Tidak dapat dipungkiri jika anak muda zaman sekarang kurang memahami mengenai keuangan. Sebagai contoh, hanya sedikit remaja di usia belasan dan 20-an yang memahami hal-hal keuangan sederhana seperti prinsip saham, investasi, ataupun kredit. Hal-hal keuangan apa saja sih yang sebaiknya Anda ketahui? Mari kita lihat 10 hal keuangan yang sebaiknya Anda ketahui sebelum menginjak usia 30 tahun.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Hal Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda belum mengetahui hal-hal dasar dalam keuangan, jangan kuatir. Anda masih memiliki banyak waktu untuk mempelajarinya. Studi menunjukkan bahwa walaupun masih banyak anak muda yang kurang paham mengenai prinsip dasar keuangan, tetapi terdapat peningkatan jumlah peserta tabungan dana pensiun. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa anak muda yang tidak begitu paham akan keuangan tetap bersikap bijak dalam menyiapkan masa depannya. Finansialku akan membantu Anda menjabarkan hal-hal yang sebaiknya Anda pahami lebih dalam demi kehidupan finansial yang lebih baik.

Infografis Nasihat Warren Buffet untuk Kehidupan, Keuangan dan Investasi yang Perlu Anda Tahu 1 - Finansialku

[Baca Juga: Nasihat Warren Buffet untuk Keuangan, Sosial dan Investasi yang Perlu Anda Tahu]

 

#1 Negosiasikan Kenaikan Gaji di Awal Masa Kerja

Banyak dari calon pegawai yang tidak meminta gaji lebih saat melakukan interview penerimaan pegawai. Itu adalah salah satu kesalahan yang besar. Mengapa? Menurut perusahaan yang hendak merekrut karyawan baru, negosiasi gaji di awal menunjukkan keberanian dan kepercayaan diri yang sangat mereka hargai. Terlebih, mayoritas calon pegawai yang melakukan negosiasi umumnya mendapatkan kenaikan gaji yang mereka minta. Kenaikan tersebut akan berpengaruh jika dihitung dalam jangka panjang.

 

#2 Ketahui Skor Kredit Anda

Penting hukumnya untuk memahami skor kredit sebelum Anda hendak mengajukan pinjaman ke bank. Skor kredit atau penilaian kredit adalah suatu ukuran risiko kredit yang digunakan oleh bank atau lembaga pembiayaan lainnya untuk menentukan apakah Anda layak atau tidak mendapatkan pinjaman. Skor kredit yang semakin besar berarti semakin baik, karena dengan skor kredit besar Anda akan lebih mudah memperoleh kredit atau pinjaman. Jika begitu, bagaimana cara memperbaiki skor kredit Anda? Caranya mudah, salah satunya adalah dengan memperkecil saldo kartu kredit Anda. Alternatif lainnya adalah menggunakan beberapa kartu kredit sekaligus, walaupun sebenarnya hal ini kurang baik, pihak pemberi kredit umumnya memandang Anda mampu mengatur beberapa jenis pinjaman dan menganggap Anda lebih bertanggung jawab.

 

#3 Persiapkan Dana Darurat

Banyak sekali anak muda yang belum mempersiapkan dana darurat dikarenakan biaya hidup yang cukup tinggi. Tetapi pernahkah terpikir, jika Anda tidak menyiapkan dana darurat, Anda bisa saja terlilit utang jika suatu saat terjadi sesuatu yang tidak diduga? Untuk menghindarinya, sebaiknya persiapkan dana darurat sejak dini selagi Anda masih memiliki kemampuan dan tenaga yang dibutuhkan untuk mencari pendapatan lebih banyak.

5 Obrolan Keuangan yang Wajib Dibicarakan Bersama Pasangan 1 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Obrolan Keuangan yang Wajib Dibicarakan Bersama Pasangan]

 

#4 Persiapkan Masa Pensiun dengan Baik

Walaupun seandainya Anda bekerja pada perusahaan yang menyediakan benefit pensiun, Anda akan terperangah saat mengetahui sebagian isinya, karena benefit tersebut masih kurang baik bagi rencana pensiun Anda. Ingatlah tiga hal berikut untuk masa pensiun yang lebih baik:

  1. Tingkatkan pendapatan
  2. Minimasi pengeluaran
  3. Berinvestasilah secara beragam

 

#5 Utang Dapat Diatasi

Utang, misalnya utang kartu kredit dapat diatasi jika Anda segera memulai untuk mengatasinya begitu Anda mulai bekerja. Cobalah beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengatasi utang, salah satunya adalah dengan membayar utang dengan bunga tertinggi terlebih dahulu, begitu selanjutnya hingga hanya tersisa utang dengan bunga terkecil. Dalam jangka panjang, utang Anda akan semakin mengecil dan tentunya hilang.

 

#6 Pelajari Pajak Sejak Dini

Apakah Anda berpikir untuk memikirkan pajak di masa depan dan menghindarinya sebisa mungkin? Justru di saat Anda muda, Anda dapat memanfaatkan benefit pajak dan mengurangi jumlah pajak yang harus dibayarkan di kemudian hari. Pelajari pajak dari sekarang demi masa depan pajak yang lebih baik.

 

#7 Investasi Perumahan Belum Tentu Menguntungkan

Anda tentu pernah mendengar bahwa investasi dari tanah atau perumahan sangatlah menguntungkan, namun bedakanlah investasi rumah yang akan disewakan atau digunakan. Rumah yang terawat tentunya akan membuat nilai jualnya semakin tinggi, sehingga jika Anda menggunakan rumah tersebut dan tidak merawatnya, ada kemungkinan nilai rumah tersebut tidak menguntungkan. Selain itu, waktu juga berpengaruh dalam investasi ini karena jika waktu jual beli terlalu singkat, terdapat kemungkinan keuntungan Anda terlalu kecil sehingga tertutupi dengan biaya notaris dan pajak jual belinya.

10 Hal Keuangan yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Usia 30 Tahun 02 - Finansialku

[Baca Juga: Perencanaan Keuangan Yang Tepat dan Wujudkan Mimpi Anda]

 

#8 Hindari Biaya Pernikahan Terlalu Besar

Menyiapkan dana untuk pernikahan wajib dilakukan. Tetapi apakah pernikahan harus dilakukan dengan sangat mewah? Tentu tidak. Pernikahan bahagia tidak bergantung pada mewahnya resepsi pernikahan yang dilakukan. Justru dengan resepsi sederhana yang secukupnya, Anda akan memiliki tabungan lebih untuk memulai kehidupan pernikahan sebenarnya.

 

#9 Persiapkan Dana untuk Si Kecil

Dana yang dibutuhkan untuk membesarkan buah hati Anda tidaklah sedikit, dimulai dari proses kehamilan, melahirkan, biaya kesehatan, biaya pendidikan, dan biaya hidup si kecil juga perlu Anda persiapkan. Tidak masalah kapan Anda mulai merencanakan untuk memiliki anak, tetapi penting untuk memulai investasi untuk persiapan kehidupan yang lebih baik untuk anak Anda.

 

#10 Fokuslah Pada Diri Sendiri

Jika Anda suka membandingkan diri sendiri dengan teman-teman Anda, hentikanlah sekarang juga. Apa yang terlihat dari luar belum tentu sama dengan apa yang sebenarnya terjadi. Kehidupan mewah, penampilan menarik dan sebagainya mungkin hanya menutupi utang, depresi, dan ketidakbahagiaan. Kesuksesan Anda tidak bergantung kepada orang lain dan begitu sebaliknya. Sebaiknya Anda hanya fokus terhadap kehidupan finansial dan kebahagiaan diri Anda sendiri.

Infografis #1 Apa dan Siapa yang Membutuhkan Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apa dan Siapa yang Membutuhkan Perencanaan Keuangan?]

 

Raihlah Masa Depan yang Lebih Baik

Dengan mengetahui dan menerapkan beberapa hal di atas, Anda dapat meraih masa depan yang lebih baik. Tidak ada salahnya memulai sesuatu sejak dini demi masa tua yang bahagia. Walaupun finansial hanyalah sebagian kecil dari hidup, namun tentunya memperbaiki keadaan finansial Anda secara tidak langsung akan memperbaiki kehidupan Anda secara menyeluruh.

 

Apakah Anda mengetahui hal-hal keuangan penting lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Susie Poppick. 30 September 2015. 10 Things to Know About Money Before You’re 30 Time.com – https://goo.gl/dzMFK3

 

Sumber Gambar:

  • Student Group – https://goo.gl/gQYr9z
  • College Student – https://goo.gl/jWjvoD

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang