Sedang mencari kerja part time di rumah yang benar-benar bisa Anda lakukan hanya bermodalkan laptop? Artikel ini jawabannya.

Part time menjadi jam kerja yang diminati banyak orang. Di samping semakin sulitnya mendapat pekerjaan full time, kini orang banyak menginginkan keleluasaan dan fleksibilitas waktu tanpa adanya keterikatan.

Anda mencari pekerjaan seperti ini? Kali ini, Finansialku akan membahas 4+ kerja part time di rumah hanya modal laptop saja. Simak bahasannya berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

4+ Kerja Part Time di Rumah

Mungkin Anda salah satu orang yang kini masih kesulitan untuk menemukan pekerjaan yang pas. Memang mendapatkan pekerjaan yang ideal dan sesuai dengan keinginan bukanlah perkara yang mudah.

Lapangan pekerjaan memang banyak dan luas, namun para pencari kerja pun juga semakin banyak. Sehingga peluang kesempatan bagi satu orang untuk mendapatkan pekerjaan, tentu semakin menipis.

Sebagian orang memikirkan untuk berbisnis. Namun banyak sekali hal yang tentunya harus dipersiapkan untuk memulai hal tersebut. Sehingga kini muncul lagi salah satu solusi yang pas, yakni bekerja sebagai freelancer atau part-time.

Panduan Investasi Reksa Dana Bagi Freelance yang Ingin Dapat Untung 01 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan Untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Mungkin Anda yang kepepet, pasti akan mencoba untuk mengeksplor pekerjaan yang satu ini. Namun asalkan Anda tahu bahwa jenis pekerjaan yang satu ini adalah impian bagi sebagian orang.

Bekerja part-time tanpa keterikatan dengan aturan perusahaan, waktu yang fleksibel, bahkan bisa dikerjakan di rumah sendiri. Tentu hal tersebut amatlah ideal apalagi penghasilannya pun tidak kalah menggirukan dengan pegawai biasa.

Setidaknya Anda hanya perlu rajin mencari, mengeksplor, dan lebih membuka koneksi untuk bisa mendapatkan sisi ideal dalam pekerjaan yang satu ini. Dan jika berhasil, kami pastikan Anda adalah orang yang sangat beruntung.

Nah kali ini, Finansialku akan membahas beberapa pekerjaan part-time yang bisa Anda eksplor. Bahkan pekerjaan-pekerjaan ini bisa Anda lakukan tanpa harus beranjak dari rumah dan hanya bermodalkan laptop saja.

Lalu apa saja pekerjaan-pekerjaan tersebut? Tanpa berlama-lama kami akan membahasnya satu per satu.

 

#1 Penulis Freelance

Dunia penulisan kini semakin diminati oleh banyak orang. Apalagi di era digitalisasi dimana internet telah menjadi kebutuhan masyarakat, keterbukaan serta akses akan informasi semakin mudah.

Tentunya media penulisan online menjadi salah satu sektor bisnis yang kini dirambah oleh banyak pihak. Tentu Anda bisa ambil bagian dalam bisnis ini dengan menjadi penulis freelance.

Kemampuan Anda dalam membuat sebuah konten berkualitas akan sangat dibutuhkan. Ada beberapa media atau portal job yang bisa Anda gunakan untuk mencari project, antara lain Sribulancer, UpWork, hingga TextBroker.

 

#2 Blogger atau Social Media Influencer

Pekerjaan yang kedua adalah menjadi seorang blogger atau social media influencer. Hampir sama dengan penulis freelance pekerjaan ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai dunia penulisan,

Waktu bekerjanya pun sangat fleksibel. Tentunya Anda bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dari Afiliate marketing, bahkan apabila sudah berkapabilitas, bisa saja Anda mendapatkan iklan/endorse.

 

#3 Asisten Virtual

Mungkin sebagian dari Anda masih asing dengan jenis pekerjaan ini. Namun untuk part-time pekerjaan ini sangat cocok dan bisa dilakukan. Asisten Virtual memiliki cakupan yang sangat luas.

Namun pada dasarnya Anda hanya akan menjadi asisten dan melayani satu orang untuk mengerjakan hal tertentu secara berulang. Jika dilihat secara penghasilan tentunya bervariasi dan sesuai dengan kesepakatan.

Tujuan Keuangan Freelancer Tahun Baru 2019, Apa Tujuan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Manfaat Kerja Part Time Yang Tidak Boleh Anda Sia-Siakan]

 

Biasanya bergantung pada spesialisasi dan bidang apa yang dikerjakan dan dihitung per jam. Nah berikut ini adalah beberapa bidang dari asisten virtual, antara lain:

  • Penulis
  • Desain grafis
  • Riset
  • Editing
  • Copywriting
  • Manajemen social media
  • Translasi
  • Programming
  • Input data, dan sebagainya.

 

#4 Desain Grafis

Bagi Anda yang memiliki skill khusus dan ingin belajar mengenai desain, maka peluang pekerjaan part-time tersedia sangat luas.

Kebutuhan akan desain kini sangatlah besar. Banyak orang sangat membutuhkannya untuk keperluan dan kebutuhan tertentu.

Baik itu secara company/perusahaan, organisasi, bahkan personal. Anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mencari pekerjaan secara part-time. Penghasilannya pun tak kalah menggiurkan.

Menjadi desainer profesional membuka kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan bayaran yang sangat fantastis. Bahkan ada yang berpenghasilan hingga Rp1 miliar selama satu tahun!

Anda bisa memulainya melalui beberapa platform berikut:

  • Sribu
  • 99designs
  • Fiverr

 

#5 Akuntan Virtual

Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang akutansi, maka Anda bisa mengimplementasikannya sebagai akuntan virtual.

Anda bisa menawarkan jasa keahlian Anda kepada orang-orang yang sibuk dan membutuhkan jasa pengaturan keuangan.

Beberapa tips untuk Anda pekerja part-time:

Bekerja part-time bukan berarti mendapatkan kebebasan seluas-luasnya. Anda juga harus memperlakukan para klien dengan cara yang tak kalah profesional dengan perusahaan.

Setidaknya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai pekerja part-time, antara lain:

  1. Sediakan lembar kontrak untuk setiap proyek dan catat semuanya dengan teliti.
  2. Selalu meminta Down Payment (DP) dan ketentuan yang jelas.
  3. Jangan takut menolak sebuah proyek apabila tidak sesuai dengan spesialisasi Anda.
  4. Buatlah batasan pekerjaan yang Anda fokuskan,
  5. Buatlah portofolio dengan konten yang Anda fokuskan untuk mempresentasikan penawaran kerja berikutnya.
  6. Mengetahui bidang yang tepat bagi Anda.
  7. Atur keuangan Anda dan alokasikan penghasilan Anda dengan baik.

 

Nah itulah kelima pekerjaan part-time yang cocok untuk Anda. Dengan hanya bermodal laptop saja, Anda bisa mendapatkan pekerjaan serta penghasilan yang tak kalah meggiurkannya. Bahkan bisa dikerjakan tanpa harus beranjak dari rumah.

Jadi tentukan dari sekarang pekerjaan part-time mana yang akan Anda ambil! Jangan lupa share artikel ini. Semoga bermanfaat!