Dewasa ini, semakin banyak entrepreneur yang berhasil menjadi orang kaya sejak muda.

Pola pikir dan strategi mereka dalam berbisnis bisa menjadi sebuah pelajaran bagi generasi lainnya. Penasaran dengan rahasianya?

Mari kita belajar bagaimana 8 pebisnis muda di bawah usia 25 tahun ini menjadi orang kaya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Apakah Saya Bisa Menjadi Seperti Mereka, Orang Kaya?

Tentunya menjadi impian banyak orang untuk bisa sukses dan menjadi orang kaya sesegera mungkin. Tetapi apakah Anda bisa mencapainya?

Tentu saja!

Nyatanya banyak pebisnis yang bahkan menjadi orang kaya sebelum menginjak usia 25 tahun.

Mau Bebas Finansial Tiru 11 Kebiasaan ini Agar Kebebasan Finansial Terwujud Nyata! 02 Orang Kaya - Finansialku

[Baca Juga: Para Freelance, Mau Bebas Keuangan? 20 Usaha Sampingan yang Dapat Anda Jalankan]

 

Di saat banyak anak muda yang masih bingung ingin berbisnis apa dan sebagian lainnya masih sibuk nongkrong-nongkrong gaul bersama teman-temannya, ternyata masih ada sebagian kecil anak muda yang sukses sejak muda.

Kini pertanyaannya adalah, “Apakah saya juga bisa seperti mereka? Apakah saya bisa sukses sebelum usia 25 tahun?”

Untuk menjawabnya, Anda dapat melihat kisah sukses 8 anak muda yang sudah menjadi orang kaya di usia muda versi Finansialku berikut ini:

 

#1 Juliette Brindak

Awal karier Juliette Brindak adalah saat ia mulai membuat sketsa karakter pada usia 10 tahun yang disebut “Cool Girls” terinspirasi dari kehidupan nyata.

Sepak terjangnya dilanjutkan dengan terbentuknya platform media sosial komplementer bernama “Miss O & Friends” di usia 16 tahun, dimana ia berperan sebagai co-founder dan Chief Executive Officer (CEO).

Miss O & Friends” menghasilkan kunjungan sebanyak 10 juta per bulannya, dan penghasilannya mencapai 20 kali lipat pada tahun 2005.

Masih Di Bawah Usia 25 Tahun Tapi 8 Anak Ini Sudah Menjadi Orang Kaya 01 Juliettee Brindak - Finansialku

Juliette Brindak adalah CEO Miss O & Friends

 

Kini, apa yang ia buat itu bernilai sekitar US$15 juta atau sekitar Rp200 miliar lebih menurut investor Procter & Gamble. Ia mendapatkan sebagian besar pendapatannya dari iklan.

Untuk berbagi pengalamannya, Brindak menerbitkan buku “Miss O & Friends: Write On! The Miss O & Friends Collection of Rockin’ Fiction”, sebuah kompilasi dari cerita yang dikirimkan user. Brindak juga berkata bahwa beliau berencana menerbitkan lebih banyak buku lagi ke depannya.

“We started off with a business plan that we have used as our guide, but that business plan is always changing. We continue to find new ways to engage girls, to generate revenue, and new outlets that are appropriate for Miss O and our community.”

 

#2 Sean Belnick

Siapa sangka Sean Belnick berhasil mengawali bisnisnya pada usia 16 tahun, dimana ia mendirikan toko elektronik retail hanya dengan modal senilai US$600 atau sekitar Rp8 juta.

Awalnya, toko elektronik retail tersebut menjual barang-barang kecil seperti kartu perdagangan.

Tak berhenti sampai di situ, Belnik kemudian mendirikan Bizchair.com pada tahun 2011 dan membuktikan bakatnya di pasaran perabot rumah.

Dengan bermodalkan dana investasi sebesar US$500 dan saran dari ayah angkatnya Gary Glazer, seorang veteran dalam bisnis perabot, Sean mulai menjalankan bisnis BizChair.com di kamar tidur kecilnya.

Masih Di Bawah Usia 25 Tahun Tapi 8 Anak Ini Sudah Menjadi Orang Kaya 02 Sean Belnick - Finansialku

Sean Belnick menjalankan BizChair.com

 

Pada 2004, Belnick Inc. memiliki bangunan pertamanya, yakni sebuah commercial warehouse space seluas 3.700 m2 di Kennesaw, Georgia.

Hanya dalam 3 tahun, bisnis ini berkembang pesat hingga BizChair.com ekspansi ke bangunan baru di Canton, Georgia dengan luas bangunan mencapai 30.400 m2.

Fasilitas ini didesain oleh arsitek terkenal Scogin Elam dan Bray. Tercatat bahwa pada saat berusia 20 tahun, ia telah memiliki aset senilai US$24 juta.

 

#3 Adam Horwitz

Saat berusia 15 tahun, Adam membuat resolusi untuk menghasilkan jutaan dolar pada hari jadinya yang ke-21. Ia mencapai tujuannya dan memperoleh penghasilan jutaan dolar pada usia 20-an, setelah melewati 3 tahun tanpa kesuksesan.

Hal ini berhasil dilakukannya dengan menjadi pencipta dan pengembang Mobile Monopoly, sebuah tutorial pemasaran mobile.

“I just love being able to build a business and watch it grow into something huge. The journey is the most exciting part.”

 

Temuan terakhirnya adalah YepText, servis pesan teks singkat yang memungkinkan sebuah bisnis berinteraksi dengan menarik minat konsumen melalui iklan berupa pesan singkat.

Horwitz juga mengungkapkan bahwa sebenarnya tidak ada yang mustahil, selama Anda mengambil tindakan nyata dan tidak pernah menyerah.

Masih Di Bawah Usia 25 Tahun Tapi 8 Anak Ini Sudah Menjadi Orang Kaya 03 Adam Horwitz - Finansialku

Adam Horwitz adalah penemu YepText

 

#4 Jonathan Koon

Terlahir pada tahun 1983 di Borough, Queens, New York City, Koon merupakan anak tunggal dari imigran Hong Kong.

Saat menginjak usia 16 tahun, ia berhasil menjadi orang kaya dengan memulai bisnis onderdil mobil di New York, Extreme Performance Motorsports.

Bisnisnya kemudian berhasil menjadi salah satu yang terbesar, sehingga menjadi supplier utama dari acara reality show  TV “Pimp My Ride”.

Masih Di Bawah Usia 25 Tahun Tapi 8 Anak Ini Sudah Menjadi Orang Kaya 04 Jonathan Koon - Finansialku

Jonathan Koon imigran dari Hong Kong yang tinggal di Borough

 

Melalui jaringannya yang luas, Koon kemudian mulai memasuki dunia fashion. Beliau bekerja sama dengan Young Jeezy untuk sebuah fashion line.

Kini aset Young Jeezy 8732 Apparel Ltd. miliknya telah bernilai US$40 juta dan menjadi produk favorit ketiga yang digunakan di Amerika.

 

#5 Cameron Johnson

Pada saat berusia 9 tahun, Johnson sudah meluncurkan bisnis pertamanya, yakni membuat kartu undangan untuk pesta yang diadakan orang tuanya.

Keterampilannya membuat kartu ucapan tersebar dengan cepat, sehingga pada usia 11 tahun bakatnya telah memberinya keuntungan ribuan dolar untuk memulai bisnisnya sendiri.

Salah satunya adalah melalui bisnis My EZ Mail, sebuah servis yang mem-forward email pada akun tertentu tanpa membocorkan informasi pribadinya.

Dengan programmer yang direkrutnya, Johnson berhasil memperoleh hampir US$3.000 per bulan hanya dari iklan saja. 

Masih Di Bawah Usia 25 Tahun Tapi 8 Anak Ini Sudah Menjadi Orang Kaya 05 Cameron Johnson - Finansialku

Cameron Johnson merupakan pembuat website SurfingPrize.com

 

SurfingPrizes.com yang kemudian ia ciptakan untuk menjadi sumber mata pencahariannya menghasilkan US$350 ribu per bulan atau sekitar Rp4 miliar. Kini layanan toolbar ciptaannya itu bernilai setidaknya US$1 juta.

 

#6 Dave dan Katherine Cook

Kedua bersaudara ini berhasil sukses setelah menciptakan MyYearbook.com pada Springbreak tahun 2005.

Pada tahun 2008, bisnis ini semakin luas dengan kerja sama untuk membuat Flash based games dalam situsnya. Kerja sama ini dilakukan dengan Arkadium, casual game developer

Dalam games tersebut diterbitkanlah Lunch Money, yang bisa dibilang sebagai myYearbook virtual currency.

Masih Di Bawah Usia 25 Tahun Tapi 8 Anak Ini Sudah Menjadi Orang Kaya 06 Dave dan Katherine Cook - Finansialku

Dave and Katherine Cook, dua saudara yang berhasil menciptakan MyYearbook.com

 

MyYearbook.com kemudian menjalin kerja sama dengan situs Latin Quepasa serta mengganti namanya menjadi MeetMe pada Juni 2012.

Perubahan ini ditujukan untuk memberi arti baru terhadap bisnisnya, yakni user yang menjalin pertemanan baru, sesuai dengan tujuan bisnis ini.

Rebranding ini terbukti sukses, karena situs ini kini sudah bernilai sekitar US$100 juta.

 

#7 Nick D’Aloisio

Terlahir pada tahun 1995, D’Aloisio merupakan seorang computer programmerphilosopher dan entrepreneur.

Temuan yang mencuatkan namanya adalah Summly, sebuah automatic summarization algorithm, yang dikembangkan dengan SRI International.

D’Aloisio dikenal sebagai pebisnis termuda yang berhasil bergelut dalam bidang teknologi, yakni pada usia 15 tahun saja.

Pada tahun 2013, Summly dibeli oleh Yahoo dengan estimasi nilai US$30 juta, menjadikan D’Aloisio salah satu orang kaya termuda.

Masih Di Bawah Usia 25 Tahun Tapi 8 Anak Ini Sudah Menjadi Orang Kaya 07 Nick D'A;oisio - Finansialku

Nick d’Aloisio menemukan Summly, sebuah automatic summarization algorithm

 

Beliau juga dinobatkan sebagai  “Innovator of the Year” di New York City oleh Wall Street Journal untuk hasil kerja kerasnya di Summly

D’Aloisio juga termasuk dalam TIME Magazine’s ‘Time 100’ sebagai salah satu remaja paling berpengaruh di dunia.

Ia disebut-sebut berhasil sukses pada usia yang tergolong muda karena memiliki mata yang jeli karena dapat melihat perbedaan pasar sebagai katalisnya.

 

#8 Fraser Doherty

Fraser Doherty, entrepreneur asal Skotlandia dari Edinburgh merupakan penemu SuperJam, Envelope Coffee, dan co-founder Beer52.

Beliau juga merupakan direktur dari The SuperJam Tea Parties, sebuah badan amal teregistrasi di Skotlandia yang mengadakan tea party untuk kaum manula yang tinggal sendiri atau di panti jompo.

Doherty, melalui SuperJam, telah berinvestasi di banyak program amal. SuperJam merupakan sebuah bisnis selai buatan sendiri dengan resep dari neneknya yang dikembangkan Doherty pada usia 14 tahun.

Masih Di Bawah Usia 25 Tahun Tapi 8 Anak Ini Sudah Menjadi Orang Kaya 08 Fraser Doherty - Finansialku

Fraser Doherty, adalah penemu SuperJam, Envelope Coffee, dan co-founder Beer52

 

Bisnis SuperJam-nya berkembang pesat saat ia berusia 16 tahun yakni pada saat sebuah supermarket besar Inggris meminta stok produknya.

Ia berhasil memperoleh jutaan dolar dan menjadi salah satu orang kaya termuda pada usia 16 tahun.

Melihat kesuksesan bisnisnya, Doherty menerbitkan buku resep pertamanya pada 5 Agustus 2010, The SuperJam Cookbook. Buku ini mencakup resep untuk membuat selai, kue, dan makanan penutup.

Tak berhenti sampai di situ, Doherty kemudian menerbitkan buku kedua dan ketiga pada tahun 2011 dan 2016. Buku resepnya kini dapat ditemukan di Amazon.

 

Belajar Bisnis dari Pebisnis Pemuda Orang Kaya Sukses

Banyak orang dewasa yang menolak belajar dari anak muda karena anggapan bahwa pengetahuan dan pengalamannya lebih banyak.

Biasanya mereka menilai, usia setara dengan asam garam yang sudah dilalui dalam hidup, termasuk dalam berbisnis.

Tetapi yang harus dipetik dari kisah ini adalah, mereka adalah bibit-bibit penerus bangsa yang berhasil menunjukkan kemampuan berbisnisnya sejak muda, dan tidak ada salahnya belajar dari mereka.

 

Semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda untuk menjadi pebisnis sukses. Ingatlah bahwa tidak ada kata terlambat dalam meraih kesuksesan!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai kisah 8 anak di bawah usia 25 tahun yang sudah menjadi orang kaya?

Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Sulung Lahitani Mardinata. 21 November 2017. Belum Genap 25 Tahun, 8 Bocah Ini Sudah Jadi Miliarder. Liputan6.com – https://goo.gl/rDymon
  • Samantha Cortez. 28 Juni 2012. What A Tween Startup Founder Learned When She Went To College. Businessinsider.com – https://goo.gl/cA4DPF
  • Wikipedia. BizChair.com. en.wikipedia.org – https://goo.gl/D1kEML
  • CNN. 8 Kid Entrepreneurs to Watch. Money.cnn.com – https://goo.gl/ejW3Br
  • Wikipedia. Jonathan Koon. En.wikipedia.org – https://goo.gl/gUPYqz
  • Forbes. 3 Maret 2009. The First Million: Cameron Johnson. Forbes.com – https://goo.gl/57Sekk
  • Wikipedia. MeetMe. En.wikipedia.org – https://goo.gl/BnoUAH
  • Wikipedia. Nick D’Aloisio. En.wikipedia.org – https://goo.gl/AxP75s
  • Wikipedia. Fraser Doherty. En.wikipedia.org – https://goo.gl/RJW3VY

 

Sumber Gambar:

  • Orang Kaya Usia Muda – https://goo.gl/e72mx8
  • Juliette Brindak – https://goo.gl/aghs2a
  • Sean Belnick – https://goo.gl/XjsVVL
  • Adam Horwitz – https://goo.gl/KmnJGv
  • Jonathan Koon – https://goo.gl/1Lkpmi
  • Cameron Johnson – https://goo.gl/PZhzac
  • Dave dan Katherine Cook – https://goo.gl/9iqmHi
  • Nick D’Aloisio – https://goo.gl/NYCRfC
  • Fraser Doherty – https://goo.gl/1Mn8XL

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang