Banyak pelajar yang mengharapkan memiliki uang saku yang lebih. Kerja part time sangat cocok dilakukan oleh seorang pelajar. Banyak manfaat yang sebenarnya dapat Anda peroleh jika Anda seorang pelajar ditambah juga Anda akan  memiliki pengalaman kerja.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

8 Manfaat Kerja Part Time Yang Tidak Boleh Disia-siakan

Sebenarnya ada banyak manfaat pekerjaan paruh waktu selama tahun-tahun kuliah Anda, bahkan jika mereka tidak memiliki gaya hidup yang glamour atau memiliki tanggungan pembiayaan hidup yang tinggi. Baca terus artikel ini untuk mengetahui 8 manfaat keuntungan dari pekerjaan part time.

 

#1 Dapatkan Uang Saku

Uang adalah alasan yang jelas mengapa orang pergi bekerja, namun menghasilkan uang saku sendiri selama kuliah pasti akan sangat berguna. Jumlah yang didapat biasanya cukup untuk ukuran pelajar yang biasanya digunakan hanya untuk kebutuhan pribadinya saja.

Pekerjaan paruh waktu tidak akan cukup membayar untuk hidup Anda begitu Anda lulus dan memasuki dunia nyata, tapi untuk saat ini Anda dapat membayar uang buku, makanan, kos dan sesekali Anda bisa mulai membangun dana tabungan untuk setelah kuliah. Biasanya Anda akan dibayar berdasarkan lama waktunya bekerja misalnya per jam, per hari atau per shift, jadi kebanyakan tidak ada gaji yang stabil.

8 Manfaat Kerja Part Time Yang Tidak Boleh Anda Sia-Siakan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Coba Cari Tambahan Uang dengan Kuliah Sambil Kerja]

 

#2 Meningkatkan Nilai

Ini mungkin mengejutkan, tetapi hal ini benar adanya! Bila satu-satunya komitmen Anda adalah studi, Anda mungkin berpikir bahwa Anda memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan kuliah. Hal ini dapat menghasilkan etos kerja yang kurang efektif. Memiliki pekerjaan memaksa Anda mengatur waktu Anda dan mengatur tugas Anda secara produktif dan efektif.

Memiliki pekerjaan saat Anda menjadi mahasiswa akan menambah penilaian tentang diri Anda melalui resume yang Anda buat apalagi bila Anda bekerja paruh waktu yang tidak sejalan dengan jalur studi yang Anda tempuh. Bekerja menunjukkan kepada calon atasan bahwa Anda berdedikasi dan bertanggung jawab. Mahasiswa yang memiliki pekerjaan paruh waktu saat duduk di bangku perguruan tinggi sering cenderung lebih terorganisir daripada rekan mereka yang tidak bekerja karena mereka harus belajar mengatur waktu mereka.

Mahasiswa, Ini 3 Langkah Memulai Trading Saham yang Realistis dan Dapat Dimulai Sekarang Juga 2 - Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Miliki 24 Prinsip Menjadi Orang Sukses di Usia Muda]

 

Jumlah jam yang dapat ditangani oleh seorang mahasiswa sangat bervariasi, namun sebagian besar, ketika bos mempekerjakan mahasiswa, mereka sadar bahwa prioritasnya adalah pendidikan dan akan bekerja sama dengan Anda untuk menjadikan win win solution.

 

#3 Meningkatkan Keterampilan Manajemen Waktu Anda

Pergi ke kelas, belajar dan bekerja sudah pasti membuat  jadwal harian yang padat. Banyak pekerjaan paruh waktu bersifat fleksibel, namun Anda harus dapat mengatur waktu dan prioritas Anda dengan baik. Anda harus komitmen dan bertanggung jawab dengan pekerjaan Anda, namun juga Anda tidak bisa melupakan tugas dan pendidikan yang sedang Anda tempuh.

Manajemen waktu dapat dibantu oleh keterampilan, peralatan dan teknik yang digunakan untuk mengelola waktu dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pekerjaan, proyek dan tujuan sesuai dengan tanggal jatuh tempo. Dengan Anda bekerja paruh waktu maka Anda akan meningkatkan kemampuan diri Anda untuk mengatur waktu Anda sebaik mungkin.

 

#4 Menerima Pelatihan Berbayar Dan Mendapatkan Pengalaman Baru

Meskipun Anda membayar untuk belajar di sekolah, Anda akan dibayar untuk belajar di tempat kerja. Setelah pelatihan di tempat kerja dan Anda menguasai apa pun yang Anda lakukan, Anda masih akan belajar dari semua pengalaman Anda seperti kerja tim, belajar menghadapi berbagai karakter dari para pelanggan dan sebagainya.

Dalam beberapa hal, mungkin Anda bekerja di bidang yang tidak Anda kuasai. Namun setelah pelatihan, akhirnya Anda bisa mengerjakan dengan baik. Dengan pekerjaan yang beraneka ragam, maka Anda menjadi orang yang serba bisa. Mungkin Anda akan terkagum-kagum sendiri karena telah mempelajari banyak hal tanpa kesulitan dalam waktu singkat.  

Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa Belum Punya Penghasilan Tetap dan Masih Bergantung pada Orang Tua 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa: Belum Punya Penghasilan Tetap dan Masih Bergantung pada Orangtua]

 

#5 Lihat Bagaimana Segala Sesuatunya Berjalan Dan Melihat Manajemen

Anda tidak akan diizinkan untuk menulis buku tentang semua kebijakan dan praktik perusahaan, namun bekerja di perusahaan akan memberi Anda gambaran langsung tentang bagaimana segala sesuatunya berjalan. Anda juga dapat mengamati berbagai sifat manajer dan tindakan atau reaksi mereka terhadap karyawan dan pelanggan. Anda bahkan mungkin bisa mempraktikkan keterampilan kepemimpinan Anda sendiri jika Anda melatih karyawan lain.

 

#6 Peluang untuk Networking

Bahkan jika Anda tidak mendapatkan pengalaman kerja di bidang karier yang Anda rencanakan, Anda tidak akan pernah tahu siapa yang mungkin Anda temui. Anda bisa mendapatkan teman baik, referensi, koneksi atau bahkan klien-klien yang baru. Membangun jaringan merupakan salah satu karakteristik orang-orang sukses. Meski terlihat telah memiliki banyak jaringan, orang sukses akan tetap terus menerus mengembangkannya. Hal ini karena mereka tahu jika semakin banyak mereka mengenal orang, dan orang-orang juga mengenal mereka, maka semakin banyak peluang dan kesempatan yang dimiliki.  

 

#7 Mengembangkan Keterampilan yang Berguna

Meskipun Anda mungkin tidak berpikir bahwa keterampilan yang Anda kembangkan pada pekerjaan paruh waktu akan bermanfaat bagi karir Anda, itu bisa terjadi! Pekerjaan paruh waktu mengajarkan keterampilan yang dicari setiap bos: komitmen, manajemen waktu, kerja tim, kepemimpinan, organisasi, layanan pelanggan, dan daftarnya terus berlanjut.

Masih Mahasiswa Sudah Ingin Bebas Keuangan Bisa Kok Ini Panduannya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Mahasiswa Sudah Ingin Bebas Keuangan? Bisa Kok Ini Panduannya!]

 

#8 Memberi Anda Istirahat

Saat Anda di sekolah, mudah untuk merasa seolah-olah Anda sedang dalam lingkaran yang dipenuhi kelas, belajar, proyek, teman dan kerja tugas hingga larut malam. Ini bukan lingkaran yang bisa terjadi, tapi terkadang kita semua membutuhkan sedikit istirahat dari kehidupan mahasiswa. Memiliki pekerjaan paruh waktu memungkinkan Anda keluar dari perpustakaan atau rumah dan jauh dari teman kos Anda, memberi Anda istirahat yang sangat dibutuhkan dari stres karena menjadi mahasiswa.

 

Kerja Bagus, Prioritas Terurus

Sekolah harus tetap menjadi salah satu prioritas utama Anda. Jika Anda mendapati bahwa Anda begitu sibuk, nilai Anda mulai turun atau Anda mulai sakit karena Anda tidak punya waktu untuk makan sehat atau berolahraga, mungkin ide yang baik untuk mengurangi jam kerja sampai semester berakhir.

 

Apakah Anda tertarik untuk kerja part time? Kerja part time seperti apa yang Anda inginkan? Berikan pendapat dan komentar Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Melissa Rhone. 26 July. Student Jobs: 7 Benefits of Part-Time Jobs During College. Stateuniversity.com – https://goo.gl/KxOyUl
  • Meghan Greaves. 26 Agustus 2013. 6 Benefits Of Having A Part-Time Job At School. Talentegg.ca – https://goo.gl/whfoNy

 

Sumber Gambar:

  • College Student – https://goo.gl/gBf7Vn dan https://goo.gl/sfjohe

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana