Stay safe and healthy merupakan salah satu jargon yang populer belakangan ini. Apa sih makna kampanye yang sedang marak dikumandangkan itu?

Simak ulasan lengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Pengertian Stay Safe and Healthy

Stay safe and healthy adalah istilah yang belakangan ini tengah populer. Tapi, sebenarnya apa, ya makna dari istilah tersebut? Nah, untuk tahu lebih banyak, simak pembahasan berikut ini.

Istilah tersebut seakan sudah akrab di telinga masyarakat. Tujuan dari mengungkapkan istilah itu adalah untuk saling mengingatkan orang terdekat supaya tetap menjaga diri serta kesehatan.

Khususnya di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Walau tergolong sudah sering didengar, tapi ternyata masih banyak orang yang belum memahami makna dari kalimat berbahasa Inggris ini.

Menurut kamus bahasa Inggris-bahasa Indonesia, Stay Safe mempunyai banyak makna. Di antaranya yakni tetaplah aman, berhati-hati, terlindungi, serta jaga diri.

Sedangkan Healthy memiliki makna kondisi diri yang sehat. Sudah menjadi kewajiban bagi kita, saling mengingatkan orang di sekitar supaya selalu menjaga kesehatan tubuh.

Oleh sebab itulah, istilah kekinian tersebut umumnya digunakan untuk mengingatkan orang agar menjaga kesehatan. Stay safe jadi salah satu kosakata dari bahasa Inggris yang tengah populer.

Penggunaannya kian marak seiring dengan munculnya pandemi Covid-19. Namun, stay safe mempunyai makna yang berbeda.

Hal tersebut tergantung pada konteks percakapannya. Makna dari stay safe “tetap aman” yakni mengingatkan orang untuk senantiasa berada di zona aman.

Sementara makna stay safe “hati-hati” serta “menjaga diri”  dapat digunakan ketika ada orang yang hendak pergi meninggalkan tempat maupun seseorang.

Ungkapan tersebut juga dapat dikategorikan sebagai kalimat yang mengandung doa. Karena, secara tak langsung di dalam frasa itu terdapat sebuah “pengingat” yang mengacu pada “harapan”.

Semoga seseorang senantiasa berada dalam keselamatan serta keadaan yang baik-baik saja.

 

Langkah Stay Safe and Healthy yang Bisa Anda Lakukan

Lantas, langkah stay safe and healthy apa saja yang dapat kita lakukan supaya senantiasa terlindungi. Selain itu juga agar tetap sehat di masa-masa pandemi seperti sekarang ini?

Simak beberapa langkah berikut yang dapat Anda terapkan.

[Baca Juga: Tak Hanya Lezat, Ini Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan]

 

Hal Umum untuk Stay Safe and Healthy

Selalu gunakan masker saat Anda bepergian. Sebaiknya Anda di rumah saja bila merasa badan kurang sehat.

Saat batuk dan bersin, tutup mulut serta hidung menggunakan siku yang terlipat. Bisa juga menggunakan tisu.

Lekaslah meminta bantuan medis apabila Anda merasa demam, batuk, serta mengalami kesulitan bernapas.

[Baca Juga: Sulit Bernapas Saat Pakai Masker Dobel? Ikuti 4 Cara ini]

 

Membawa Hand Sanitizer

Bila Anda bepergian ke luar rumah, pastikan untuk membawa hand sanitizer. Rajin-rajinlah membersihkan tangan, khususnya bila Anda baru saja menyentuh benda-benda yang juga disentuh oleh banyak orang.

Contohnya, handle pintu, tombol lift, dan lain-lain.

 

Jangan Sering Menyentuh Bagian Wajah

Hindari sering-sering menyentuh wajah bila Anda sedang bepergian. Hindari hal ini bila Anda belum memastikan bahwa tangan Anda dalam kondisi steril.

Anda tidak pernah mengetahui apa yang telah Anda pegang. Anda juga tak tahu apakah terdapat virus yang menempel di tangan Anda.

 

Jaga Jarak atau Physical Distancing

Di masa pandemi ini, menjaga jarak diri dengan orang lain sangat penting. Apalagi jika Anda berada di ruang publik yang ada banyak orang.

Pastikan selalu menjaga jarak minimal sejauh 2 meter.

 

Rajin Membersihkan Kedua Tangan

Cuci tangan Anda menggunakan air bersih yang mengalir. Selain itu, gunakan pula sabun atau cairan antiseptik yang berbahan dasar alkohol.

Stay Safe and Healthy, Apa Sih Maksudnya - 02 - Finansialku

Sumber: bisnis-cdn.com – https://bit.ly/3Bgl2kc

 

Jangan Sentuh Ponsel Anda Terlalu Sering

Sejumlah ahli mengatakan bahwa penggunaan ponsel di transportasi publik masih aman. Asalkan tidak ada orang yang batuk di sekitar Anda.

Sebagai upaya pencegahan, disarankan Anda tidak menggunakan ponsel. Anda bisa simpan ponsel di tempat yang tertutup.

Di samping itu, bersihkan bagian layar ponsel menggunakan cairan antibakteri. Cuci tangan memakai sabun serta air. Anda bisa juga memakai hand sanitizer usai menyentuh ponsel.

 

Hindari Orang Lain yang Sedang Batuk Maupun Bersin

Jaga jarak Anda dari orang-orang yang sedang batuk atau bersin ketika berada di transportasi publik. Bila keadaannya padat serta susah menjaga jarak, posisikan badan Anda membelakangi orang tersebut.

 

Usahakan Tidak Makan dan Minum

Langkah stay safe and healthy berikutnya adalah hindari makan serta minum ketika Anda sedang berada di transportasi publik. Hal ini bertujuan untuk mencegah Anda terpapar virus.

 

Hindari Bepergian di Jam Padat

Pilihlah waktu untuk berangkat atau di jam-jam tidak padat. Hal ini bertujuan agar Anda tidak berpapasan dengan banyak orang.

[Baca Juga: Ada Banyak Cara Menjaga Kesehatan! Simpel Dan Tanpa Ribet!]

 

Hindari Menyentuh Secara Langsung Handle Pintu

Ketika Anda membuka pintu baik kendaraan umum, toilet umum, maupun gedung. Cobalah untuk tak menyentuh bagian gagang pintu.

Anda bisa coba mendorong pintu menggunakan siku, bahu, maupun punggung. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari bila terdapat virus yang menempel di permukaan handle.

Virus yang menempel di handle dapat berpindah ke tangan Anda.

 

Penggunaan Istilah Stay Safe and Healthy

Ungkapan stay safe and healthy yang dapat dikategorikan sebagai harapan ini, bisa Anda ucapkan pada orang-orang terdekat. Dengan harapan orang terdekat Anda tersebut senantiasa dalam kondisi selamat dan baik-baik saja.

Jadi, istilah tersebut mempunyai makna untuk tetap aman, terlindungi, maupun berhati-hati. Selain itu juga tetap sehat dan menjaga kesehatan.

Nah, setelah menyimak arti dari istilah tersebut, sekarang saatnya Anda untuk mencoba menggunakan kalimat tersebut dalam percakapan.

Dengan menggunakan istilah tersebut, Anda akan mengingatkan sekaligus mendoakan orang di dekat Anda.

Namun, hal yang tidak kalah penting, pahami apa saja gejala terpapar virus corona. Kemudian lekas memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan bila gejala yang dirasakan menunjukkan ciri-ciri yang mengkhawatirkan.

Memiliki tubuh yang sehat adalah hal yang sangat penting di masa seperti ini. Tapi, selain tubuh yang sehat, keuangan Sobat Finansialku juga harus dalam keadaan sehat.

Sobat Finansialku bisa memulainya dengan membiasakan diri membentuk money habit yang sehat.

Lantas bagaimana cara melakukan hal ini? Sobat Finansialku bisa mempelajarinya secara gratis melalui audiobook Finansalku di bawah ini.banner -Bagaimana Membantuk Money Habit yang Sehat (1)

 

Setelah mengetahui informasi di atas, ayo bersama-sama terapkan istilah ini dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa share artikel ini kepada teman dan saudara Anda ya. Terima kasih.

 

Editor: Maria Christianti

Sumber Referensi:

  • Vania Rossa. 02 Agustus 2021. Stay Safe and Keep Healthy, Ini Artinya dan Contoh Kalimat Penggunaannya. Suara.com – https://bit.ly/3A1pQZC

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/3oqbZcW