Berapa Besar Peluang Keuntungan Investasi Hotel Kapsul?

Hotel kapsul muncul sebagai jawaban dari gaya hidup para milenial dalam kebutuhan berwisata khususnya soal akomodasi. Praktis dan terjangkau adalah daya tarik yang dijual oleh hotel kapsul.

Kedua hal tersebut merupakan dua hal yang selalu menjadi pertimbangan bagi para milenial dalam mencari akomodasi. Lalu sebagai pemilik modal, seberapa besar peluang kesuksesan berinvestasi melalui hotel kapsul ini?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Hotel Kapsul Memendam Potensi Besar dalam Komoditas Akomodasi

Dalam melakukan traveling, biaya yang besar biasanya selalu datang dari sektor transportasi dan akomodasi. Oleh sebab itu, para traveler khususnya milenial, akan benar-benar mencari cara agar bisa menekan budget pada sektor tersebut.

Pada sektor transportasi, tiket promo biasanya selalu menjadi kunci. Namun bagaimana dengan akomodasi yang cukup jarang memiliki harga promo dan seringkali memiliki harga yang sudah tetap?

Tidak ada pilihan lain selain mencari penginapan dengan harga miring. Namun seringkali penginapan dengan harga miring hadir dengan berbagai fasilitas seadanya atau selalu penuh.

Oleh karena itu, munculnya hotel kapsul bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini sudah terbukti di berbagai negara lain. Hotel kapsul menjadi tempat menginap favorit bagi para traveler milenial.

Hotel kapsul hadir dengan menawarkan kenyamanan, kecanggihan teknologi, kepraktisan dan harga yang relatif lebih murah. Sebuah indikator yang tentunya dicari oleh para milenial.

Indonesia sebagai negara dengan berbagai tempat wisata menarik sayangnya belum banyak memiliki hotel kapsul. Namun, bagi para investor hal ini justru menjadi berkah.

Berapa Besar Peluang Keuntungan Investasi Hotel Kapsul 02 - Finansialku

[Baca Juga: Liburan Budget Terbatas? Cobain Hotel Kapsul Yuk]

 

Hotel kapsul berarti memiliki ruang untuk berkembang sebagai pilihan investasi yang menjanjikan. Hal ini memang benar adanya, salah satu hotel kapsul yaitu Bobobox telah memulai bisnisnya bahkan menawarkan keuntungan untuk para mitra yang hendak bekerja sama.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Seluk Beluk Sebelum Memulai Hotel Kapsul

Bobobox sebagai salah satu pemain dalam bisnis hotel kapsul memberikan kesempatan kerja sama untuk para mitra. Hal ini tidak terlepas dari besarnya antusiasme masyarakat terhadap hotel kapsul pertama mereka.

Seperti dikutip dari harian Kontan, Hafidz Syahrial selaku Partnership Executive Bobobox mengatakan:

“Hotel kapsul pertama kami baru berjalan sekitar lima bulan lalu. Karena antusiasme sedang bagus, kami buka tawaran kemitraan.”

 

Lebih lanjut, Hafidz menerangkan bahwa calon mitra harus menyiapkan modal sebesar Rp1,5 hingga Rp5 miliar. Dengan modal Rp1,5 miliar, nantinya mitra akan mendapatkan 16-20 kamar hotel kapsul.

“Investasi tersebut sudah komplit, termasuk renovasi, desain interior, dan semua perlengkapan usaha. Mitra cuman perlu menyediakan tempat saja.”

 

Jika para investor tertarik menjadi mitra, pihak Bobobox meminta para mitra untuk menyediakan tempat minimal seluas 22m2. Untuk bangunannya bisa menggunakan rumah satu lantai atau ruko toga lantai.

Sementara untuk tarif menginap Bobobox mematok harga Rp150.000 per box untuk weekday. Sementara pada weekend, harganya akan naik menjadi Rp220.000.

Bila pemesanan dilakukan menggunakan travel agent, maka harganya akan berubah menjadi Rp178.000 per box pada weekday. Sedangkan pada weekend harganya bisa berubah menjadi Rp228.000.

Berapa Besar Peluang Keuntungan Investasi Hotel Kapsul 03 - Finansialku

[Baca Juga: Tengok Analisis Bisnis Penginapan Homestay yang Menguntungkan]

 

Hafidz menjelaskan bahwa dalam lima bulan terakhir, 62 kapsul hotel milik Bobobox di Bandung memiliki tingkat okupansi mencapai 85-90%. Melalui angka tersebut, mitra bisa memperkirakan omzet yang didapat melalui hotel kapsul.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa mitra bisa memperoleh laba bersih berkisar di 30-40%. Namun angka tersebut merupakan perhitungan dari 16 kamar. Selain itu, pihak Bobobox mengenakan biaya manajemen sebesar 5% tiap bulan.

Hafidz mengatakan bahwa untuk balik modal pihak mitra memerlukan waktu antara 38 hingga 40 bulan.

Djoko Kurniawan selaku pengamat waralaba menyatakan bisnis hotel kapsul merupakan bisnis yang menarik dan unik. Menurutnya, prospeknya juga cukup besar karena menyasar milenial dan backpacker secara khusus.

Hanya saja Djoko menghimbau mitra untuk tidak mudah tergiur dengan iming-iming balik modal yang cepat. Ia berharap para mitra betul-betul memperhitungkan bisnis tersebut.

“Bisnis hotel ini investasi jangka panjang. Apalagi kalau biaya menginapnya terjangkau, low rate. Menurut saya tidak masuk akal jika target balik modal sekitar 3,5 tahun. Kalau menurut hitungan kasar saya, setidaknya 50 bulan.”

 

Apakah Anda merasa terbantu dengan adanya artikel ini? Jangan ragu untuk membagikan pada teman Anda. Agar semua orang bisa mendapatkan manfaat dan merasakan keuntungannya.

 

Sumber Referensi:

  • Elisabet A, RR Putri W. Pelajari Sebelum Telan Peluang Hotel Kapsul. Harian Kontan.

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Hotel Kapsul – https://goo.gl/hjZp4v
  • Keuntungan Investasi Hotel Kapsul – https://goo.gl/GM6M7F
  • Hotel Kapsul – https://goo.gl/PWVGga
Summary
Berapa Besar Peluang Keuntungan Investasi Hotel Kapsul?
Article Name
Berapa Besar Peluang Keuntungan Investasi Hotel Kapsul?
Description
Hotel kapsul muncul sebagai jawaban dari gaya hidup para milenial dalam kebutuhan berwisata khususnya soal akomodasi.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Hikma Dirgantara
Hikma Dirgantara adalah seorang mahasiswa yang tengah menempuh studi S1 di Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Mempunyai ketertarikan pada bidang entrepreneurship, olah raga dan sosial budaya

Leave A Comment