Masih mahasiswa sudah ingin bebas keuangan? Tentu saja ini bukanlah hal yang tidak mungkin. Kali ini Finansialku akan menunjukkan Anda cara-cara yang dapat membawa Anda menuju kebebasan keuangan.

 

Rubrik Finansialku

 

Bebas Keuangan

Memiliki banyak uang bukan berarti Anda telah bebas keuangan. Kebebasan keuangan sering disalahartikan dan disamakan dengan “kaya raya”. Kebebasan keuangan lebih diartikan sebagai kebebasan yang dapat membiarkan Anda menjadi apa yang Anda inginkan dan melakukan apa yang Anda inginkan tanpa perlu mempertimbangkan masalah keuangan.

Kebebasan keuangan juga identik dengan keuangan yang mandiri atau pensiun dini. Kebebasan keuangan tidak terbatas dengan usia atau status Anda. Kebebasan keuangan dapat dicapai dengan karakter diri yang lebih baik dan kondisi ekonomi yang stabil.

[Baca Juga: Ini 14 Hal yang Perlu Anda Ketahui mengenai Ilmu Perencanaan Keuangan Pribadi]

 

Tahapan Mencapai Kebebasan Keuangan

Terdapat beberapa tahap untuk mencapai kebebasan keuangan dan tahapan ini berhubungan dengan arus kas yang Anda miliki sekarang dan cara untuk memaksimalkan arus kas tersebut untuk mencapai kebebasan keuangan. Berikut adalah tahapan yang dapat Anda ikuti:

 

Tahap 1: Tentukan Posisi Anda Saat Ini

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan di mana Anda berada saat ini. Caranya adalah dengan mengetahui jumlah kekayaan bersih yang Anda miliki saat ini. Ketahuilah jumlah aset yang Anda miliki, utang yang belum Anda bayar, cicilan yang tertagih dan harus dilunasi.

Setelah Anda mengurangi seluruh aset dengan liabilitas, Anda akan mendapatkan total bersih kekayaan Anda. Mulailah dari total kekayaan yang Anda miliki sekarang, jika total kekayaan Anda bertambah, berarti Anda sudah selangkah lebih maju menuju tujuan finansial Anda.

[Baca Juga: Cobalah 15 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Mempersiapkan Keuangan di Usia 30 Tahun]

 

Tahap 2: Melacak Pengeluaran Anda

Salah satu kunci untuk mendapatkan rencana keuangan yang kuat untuk masa depan adalah dengan mengerti berapa banyak yang telah Anda belanjakan dan Anda tabung saat ini. Mengetahui arus kas adalah hal yang fundamental sehingga Anda mempunyai kontrol yang lebih atas keuangan Anda.

Dengan melacak pengeluaran Anda, Anda akan mengetahui kondisi keuangan Anda, apakah defisit atau surplus. Banyak dari mahasiswa yang kaget akan pengeluaran mereka, karena ketika tertulis dengan jelas, mereka akan melihat pengeluaran yang tidak perlu atau tidak seharusnya mereka belanjakan.

Setelah melacak pengeluaran Anda, Anda dapat mulai menentukan masing-masing anggaran untuk setiap kebutuhan. Anggaran tersebut harus dibagikan sesuai dengan prioritas, seperti biaya hidup, biaya sosial, cicilan hingga dana untuk investasi. Dengan membagi penghasilan Anda dan membentuk anggaran, perlahan Anda akan mempunyai kendali lebih atas uang Anda.

[Baca Juga: Cara dan Strategi Pembayaran Pinjaman untuk Mahasiswa]

 

Tahap 3: Menyesuaikan Cara Belanja Anda

Jika memang Anda menghabiskan lebih banyak daripada jumlah yang dapat Anda hasilkan, berarti Anda harus mengubah cara belanja tersebut. Lakukan penghematan selama beberapa periode, misalnya 3-5 bulan, agar Anda dapat lebih beradaptasi, kemudian peliharalah kebiasaan tersebut untuk seterusnya.

Jika Anda masih belum memiliki keuangan yang cukup kuat, sebaiknya Anda menahan hasrat belanja Anda. Menunda keinginan dan mendahulukan kebutuhan adalah cara belanja yang sesuai agar seorang mahasiswa dapat mencapai kebebasan keuangan dengan dini.

Tetapi lain halnya, jika Anda mengalami surplus, ini berarti Anda sudah cukup melakukan penghematan dan membelanjakan uang Anda dengan bijak. Untuk membantu Anda mencapai kebebasan keuangan, maka Anda harus mengalokasikan uang ekstra tersebut dengan baik.

[Baca Juga: Mahasiswa, Jangan Alasan Umur. Lagi Yuk Kita Mulai Belajar Investasi Sekarang]

 

Tahap 4: Tentukan Tujuan Finansial Anda

Seperti yang telah disebutkan di atas, setiap orang pasti memiliki tujuan finansial yang berbeda. Ada beberapa yang merasakan kebebasan keuangan ketika ia tidak perlu lagi berhemat ketika membeli barang, ada pula yang merasa bahwa ia akan bebas finansial ketika telah memiliki lebih dari 2 properti.

Tentukan tujuan finansial Anda masing-masing dan jangka waktu ideal dan realistis untuk mencapainya. Cara ini penting karena cara ini akan membantu Anda lebih termotivasi dan lebih giat dalam mencapai tujuan tersebut.

 

Tahap 5: Menyusun Strategi Keuangan

Strategi tidak hanya dibutuhkan di medan perang, tetapi juga dibutuhkan untuk mencapai kebebasan keuangan. Ketika Anda telah mengetahui tujuan Anda, Anda harus merencanakan cara untuk sampai pada tujuan tersebut. Strategi termudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan berbelanja lebih sedikit daripada yang mampu Anda dapatkan dan berinvestasi.

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Enggan Berinvestasi karena Takut Judi? Ketahui Dulu Fakta-Fakta Ini!]

 

Terdapat banyak instrumen investasi yang dapat Anda pilih, semuanya berbeda dari tingkat risiko, keuntungan serta modal yang dibutuhkan. Sebagai mahasiswa, lebih baik Anda memilih instrumen investasi dengan modal rendah seperti reksa dana atau emas. Hanya saja perlu diingat bahwa investasi hanya dapat Anda lakukan jika Anda telah menyelesaikan utang terlebih dahulu.

 

Menikmati Hidup dalam Pencapaian Kebebasan Keuangan

Mencapai kebebasan keuangan bukan berarti Anda tidak boleh bersenang-senang dan terus bekerja. Hiburan juga diperlukan oleh mental Anda untuk menghadapi tekanan pekerjaan yang tinggi. Selain itu, dengan waktu bersenang-senang yang sepantasnya, Anda akan lebih bersemangat. Yang terpenting adalah kontrol serta pengendalian diri Anda atas keuangan Anda. Semakin baik kontrol atau kendali Anda, semakin cepat Anda akan menuju kebebasan keuangan.

 

Apakah Anda telah bebas secara keuangan? Cara apakah yang Anda lakukan untuk menuju kebebasan keuangan? Bagikan informasi dan pengalaman Anda dalam mengelola keuangan Anda di kolom komentar di bawah ini. Terima Kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Willy G. 16 September 2016. 11 Saran Finansial untuk Kamu Umur 20-an, demi Kesuksesan dan Masa Depanmu. Wokeeh.com – https://goo.gl/d7eBVe
  • Julie Cazzin. 6 September 2011. 11 Steps to Financial Freedom. Moneysense.ca – https://goo.gl/kbQcQf

 

Sumber Gambar:

  • College Student with Laptop – https://goo.gl/Quf5N3
  • College Student – https://goo.gl/wZTlEZ

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang