Apa benar bahwa freelancer adalah garis ‘madesu’? Bagaimana resolusi cerdas tujuan keuangan freelancer untuk mendapat tingkat keuangan yang lebih baik di tahun 2019?

Nah, sasaran keuangan apa yang bisa dilakukan untuk freelancer di tahun baru 2019? Simak cara cerdas di artikel Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Freelancer, Pekerjaan Bebas yang Bisa Menghasilkan Banyak Uang

Memiliki uang banyak atau setidaknya berpenghasilan secara rutin, bagi freelancer merupakan hal idaman.

Namun, kondisi tersebut perlu diimbangi dengan sasaran cerdas agar keuangan dapat tetap stabil meskipun freelance ialah pekerjaan yang fleksibel.

Seorang freelancer biasanya merupakan orang yang memiliki kemampuan tinggi dan tidak bisa bekerja di bawah tekanan segmentasi jam kerja.

Menjadi seorang freelancer tentu terdapat banyak keuntungan, selama Anda dapat mengendalikan keprofesionalan Anda dalam menjalin relasi kerja sama. Anda juga bekerja apabila mendapat tawaran, jika tidak?

 

Nah, Anda harus merencanakan segala anggaran keuangan Anda, agar Anda dapat mengantisipasi segala resiko ketika Anda tidak memiliki tawaran pekerjaan.

Seperti menabung atau berinvestasi di bidang yang dapat memiliki prospek progresif ke depannya. Buatlah resolusi yang tepat bagi diri Anda sendiri, karena Anda adalah kunci keberhasilan usaha Anda.

 

Cara Agar Freelancer Bisa Dapat Banyak Uang

Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk memiliki banyak uang sebagai pekerja freelancer, salah satunya adalah dengan memperluas jaringan Anda.

Karena bagaimanapun, Anda tidak memiliki badan afiliasi yang akan mempromosikan Anda secara cuma-cuma, seperti ketika bekerja di kantor yang akan mendapat kesempatan dipromosikan apabila mencapai target tertentu.

Tujuan Keuangan Freelancer Tahun Baru 2019, Apa Tujuan Anda 02 Freelancer 2 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan dan Belum Banyak Diketahui Orang]

 

Cara lain adalah meningkatkan portofolio Anda dengan mengoptimalkan kemampuan diri di bidang yang Anda kuasai. Semakin tinggi profil Anda, maka Anda akan dipandang semakin berkualitas sebagai freelance.

Hal ini akan membuat tarif bagi jasa Anda menjadi semakin tinggi. Jangan lupakan untuk membuat daftar pencapaian bagi diri Anda, agar dapat menjadi sebuah target untuk kedisiplinan waktu bekerja Anda.

 

Tujuan Keuangan Freelancer Tahun Baru 2019 yang Perlu Diperjuangkan

Menjadi seorang freelancer mengharuskan Anda dapat mengestimasi segala bentuk keuangan Anda sendiri.

Anda harus mengerti tiap segmentasi dari segala kebutuhan Anda, baik kebutuhan akan pengeluaran untuk keperluan sehari-hari, atau kebutuhan untuk berinvestasi.

Hal ini menjadi sangat penting untuk Anda sebagai freelancer untuk melakukan banyak hal demi stabilisasi keuangan di masa mendatang.

 

#1 Menghasilkan Lebih Banyak Uang

Uang menjadi hal yang krusial bagi semua orang, itu faktanya. Jadi, dengan menghasilkan lebih banyak uang, ini akan memudahkan Anda untuk menentukan banyak resolusi lainnya.

Banyak hal yang dapat dilakukan bagi seorang freelancer untuk mendapatkan banyak uang. Namun, kunci untuk mendapatkan lebih banyak uang bagi freelancer ialah bekerja keras dan memaksimalkan potensi spesialisasi diri.

Semakin tinggi kredibilitas Anda sebagai seorang freelance, maka uang yang Anda hasilkan akan meningkat. Lalu, stigma madesu bagi freelance kepada Anda akan menghilang dengan sendirinya.

 

#2 Minimalisasi Pengeluaran

Hal yang sangat mengkhawatirkan adalah Anda menghabiskan lebih banyak uang daripada uang yang Anda hasilkan. Hal ini harus Anda hindari karena dapat mengubah keadaan keuangan Anda menjadi lebih buruk.

Anda harus menentukan segala jenis pengeluaran, sehingga Anda dapat menggunakan uang Anda dengan efisiensi yang tinggi.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam pengaturan pengeluaran dan merencanakan keuangan, Anda dapat membaca ebook dibawah ini secara gratis agar keuangan Anda dapat terencana dengan lebih mudah.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

 

Freelance merupakan pekerjaan yang rentan dalam pengaturan jalan keuangan, karena Anda ialah bos bagi keuangan Anda sendiri yang mengetahui segala pengendalian untuk kebutuhan diri sendiri.

Namun, hal ini dapat berpengaruh buruk apabila Anda tidak membuat daftar anggaran yang dapat mengatur kebebasan Anda dalam menghamburkan uang.

Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisasi pengeluaran Anda, seperti tidak terlalu banyak makan di restoran, atau membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan.

Bersikaplah realistis dalam mengatur keuangan Anda dan tentukan metode yang tepat bagi Anda.

 

#3 Membayar Utang Lebih Cepat

Meminjam sejumlah uang atau berutang untuk keperluan mendadak yang membutuhkan banyak uang memang menjadi solusi. Tetapi, Anda harus berhati-hati ketika Anda tidak yakin dapat melunasinya secepat yang Anda mampu.

Karena hal itu dapat mengendalikan keuangan Anda menjadi berada di titik yang rentan akan kebangkrutan diri. Hal ini disebabkan bunga yang dapat bertambah tiap bulannya jika Anda tidak segera melunasinya.

Tujuan Keuangan Freelancer Tahun Baru 2019, Apa Tujuan Anda 03 Freelancer 3 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Pentingnya Investasi Bagi Freelancer, Jika Anda Ingin Menjadi Orang Sukses Finansial]

 

Tujuan Anda dalam melunasi hutang ini perlu ditentukan sebelum Anda melakukan peminjaman.

Agar Anda dapat meninjau anggaran Anda dan dapat menentukan tujuan yang realistis mengenai kebutuhan Anda dan jumlah yang harus Anda bayarkan ke depannya.

 

#4 Menabunglah dan Berhemat

Menabung adalah resolusi keuangan yang dapat membantu Anda mencapai banyak hal besar, seperti misalnya membeli barang-barang tersier atau berinvestasi.

Apa pun tujuannya, berhemat untuk menabung adalah resolusi yang baik untuk dilakukan. Anda pun harus menentukan jumlahnya secara spesifik sehingga Anda dapat memantau aliran dana tersebut secara jelas.

Menabung pun memiliki banyak manfaat selain dapat digunakan untuk biaya tambahan investasi, yakni sebagai simpanan hari tua. Anda tidak selamanya dapat bekerja sebagai freelance, kan?

Dana dari tabungan Anda dapat digunakan sebagai kebutuhan di masa esok. Sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan dalam keuangan.

 

#5 Menanamkan Investasi dalam Asuransi

Satu hal yang tidak dapat dipastikan tetapi sudah pasti akan datang. Yakni kematian atau penyakit yang mematikan.

Hal ini perlu Anda antisipasi sejak sekarang, dengan melakukan investasi pada asuransi jiwa, Anda dapat melindungi siapa pun yang bergantung pada penghasilan Anda untuk bertahan hidup.

Untuk membuat asuransi jiwa Anda harus menetapkan jangka waktu ketika Anda ingin mendapatkan asuransi jiwa. Tentukan segala polisnya yang cocok bagi Anda, dan hal tersebut dapat dibantu oleh agen asuransi.

 

Kesimpulannya? Jadi Freelancer Juga Butuh Profesionalisme

Kunci keberhasilan menjadi seorang freelancer ialah kredibilitas atas profesionalisme Anda.

Karena meskipun Anda ialah pekerja lepas yang hanya bekerja saat mendapat tawaran, Anda masih membutuhkan orang lain yang tentunya sebagai orang yang menawarkan pekerjaan kepada Anda.

Jika Anda tidak profesional dalam bekerja, tentu saja Anda akan dinilai sebagai freelancer yang tidak mengerti cara bekerja sama. Dan akan mengakibatkan klien memilih untuk bekerja dengan para freelancer yang lain.

Hal tersebut tentunya akan sangat berpengaruh pada kondisi keuangan Anda.

 

Setelah membaca artikel ini, tentu ada banyak informasi bagi Anda untuk mulai meresolusikan keuangan Anda di tahun 2019 mendatang. Jadi, bagaimana resolusi Anda? Bagikan pada kolom komentar.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 14 Oktober 2018. 9 Smart Financial Goals To Set In 2019. Financiallyfitandfab.com – https://goo.gl/YFr1UH

 

Sumber Gambar:

  • Freelancer 1 – https://goo.gl/hruZaE
  • Freelancer 2 – https://goo.gl/KuC5ns
  • Freelancer 3 – https://goo.gl/CmXZnh