui video di bawah ini. Check this out!!

 

Nah… kalau menurut kamu, apalagi yang bisa ditiru dari Scott Morrison?

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 25 Agustus 2018. Siapakah Scott Morrison, Perdana Menteri Australia yang Baru? Matamatapolitik.com – https://bit.ly/2UkQauY
  • Fajar Nugraha. 24 Agustus 2018. Mengenal Sosok Scott Morrison, Perdana Menteri Baru Australia. Medcom.id – https://bit.ly/2Uqr5ib

 

Sumber Gambar:

  • Scott 01 – https://bit.ly/3dZ3GNV
  • Scott 02 – https://bit.ly/2R6Xc5p
  • Scott 03 – https://bit.ly/3dSNb5E
  • Scott 04 – https://bit.ly/2RaE1rB