25+ Kata-kata Bijak David Ogilvy Ini Memberikan Pelajaran Dalam Bisnis dan Iklan

Simak kata-kata bijak David Ogilvy dan ketahui perjalanan. David Ogilvy adalah seorang eksekutif periklanan terkenal yang dikenal sebagai ‘Bapak Periklanan’.

Simak rubrik ini untuk mengetahui berbagai fakta unik dan kisah suksesnya, berikut dengan kata-kata bijak David Ogilvy. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Mengenal David Ogilvy

David Mackenzie Ogilvy adalah seorang pengusaha dan seorang eksekutif periklanan. Atas keahlian cemerlangnya di lapangan, ia sering dikenal sebagai ‘Bapak Periklanan’.

Hidupnya sangat menarik sekaligus inspirasional karena dia menjadikan dirinya sebagai pemilik salah satu agensi periklanan paling terkenal dan terbesar di dunia.

Ogilvy saat ini bukanlah salah satu nama paling terkenal dalam periklanan, namun dia juga salah satu dari segelintir pemikir yang telah membentuk bisnis periklanan pada periode pasca Perang Dunia II.

Bukunya yang berjudul ‘Confessions of the Advertising Man’ masih menjadi salah satu buku paling populer dan terkenal tentang masalah ini, dan merupakan persyaratan di banyak kelas periklanan di Amerika Serikat.

25+ Kata-kata Bijak David Ogilvy Ini Memberikan Pelajaran Dalam Bisnis dan Iklan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Lho, Tips Perencanaan Keuangan Usia 40 an! Terbukti Sukses!]

 

David Ogilvy juga menulis beberapa buku lain yang dianggap harus dibaca orang yang ingin masuk ke dunia periklanan. Tidak hanya hampir semua bukunya menjadi buku terlaris, tapi juga diterjemahkan ke berbagai bahasa dan telah menjangkau lebih dari jutaan orang di seluruh dunia.

David Ogilvy pensiun sebagai Ketua Ogilvy & Mather, sebuah perusahaan yang dibangun olehnya dengan dukungan dua temannya yang bernama Mather dan Crowther. David Ogilvy meninggal pada tahun 1999.

 


 

Masa Kecil David Ogilvy

David Ogilvy lahir pada tanggal 23 Juni 1911, di West Horsley, Inggris. Ayahnya bernama John Longley Ogilvy, seorang pialang keuangan dan ilmuwan klasik, sedangkan ibunya adalah Dorothy Blew Fairfield.

David Ogilvy bersekolah di St. Cyprian’s School di Eastbourne, lalu dia melanjutkan studinya di Fettes College, di Edinburgh, dimana dia berhasil mendapatkan sebuah beasiswa.

Sebagai mahasiswa yang cerdas, David Ogilvy kembali memenangkan beasiswa pada tahun 1929, di History to Christ Church, Oxford.

25+ Kata-kata Bijak David Ogilvy Ini Memberikan Pelajaran Dalam Bisnis dan Iklan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Simak 50 Kata-kata Bijak Dale Carnegie Yang Membuat Anda Semakin Sukses Dan Bersemangat]

 

Namun, ia mendapati dirinya tidak tertarik dalam studi, sehingga David Ogilvy meninggalkan Oxford pada tahun 1931 untuk bekerja sebagai karyawan magang di Hotel Majestic.

Setahun kemudian setelah ia bekerja di Hotel Majestic, David Ogilvy pergi ke Skotlandia dan menjadi salesman dari pintu ke pintu, menjual pressure cooker.

Majikannya menyadari bahwa dia sangat ahli dalam hal ini, dan memintanya untuk menulis panduan manual untuk rekan salesman-nya. Dia menulis ‘Teori dan Praktik Menjual AGA Cooker’ yang kemudian disebut ‘panduan manual penjualan terbaik yang pernah ditulis’ oleh editor majalah ‘Fortune’.

 

Perjalanan Karier David Ogilvy

Melalui Buku Panduan Manual yang telah dibuatnya itu, David Ogilvy mendapatkan tawaran berupa posisi sebagai eksekutif akuntansi di London Advertising Agency Mather & Crowther.

David Ogilvy membujuk seorang agen agar mengirimnya ke Amerika Serikat selama setahun untuk bekerja di ‘Lembaga Penelitian Pemirsa George Gallup’ di New Jersey.

David Ogilvy bekerja untuk British Intelligence Service selama Perang Dunia II, di kedutaan besar Inggris di Washington D.C.

Di sinilah David Ogilvy menganalisis dan membuat rekomendasi mengenai masalah diplomasi serta keamanan.

25+ Kata-kata Bijak David Ogilvy Ini Memberikan Pelajaran Dalam Bisnis dan Iklan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Pembelajaran Dari Miliarder Agar Anda Sukses Dalam Karier]

 

Seorang atasannya terkesan dengan kemampuan David Ogilvy dengan analisis, perilaku manusia, konsumerisme, dan berbagai hal yang ditulis olehnya.

Setelah perang berakhir, ia bermaksud untuk mengistirahatkan pikirannya. Jadi dia membeli sebuah peternakan di Pennsylvania, dan tinggal di sana selama beberapa tahun bersama istrinya, di antara orang Amish, untuk menikmati ketenangan dan atmosfer yang melimpah. Namun, saat menyadari keterbatasannya sebagai petani, ia pindah ke Manhattan.

Pada tahun 1948, ia mendirikan biro iklannya sendiri dengan dukungan teman-temannya, Mather and Crowther. Awalnya, David Ogilvy hanya memiliki sedikit dana, dan untuk sekian lama, mereka harus berjuang untuk mendapatkan klien.

Dalam dua puluh tahun pertama keberadaannya, agensi yang didirikannya itu memenangkan tugas dari perusahaan seperti Lever Brothers, General Foods dan American Express, disamping beberapa perusahaan terkenal lainnya.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Salah satu keberhasilan terbesarnya adalah kampanye iklan dengan sabun Dove yang membantunya menjadi sabun terlaris di Amerika Serikat.

Prinsip David Ogilvy adalah menjadi sukses dengan kliennya yang sudah ada dan melakukan pekerjaan penting bagi mereka untuk mendapatkan klien yang lebih besar dan lebih baik.

Dia sangat sukses dalam kampanye awalnya yang membantunya mendapatkan klien besar seperti Rolls-Royce dan Shell.

David Ogilvy bergabung dengan agensinya pada tahun 1965 dengan Mather & Crowther untuk membentuk Perusahaan Internasional yang diberi nama Ogilvy & Mather.

Perlahan tapi pasti, perusahaan itu mulai berkembang dan mendapatkan cukup banyak reputasi di seluruh dunia.

25+ Kata-kata Bijak David Ogilvy Ini Memberikan Pelajaran Dalam Bisnis dan Iklan 05 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk, Tiru 6 Kegiatan Orang Sukses di Hari Minggu!]

 

Pada tahun 1973, David Ogilvy pensiun sebagai Ketua Ogilvy & Mather dan pindah ke Perancis.

David Ogilvy masih tetap berhubungan dengan perusahaan dan mendapat informasi perihal perkembangan dari perusahaan tersebut, meski dia tidak lagi terlibat dalam aktivitas sehari-hari.

Pada 1980-an, David Ogilvy memutuskan untuk keluar dari masa pensiunnya. Dia mengambil alih posisi sebagai ketua kantor perusahaannya di India.

Pada saat yang sama, ia mengunjungi cabang-cabang perusahaan di seluruh dunia dan terus mewakili perusahaan tersebut pada setiap pertemuan resmi juga.

Pada tahun 1989, Group Ogilvy dibeli oleh WPP, perusahaan milik Sir Martin Sorrell, dan David Ogilvy ditunjuk sebagai ketua non-eksekutif.

Dia memegang jabatan tersebut selama tiga tahun.

 

Ingin mempelajari cara sukses dalam berinvestasi emas?

Miliki segera ebook Gratis Panduan Berinvestasi Emas Bagi Pemula dari Finansialku dan raih kesuksesan Anda dalam mendapatkan keuntungan dari investasi emas.

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Langkah Kesuksesan David Ogilvy

Karya pertamanya, yang hanya merupakan panduan manual yang berjudul ‘Teori dan Praktik Menjual Kompor AGA’, terbukti menjadi titik balik dalam kariernya.

Buku karyanya tersebut memberinya pekerjaan sebagai eksekutif akun. Sebuah karier yang semakin meningkat dari hanya sekadar menjadi salesman dari pintu ke pintu.

‘Confessions of the Advertising Man’ (1963), yang merupakan komentar umum tentang periklanan, dapat dianggap sebagai karya terbaik David Ogilvy. Hal ini juga dianggap sebagai salah satu buku terbaik bagi orang-orang yang bercita-cita untuk bekerja di bidang periklanan.

25+ Kata-kata Bijak David Ogilvy Ini Memberikan Pelajaran Dalam Bisnis dan Iklan 06 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Dwayne Johnson, “The Rock”]

 

Pada tahun 2008, ada lebih dari satu juta kopi dari buku karyanya ini yang diterbitkan di seluruh dunia.

Buku karya David Ogilvy tersebut memberikan petunjuk terperinci tentang cara mengelola biro iklan, mendapatkan dan mengelola klien, membuat kampanye hebat, membuat iklan televisi yang bagus, dan lain sebagainya.

 

Penghargaan yang Diterima David Ogilvy

Berbagai Penghargaan dan Jabatan yang diterima oleh David Ogilvy diantaranya:

  • Pada tahun 1967, David Ogilvy dijadikan Komandan Ordo Kerajaan Inggris. Lalu pada tahun 1968, ia diangkat sebagai Ketua United Negro College Fund.
  • Pada tahun 1975, Dewan Eksekutif Dana Margasatwa Dunia menunjuknya sebagai Wali Amanat.
  • Pada tahun 1977, dia terpilih menjadi anggota Periklanan Hall of Fame AS.
  • Pada tahun 1979, ia dilantik menjadi Junior Achievement U.S Business Hall of Fame.
  • Pada tahun 1990, ia terpilih menjadi anggota Ordo Seni dan Letters.
  • David Ogilvy juga pernah menjabat sebagai anggota Komite Peringatan HUT Museum Metropolitan ke-100.

 

Ingin sukses dalam berinvestasi Reksa Dana?

Segera download secara gratis ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana bagi Pemula dari Finansialku. Klaim kesuksesan Anda melalui investasi Reksa Dana yang akan memberikan keuntungan bagi Anda.

Ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Kata-kata Bijak David Ogilvy

Sebagai seorang penulis terkenal, kata-kata bijak David Ogilvy juga banyak didengarkan oleh para pendengarnya. Berikut ini kata-kata bijak David Ogilvy yang menginspirasi.

 

#1 “Said Winston Churchill, ‘PERFECTIONISM is spelled PARALYSIS.”

“Kata Winston Churchill, ‘PERFECTIONISM dieja PARALYSIS.”

 

#2 “On average, helpful information is read by 75 per cent more people than copy which deals only with the product. This ad told how Rinso gets out stains. It was read and remembered.”

“Rata-rata, informasi bermanfaat dibaca oleh 75 persen lebih banyak orang daripada salinan yang hanya berurusan dengan produk. Iklan ini menceritakan bagaimana Rinso keluar dari noda. Iklan tersebut dibaca dan diingat.”

