Yuk, waspada dengan kesalahan menyiapkan dana pendidikan anak yang bisa berakibat fatal.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba. Namun, Anda perlu berhati-hati agar tidak melakukan kesalahan berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

5+ Kesalahan dalam Menyiapkan Dana Pendidikan

Mari saya beritahu sebuah rahasia umum, utang dana pendidikan adalah salah satu jenis utang konsumen yang paling umum ditemui di tengah masyarakat.

Bahkan di Di Amerika, utang uang sekolah sudah menjadi utang konsumen tertinggi kedua setelah Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Hal ini terjadi karena kesalahan mereka dalam menyiapkan dana pendidikan. Apa saja kesalahan yang dimaksud? Lalu bagaimana cara menghindarinya?

Nah, melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan beberapa kesalahan dalam menyiapkan dana pendidikan:

 

#1 Tidak Membuat Perencanaan

Kesalahan menyiapkan dana pendidikan yang pertama adalah tidak membuat perencanaan keuangan. Jika Anda tidak melakukannya, bagaimana Anda bisa mengatur keuangan Anda? Apa lagi menyiapkan dana pendidikan anak.

Perencanaan keuangan layaknya sebuah jalan. Jadi saat kita memiliki tujuan, kita harus membuat jalan yang mungkin bisa mencapai tujuan tersebut. Jadi di sinilah pentingnya perencanaan.

Hindari 5+ Kesalahan Fatal Menyiapkan Dana Pendidikan Anak, Waspada! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Single Parent Mengatur Keuangan Keluarga: Harta Gono Gini dan/atau Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa]

 

Jangan khawatir, perencanaan keuangan bukanlah sesuatu yang sulit.

Anda bahkan bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan di aplikasi Finansialku yang selalu siap membantu Anda menyiapkan dana pendidikan. Download aplikasinya di sini, gratis!

playstore icon
appstore icon

 

#2 Terlambat Merencanakan

Kesalahan yang kedua yakni terlambat membuat perencanaan keuangan. Bedanya dengan yang pertama adalah, yang pertama sama sekali tidak merencanakan, sementara di sini terlambat merencanakan.

Memang betul kesalahan kedua ini masih lebih baik daripada kesalahan yang pertama, namun keterlambatan perencanaan keuangan juga bisa berdampak buruk.

Terlambat merencanakan keuangan bisa membuat Anda kesulitan mengumpulkan uang karena kebutuhan ini akan semakin mendesak. Artinya jangka waktu yang tersedia semakin sedikit dan Anda harus mengalokasikan lebih banyak.

Masalahnya banyak yang gagal mengalokasikan lebih banyak dan akhirnya tidak berhasil mengumpulkan jumlah yang diinginkan pada waktunya.

 

#3 Tidak Memikirkan Faktor Peningkatan

Parents, lupa akan faktor-faktor yang mempengaruhi besaran dana pendidikan juga bisa menjadi kesalahan fatal dalam menyiapkan dana pendidikan.

Jangan lakukan kesalahan yang sama, mulailah kenali faktor-faktor yang bisa meningkatkan besaran dana pendidikan ini. Adapun faktor yang mempengaruhi kenaikan biaya pendidikan ini bermacam-macam, antara lain:

 

  • Inflasi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa inflasi menjadi pemacu kenaikan berbagai biaya, termasuk biaya pendidikan. Dibutuhkan kenaikan gaji guru seiring meningkatnya inflasi, sehingga berdampak pada kenaikan biaya pendidikan.

  • Keinginan masyarakat untuk memberikan pendidikan yang berkualitas

Tidak ada orang tua yang menginginkan hal buruk bagi anak-anak mereka, tidak peduli berapa pun harga yang harus dibayar mereka akan mengupayakan pendidikan terbaik bagi buah hatinya.

  • Perubahan standar pendidikan

Seiring waktu, lembaga pendidikan tentunya berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya karena permintaan masyarakat.

Untuk meningkatkan standar kualitas pendidikan, tentu perlu biaya tambahan yang tidak sedikit. Maka dari itu, sekolah membebankannya pada para orangtua melalui uang pangkal dan iuran sekolah.

Jadi, perhitungkan nilai yang sebisa mungkin mempertimbangkan faktor-faktor tersebut dan mendekati nilai aslinya.

Sehingga Anda tidak perlu mengandalkan kredit pendidikan untuk tetap mengupayakan pendidikan buah hatinya hingga perguruan tinggi.

 

 

#4 Gagal Memilih Instrumen Investasi Yang Tepat

Sudah bukan hal yang asing lagi gagal dalam berinvestasi. Hal ini disebabkan kesalahan dalam memilih instrumen investasi yang tepat, hingga mereka yang tergoda akan investasi bodong dengan tawaran imbal hasil berlipat-lipat.

Bayangkan jika Anda menyimpan uang semaksimal mungkin hanya untuk mengetahui bahwa uang Anda berkurang atau bahkan habis karena memilih investasi yang salah.

 

#5 Tidak Memisahkan Dana Pendidikan

Kami juga menyarankan Anda untuk selalu memisahkan dana pendidikan dari dana lainnya. Anda mungkin berpikir bahwa hanya memiliki satu rekening akan memudahkan Anda dalam mengatur keuangan.

Nyatanya hal ini adalah kesalahan umum dalam mempersiapkan dana pendidikan.

Pisahkan rekening tabungan sehari-hari dengan tabungan dana pendidikan. Dengan memisahkan rekening tabungan dengan rekening lain, akan memperkecil kemungkinan uang tabungan terpakai untuk hal lain.

Anda bahkan bisa memilih jenis rekening dana pendidikan yang memang sesuai dengan karakteristiknya, sehingga Anda selangkah lebih dekat dengan tujuan dana pendidikan.

Hindari 5+ Kesalahan Fatal Menyiapkan Dana Pendidikan Anak, Waspada! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

#6 Tidak Disiplin

Kesalahan terakhir ini terdengar sederhana, namun bisa berakibat fatal. Memang betul banyak godaan yang menyebabkan kita sulit mengalokasikan dana pendidikan, tapi di sinilah tantangannya.

Kita diwajibkan untuk disiplin dalam mengalokasikan, bukan menyisihkan. Artinya, kita harus sudah menganggarkan dana pendidikan di awal agar tetap bisa disiplin pada setiap periodenya.

Agar lebih bersemangat, Anda bisa mengajak anggota keluarga, terutama anak untuk ikut menabung dan berinvestasi.

Dengan begitu, Anda dan anak bisa saling mendukung dan mengingatkan kewajiban masing-masing demi tujuan yang sama.

 

Hindari Kesalahannya, Yuk!

Sekian para pembaca, Anda bisa menghindari beberapa kesalahan di atas agar masa depan anak Anda terjamin. Anda juga bisa membekali diri dengan banyak informasi mengenai dana pendidikan ini.

Salah satunya adalah melalui e-book tentang dana pendidikan dari Finansialku. Anda bisa mengunduhnya secara GRATIS dengan klik tautan berikut ini:Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai 5+ kesalahan dalam menyiapkan dana pendidikan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Kabrina Rian Ferdiani. 01 November 2019. 7 Kesalahan dalam Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak. modalrakyat.id – https://bit.ly/3e5HeSI

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/2N2qcsB
  • https://bit.ly/2BYbC38
  • https://bit.ly/2MXmjVX