Cara menjaga kesehatan: Gak perlu ribet untuk dapat tubuh yang sehat dan bugar! Lakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan melalui rubrik berikut ini!

Selamat membaca dan salam sehat!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pentingnya Menjaga Kesehatan

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat! Agar tetap bugar dan fit dalam menjalankan rutinitas, kita perlu ditunjang oleh tubuh yang sehat.

Oleh sebab itu, sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan agar tetap fresh dan mampu menjalani rutinitas sehari-hari dengan semangat!

Nah, selain kesehatan tubuh, kesehatan keuangan pun perlu dijaga lho! Pertanyaannya, apakah kondisi keuangan kamu sudah sehat atau belum? Kamu bisa cek kesehatan keuangan kamu seperti pada gambar berikut ini:

 

Kalau kamu tertarik untuk mencobanya, silakan pakai di menu “Financial Health Check Up” pada Aplikasi Finansialku yang bisa kamu download di Google Play Store atau kamu bisa klik DI SINI.

 

Pembahasan pada artikel ini, secara khusus akan membahas bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh jasmani kita. So, check this out!

 

Cara Menjaga Kesehatan yang Simpel dan Tanpa Ribet!

Ada banyak saran yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan, yaitu seperti ulasan berikut ini:

 

#1 Olahraga Teratur

Olahraga memang dipercaya dapat membuat tubuh semakin bugar dan fresh.

Tapi, melakukan olahraga ini tentunya harus dilakukan secara teratur jika ingin menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk menghindarkan diri dari penyakit-penyakit yang membahayakan tubuh.

Setidaknya rutinkan olahraga minimal 5 kali seminggu dengan durasi minimal 1 jam dan usahakan untuk berkeringat.

5+ Rekomendasi Olahraga Seru Bagi Para Generasi Milenial 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sehat Ga Harus Mahal! Inilah Olahraga Murah yang Bikin Badan Fresh!]

 

Sibuknya kegiatan pekerjaan jangan sampai menjadi halangan untuk membuat tubuh menjadi bugar. Sempatkan tubuhmu untuk melakukan peregangan ketika jam istirahat atau gunakan tangga dan hindari menggunakan eskalator atau lift.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres, serta mempercepat peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit.

 

#2 Tingkatkan Kemampuan Hidrasi Tubuh

Menurut Filomena Trindade dari Institute for Functional Medicine, minum air sangatlah penting.

Sering kali dengan banyaknya pekerjaan, tubuh tidak terhidrasi dengan baik karena lupa untuk minum air putih.

Pakar kesehatan menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per harinya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Usahakan untuk minum air putih pada pagi hari saat perut kosong setelah bangun tidur untuk membuang racun dalam tubuh.

Selain itu, minum air putih dengan kadar yang cukup dapat meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru.

Tahukah kamu bahwa tidak semua orang dapat menghidrasi air dengan baik?

Menurut Filomena Trindade, Jika kita selalu buang air kecil dalam waktu 30 menit setelah minum, kita mungkin tidak mendapatkan manfaat dari air itu karena air hanya melewati sistem tanpa masuk ke dalam sel.

Untuk meningkatkan kemampuan hidrasi tubuh, Filomena Trindade menyarankan untuk menambahkan beberapa asam amino atau asupan mineral.

Cobalah sejumput magnesium atau garam laut Himalaya, apalagi jika kita adalah orang yang aktif berolahraga, sedang dalam masa penyembuhan, atau menghabiskan sebagian besar waktu di kantor dengan udara yang kering.

 

#3 Makan Dengan Perlahan

Terburu-buru saat sedang makan ternyata bisa membahayakan tubuh juga lho!

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal Academy of Nutrition and Dietic, mengonsumsi makanan secara perlahan sangat berpengaruh besar dalam mengurangi jumlah kalori dalam tubuh.

Makan perlahan dapat mengendalikan berat badan dan mencegah obesitas karena tanpa sadar kita sudah kenyang padahal baru makan dengan porsi yang lebih kecil.

Menelusuri Peluang Usaha Bisnis Makanan Sehat yang Bisa Menguntungkan 03 Sukses - Finansialku

[Baca Juga: Menyusun Daftar Menu Makanan Sehat dan Hemat Untuk Keluarga]

 

#4 Pola Tidur yang Cukup

Dilansir dari Hellosehat, rata-rata durasi tidur yang ideal untuk orang dewasa berkisar antara 7 hingga 9 jam setiap malamnya.

Dengan memiliki tidur yang cukup, kekebalan tubuh akan kuat dan tentunya ini akan menghindarkan kita dari berbagai penyakit.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri.

Sementara, orang yang kurang dari 6 jam setiap malam akan 4 kali lebih mudah mengalami flu karena virus dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih.

Ketika kondisi kita tertidur, akan ada hormon sitokin yang merupakan sejenis protein yang membantu tubuh melawan infeksi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

#5 Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan akan berdampak pada kesehatan pula. Kebersihan lingkungan tentunya akan menghindarkan kita dari berbagai penyakit yang bisa membahayakan tubuh.

Bayangkan jika kondisi tempat tinggal kita kotor dan banyak lalat, sudah tentu penyakit akan berdatangan.

10 Rahasia Membersihkan Rumah dan Rapi Tanpa Ribet 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Tetap Sukses Berbisnis? Jangan Miliki Pola Pikir Entrepreneur yang Salah!]

 

Beberapa cara untuk menjaga kesehatan dengan cara menjaga kebersihan, antara lain:

  • Mandi setiap hari.
  • Cuci tangan sebelum makan atau menyiapkan makanan, dan setelah makan.
  • Cuci tangan sebelum memasukkan lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang membuat Anda bersentuhan dengan mata atau mulut.
  • Cuci tangan selama 20 detik dan gosok di bawah kuku jari.
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin.

 

#6 Konsumsi Makanan Sehat

Ada banyak makanan sehat dan murah yang bisa jadi pilihan untuk menjaga kesehatan tubuh seperti yang disarankan dari laman Alodokter, dimana makanan sehat perlu menjadi asupan setiap hari dengan kandungan protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral.

Sebagai sumber protein, beberapa produk makanan yang dapat dikonsumsi diantaranya daging tanpa lemak, susu, produk olahan susu, telur, aneka jenis ikan laut, dan ikan air tawar.

Untuk memperoleh karbohidrat, konsumsi nasi merah, oat, quinoa, dan roti gandum.

Perbandingan Suplemen atau Makanan Sehat, Lebih Hemat Mana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Menelusuri Peluang Usaha Bisnis Makanan Sehat yang Bisa Menguntungkan]

 

Selain itu, berbagai jenis sayuran juga sangat direkomendasikan untuk menjadi asupan sehat sehari-hari, diantaranya seperti asparagus, brokoli, wortel, kembang kol, kale, mentimun, kubis, lobak, jamur, labu, terong, aneka jenis kacang-kacangan, serta paprika.

Sayuran dan buah-buahan memang dipercaya mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Aneka jenis buah yang juga sangat baik untuk kesehatan, antara lain apel, alpukat, pisang, blueberry, jeruk, strawberry, kiwi, mangga, lemon, nanas, pir dan anggur.

Lakukan diet sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi di atas untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam.

Kita perlu lebih cerdas dalam mengatur keuangan untuk membeli makanan sehat. Biasanya, makanan sehat akan membutuhkan biaya yang lebih besar. Memang kita bisa menyiasati menu-menu makanan sederhana yang tetap sehat.

Jika keuangan kamu masih belum stabil, maka sudah saatnya kamu merencanakan dan mengatur keuangan kamu. Jangan nunggu nanti, tapi sekarang ya.

Sebagai pembaca setia Finansialku.com, kami ingin memberikan apresiasi kepada kamu atas semangat dan daya juang tinggi karena kamu telah tertarik dalam mengetahui informasi tentang keuangan. Inilah persembahan dari kami: Ebook Finansialku yang bisa kamu download secara GRATIS!

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#7 Hindari Rokok dan Alkohol

Ada banyak penyakit yang akan menyerang para perokok dan pecandu minuman beralkohol diantaranya masalah ginjal, hati, hingga kanker dan berbagai penyakit mematikan lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa minum alkohol dapat merusak sel dendritik, yaitu komponen penting dari sistem kekebalan tubuh. Seiring berjalannya waktu, sering minum alkohol dapat meningkatkan seseorang terhadap infeksi bakteri dan virus.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam di Journal Clinical and Vaccine Immunology membandingkan sel dendritik dan respon sistem kekebalan tubuh pada tikus yang diberi alkohol dengan yang tidak diberi alkohol.

Alkohol menekan kekebalan pada tikus sampai tingkat yang berbeda-beda. Dokter mengatakan bahwa penelitian ini membantu menjelaskan mengapa vaksin kurang efektif untuk orang dengan kecanduan alkohol.

Daripada membakar uang Anda untuk barang-barang yang tidak menyehatkan tersebut, kamu bisa menabung untuk mempersiapkan dana liburan atau rekreasi ke tempat-tempat hiburan yang juga dapat membantu menjaga kesehatanmu lho!

Kamu bisa persiapkan dana perjalanan liburanmu dengan Aplikasi Finansialku!

 

#8 Rekreasi dan Liburan

Liburan dan berekreasi setidaknya akan mengurangi dan menekan tingkat stres. Tentunya ini bisa jadi pilihan sehat dan juga menyenangkan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan bukan?

Setidaknya ambil liburan setiap akhir pekan dan gunakan waktu berharga itu untuk membuat tubuhmu kembali refresh dan pikiranmu kembali jernih untuk mengembalikan semangat kerja sehari-hari.

Yuk Tampil Kece! 5 Fashion Item Liburan Pria yang WAJIB Kamu Punya 01 - Finansialku

 [Baca Juga: Tips Mendapatkan Paket Wisata Murah Supaya Liburan Menyenangkan]

 

#9 Sosialisasi Dengan Orang Sekitar

Dilansir dari Hellosehat, penelitian yang diterbitkan dalam American Psychological Association menunjukkan bahwa isolasi sosial dapat meningkatkan stres, yang memperlambat respon kekebalan tubuh dan kemampuan untuk menyembuhkan dengan cepat.

Oleh sebab itu, sangat penting sekali untuk menjalin persahabatan dan membuka diri kepada komunitas untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Miliki komunitas yang positif yang membahas seputar mengatur keuangan untuk masa depan finansial yang lebih baik bersama Komunitas Finansialku.

 

#10 Konsumsi Minuman Probiotik

Minuman probiotik adalah hasil dari makanan yang difermentasikan yang menghasilkan bakteri baik untuk kesehatan tubuh.

Ada banyak manfaat yang didapatkan bagi kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi minuman probiotik seperti yang dikutip dari laman merdeka berikut ini:

 

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Bakteri ini berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga bakteri probiotik juga baik untuk menghilangkan rasa lelah, alergi, dan serangan penyakit lainnya.

  • Mengurangi efek antibiotik

Ada 2 jenis mikroorganisme yaitu antibiotik dan probiotik. Probiotik berfungsi untuk mengurangi bakteri antiobiotik di dalam tubuh sehingga tetap seimbang.

  • Mencegah peradangan

Sebagian besar manfaat dari bakteri probiotik adalah untuk mencegah peradangan terutama peradangan yang terjadi di usus.

  • Mencegah eksim

Probiotik bermanfaat untuk mengobati eksim pada anak-anak dan dapat menenangkan gejala eksim pada orang dewasa.

  • Menyehatkan sistem pencernaan

Probiotik bermanfaat untuk memecah hidrokarbon yang berfungsi untuk mencerna makanan di dalam usus. Proses ini juga bermanfaat untuk memudahkan penyerapan makanan di dalam usus.

  • Meningkatkan kesehatan vagina

Infeksi jamur, kandidiasis, dan vaginitis dapat dicegah dengan probiotik sehingga probiotik mampu meningkatkan kesehatan vagina secara keseluruhan.

  • Meredakan masalah pencernaan

Probiotik mampu mengobati gangguan pencernaan seperti diare, iritasi usus, dan sembelit.

  • Mengurangi intoleransi laktosa

Probiotik terdiri dari asam laktat yang membantu dalam mengonversi laktosa menjadi asam laktat sehingga dapat menghindarkan orang dari alergi produk olahan susu yang mengandung laktosa.

  • Membersihkan saluran usus

Probiotik bermanfaat untuk membersihkan usus dari kotoran yang mengendap. Ketika kotoran ini mengendap di usus, maka asam bermanfaat untuk membersihkan bakteri yang menyebabkan penyakit.

 

Banyak Cara Menjaga Kesehatan 02 Minuman Prebiotik - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan Diet Makanan Sehat Agar Biaya Kesehatan Bisa Diminimalisasi]

 

#11 Membaca Buku

Seorang profesor epidemiologi di Yale School of Public Health bernama Becca Levy mengungkapkan bahwa saat membaca buku, kita memiliki lebih banyak keterlibatan kognitif dan efek tersebut akan terus mengalir, menghilangkan stres, mengurangi jumlah hormon stres kortisol yang berdampak pada turunnya tekanan darah.

Menurutnya, membaca buku fiksi atau non fiksi yang dicetak dan lewat internet akan membuat otak lebih rileks dan efektif.

Selain bisa jaga kesehatan, membaca buku bisa menambah wawasan dan ide brilian untuk semakin sukses, seperti kumpulan Ebook Gratis berikut yang bisa kamu unduh dari Perpustakaan Finansialku:

 

#12 Berjemur Sinar Matahari Pagi

Berdasarkan penelitian Michael Holick, direktur Pusat Penelitian Helioterapi, Cahaya, dan Kulit dari Boston University Medical Center, berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat meningkatkan kekuatan tulang, menekan tekanan darah dan membuat tidur lebih nenyak.

Tapi tentunya tanpa baluran dari tabir surya.

Menurutnya, ada proses biologis menguntungkan yang terjadi dengan sinar matahari yang tidak akan kita dapatkan hanya dengan mengonsumsi suplemen vitamin D saja.

Usahakan untuk mendapatkan paparan sinar matahari pagi pada bagian bahu, lengan dan kaki seperti saran Michael Holick dari laman Kompas.com.

Usahakan untuk menghindari paparan sinar matahari pada bagian wajah dan punggung karena menurutnya akan meningkatkan risiko kanker, kerutan dan penyakit kulit lainnya.

 

Jadi, kamu sudah tahu bagaimana cara menjaga kesehatan kan?

Masih ada banyak cara menjaga kesehatan yang dapat dilakukan setiap hari. Tuliskan berbagai cara menjaga kesehatan yang sudah pernah kamu lakukan.

Kamu bisa membagikan artikel di atas kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Faiz Firdausy. 6 Cara Menjaga Kebugaran Tubuh Ditengah Padatnya Aktivitas. Shopback.co.id – https://bit.ly/2lgme4L
  • Wisnubrata. 7 September 2019. Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Menyenangkan. Lifestyle.kompas.com – https://bit.ly/2OUw6OL
  • Dokter Sehat. 12 Kunci Sukses Menjaga Kesehatan Tubuh. Doktersehat.com – https://bit.ly/31m1nN4
  • Niken Widya Yunita. 21 Juni 2019. 11 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dari Penyakit, Kamu Wajib Tahu! Detik.com – https://bit.ly/31hZQYx
  • Ariska Puspita Anggraini. 5 Januari 2018. 9 Cara Sederhana untuk Menjaga Kesehatan. Kompas.com – https://bit.ly/35DpBGc
  • Sunlight. Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Musim Pancaroba. Sunlight.co.id – https://bit.ly/33DHDq2
  • Alodokter. Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit. Alodokter.com – https://bit.ly/31iMhIb
  • Tania Savitri. 4 Prinsip Hidup yang Harus Dijalani Jika Anda Ingin Punya Umur Panjang. Hellosehat.com – https://bit.ly/35Fc3tK
  • Damar Upahita. Psst! Ini 10 Siasat Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal dari Serangan Penyakit. Hellosehat.com – https://bit.ly/2InTz7T
  • Febrianti Diah Kusumaningrum. 16 Januari 2014. Manfaat Bakteri Probiotik untuk Kesehatan Tubuh. Merdeka.com – https://bit.ly/35DQDx3

 

Sumber Gambar:

  • Cara Menjaga Kesehatan – https://bit.ly/34mSftL
  • Minuman Pribiotik – https://bit.ly/2piNVwN