Bisa bebas dalam mengendalikan banyak aspek yang dapat mempengaruhi kebahagiaan adalah rujukan kebebasan keuangan. Namun, sudahkah Anda tahu faktor pendukung kebebasan keuangan?

Berbagai macam faktor penentu kebebasan dalam mengendalikan keuangan Anda, dapat berpengaruh terhadap kehidupan Anda.

Yuk simak artikel dari Finansialku berikut ini yang akan membahas tuntas mengenai faktor yang dapat mendukung kebebasan keuangan. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kebebasan Pengendalian Keuangan: Tolok Ukur Kebahagiaan?

Memiliki banyak uang dengan kekuasaan untuk mengendalikan atau membuat daftar untuk membelanjakannya secara bebas adalah impian setiap orang tentunya.

Hal ini seolah menjadi sebuah tolok ukur kebahagiaan bagi sebagian besar orang hingga memunculkan persepsi-persepsi baru mengenai kebahagiaan.

Memang kebahagiaan dalam dunia apalagi di zaman sekarang ini sudah bergeser dari makna sebenarnya.

Padahal sebenarnya, tidaklah benar jika kebahagiaan diukur dengan banyaknya uang yang bisa dimiliki maupun kemampuan untuk mengatur semua yang berkaitan dengan keuangan.

Meskipun, pada saat Anda memiliki kebebasan untuk mengatur keuangan, Anda akan bisa melakukan banyak hal yang tentunya akan mendatangkan kebahagiaan baik besar maupun kecil.

Kebebasan keuangan sendiri bertujuan untuk memberikan Anda kebebasan dalam mengatur dan memutuskan segala opsi dalam berbagai hal yang berkaitan dengan keuangan Anda.

Banyak hal yang dapat dilakukan ketika Anda memiliki banyak uang yang bebas Anda atur sesuai tingkat kebutuhan.

 

Cara Memiliki Kebebasan Keuangan dengan Cara Cepat

Di era sekarang ini semuanya terasa seolah mampu diubah dengan mobilitas yang tinggi, segala hal dituntut untuk menjadi instan dan serba cepat.

Namun, tidak semua yang ada di dunia dapat dilakukan dengan cara instan. Salah satunya adalah memperoleh kebebasan keuangan.

Mewujudkan kebebasan keuangan sendiri bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Untuk mencapainya, Anda harus melakukan banyak usaha keras yang ekstra. Meskipun, telah bermunculan banyak slogan yang dapat memberikan solusi bahwa untuk kebebasan keuangan bisa dilakukan dengan cepat.

Faktor Pendukung Kebebasan Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Di Bawah Usia 25 Tahun Tapi 8 Anak Ini Sudah Menjadi Orang Kaya]

 

Saat muda pasti banyak terpikirkan mengenai apa yang akan dilakukan ke depannya, lebih sering dari pada saat Anda telah dewasa.

Hal ini berkaitan dengan pola pikir yang berhubungan dengan tingkat kedewasaan seseorang dalam menentukan standar atas kebebasan keuangan.

Dalam hal ini, memiliki standar tersendiri bagi masing-masing orang dengan berbagai proses yang berbeda di tiap tingkatan yang harus dilalui dalam pencapaiannya.

Salah satu proses yang mungkin saja dilalui ialah rutin melakukan perencanaan keuangan.

Dengan melakukannya, Anda dapat mengetahui hal apa saja yang dapat Anda rencanakan secara keuangan saat ini dan masa mendatang.

Hal ini dapat juga membantu untuk segera mencapai kebebasan keuangan.

Bagi Anda yang ingin mulai melakukannya, ebook Finansialku berikut ini dapat menjadi panduan utama dalam mempraktikkannya:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Anda bisa mendapatkannya dengan GRATIS tanpa dipungut biaya sedikitpun.

Jika ingin lebih praktis, buatlah perencanaan keuangan menggunakan aplikasi Finansialku. Fiturnya yang lengkap dapat membantu Anda memantau kondisi keuangan Anda.

Jika belum memilikinya, Anda bisa download terlebih dahulu melalui Google Play Store atau registrasi terlebih dahulu melalui PC Anda.

Lalu tunggu apalagi? Yuk download dan lakukan sekarang juga!

 

Faktor Penentu Kebebasan Keuangan Agar Tercapai

Dalam proses pencapaian standar masing-masing individu dalam mencapai kebebasan keuangan, Anda harus mengerti keseluruhan tahapan-tahapannya.

Jika Anda telah mematok target untuk memiliki kebebasan keuangan di usia tertentu, maka tentu saja Anda harus memperhatikan banyak faktor, baik dari dalam diri Anda sendiri maupun faktor-faktor dari lingkungan dan faktor lainnya.

Berikut beberapa faktornya:

 

#1 Niat untuk Mencapai Target

Faktor satu ini merupakan bagian dari faktor internal dalam diri Anda, yang harus Anda pupuk dan kembangkan dengan sendirinya terlebih dulu.

Faktor ini memiliki banyak pengaruh besar yang dapat dipastikan akan menjadi faktor penting sebagai penentu Anda dalam mengelola keuangan.

Karena sebuah pencapaian besar akan benar-benar diraih ketika Anda benar-benar menginginkannya.

Kenalilah segala tindakan yang Anda lakukan dengan segala hal yang dipikirkan. Pastikan Anda mengetahui betul apakah Anda benar-benar menginginkan kebebasan keuangan atau tidak.

Setelahnya, memotivasi diri Anda dengan niat yang besar untuk mencapai target yang Anda inginkan.

Hambatan-Utama-Dalam-Kebebasan-Keuangan-1-Finansialku

[Baca Juga: Financial Hacks! Atur Uang Sebelum Uang Mengatur Anda]

 

#2 Bentuk Pola Pikir yang Benar dan Karakter yang Tepat

Setelah Anda mengetahui niat dan motivasi Anda dalam mencapai kebebasan keuangan, hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya ialah pola pikir.

Hal ini memiliki pengaruh yang besar pada tumbuh kembang dari usaha dan motivasi Anda sendiri.

Jika pola pikir Anda sesuai dengan target yang Anda inginkan, maka yang diharapkan adalah target Anda terpenuhi. Jadi, jika Anda seorang pengusaha, berpola pikirlah seperti seorang pengusaha.

Selain itu, Anda harus membentuk karakter yang baik dan benar sebagai usaha dalam proses pencapaian kebebasan keuangan.

Dalam hal ini, mungkin akan mengubah beberapa kebiasaan yang Anda lakukan sebelumnya.

Bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi dengan pola pikir yang tepat dan pengaruh lingkungan dapat memungkinkan dalam pembentukan karakter.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

#3 Motivasi dari Orang Lain

Hal ini merupakan faktor eksternal sebagai bagian dari rangkaian aksi yang dipersiapkan untuk mencapai kebebasan keuangan.

Anda juga tentunya membutuhkan beragam motivasi dari lingkungan atau orang-orang terdekat. Hal ini biasanya muncul lebih dulu dari pada motivasi yang datang dari dalam diri sendiri.

Biasanya orang-orang akan lebih fokus dan serius saat telah memiliki tanggung jawab untuk itu.

Seperti ketika Anda telah menikah, motivasi untuk mencapai kebebasan keuangan tentu muncul karena rasa tanggung jawab untuk menghidupi keluarga atau membantu keuangan keluarga Anda.

Namun, tentu saja, bahwa pencapaian kebebasan keuangan harusnya dilakukan sejak dini karena hal ini akan sangat berpengaruh pada seberapa besar proses yang telah Anda mulai dan prosesnya akan menjadi lebih cepat.

Bagaimana Cara Mencapai Kebebasan Keuangan yang Dapat Saya Lakukan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi Robert T. Kiyosaki: Tidak Menerima Gaji Selama 13 Bulan]

 

#4 Lingkungan Sekitar

Kepribadian seseorang biasanya terbentuk dari lingkungan tempatnya tinggal. Seperti, jika Anda telah terbiasa sejak lama berada di lingkungan kelas menengah ke atas dan terbiasa dengan kehidupan demikian.

Hal ini akan mempengaruhi pola pikir Anda terhadap apa yang akan terjadi di masa mendatang jika Anda tidak bisa mencapai target kebebasan keuangan.

Meskipun, hal ini tidak selalu berlaku jika pendidikan sejak awal mengenai kebebasan keuangan sudah diterapkan dan diajarkan oleh orang tua. 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#5 Lingkungan Sosial

Faktor lainnya yaitu kehidupan atau cara bersosial Anda dengan lingkungan.

Sebagai makhluk sosial, tentu saja kehidupan bersosial Anda ikut berperan membentuk target ke dalam pencapaian kebebasan keuangan.

Hal ini biasanya ditandai dengan motivasi Anda untuk ikut andil dalam usaha penyejahteraan lingkungan.

Selain itu, dari segi agama pun dapat memberikan dorongan sebagai faktor yang mempengaruhi target pencapaian kebebasan keuangan Anda.

Contohnya saja, Anda pasti berkeinginan untuk berbuat banyak untuk agama Anda, terutama dalam hal keuangan.

 

Semua Orang Layak Mencapai Kebebasan Keuangan

Dari banyak hal yang dipaparkan, tentunya semua orang pasti ingin mencapai target dalam kebebasan keuangan.

Hanya saja, semua itu kembali pada diri Anda sendiri terlepas dari semua faktor yang juga mempengaruhi.

Hal yang seharusnya Anda lakukan untuk mencapai kebebasan keuangan adalah dengan mempersiapkan dana keuangan sedini mungkin.

Tetap fokus dan yakin bahwa Anda dapat mewujudkan setiap keinginan Anda.

Siapkan diri Anda untuk berusaha keras dalam mencapainya, mulailah berinvestasi yang akan memberikan Anda peluang untuk berkembang di kemudian hari.

 

Apakah Anda memiliki pengalaman mengenai kebebasan keuangan? Ceritakan hal tersebut melalui kolom komentar di bawah ini. Bagikan pula informasi di atas agar lebih banyak orang yang bisa meraih kebebasan keuangan, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 1 Maret 2018. Faktor-faktor Pendukung Mencapai Kebebasan Finansial #1. Sofis.id – https://goo.gl/LsweWP
  • Admin. 1 Maret 2018. Faktor-faktor Pendukung Mencapai Kebebasan Finansial #2. Sofis.id – https://goo.gl/yxKJ9F

 

Sumber Gambar:

  • Faktor Pendukung Kebebasan Keuangan 1 – https://goo.gl/wPwRD5
  • Faktor Pendukung Kebebasan Keuangan 2 – https://goo.gl/9Bos6i