Obrolan keuangan apa saja yang wajib dibicarakan dengan pasangan?

Berikut ini beberapa obrolan mengenai keuangan yang wajib menjadi bahan perbincangan bagi para pasangan dalam menjalani bahtera kehidupan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Rahasia Sebuah Hubungan

Tahukah Anda bahwa rahasia hubungan yang sehat mungkin tersembunyi dalam kehidupan keuangan Anda? Walaupun tidak selamanya uang dapat membeli cinta dan kebahagiaan, namun sejumlah uang yang Anda punya dapat memberikan beberapa kenyamanan serta kemudahan yang diperlukan.

Dalam sebuah riset, peneliti menemukan bahwa komunikasi mengenai kurangnya uang dapat membawa pasangan muda kepada pertengkaran dan tekanan stres.

Berikut beberapa obrolan keuangan yang diperlukan, dan tentu saja obrolan-obrolan tersebut dapat membawa Anda semakin lebih dekat dengan pasangan Anda.

5 Obrolan Keuangan yang Wajib Dibicarakan Bersama Pasangan 2 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Rahasia Pasangan yang Bahagia Secara Keuangan]

 

#1 Pos Alokasi Pengeluaran

Kapan terakhir kali Anda membicarakan mengenai penggunaan uang yang terdapat dalam rekening bank Anda bersama dengan pasangan?

Alangkah baiknya Anda berkomunikasi bersama dengan pasangan Anda mengenai penggunaan uang yang ada di rekening bank, seperti penggunaan uang untuk merayakan hari ulang tahun pernikahan atau hari bersejarah lainnya bersama dengan pasangan Anda.

Sebuah survei skala nasional yang diprakarsai oleh Money Magazine mengungkapkan bahwa sebanyak 70% pasangan lebih sering bertengkar mengenai penggunaan uang daripada berkomunikasi mengenai tugas pekerjaan, dengkuran sang suami saat tidur atau mengenai pentingnya kebersamaan.

Apa yang keliru mengenai keadaan tersebut? Tentu saja kita tidak boleh menganggap hal ini sebagai masalah yang sepele.

Pasangan Baru Pilih Rumah atau Apartemen - Finansialku

[Baca Juga: Pasangan Baru: Pilih Rumah atau Apartemen?]

 

Ambil waktu bersama pasangan, mungkin dapat Anda lakukan dengan candle light dinner, untuk berbincang mengenai alokasi dana yang ada dalam rekening Anda bersama.

Apakah Anda berdua sebagai pasangan menyadarai bahwa uang Anda dihabiskan untuk pergi membelanjakannya ke pasar swalayan setiap minggunya?

Atau ada tagihan online lain seperti langganan keanggotaan gym yang sebetulnya tidak terlalu terpakai dan terasa manfaatnya? Atau hal lain sebagainya.

Segeralah Anda dan pasangan untuk membuat daftar berbagai pengeluaran yang sebetulnya dapat diminimalisasi atau dihentikan untuk keefektifan dan keefisienan alokasi dana Anda.

 

#2 Persetujuan Bersama Mengenai Alokasi Pengeluaran Dana

Obrolan berikutnya adalah mengenai berbagai pengeluaran alokasi dana yang disetujui bersama antar pasangan. Setiap pasangan pasti memiliki kebiasaan akan perencanaan keuangan yang berbeda. Hal ini perlu dibicarakan bersama.

Pengalaman pernikahan seorang istri bernama ABC menyatakan bahwa ia seorang yang taat membayar pajak, mendaftarkan berbagai kebutuhan belanja bulanan serta gemar merencanakan pembayaran tagihan lebih cepat dari masa jatuh tempo pembayarannya.

Sedangkan suaminya memiliki kebiasaan yang sebaliknya. Alhasil, keadaan tersebut membuat percekcokan tersendiri.

ABC ingin membagikan bahwa ia dan sang suami sangat kurang bijak dalam penggunaan kartu kredit sehingga mereka memutuskan untuk lebih sering membayarkan langsung setiap tagihan dengan uang cash.

bagaimana-cara-investasi-yang-tepat-untuk-keluarga-baru-finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Investasi yang Tepat untuk Keluarga Baru?]

 

Apakah Anda memiliki kesamaan atau perbedaan dengan pengalaman kehidupan rumah tangga tersebut?

Temukan setiap kelebihan dan kelemahan dari pasangan Anda dalam mengatur keuangan bersama. Jangan saling menyalahkan pada setiap kekurangan dari pasangan Anda tetapi justru Anda perlu saling menghargai setiap perbedaan.

Pembagian tugas dan tanggung jawab diperlukan serta bersama-sama mencari titik temu atau solusi dari setiap permasalahan.

 

#3 Perlukah Memiliki Rekening yang Sama?

Sebuah survei pada tahun 2014 menyatakan bahwa sekitar 70% dari pasangan kaum milenial membuat rekening terpisah dalam kehidupan rumah tangga mereka.

Tidak hanya itu saja, sebuah studi menyatakan bahwa 15% dari pasangan yang memiliki rekening bersama dengan pasangannya, sesungguhnya memiliki rekening rahasia tanpa sepengetahuan pasangannya.

Ketika Anda mau berbagi setiap pengeluaran belanja dengan pasangan Anda, seperti berbagai tagihan rutin mengenai perlengkapan kebutuhan rumah, Anda mungkin menyatukan rekening Anda. Namun, Anda pun perlu memikirkan setiap pengeluaran melalui akun rekening rahasia Anda.

