Bosan kerja, jangan sampai Anda melakukan kesalahan karyawan pensiun dini yang bisa membuat masa depan Anda dan keluarga berantakan.

Jika Anda adalah salah satu karyawan yang punya rencana untuk melakukan pensiun dini, maka baca dulu artikel berikut.

Kali ini Finansialku akan membahas tentang 5 kesalahan karyawan pensiun dini yang jangan sampai Anda lakukan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pensiun Dini: Ya atau Tidak?

Pensiun dini menjadi impian sebagian orang, terutama kaum milenial. Lingkungan kerja yang tidak sehat dan tekanan atasan menjadi 2 alasan yang utama pensiun dini.

Bahkan banyak orang yang memutuskan resign tanpa alasan setelah lama memendam ketidakbahagiaan di lingkungan kerja.

Bermimpi untuk pensiun dini memang tak salah, hanya saja harus dipersiapkan dengan matang. Pasalnya, banyak orang yang memilih pensiun dini tanpa perencanaan jelas sesudah mengambil keputusan tersebut.

 

Keputusan Pensiun Dini Bagi Pekerja Kantoran

Siapa yang tidak ingin memiliki pekerjaan yang mapan? Semua orang tentu mengharapkan hal yang sama, namun tak semuanya beruntung. Ada orang yang bisa bekerja sesuai passion, ada pula yang tidak.

Menjadikan passion sebagai pekerjaan pastinya memiliki keasyikan tersendiri. Anda tak akan merasakan kejenuhan, sebab menjalani sesuatu yang menyenangkan.

Waspada 5 Kesalahan Karyawan Pensiun Dini Sebelum Terlambat! 02

[Baca Juga: Tips Memilih Kuliah Kelas Karyawan dan Perencanaan Biaya Pendidikan]

 

Sayangnya, sebagian orang harus terjebak pada profesi yang tidak disukainya. Hal ini bukanlah sebuah kesengajaan, tetapi cara bertahan hidup.

Demi memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka rela melakukan pekerjaan yang mengekang kebebasan serta kreativitas.

Tak heran kalau mereka kerap merasa jenuh dan ingin pensiun dini dari pekerjaan tersebut. Rasa jenuh memang lumrah dialami oleh siapapun, mengingat pekerjaan yang rutin dilakukan.

Tidak ada perubahan dan pembaharuan menjadi faktor utamanya. Apalagi bekerja tak sesuai kapabilitas dan passion, tentu bakal menambah masalah setiap harinya.

 

5 Kesalahan yang Bisa Anda Hindari

Apakah Anda juga berniat pensiun dini? Jika iya, mungkin Anda perlu mengetahui beberapa hal penting sebelum mengambil keputusan tersebut.

Lima poin penting di bawah ini akan menentukan, apakah Anda sudah siap pensiun dini atau tidak.

Berikut 5 poin yang perlu dipertimbangkan sebelum menyesal usai pensiun dini.

 

Kesalahan Karyawan Pensiun Dini 1: Merencanakan Finansial Usai Pensiun Dini

Sudahkah Anda mempersiapkan dana pensiun? Kalau belum, mulailah mengatur keuangan sejak sekarang. Usahakan Anda memiliki dana pensiun yang cukup selama masa menganggur.

Dengan begini, Anda tak akan kebingungan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Mengingat Anda tak akan menerima penghasilan rutin yang biasa didapat per bulan.

Ini bisa membantu Anda terhindar dari masalah keuangan serius. Alangkah baiknya kalau Anda tidak menjadi beban bagi orang-orang tersayang.

Sebagian besar orang yang memilih pensiun dini sering mengabaikan masalah finansial. Mereka hanya fokus pada waktu luang usai berhenti dari pekerjaan. Anda tentu bisa menduga apa yang terjadi setelahnya bukan?

 

Kesalahan Karyawan Pensiun Dini 2: Rencana yang Tidak Jelas

Apa yang akan Anda lakukan setelah pensiun? Beberapa orang memutuskan pensiun dini tanpa mengatur rencana jelas usai pensiun. Ketika ditanya, apa yang bakal mereka lakukan?

Biasanya mereka akan kebingungan dan mengaku tidak memiliki rencana masa depan. Oleh sebab itu, buatlah rencana yang matang terkait aktivitas usai pensiun dini.

Waspada 5 Kesalahan Karyawan Pensiun Dini Sebelum Terlambat! 03

[Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan untuk First Jobber dan Karyawan]

 

Pastikan keputusan Anda sudah dipikirkan dengan matang. Apakah Anda akan mencari pekerjaan baru di tempat lain atau membuka usaha? Jika Anda memiliki rencana membuka usaha, persiapkan diri serta modal yang cukup.

Jangan sampai dana pensiun habis sia-sia, sementara Anda tetap harus memenuhi kebutuhan keluarga. Jadi, pertimbangkan urgensi dalam beberapa bulan ke depan selama Anda pensiun dini.

 

Kesalahan Karyawan Pensiun Dini 3: Pekerjaan Belum Jelas

Menemukan pekerjaan baru, namun belum jelas? Bila Anda tengah menghadapi persoalan ini, tak perlu buru-buru pensiun dini dari pekerjaan. Sebaiknya perjelas pekerjaan yang baru, sehingga Anda tidak merasa dirugikan.

Kebanyakan orang memilih keluar dari pekerjaan lama ketika menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai keinginan mereka. Selama Anda belum mendapatkan pekerjaan baru, cobalah untuk bertahan di pekerjaan sekarang.

Waspada 5 Kesalahan Karyawan Pensiun Dini Sebelum Terlambat! 04

[Baca Juga: Lulus S1, Pilih Kerja atau Kuliah S2? Berapa Dana Yang Harus Disiapkan?]

 

Dalam pencarian pekerjaan baru, tingkatkan pula kemampuan dan kompetensi. Dengan begini, Anda akan merasakan perubahan besar pada karier dan pekerjaan.

Lingkungan kerja yang awalnya terasa buruk, perlahan-lahan akan berubah.

 

Kesalahan Karyawan Pensiun Dini 4: Kehilangan Motivasi

Pekerjaan baru tak kunjung datang dan usaha stagnan menjadi masalah baru. Masalah ini umum dialami oleh para pekerja yang memutuskan pensiun dini. Anda yang biasanya bekerja seharian penuh, tiba-tiba menjadi pengangguran.

Ada perubahan besar yang tentunya terjadi dan mempengaruhi diri Anda sendiri. Kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan terlalu lama, karena akan memberi dampak negatif.

Beberapa orang mengalami kehilangan motivasi atau demotivasi akibat perubahan tersebut. Tak ingin menjalani hari-hari buruk tersebut? Motivasi diri Anda untuk terus berusaha dan mencari jalan keluar.

Misalnya saja, Anda tidak mendapat pekerjaan baru yang sesuai passion, coba untuk tidak berhenti. Jangan sampai pula menerima pekerjaan yang jelas-jelas tidak sesuai dengan kapabilitas Anda.

 

Kesalahan Karyawan Pensiun Dini 5: Kemampuan yang Terbatas

Dunia bergerak maju, sementara Anda bertahan di tempat yang sama. Sesekali, cobalah melihat pekerjaan sebagai hal besar. Anda mungkin tidak terlalu menginginkan pekerjaan ini lagi, tapi orang lain mungkin sebaliknya.

Lihat pula sudah seberapa besar usaha yang Anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Tidak mudah bukan memaksa diri untuk tetap bertahan di posisi tersebut?

Hingga Agustus 2019, Tercatat 3.000 Pekerja Kena PHK 01 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Satu hal yang Anda butuhkan adalah meningkatkan kemampuan diri. Anda tentu tidak ingin digerus zaman dan orang lain.

Untuk itu, tingkatkan kemampuan dan kompetensi di pekerjaan Anda. Tidak ada salahnya mengikuti pelatihan, agar kompetensi bertambah.

Wawasan Anda perlu ditingkatkan, sebab kemajuan zaman tak pernah memberitahu sebelumnya. Jika Anda menampik hal ini, Anda akan tertinggal di belakang orang-orang.

 

Memikirkan Kembali Rencana Pensiun Dini

Jadi, sudahkah Anda mempertimbangkan dan memikirkan dengan matang keputusan pensiun dini? Jangan sampai Anda mengambil keputusan dalam keadaan tergesa-gesa. Menyesal di akhir tidak akan ada gunanya.

Pekerjaan Anda bisa digantikan oleh orang lain, tinggallah Anda yang merugi. Oleh sebab itu, rencanakan masa pensiun dengan benar.

Kalau perlu, persiapkan dana pensiun yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari selama beberapa bulan ke depan.

 

Bagaimana Anda akan merencanakan pensiun dini yang bahagia?

Diskusikan jawaban Anda bersama rekan sejawat yang tentunya juga mungkin punya rencana untuk pensiun dini dengan membagikan artikel bermanfaat di atas, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Noviyanto. 5 Kesalahan yang Dilakukan Oleh Karyawan yang Pensiun Dini. Koinworks.com – http://bit.ly/35IvYaW

 

Sumber Gambar:

  • Kesalahan karyawan pensiun dini 01 – http://bit.ly/2qmVWRp
  • Kesalahan karyawan pensiun dini 02 – http://bit.ly/35LfyyX
  • Kesalahan karyawan pensiun dini 03 – http://bit.ly/2OUzOb2
  • Kesalahan karyawan pensiun dini 04 – http://bit.ly/2IVIdXW

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang