Terdapat 15 hal yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan keuangan di usia 30 tahun. Usia 30 tahun merupakan usia dimana Anda dituntut untuk mendapatkan karier serta memiliki kondisi finansial yang baik. Untuk itu, Finansialku telah membuat daftar mengenai 30 hal yang mendukung kebebasan keuangan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

15 Hal untuk Mempersiapkan Keuangan

Pada usia 30-an tahun, berarti yang terpenting adalah Anda memiliki penghasilan yang stabil serta perencanaan keuangan yang cukup matang. Berikut adalah 15 hal yang dapat Anda lakukan:

Cobalah 15 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Mempersiapkan Keuangan di Usia 30 Tahun 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Hal Keuangan yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Usia 30 Tahun]

 

#1 Melunasi Seluruh Utang

Pada saat Anda berusia 20-an tahun, mungkin saja Anda belum cukup dewasa untuk sadar akan keuangan dan Anda berutang. Di usia 30 tahun, Anda harus dengan agresif melunasi utang tersebut. Hal ini harus dilakukan tentunya karena Anda tidak ingin hidup di usia 40-an tahun dengan utang atau gerak gerik Anda menjadi terbatas akibat utang.

 

#2 Carilah Penghasilan Sebanyak Mungkin

Usia 20-an berarti usia Anda untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya dan membangun cadangan uang untuk usia 30-an. Realitanya Anda pasti memiliki lebih banyak energi dan waktu pada usia 20-an tahun dibandingkan usia Anda lainnya. Anda dapat mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus pagi dan siang. Cobalah untuk menghasilkan uang sebanyak mungkin untuk mempersiapkan diri Anda pada usia 30 tahun.

 

#3 Mulailah Melakukan Investasi

Dengan investasi, Anda akan mempersiapkan pendapatan pasif untuk membangun kekayaan Anda pada usia 30 tahun. Cobalah dengan investasi pada saham atau properti sehingga Anda dapat membiarkan uang bekerja untuk Anda.

Dengan Cara Ini, Dana Darurat dan Investasi Bisa Dipersiapkan Secara Bersamaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Dengan Cara Ini, Dana Darurat dan Investasi Bisa Dipersiapkan Secara Bersamaan]

 

#4 Atur Kredit Anda

Jika Anda mempunyai kebiasaan untuk menumpuk utang kartu kredit, Anda sudah harus mulai berhenti melakukannya demi keuangan yang stabil di usia 30 tahun. Kualitas kredit Anda akan dicatat oleh pihak bank, hal ini Anda butuhkan pada saat pengajuan kredit pemilikan hingga aplikasi pekerjaan. Semakin cepat Anda mengatur kredit Anda, akan semakin baik juga kualitas kredit Anda.

 

#5 Jangan Takut Akan Risiko

Di usia 20-an, Anda harus berani mengambil segala risiko, jangan sampai Anda menyesali hal yang tidak Anda lakukan hanya karena Anda takut dengan risiko tersebut. Ambillah seluruh risiko yang dapat Anda tolerir sebelum Anda menginjak umur 30 tahun.

Infografis Investasi Saham itu Apa Apa Keuntungannya Bagaimana Hasil Investasinya - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Investasi Saham itu Apa? Apa Keuntungannya? Bagaimana Hasil Investasinya?]

 

#6 Fokuslah Dengan Gaya Hidup

Mempersiapkan keuangan Anda di usia 30 tahun berarti Anda harus mempersiapkan gaya hidup yang baik juga. Membenahi gaya hidup Anda di usia 20-an tahun dapat membantu Anda mencapai gaya hidup yang Anda impikan di masa depan.

 

#7 Berhenti Bergantung pada Orangtua

Orangtua telah membantu Anda selama kurang lebih 20 tahun, sudah saatnya Anda untuk menjadi lebih mandiri dan berhenti bergantung dengan orangtua Anda. Dengan cara ini, keuangan Anda akan lebih mandiri di usia 30 tahun.

 

#8 Cari Tahu Bagaimana Menggunakan Kartu Kredit

Semua orang pasti mengerti cara menggunakan kartu kredit, tetapi permasalahannya adalah apakah Anda mengetahui cara menggunakan kartu kredit dengan baik? Anda tidak dapat menyalahkan pihak bank atas kelalaian Anda memanfaatkan kartu kredit.

Pelajaran Beharga 7 Kesalahan Kakek Fico Saat Meluasi Utang 1 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Cara Terbaik Menyelesaikan Utang Kartu Kredit]

 

#9 Belajar Menabung Untuk Belanja Besar

Pada usia 30 tahun, Anda akan mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar, baik untuk biaya pernikahan, biaya kelahiran anak, membeli rumah dan sebagainya. Di usia 20-an tahun Anda harus terbiasa untuk membuat tujuan finansial dan menabung untuk mencapainya.

 

#10 Berhenti Mendendam

Kedewasaan Anda secara keuangan juga berhubungan dengan kedewasaan Anda dalam menghadapi sebuah permasalahan. Belajar memaafkan masa lalu Anda dan maju dengan hidup Anda.

 

#11 Bertanggung Jawab

Hal-hal yang terjadi di hidup Anda adalah akibat dari perbuatan Anda, berhentilah untuk menyalahkan orang lain atas masalah yang terjadi di hidup Anda dan cobalah bertanggung jawab atas kesalahan Anda.

 

#12 Bayar Pajak Dengan Baik

Pajak adalah hal yang tidak dapat Anda hindari di dalam hidup, menjadi warga negara yang baik adalah menjadi warga negara yang membayar pajaknya. Anda tidak dapat menghindari pajak terus menerus. Oleh karena itu, mulailah mengurus pajak Anda dengan baik.

Yuk Kenali Cara Perhitungan Pajak THR dan Pajak Bonus 01 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Kenali Cara Perhitungan Pajak THR dan Pajak Bonus]

 

#13 Cobalah Pekerjaan Lepas Waktu

Dengan mencoba pekerjaan lepas waktu, Anda dapat mencoba mencari penghasilan di luar dari jam kerja Anda biasanya. Hal ini dapat membantu keuangan Anda pada usia 30 tahun dimana waktu Anda terbatas.

 

#14 Olahraga

Kebiasaan ini berhubungan dengan keuangan Anda pada usia 30 tahun karena dengan olahraga yang benar, Anda dapat menjaga kesehatan Anda dan menjadi lebih produktif.

 

#15 Rencanakan Masa Pensiun

Pada saat Anda pensiun, tentunya Anda membutuhkan uang lebih untuk memenuhi kebutuhan masa tua Anda, baik untuk perawatan kesehatan atau hal lainnya, dan pada usia tersebut Anda tidak akan memiliki cukup energi untuk menghasilkan uang seperti pada masa muda Anda. Semakin cepat Anda mempersiapkan dana untuk pensiun, semakin banyak pula uang yang akan terkumpul.

Kenapa Menabung Terlalu Banyak untuk Dana Pensiun Bisa Jadi Kesalahan Besar 1 - Finansialku

[Baca Juga: Kenapa Menabung Terlalu Banyak untuk Dana Pensiun Bisa Jadi Kesalahan Besar?]

 

Fokus untuk Masa Depan

Dari 15 hal yang harus Anda siapkan, segalanya lebih fokus pada persiapan Anda untuk masa depan. Semakin cepat Anda mempersiapkan keuangan serta kualitas diri untuk umur 30 tahun, semakin mudah pula Anda akan mencapainya.

 

Apa saja hal yang telah Anda persiapkan untuk usia 30 tahun?  Adakah beberapa hal yang Anda rasa penting yang tidak termasuk di dalam daftar di atas? Berikanlah informasi dan pendapat Anda sehingga akan lebih banyak orang yang lebih siap menghadapi usia 30 tahun mereka. Bagikan juga setiap artikel yang Anda baca melalui Finansialku.com kepada orang-orang yang Anda kenal. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Martin. 30 Things You Can Do to Prepare Your Finances for Your 30s. Studenomics.com – https://goo.gl/gMcTLs

 

Sumber Gambar:

  • 20 and 30 Ages – https://goo.gl/pbjoPR
  • Student at College – https://goo.gl/NZ36Y6

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang