Bagi Anda yang ingin memulai investasi emas, yuk cari tahu 5+ keuntungan yang pasti Anda dapatkan dalam berinvestasi emas!

Tentunya penting mengetahui faktor keuntungan yang bisa didapat dari berinvestasi emas. Penasaran? Simak ulasannya di sini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Mengapa Investasi Emas?

Investasi emas, kedengarannya memang menyeramkan namun nyatanya cukup sederhana. Beli sesuai anggaran saat harganya rendah, dan jual pada saat harganya naik. Sesederhana itu. Sayangnya masih ada saja yang merugi dalam berinvestasi emas.

Hal ini mungkin membuat Anda bertanya-tanya, “Mengapa banyak orang yang mempertimbangkan emas atau logam mulia sebagai salah satu instrumen investasi?”

Tentunya ada alasan mengapa banyak orang yang memilih emas sebagai instrumen investasinya. Apakah Anda juga penasaran dengan alasan tersebut?

 

Simak 5+ Keuntungan Dalam Investasi Emas 

Untuk Anda yang masih ragu memulai investasi pada instrumen ini maka perlu untuk Anda simak, keuntungan-keuntungan dalam berinvestasi emas berikut ini:

 

#1 Kualitasnya selalu Tetap

Investasi emas, dikenal merupakan investasi yang tidak mengenal pergeseran kualitas. Tidak seperti investasi di sektor keuangan, yang pergerakannya cukup dinamis dan drastis.

Sederhananya, kualitas emas tetap sama seiring waktu, di mana emas tidak mudah berubah bentuk dan isi. Ditambah lagi, emas juga merupakan salah satu instrument yang tidak mudah tergerus inflasi.

 

#2 Likuiditas Tinggi

Emas merupakan salah satu instrumen investasi paling likuid. Artinya adalah emas sangat mudah dicairkan atau diuangkan, bahkan melebihi properti, saham, reksadana, dan investasi berbasis kertas lainnya.

Sebagai contoh, saat Anda ingin mencairkan emas, Anda tinggal berangkat ke toko emas, pegadaian, atau bank. Dana yang Anda butuhkan dapat cair saat itu juga.

 

#3 Harga Emas Tidak Dapat Diganggu Gugat

Berbeda dengan uang tunai yang bisa berubah nilainya akibat redenominasi, harga emas tidak dapat diganggu gugat. Harga emas sepenuhnya bergantung pada nilai pasar yang adil dan tidak dapat diintervensi oleh siapapun.

 

#4 Menganut Prinsip Kelangkaan

Memang betul ada kemungkinan penurunan harga emas, namanya investasi selalu ada risiko dan ada fluktuasi harga. Namun dalam jangka panjang emas dinilai lebih aman karena layaknya properti, emas juga semakin langka.

Definisi, Syarat, Cara Kerja Tabungan Emas Pegadaian yang Perlu Dipahami 00 - Finansialku

[Baca Juga: Harga Emas Hari Ini 15 Juni 2020 adalah Rp 902.000 per gram]

 

Kelangkaan ini akan menyebabkan harga emas akan terus naik. Sesuai logika, di mana dengan demand yang tetap dan supply-nya semakin menurun, harga sebuah benda akan semakin naik.

 

#5 Kuasa Penuh

Bila Anda membeli emas, maka Anda memperoleh kepemilikan mandiri, dimana emas batangan tersebut adalah milik Anda sepenuhnya. Dengan kata lain, Anda memiliki kuasa penuh atas emas tersebut.

Emas juga berbentuk fisik, yang dinilai sebagai salah satu kelebihan dari sebuah investasi. Artinya, investasi Anda dapat dilihat dan dimiliki secara fisik sehingga kepemilikannya jelas.

 

#6 Setara dengan Uang Tunai

Karena sifatnya yang likuid, emas sering disetarakan dengan uang tunai dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Misalnya saja emas bisa Anda manfaatkan sebagai dana darurat, karena mudah dicairkan kapan saja.

Namun Anda menikmati keuntungan dibandingkan menyimpan uang tunai, di mana emas ini tidak mudah tergerus inflasi dan nilainya cenderung naik dari waktu ke waktu.

 

#7 Tidak Mudah Rusak

Emas tidak mudah rusak dan mudah disimpan. Misalkan dalam kasus banjir atau kebakaran, emas lebih aman daripada uang tunai atau surat kepemilikan saham dan deposito.

Gaji 2 Juta Nabung Emas BISA Banget! Pahami Jurus Ampuhnya! 02

[Baca Juga: Weekly Update 8-12 Juni 2020 IHSG, Emas, Reksa Dana, Saham, Kurs]

 

Emas berbentuk fisik yang tahan panas (jika bukan suhu ekstrim yang sanggup melelehkan emas), tahan air, dan tahan karat. Jadi, bisa dibilang emas cocok untuk investasi jangka panjang yang tentu mudah dalam penyimpanan dan pemeliharaan.

 

Menghitung Keuntungan Investasi Emas Dengan Aplikasi Finansialku

Bagi Anda yang tertarik berinvestasi emas setelah melihat 5+ keuntungan pastinya di atas, yuk manfaatkan aplikasi Finansialku untuk menghitung keuntungan investasi Anda. Finansialku siap membantu Anda menghitung keuntungannya secara praktis dengan aplikasi Finansialku.

Bagi Anda pengguna baru, download aplikasi Finansialku sekarang juga di Google PlayStore dan AppStore atau Anda bisa langsung meng-klik tautan berikut:

playstore icon
appstore icon

 

Nah kini mari melihat panduan menghitung keuntungan investasi emas dengan aplikasi Finansialku. Asumsikan contoh kasusnya sebagai berikut:

Pada tanggal 1 April 2017, Anda membeli Emas LM 10 gram dengan harga Rp 456.000 per gram. Lalu pada tanggal 1 Juli 2017, Anda kembali membeli Emas LM 5 gram dengan harga Rp 442.000 per gram.

Apabila pada hari ini, harga emas LM 1 gram adalah Rp 465.000 (jual) dan Rp 436.000 (beli), apakah Anda memperoleh keuntungan atau kerugian?


Panduannya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi Finansialku
  2. Pilih menu investasi, lalu masuk ke menu investasi emas.
  3. Anda tinggal memasukkan data pada saat Anda membeli emas tersebut. Menurut contoh: Anda hanya perlu memasukkan 10 gram yang kita beli pada tanggal 1 April 2017 dengan harga Rp 456.000 per gram, lalu Anda masukkan harga jika Anda menjualnya hari ini yaitu Rp 436.000 (pedagang membeli emas kita).
  4. Kemudian klik “Hitung” dan Anda akan memperoleh hasil kerugian atau keuntungan dalam bentuk persentase (%).

 

Contoh hasilnya adalah sebagai berikut:

Cara Menghitung Keuntungan Investasi Emas Dengan Aplikasi Finansialku 04 - Finansialku

Jika Anda menjual emas 10 gram tersebut, maka Anda akan mengalami kerugian Rp 200.000 atau kerugian 4,39%.

 

Agar semakin sukses berinvestasi emas, yuk simak video di bawah ini!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan seputar isi artikel atau pun pertanyaan lainnya mengenai instrumen investasi? Tinggalkan pertanyaan dan komentar Anda pada kolom yang sudah disediakan.

Perencana keuangan profesional dari Finansialku akan menjawabnya untuk Anda. Jangan lupa juga untuk berbagi artikel ini kepada rekan-rekan Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Adhika Dirgantara. 12 Mei 2011. 5 Alasan Yang Layak Anda Pertimbangkan Untuk Memulai Investasi Emas. Odnv.co.id – https://bit.ly/37tutic
  • Adhika Dirgantara. 29 Juni 2011. Bagaimana Menyiasati Selisih Harga Jual-Beli Ketika Menjual Kembali Emas?. Odnv.co.id – https://bit.ly/2C8dyq0
  • Adhika Dirgantara. 19 September 2011. 3 Cara Mereguk Keuntungan Dari Investasi Emas Batangan. Odnv.co.id – https://bit.ly/2CbfHBr