Siapa yang merasa sudah mulai stres karena pandemi Covid-19 ini? Nah, biar gak stres beneran, yuk rawat kesehatan mental kita dengan cara ini!

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental Tetap Stabil di Tengah Pandemi

Pada mulanya dunia berjalan dengan normal.

Di jalanan kita biasa melihat kemacetan dan mendengar mobil bersahutan klakson, sederet gerai kopi penuh dengan orang nongkrong, sementara di supermarket orang mengantre belanja dengan muka telanjang tanpa masker.

Lalu seketika segalanya berubah sejak pandemi virus corona atau Covid-19 merebak. Jalanan lenggang, orang tak lagi berkerumun, melihat muka tanpa masker jadi terkesan aneh.

Kita semua diliputi rasa cemas yang tak terelakkan.

Isolasi, ketakutan, ketidakpastian, kematian, kemiskinan dan kekacauan ekonomi.

Ini semua membuat kesehatan mental kita terganggu.

Direktur departemen kesehatan mental Organisasi Kesehatan Dunia, Devora Kestel mengatakan, peningkatan jumlah dan keparahan gangguan mental seharusnya membuat pemerintah menempatkan isu ini sebagai yang utama dalam responnya.

“Kesehatan mental dan kebahagiaan masyarakat terdampak cukup berat oleh krisis ini dan seharusnya jadi proritas untuk segera diatasi,” katanya sebagaimana dikutip dari Kompas, Senin (18/05).

5 Cara Merawat Kesehatan Mental di Tengah Pandemi 02

[Baca Juga: Ibu VS Keuangan: 6 Tips Bertahan di Tengah Pandemi]

 

Selain faktor di atas, kita mungkin sama-sama setuju, bahwa kebijakan physical distancing bikin emosional sebab harus menerapkan yang tak pernah terbayang. Berjarak dengan keluarga, sahabat, rekan kerja dan seterusnya.

Mengutip dari Alodokter, beberapa kelompok yang rentan mengalami stres psikologis selama pandemi virus corona adalah anak-anak, lansia, dan petugas medis.

Tekanan yang berlangsung selama pandemi ini dapat menyebabkan gangguan berupa:

  • Ketakutan dan kecemasan yang berlebihan akan keselamatan diri sendiri maupun orang-orang terdekat
  • Perubahan pola tidur dan pola makan
  • Bosan dan stres karena terus-menerus berada di rumah, terutama pada anak-anak
  • Sulit berkonsentrasi

 

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk merawat kesehatan mental di tengah pandemi Covid-19 ini?

Nah, Sobat Finansialku, berikut ini lima cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi virus corona:

 

#1 Bijak Memilah Informasi

Langkah awal yang dapat Sobat Finansialku lakukan adalah menyetop informasi atau pemberitaan yang bisa bikin kepala pengar dan stres dan memunculkan emosi berlebih.

Batasi waktu kamu untuk menonton, membaca, atau mendengar berita mengenai pandemi, baik dari televisi, media cetak, maupun media sosial untuk mengurangi rasa cemas.

Meski begitu, Sobat Finasialku jangan menutup diri sepenuhnya dari informasi yang penting. Pilah informasi yang Kamu terima secara kritis dan bijak.

 

#2 Ambil Waktu untuk Memanjakan Diri

Dalam keadaan pandemi seperti saat ini kamu mungkin luput meluangkan waktu untuk memanjakan diri, sebab di sisi lain ada pekerjaan yang mesti diselesaikan.

Nah, mulai sekarang kamu harus bijak dalam mengatur waktu, dimana saat sibuk dan beri juga waktu untuk memanjakan.

Memanjakan diri bisa dengan cara apa saja, Sobat Finansialku bisa menonton film dan acara TV favorit, menikmati mandi di bawah pancuran shower yang menenangkan. Apapun itu yang bisa membuatmu tenang, lakukanlah.

 

#3 Bertegur Sapa dengan Kawan atau Saudara

Teknologi sudah memungkinkan orang untuk saling bertemu dan bertegur sapa secara online. Ini sangat membantu mengelola emosi kita agar tak merasa cemas dan kesepian di tengah masa-masa karantina.

Sobat Finansialku bisa saling berbagi cerita dengan kawan atau saudara atau siapapun orangnya yang dirasa bisa menyenangkan jika diajak bicara. Tentu ini bisa bikin ketegangan kamu sedikit mengendur.

 

#4 Lakukan Olahraga Ringan

Berbagai olahraga ringan, seperti lari kecil, lompat di tempat, atau workout yang sedang hype dapat Sobat Finansialku lakukan selama menjalani karantina di rumah.

Melakukan aktivitas fisik, dapat memproduksi hormon endorfin yang berfungsi meredakan stres, mengurangi rasa khawatir pada tubuh kamu dan memperbaiki mood.

 

#5 Bantu Orang Lain yang Membutuhkan

Dengan kemerosotan ekonomi akibat badai Covid-19 ini banyak orang terkena imbasnya.

Kita pasti sering mendengar supir ojek online kesulitan untuk makan. Para pekerja terkena PHK dan tak sedikit di luar sana orang lain membutuhkan uluran tangan kita agar membantu keberlangsungan hidup mereka.

Nah, Sobat Finansialku bisa membagikan makanan untuk orang yang membutuhkan, atau memberi masker gratis sembari mengedukasi orang-orang yang tak bisa tinggal di rumah karena harus mencari uang.

“Membantu orang lain yang membutuhkan akan membuat kita merasa baik tentang diri sendiri, dan dengan demikian akan baik untuk kesehatan mental dan stabilitas emosi selama masa krisis ini,” kata Michael Dadashi, CEO Infinite Recovery mengutip dari Kompas.

 

Yang Sebaiknya Kau Jaga Adalah Dirimu Sendiri

Yang sebaiknya kau jaga adalah dirimu sendiri. Penggalan lirik itu mungkin terasa benarnya.

Dalam kondisi pandemi seperti ini kita sepatutnya mengupayakan terlebih dahulu kesehatan mental kita.

Jangan pernah membiarkan kecemasan dan stres terus membayangi dirimu. Kamu harus bisa mengendalikan itu dengan cara apapun termasuk yang sudah dijelaskan dalam artikel ini.

Jika Sobat Finansialku merasa bingung dan stres dengan keuangan, kalian bisa menggunakan layanan Konsultasi Gratis Finansialku yang bisa kalian akses dengan klik tombol berikut ini.

Saya Mau Konsultasi Gratisnya!

 

Sebelumnya lakukan cek kesehatan keuangan kalian melalui aplikasi Finansialku terlebih dulu ya, gratis lho! Download aplikasinya di Google Play Store atau Apple Apps Store!.

Stay safe, stay healthy, stay productive!

 

Sobat Finansialku, tahukah Anda bahwa ada begitu banyak masyarakat yang mengalami kesulitan untuk bertahan hidup selama pandemi ini? Benar! Mereka membutuhkan uluran tangan Anda…

Anda bisa memberikan sedikit harta Anda kepada mereka dengan menekan tombol di bawah ini.

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

DONASI

 

Percayalah, donasi yang Anda berikan bisa menyelamatkan hidup masyarakat yang terkena dampak COVID-19. Terima kasih untuk Sobat Finansialku!

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku, apakah kita akan terbiasa dan siap dengan itu? Kamu bisa bagikan pandangan dan pikiranmu lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 02 Mei 2020. 5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus corona. Kompas.com – https://bit.ly/3cGnzIt
  • Admin. 15 Mei 2020. WHO Peringatkan Krisis Gangguan Mental Global akibat Pandemi. Kompas.com – https://bit.ly/3dW2lX7
  • Andi Marsa Nadhira. 27 Maret 2020. Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Virus Corona. Alodokter.com – https://bit.ly/2WGzRLm

 

Sumber Gambar:

  • Mental Health 01 – https://bit.ly/2X6iZwj
  • Mental Health 02 – https://bit.ly/3bL6eMV