 

#3 “A psychologist flashed hundreds of words on a screen and used an electric gadget to measure emotional reactions. High marks went to darling. So I used it in a headline for Dove.”

“Seorang psikolog memperlihatkan ratusan kata di layar dan menggunakan peralatan listrik untuk mengukur reaksi emosional. Penilaian tertinggi jatuh pada kata “darling”. Jadi saya menggunakan kata tersebut dalam headline untuk Dove.”

 

#4 “Advertisements with long copy convey the impression that you have something important to say, whether people read the copy or not.”

“Iklan dengan salinan panjang menyampaikan kesan bahwa Anda memiliki sesuatu yang penting untuk dikatakan, apakah orang membaca salinannya atau tidak.”

 

#5 “In the modern world of business, it is useless to be a creative, original thinker unless you can also sell what you create.”

“Dalam dunia bisnis modern, tidak ada gunanya menjadi pemikir asli yang kreatif kecuali jika Anda juga dapat menjual apa yang Anda ciptakan.”

 

#6 “Concentrate your time, your brains, and your advertising money on your successes. Back your winners, and abandon your losers.”

“Konsentrasikan waktu, otak dan uang iklan Anda untuk kesuksesan Anda. Kembalikan kemenangan Anda, dan tinggalkan kekalahan Anda.”

 

#7 “Any fool can write a bad advertisement, but it takes a genius to keep his hands off a good one.”

“Orang bodoh bisa menulis iklan yang buruk, tapi butuh kejeniusan untuk menjaga tangannya tetap bagus.”

 

#8 “It isn’t the whiskey they choose, it’s the image.”

“Bukan wiski yang mereka pilih, melainkan fotonya.”

 

#9 “Only amateurs use short copy.”

“Hanya amatir yang menggunakan short copy (salinan singkat).”

 

#10 “Committees can criticize, but they cannot create.”

“Komite dapat mengkritik, namun tidak dapat menciptakannya.”

 

#11 “Sound an alarm! Advertising, not deals, builds brands.”

“Suara alarm! Periklanan, bukan penawaran melainkan membangun merek.”

 

#12 “Consumers still buy products whose advertising promises them value for money, beauty, nutrition, relief from suffering, social status and so on.”

“Konsumen masih membeli produk yang iklannya menjanjikan nilai uang, keindahan, gizi, bantuan dari penderitaan, status sosial dan sebagainya.”

 

#13 “The most effective leader is the one who satisfies the psychological needs of his followers.”

“Pemimpin yang paling efektif adalah orang yang memenuhi kebutuhan psikologis para pengikutnya.”

 

#14 “In my experience, committees can criticize, but they cannot create. Search the parks in all your cities You’ll find no statues of committees.”

“Menurut pengalaman saya, panitia bisa mengkritik, tapi tidak bisa menciptakannya. Cari taman di semua kota Anda Anda tidak akan menemukan arca komite.”

 

#15 “Don’t bunt. Aim out of the ballpark. Aim for the company of immortals.”

“Pusatkan perhatian pada perusahaan yang abadi.”

 

#16 “If each of us hires people who are smaller than we are, we shall become a company of dwarfs. But if each of us hires people who are bigger than we are, we shall become a company of giants.”

“Jika masing-masing dari kita mempekerjakan orang-orang yang lebih kecil dari kita, maka kita akan menjadi perusahaan kurcaci. Tetapi jika masing-masing dari kita mempekerjakan orang-orang yang lebih besar dari kita, kita akan menjadi perusahaan raksasa.”

 

#17 “Much of the messy advertising you see on television today is the product of committees. Committees can criticize advertisements, but they should never be allowed to create them.”

“Banyak iklan berantakan yang Anda lihat di televisi saat ini adalah produk dari komite. Komite dapat mengkritik iklan, tapi mereka tidak boleh diizinkan untuk membuatnya.”

 

#18 “What you say in advertising is more important than how you say it.”

“Apa yang Anda katakan dalam periklanan lebih penting daripada bagaimana Anda mengatakannya.”

 

#19 “Develop your eccentricities while you are young. That way, when you get old, people won’t think you’re going gaga.”

“Kembangkan eksentrisitas Anda saat Anda masih muda. Dengan begitu, saat Anda sudah tua, orang tidak akan mengira Anda orang pandir.”

 

#20 “On the average, five times as many people read the headline as read the body copy. When you have written your headline, you have spent eighty cents out of your dollar.”

“Rata-rata, lima kali lebih banyak orang membaca judul seperti membaca salinan tubuh. Ketika Anda telah menulis tajuk utama Anda, Anda telah menghabiskan delapan puluh sen dari dolar Anda.”

 

#21 “Where people aren’t having any fun, they seldom produce good work.”

“Bila orang tidak bersenang-senang, mereka jarang menghasilkan pekerjaan bagus.”

 

#22 “Hard work never killed a man. Men die of boredom, psychological conflict, and disease. They do not die of hard work.”

“Kerja keras tidak pernah membunuh seorang pria. Orang meninggal karena bosan, konflik psikologis dan penyakit. Mereka tidak mati karena kerja keras.”

 

#23 “The consumer isn’t a moron. She is your wife.”

“Konsumen bukan orang bodoh. Dia adalah istri Anda.”

 

#24 “I don’t know the rules of grammar. If you’re trying to persuade people to do something, or buy something, it seems to me you should use their language.”

“Saya tidak tahu aturan tata bahasa. Jika Anda mencoba membujuk orang untuk melakukan sesuatu, atau membeli sesuatu, menurut saya Anda harus menggunakan bahasa mereka.”

 

#25 “The best ideas come as jokes. Make your thinking as funny as possible.”

“Ide terbaik datang sebagai lelucon. Jadikan pemikiran Anda sesederhana mungkin.”

 

Tidak ada salahnya mencoba peruntungan Anda dalam berinvestasi saham kan?

Bukankah hasil investasi Anda dapat digunakan untuk keperluan masa pensiun?

Segera miliki ebook gratis Panduan Berinvestasi Saham untuk Pemula dari Finansialku.

Download Ebook Panduan Berinvestasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Kehidupan Keluarga David Ogilvy

Istrinya yang pertama bernama Melinda Street yang memberikannya keturunan bernama David Fairfield Ogilvy.

Namun, pernikahan David Ogilvy dan Melinda Street kandas di tengah jalan. Mereka pun bercerai pada tahun 1955.

 


 

Perkawinan keduanya adalah dengan Anne Cabot. Nampaknya perjalanan cinta David Ogilvy tidak semulus perjalanan kariernya. Pernikahannya yang kedua juga berakhir dengan perceraian. 

Kemudian, dia menikahi Herta Lans pada tahun 1973 saat dia berada di Perancis.

Di akhir hidupnya, David Ogilvy meninggal pada tanggal 21 Juli 1999, di rumahnya, di Bonnes, Prancis saat ia berusia 88 tahun.

 

Anda dapat menuliskan tanggapan, komentar dan juga pertanyaan pada kolom yang tersedia di bawah ini.

Bagikan seitap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • The Famous People. David Ogilvy Biography. Thefamouspeople.com – https://goo.gl/KCCKrw
  • The Famous People. 26 Inspiring David Ogilvy Quotes That Give You Business And Advertising Lessons. Quotes.thefamouspeople.com – https://goo.gl/rXMFMd

 

Sumber Gambar:

  • David Ogilvy – https://goo.gl/8HZVnH dan https://goo.gl/UsDQnC
  • Kata-kata Bijak David Ogilvy – https://goo.gl/7oWFCp dan https://goo.gl/MUVNQH
  • David Ogilvy, Bapak Periklanan – https://goo.gl/AtpTPd dan https://goo.gl/xhXpLn

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download