Jika hari ini Anda berada dalam lingkaran utang pinjaman online, ikuti resolusi keuangan tahun tikus logam; cara bebas utang pinjol ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Karakteristik Tikus Logam di Tahun 2020

Kalender China menandai tahun 2020 sebagai tahun Tikus Logam. Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, elemen ini dianggap akan berpengaruh pada kehidupan seseorang berdasarkan shio-nya.

Melansir antaranews.com, salah satu Master Fengshui Indonesia, Yohan Suyangga menilai bahwa Tikus Logam memiliki karakteristik unik, menyimpan banyak misteri dan tidak bisa ditebak pergerakannya.

Tips Keuangan Saat Imlek 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ramalan Shio 2020: Hati-Hati, Ada Pengeluaran Tak Terduga!]

 

Tikus dikenal sebagai binatang pencuri dan penipu, maka dari itu masyarakat dihimbau untuk lebih waspada terutama dalam bidang bisnis.

Tak heran jika di tahun ini diprediksi akan muncul berbagai kasus penipuan, termasuk investasi bodong dan permasalahan keuangan lainnya.

 

Wujudkan Resolusi Bebas Utang Pinjol di Tahun Tikus Logam

Seperti dijelaskan sebelumnya oleh salah satu Master Fengshui Indonesia, bahwa di tahun Tikus Logam akan muncul banyak permasalahan tak terduga termasuk dalam hal keuangan.

Jika memperhatikan peruntungan keuangan berdasarkan masing-masing shio, agaknya di tahun 2020 ini penyandang Shio Tikus diramalkan memiliki nasib kurang baik karena diprediksi akan ada pengeluaran di luar dugaan.

Karena itulah, sangat disarankan agar mempunyai dana darurat sebagai antisipasi adanya pengeluaran tak terduga.

Jika kamu masih kesulitan mempersiapkan dana darurat, manfaatkan Aplikasi Finansialku yang bisa membantu mencapai tujuan finansial salah satunya mempersiapkan dana darurat dalam waktu dekat.

Download aplikasi Finansialku di Google Play Store sekarang juga, gratis!

Menyambung soal permasalahan keuangan, selain mempersiapkan dana darurat, dibutuhkan kebijaksanaan Anda untuk membayar lunas semua tagihan dan utang yang dimiliki.

Terutama jika Anda berutang pada pinjaman online alias pinjol.

Sepertinya melunasi utang pinjol harus menjadi resolusi yang diwujudkan di tahun ini. Supaya di tahun-tahun berikutnya, Anda jauh lebih tenang karena terbebas utang pinjol.

Supaya resolusi ini terwujud, Anda bisa mengaplikasikan beberapa cara yang akan dibagikan berikut ini. Check it out!

 

#1 Stop Lakukan Pinjaman Online dan Buat Daftar Utang

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah berhenti melakukan pinjaman online, berapa pun nominalnya dan apapun alasannya.

Hal ini bukanlah solusi, melainkan trigger munculnya masalah baru apalagi jika dilakukan untuk gali lubang tutup lubang.

Resolusi Keuangan Tahun Tikus Logam_ Cara Bebas Utang Pinjol 02

[Baca Juga: Krisis Finansial, Kaum Milenial Banyak Melakukan Pinjaman Online]

 

Jika terlanjur, maka tugas Anda buatlah daftar utang dari pinjaman-pinjaman online yang pernah dilakukan, sehingga Anda punya gambaran biaya yang harus disiapkan untuk melunasinya.

 

#2 Utamakan Membayar Utang

Prioritaskan membayar utang ketika Anda mempunyai uang. Kebanyakan di masyarakat, ketika gajian mereka cenderung membelanjakan untuk kebutuhan lain sehingga utang tetap ada bahkan bunganya semakin bertambah.

 

#3 Menambah Penghasilan

Jika gaji yang diterima tidak mampu melunasi utang dan menutupi kebutuhan sehari-hari, maka Anda harus mencari sumber pemasukan lainnya dengan mencari pekerjaan sampingan.

Walaupun hasilnya mungkin tidak sebesar pendapatan utama Anda, tapi mengumpulkan pendapatan dari kerja sampingan, sedikit-sedikit Anda bisa menutupi utang-utang tersebut.

 

#4 Manfaatkan Pinjaman Berbunga Lunak

Melansir dari laman kontan.co.id, untuk terbebas dari utang pinjol Anda bisa manfaatkan pinjaman berbunga lunak seperti yang difasilitasi Bank atau koperasi.

Sebelumnya, bandingkan besaran bunga beberapa bank atau koperasi untuk mendapatkan bunga terendah. Kemudian, pilih tenor pembayaran lebih dari satu tahun.

 

#5 Carilah Pinjaman Tanpa Bunga

Memanfaatkan pinjaman tanpa bunga untuk melunasi utang online bisa jadi alternatif untuk terbebas utang pinjol yang bunganya selalu bertambah setiap hari.

Mendapatkan pinjaman ini, biasanya difasilitasi di tempat Anda bekerja. Umumnya, manajemen kantor memberikan fasilitas pinjaman tanpa bunga untuk setiap karyawan.

 

#6 Bergaya Hidup Hemat

Melunasi utang pinjaman online adalah tujuan dari semua langkah ini, supaya terealisasikan maka hiduplah dengan hemat.

Cara terbaik untuk bisa hidup hemat yaitu merencanakan keuangan Anda dengan memiliki pos-pos untuk keperluan utama Anda.

Untuk itu, Anda perlu membaca e-book Finansialku berikut ini supaya bisa merencanakan keuangan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Dengan memiliki rencana keuangan, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Terbebas Jeratan Pinjol di Tahun Tikus Logam

Meskipun tahun Tikus Logam diprediksi membawa banyak hal-hal tak terduga, tapi jika Anda punya perencanaan yang matang, tidak menutup kemungkinan Anda mampu mewujudkan resolusi termasuk bebas dari pinjol. Selamat mencoba…

 

Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda. Jika teman Anda sedang berada dalam kondisi ini, tidak ada salahnya untuk share artikel ini supaya bisa memberi mereka pencerahan untuk melunasi utang.

 

Sumber Referensi:

  • Maria Cicilia. 10 Januari 2020. Mengenal karakteristik Tikus Logam di tahun 2020. Antaranews.com- http://bit.ly/30DKMpv
  • Tri Sulistiowati. 19 Mei 2019. Terlilit utang online, kita bisa melunasi lewat tiga cara berikut. Kontan.co.id- http://bit.ly/369mBQV

 

Sumber Gambar:

  • Keuangan Tahun Tikus Logam 01 – http://bit.ly/30QC7ju
  • Keuangan Tahun Tikus Logam 02 – http://bit.ly/2tFAoBD