Beberapa pasangan mungkin memiliki keuntungan seperti kenikmatan akan kebebasan dari memiliki akun rekening yang berbeda dengan pasangan. Hal ini ada baiknya juga. Tetapi bukan berarti keuntungan tersebut dapat dilakukan untuk memiliki sebuah privasi dalam melakukan “kecurangan finansial” tanpa sepengetahuan pasangan Anda.

sebelum-menikah-tanyakan-5-hal-keuangan-ini-ke-pasangan-anda

[Baca Juga: Sebelum Menikah, Tanyakan 5 Hal Keuangan Ini ke Pasangan Anda]

 

Apabila Anda ingin memiliki akun rekening yang berbeda, jujur dan terbukalah dengan pasangan Anda mengenai hal ini. Apabila Anda ingin menyatukan rekening dengan pasangan pun, Anda dapat melakukannya juga. Anda dapat melakukan kedua-duanya.

Sebagai contoh, ketika Anda memiliki penghasilan Rp80 juta per tahun dan pasangan Anda memiliki penghasilan Rp50 juta per tahun, Anda dapat membuat 2 akun rekening terpisah. Kemudian Anda dapat memilih untuk membayar sebesar 60% dari besarnya tagihan pengeluaran sementara pasangan Anda membayar 40% sisanya.

Apapun pilihannya, kunci dari semuanya itu adalah komunikasi yang merupakan inti dari segala aspek dalam hubungan Anda.

 

#4 Menghemat untuk Sesuatu yang Direncanakan Bersama

Apabila Anda mengalami diskusi yang cukup berat dengan pasangan Anda, lakukan beberapa hal seperti merencanakan tujuan wisata bersama.

Duduk bersama pasangan Anda dan daftarkan 10 hal yang Anda dan pasangan perlu melakukan penghematan selama beberapa waktu kedepan.

Bekerja samalah untuk melihat bagaimana setiap impian Anda bersama akan menjadi suatu kenyataan. Kegiatan ini akan menjadi sedikit romantis dan menyenangkan tergantung bagaimana Anda menggambarkan keinginan Anda.

 

#5 Masa Depan Bersama Pasangan yang Anda Inginkan

Salah satu tujuan umum sebuah penghematan adalah mempersiapkan masa pensiun.

Sebuah survei yang diprakarsai oleh Fidelity menyatakan bahwa banyak pasangan yang mendekati usia pensiun tidak memiliki pemahaman yang sama mengenai rencana pensiun mereka.

Sepertiga dari responden menyatakan bahwa mereka tidak tahu atau tidak setuju mengenai kemanakah mereka akan pergi pada masa pensiun. Sementara itu, lebih dari dua per tiga, tidak mengetahui pada usia berapakah mereka akan pensiun.

Masa pensiun Anda tergantung bagaimana Anda mengatur dan menghemat uang Anda saat ini. Tentu saja masa pensiun Anda merupakan salah satu obrolan terpenting dalam berdiskusi dengan pasangan Anda. Bagaimanapun juga, ini adalah kehidupan masa depan Anda dengan pasangan Anda.

Pensiun Dini  Apakah Lebih Banyak Manfaat atau Mudaratnya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pensiun Dini: Apakah Lebih Banyak Manfaat atau Mudaratnya?]

 

Berbicara mengenai masa pensiun yang ideal, mungkin Anda memiliki keinginan untuk mempunyai rumah kedua yang berdekatan dengan rumah cucu Anda atau pindah ke luar negeri yang memiliki biaya hidup relatif lebih rendah.

Anda perlu mengobrolkan hal ini secara teratur bersama dengan pasangan Anda untuk memastikan bahwa Anda dan pasangan memiliki tujuan yang sama.

 

Beberapa Tips Obrolan Mengenai Keuangan

  • Atur sebuah waktu untuk mengobrol seputar keuangan. Anda dapat melakukannya setiap minggu atau setiap bulan. Carilah jadwal yang tepat agar kegiatan itu dapat efektif bagi Anda berdua.
  • Suatu saat Anda akan mengalami suatu persimpangan karena perbedaan pendapat, namun sadarilah bahwa hal ini sudah biasa terjadi.
  • Lakukan teknik diskusi yang sehat dalam setiap pembicaraan Anda. Jauhkan diri dari menyalahkan pasangan atau malu dalam menyatakan pendapat. Pusatkan diri pada tujuan akan pemahaman bersama.
  • Apabila terjadi suatu diskusi keuangan yang cukup berat ketika sedang di meja makan, Anda dapat melakukan refreshing bersama pasangan dengan berjalan santai atau olahraga sambil mendiskusikan hal tersebut.

 

Obrolan apa saja yang menurut Anda penting untuk didiskusikan bersama dengan pasangan Anda?

Bagikan pengalaman Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Apabila Anda memerlukan konsultasi mengenai perencanaan keuangan Anda bersama dengan pasangan, silakan menghubungi konsultan kami Finansialku.com.

Bagikan juga setiap informasi penting dari setiap artikel Finansialku.com yang Anda dapatkan kepada orang-orang yang Anda kasihi. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ashely Marcion. 14 Februari 2017. 5 Money Conversations Every Couple Should Have. Wisebread.com – https://goo.gl/ewdgpi

 

Sumber Gambar:

  • Asian Couple Chatting – https://goo.gl/NdDfOp
  • Asian Couple Chatting – https://goo.gl/FqBQrw

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang