Tak bisa dipandang sebelah mata, ternyata di dunia ini banyak tokoh-tokoh autism yang berhasil menjadi pimpinan perusahaan raksasa.

Simak daftar orang-orang penyandang autism yang mampu mengalahkan keterbatasannya dan menembus batas kesuksesan dan dikenal sebagai orang-orang yang memiliki kemampuan yang luar biasa! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Penyandang Autism Bisa Jadi Orang Hebat & Pemimpin

Apa yang ada di benak Anda ketika melihat para penyandang autism? Tak jarang terbersit dalam benak orang-orang pada umumnya adalah, orang-orang tersebut (penyandang autism) tentu akan sulit mencapai sukses.

Orang yang normal pada umumnya saja mengalami kesulitan mereka sendiri dalam menggapai keberhasilan, apalagi mereka para penyandang autism.

Tapi, tahukah Anda bahwa “Tuhan itu adil”, meski para penyandang autism ini seringkali dipandang sebelah mata, ternyata banyak diantara mereka (penyandang autism) juga dapat meraih sukses.

Jangan Remehkan! Ini Dia Daftar Tokoh Penyandang Autism, Nomor 10 Presiden Lho! 02

[Baca Juga: Uang Tidak Dapat Dilihat dengan Menggunakan Mata, Latihlah Pikiran Anda dari Sekarang agar Dapat Melihat Uang]

 

Di antara mereka ada yang menjadi penemu alat-alat yang sangat berguna bagi kemajuan teknologi manusia, ilmuwan terbesar, sutradara film, pemimpin perusahaan raksasa hingga presiden sekalipun.

Hebat kan?

Mungkin Anda sedikit tidak percaya, tapi inilah faktanya! Terus baca artikel berikut ini untuk mengetahui siapa saja mereka dan dapatkan inspirasi sukses dari para tokoh penyandang autism tersebut.

 

Perbedaan Otak Penyandang Autism

Sebut saja beberapa diantaranya adalah Isaac Newton dan Albert Einstein. Nama mereka memang tidak asing dan dikenal sebagai tokoh-tokoh penemu dan ilmuwan hebat.

Tapi apa yang membedakan otak penyandang autism dengan orang lain pada umumnya?

Dilansir dari Hellosehat, autisme adalah sebuah spektrum yang menggambarkan berbagai jenis gangguan pada perkembangan otak. Karena cakupannya sangat luas, setiap orang yang mengidap autisme akan menunjukkan gejala yang berbeda-beda pula.

Biasanya gejala umum yang kerap bisa ditemukan bagi para penyandang autism adalah kesulitan berkomunikasi, berinteraksi secara sosial, mengungkapkan emosi dan perasaan, serta memahami keadaan lingkungan sekitarnya.

Jangan Remehkan! Ini Dia Daftar Tokoh Penyandang Autism, Nomor 10 Presiden Lho! 03

[Baca Juga: 6 Tips Perencanaan Keuangan Untuk Pasangan Muda yang Harus Diketahui Agar Terhindar Utang dan Hidup Sejahtera]

 

Gejala-gejala tersebut biasanya dapat terdeteksi sejak kecil, namun sayangnya belum ada penemuan untuk obat yang dapat menyembuhkan autism secara keseluruhan.

Para penyandang autism ini sebetulnya mengalami gangguan pada bagian otak depan atau yang biasa disebut lobus frontal dan bagian otak belakang atau posterior.

Kedua bagian dalam otak ini tidak bekerja dengan seharusnya sehingga pada otak para penyandang autism terjadi masalah koneksi pada beberapa bagian tertentu yang membuat otak tidak bekerja dengan sinkron.

Para penyandang autism biasanya memiliki cara pikir yang unik dalam mengolah informasi yang mereka dapatkan.

Mereka umumnya memiliki daya ingat yang baik dan jelas sehingga mereka mampu memiliki daya ingat akan informasi dan kejadian di masa lampau, bahkan hingga mendetail.

Tapi, walaupun daya ingat mereka tergolong sangat baik, para penyandangan autism ini memiliki keterbatasan dalam menghubungkan setiap memori tersebut dengan emosi tertentu (senang, sedih, marah dan lain sebagainya).

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa orang-orang penyandang autism ini mengalami gangguan pada otak bagian depan (lobus frontal) yang berfungsi untuk mengatur emosi, perasaan, perilaku dan kepribadian.

Oleh sebab itu, para penyandang autism mengalami kesulitan dalam mengendalikan emosi, perasaan, perilaku dan kepribadian mereka sendiri.

Mereka sulit untuk membedakan rasa bahagia, kecewa dan itulah yang membuat mereka pun tidak dapat mengungkapkan apa yang mereka rasakan apa yang menjadi penyebabnya.

Jika berbicara tentang hal-hal eksak seperti berhitung, biasanya mereka akan lebih mahir dari orang-orang pada umumnya.

Tak jarang anak-anak penyandang autism bisa lancar membaca di usia dini, yaitu usia 3 tahun dan mereka mampu menyerap berbagai kosakata dan mengerjakan berbagi soal matematika setara anak Sekolah Dasar.

Selain itu, mereka juga cenderung memiliki kepandaian dalam memainkan alat musik, memiliki ingatan yang tajam dan imajinasi yang membuat mereka bisa menjadi para seniman dan atau pelukis yang cakap.

 

Faktor Kecerdasan Penyandang Autism

Menurut para peneliti yang dilansir dari Hellosehat, mereka sepakat bahwa ada beberapa faktor yang menjawab pertanyaan mengapa para penyandang autism memiliki tingkat kecerdasan yang tidak biasanya.

 

#1 Penyandang Autism Punya Konsentrasi yang Sangat Tinggi

Mereka yang terlahir dengan spektrum autism memiliki kelebihan yang luar biasa dalam menjaga fokus dan konsentrasi yang tinggi terhadap hal-hal tertentu.

Meski demikian, mereka terkadang sulit untuk membagi konsentrasi pada banyak hal sekaligus.

Karena cenderung fokus alias mereka begitu besar mencurahkan perhatian pada satu hal tertentu, para penyandang autism ini biasa lebih cepat untuk menguasai sebuah materi baru yang ia pelajari.

 

#2 Penyandang Austism Memiliki Daya Ingat Yang Tajam

Para penyandang autism tak jarang digolongkan sebagai orang yang cerdas dengan kemampuan mereka dalam mengingat setiap hal yang pernah mereka temui.

Ketika mereka mengalami sesuatu misalnya mendengarkan pertunjukan musik atau ketika mereka mengalami kejadian tertentu, mereka akan menyimpan hal itu dalam memori pikiran mereka.

Contoh lain ketika mereka belajar tentang rumus matematika, mereka akan dengan segera dapat dengan mudah memutar ulang memori mereka dalam belajar rumus matematika sehingga mereka mampu mengerjakan soal-soal matematika tersebut.

Jangan Remehkan! Ini Dia Daftar Tokoh Penyandang Autism, Nomor 10 Presiden Lho! 04

[Baca Juga: 25+ Kata-kata Bijak David Ogilvy Ini Memberikan Pelajaran Dalam Bisnis dan Iklan]

 

#3 Detail Pada Hal-hal Tertentu

Karena konsentrasi mereka yang tinggi terhadap sesuatu dan daya ingat yang tajam, mereka juga mampu melihat semua itu dengan kacamata yang mendetail.

Mereka kerap bisa dengan cepat mencari akar permasalahan dan menemukan solusinya.

 

#4 Cenderung Berpikir Dengan Logika Daripada dengan Emosi

King’s College di Inggris melakukan sebuah penelitian baru dan menyimpulkan bahwa orang yang termasuk penyandang autism biasanya mengandalkan logika dibandingkan dengan menggunakan emosi.

Mereka cenderung mempertimbangkan berbagai alasan yang logis, masuk akal dan objektif sebelum mereka mengambil keputusan.

 

Tokoh Penyandang Autism yang Sukses

Meski menyandang autism, tapi orang-orang ini mampu menembus batas keterbatasan mereka dan dikenal dunia menjadi orang-orang hebat melalui kemampuan mereka.

 

#1 Daniel Tammet – Seorang Penulis & Linguist

Daniel Tammet adalah pria kelahiran 31 Januari 1979, seorang penyandang autistic savant yang dinobatkan sebagai 1 dari 100 orang jenius di dunia. Ia adalah seorang penulis buku terlaris New York Times berjudul “Born On A Blue Day” pada tahun 2006.

 

#2 Temple Grandin – Dosen & Penulis

Temple Grandin memang dikenal orang sebagai seorang dosen bergelar PhD di Colorado State University yang mengajar ilmu hewan dan seorang penulis yang telah mempublikasikan 10 bukunya mengenai hewan dan perilaku manusia.

Jangan Remehkan! Ini Dia Daftar Tokoh Penyandang Autism, Nomor 10 Presiden Lho! 05

[Baca Juga: Catat! 11 Tips Jitu Kelola Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil]

 

Tapi tak disangka, ternyata perjuangan Temple Grandin menjadi sesukses ini dibayangi oleh banyak hambatan, terutama dari spektrum autism yang telah didiagnosis sejak usianya belum genap 3 tahun dimana perkembangan saraf kompleks tidak berfungsi dengan seharusnya dan dampaknya mempengaruhi hubungan sosial.

Kisah hidup Temple Grandin ternyata juga bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang melalui film mengenai kisah hidupnya yang difilmkan oleh HBO dengan judul namanya sendiri, “Temple Grandin”.

 

#3 Matt Savage – Musisi Jazz Ternama

Meski didiagnosa dengan spektrum autism PDD (Pervasive Development Disorder Unspecified) di usianya 3 tahun, ternyata Matt Savage mampu mengasah potensinya menjadi seorang musisi autistic savant Amerika yang dikenal sebagai pianis jazz profesional.

Kelahiran tahun 1992 ini sudah pernah bermain dengan para musisi dewasa terbaik pada masanya hingga sang legenda jazz, Dave Brubeck menyebut Matt Savage sebagai Mozart of Jazz.

3 CD Audio yang ia hasilkan telah disumbangkan untuk penelitian dan dukungan untuk autism.

 

#4 Satoshi Tajiri – Pendiri Game Freak.Inc

Siapa yang tak kenal dengan Pokemon, video game asal Jepang yang populer di kalangan anak-anak dan orang dewasa dengan ikon Pikachu yang menggemaskan.

Tak disangka, Satoshi Tajiri adalah dalang dibalik kesuskesan Game Freak, Inc. yang ia dirikan dan dia adalah penyandang autism yang merajai dunia video game melalui Nintendo.

 

#5 Tim Page – Penulis & Kritikus Ternama

Sindrom Asperger tidak membuatnya enggan untuk meraih kesuksesannya. Tim Page dikenal sebagai seorang kritikus terkenal sekaligus seorang penulis buku berjudul “Parallel Play”. Bahkan dari tulisannya, ia memenangkan Pulitzer Prize sebagai kritikus musik untuk Washington Post.

Sebagai tokoh penyandang autism, Tim Page membuktikan dirinya dipilih sebagai Opera News sebagai 25 orang yang paling berpengaruh di dunia opera.

Tim Page dengan tangan dinginnya berhasil membuat konser di seluruh dunia dan ia juga dinobatkan sebagai profesor jurnalisme dan musik di University of Southern California.

 

#6 Donna Williams – Penulis & Seniman

Inilah satu dari sekian banyak penyandang autism yang membuka mata publik bahwa para tokoh penyandang autism tetap dapat diperhitungkan dalam sebuah komunitas masyarakat melalui kemampuan mereka yang luar biasa.

Jangan Remehkan! Ini Dia Daftar Tokoh Penyandang Autism, Nomor 10 Presiden Lho! 06

[Baca Juga: Cara Sederhana Mengatur Keuangan Bagi Yang Punya Hobi Menguras Kantong]

 

Sebut saja Donna Williams dengan kemahirannya dalam menulis buku, menulis lagu, memahat, mematung dan melukis.

Ia menulis autobiografinya sendiri dengan judul “Nobody Nowhere” dan menjadi bestseller internasional.

Wanita asal Australia kelahiran tahun 1963 tersebut merupakan seorang pelajar kinestetik dengan keahliannya sebagai seorang seniman yang terampil.

 

#7 Dawn Prince Hughes – Antropolog & Penulis

Wanita yang kini bergelar PhD di bidang antropologi primate ini terlahir dengan sindrom autism, yaitu high-functioning autistic.

Ia berhasil mengesankan dunia dengan keahliannya dalam dunia primate dan etnologi.

Dawn Prince Hughes juga menulis serangkaian buku yang diantaranya adalah ‘Songs for the Gorilla Nation’ dan ‘My Journey Through Autism’.

Sebagai ahli primate dan etnologi, Dawn Prince Hughes dipercaya sebagai ketua eksekutif dari ApeNet Inc dan direktur eksekutif dari Institute for Cognitive Archaeological Research dan berhubungan dengan Jane Goodall Institute.

 

#8 Albert Einstein – Ilmuwan

Tak asing dengan namanya, bukan?

Albert Einstein dengan kejeniusannya dikenal sebagai bapak ilmu pengetahuan ternyata adalah seorang penyandang autism dengan serangkaian teori yang ia temukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan demi perkembangan kehidupan manusia.

Jangan Remehkan! Ini Dia Daftar Tokoh Penyandang Autism, Nomor 10 Presiden Lho! 08

[Baca Juga: Bagaimana Prioritas Keuangan Pasangan Tua? Apakah Sama Seperti Umumnya?]

 

Berbagai teori temuannya mencakup mekanika fisika, mekanika kuantum, kosmologi dan statistika.

Meski ia tak jarang merasa gagap saat menjelaskan hasil pemikirannya karena keterbatasannya sebagai penyandang autism, namun keterbatasannya itu tidak menjadi penghalang baginya untuk terus maju dan menemukan berbagai teori hebat yang banyak digunakan dalam berbagai cabang ilmu pengetahuan.

 

#9 Isaac Newton – Ilmuwan

Ilmuwan yang dikenal dengan temuannya lewat teori gravitasi ini memiliki banyak andil dalam perkembangan teori fisika.

Tapi, ternyata ia juga termasuk salah satu tokoh penyandang autism dengan sindrom Asperger.

Kebiasaannya yang kerap sendiri dan sulit dalam bersosialisasi dengan wajar, itulah yang menjadi salah satu pertanda yang dikemukakan oleh peneliti Inggris Profesor Simon Baron-Cohen.

 

#10 Thomas Jefferson – Presiden Ketiga Amerika Serikat

Sosok satu ini dianggap mengalami gangguan spektrum autism karena berbagai fakta diantaranya, ia merasa tidak nyaman saat berbicara di depan publik selain itu ia juga peka terhadap suara-suara dan punya rutinitas aneh seperti bersahabat dengan burung mockingbird.

Namun, ia ternyata mampu menjadi seorang filsuf politik yang sangat mendukung paham kebebasan liberal dan berhasil dipercaya masyarakat untuk menjadi Presiden ketiga Amerika Serikat.

 

#11 Steve Jobs – Pendiri Apple

Pendiri ponsel ternama nomor satu di dunia, Apple ternyata dianggap memiliki spektrum autism karena beberapa fakta tentang kesulitannya dalam berinteraksi secara sosial.

Namun Steve Jobs berhasil membuktikan kecerdasannya dengan menghasilkan perangkat hebat yaitu iPhone dan Mac melalui IQ nya yang tinggi.

 

#12 Bill Gates – Pendiri Microsoft

Salah satu orang terkaya dunia yang berhasil mendirikan Microsoft ini juga dikenal mengalami spektrum autism dengan gelagatnya yang senantiasa berbicara singkat dan monoton dan kebiasaannya menghindari kontak mata saat berbicara, seperti pernyataan dari banyak pakar autism.

 

#13 Oscar Yura Dompas – Penulis

Tokoh penyandang autism dari Tanah Air pun tak kalah hebatnya.

Sebut saja Oscar Yura Dompas yang berhasil menyelesaikan kuliah sarjananya di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jl Sudirman, Jakarta Pusat.

Jangan Remehkan! Ini Dia Daftar Tokoh Penyandang Autism, Nomor 10 Presiden Lho! 07

[Baca Juga: Penting Diketahui Semua Orang! Ini Faktor Pendukung Kebebasan Keuangan]

 

Ia juga dianugerahi rekor MURI karena keberhasilannya sebagai penyandang autism yang berhasil menyelesaikan bangku sarjana.

Ia juga menulis buku berjudul “Autistic Journey” dan “The Life Of the Autistic Kid Who Never Give Up” yang juga diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang berjudul “Menaklukkan Autis”.

 

#14 John Elder Robinson – Pebisnis & Penulis

Sebagai penyandang sindrom Asperger, John Elder Robinson dikenal sebagai penulis buku terlaris New York Times yang berjudul “Look Me in the Eye” diterbitkan pada tahun 2007 oleh Random House.

Buku tersebut merupakan kisah dari kehidupannya sendiri yang tumbuh dengan sindrom autism dalam dirinya

Ia juga berbakat dalam bidang mekanika dan elektronika sehingga ia diterima dengan mudah di perusahaan sound milik Pink Floyd.

Selain sebagai penulis, John Elder Robinson juga memiliki bisnis sendiri, yakni mengumpulkan dan memperbaiki mobil antik Eropa.

 

#15 Wolfgang Amadeus Mozart

Tokoh terkenal penyandang autism yang banyak berkontribusi dalam bidang musik klasik, dialah Wolfgang Amadeus Mozart.

Berbagai karyanya yang melegenda merupakan hasil dari kejeniusannya meski ia berada di belakang bayang-bayang spektrum autism karena keterbatasannya dalam berkomunikasi dengan orang lain pada umumnya.

Ia juga punya kebiasaan yang aneh seperti suka menggerak-gerakkan kaki dan tangan dengan ekspresi yang dianggap aneh. Ia juga punya pendengaran yang sangat sensitif karena ia akan sangat terganggu ketika mendengar suara yang keras dan ramai.

 

Don’t Underestimate Yourself And Others

Itu dia daftar tokoh penyandang autism yang berhasil menembus keterbatasannya dan menjadi orang-orang ternama.

Siapa bilang keterbatasan bisa menghalangi kita untuk meraih sukses. Anda bisa meraih apapun yang Anda inginkan. Mau jadi pemimpin atau CEO hebat, dokter terkenal, musisi ternama, ilmuwan dan lain sebagainya? Anda bisa meraihnya.

Tidak ada yang tidak mungkin kan di dunia ini? Buktinya para tokoh dengan keterbatasan sindrom autism bisa sukses juga.

Jadi, jangan remehkan diri Anda dan jangan juga remehkan orang lain yang menyandang sindrom autism karena mereka juga punya kemampuan dan potensi hebat untuk meraih sukses di bidang mereka.

 

Dari sekian banyak penyandang autism yang sukses, siapa yang sangat menginspirasi Anda untuk meraih keberhasilan? Anda bisa bagikan pendapat Anda dalam kolom komentar di bawah ini.

Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku yang menginspirasi kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Jika Anda membutuhkan konsultasi tentang masalah keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ayah Bunda. Anak Penyandang Autisme Juga Bisa Sukses Seperti 5 Tokoh Ini. Ayahbunda.co.id – https://bit.ly/2lQjM63
  • Admin. 6 Desember 2015. Tokoh dan Artis Berkebutuhan Khusus yang Sukses. Blog.sukawu.com – https://bit.ly/2ItrkE6
  • Admin Kejadian Aneh. 13 Tokoh Terkenal yang Ternyata Penyandang Autis. Kejadiananeh.com – https://bit.ly/2VizrZf
  • Endro Priherdityo. 7 April 2016. Penyandang Autisme Juga Bisa Berprestasi. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/31Tn9sO
  • Oke News. 8 April 2019. 5 Orang Sukses Ini Ternyata Penyandang Autisme. News.okezone.com – https://bit.ly/2IpYzYI
  • Tania Savitri. Mengapa Penderita Autisme Biasanya Genius? Hellosehat.com – https://bit.ly/2klqX5z
  • E Learn. Mengenal 7 Sosok Hebat dalam Spektrum Autisme, Siapa Saja? Elearn.id – https://bit.ly/30UM1Po
  • Detik Health. 2 April 2013. 7 Kisah Sukses Penyandang Autis Paling Terkenal di Dunia. Detik.com. https://bit.ly/355i0zI

 

Sumber Gambar:

  • Tokoh Autism 01 – http://bit.ly/2IDp8d2
  • Tokoh Autism 02 – http://bit.ly/315YrnN
  • Tokoh Autism 03 – http://bit.ly/2Vxu8oH
  • Tokoh Autism 04 – http://bit.ly/2AYZ7Rk
  • Tokoh Autism 05 – http://bit.ly/2q062at
  • Tokoh Autism 06 – http://bit.ly/2MxOquo
  • Tokoh Autism 07 – http://bit.ly/2MuvxIE
  • Tokoh Autism 08 – http://bit.ly/314ddLJ

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang