Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un sebut negaranya berhasil menghalau virus corona dan hingga saat ini belum ada satu kasus pun terjadi.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Kim Jong Un Berhasil Cegah Covid-19

Dalam upaya menangani pandemi Covid-19 ada negara yang kurang cepat tanggap ada juga negara yang berhasil menghalau dengan catatan nol kasus virus corona di wilayahnya. Nah, yang terakhir itu adalah Korea Utara.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un memuji ketahanan negaranya dalam menghalau virus corona. Jong Un sebut ini adalah keberhasilan besar.

Sejauh ini, Otoritas Korut tidak pernah mengonfirmasi adanya kasus Corona di wilayahnya.

Seperti dilansir dari Detik dari AFP, Jumat (03/07), pujian itu disampaikan Kim Jong Un dalam rapat politburo Partai Buruh Korea pada Kamis (02/07) yang membahas dampak virus corona, sekitar enam bulan setelah Korut menutup perbatasan dan mengisolasi ribuan orang.

Laporan kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency, menyebut bahwa pujian itu disampaikan Kim Jong Un usai mengkaji upaya-upaya pencegahan virus corona.

“(Kim Jong Un) Mengatakan bahwa kita telah secara menyeluruh mencegah serangan virus ganas,” demikian seperti dilaporkan KCNA.

Wow! Kim Jong Un Klaim Korea Utara Catat Nol Kasus Covid-19 02

[Baca Juga: 77 Kasus Baru dalam Sehari, Melbourne Lockdown Lagi!]

 

Menurut KCNA, Kim Jong Un juga menyatakan bahwa Korut mampu ‘mempertahankan situasi anti-epidemi dengan stabil meski di tengah krisis kesehatan dunia’.

KCNA menyatakan bahwa pemimpin Korut ini memuji ‘keberhasilan bersinar yang diraih oleh kepemimpinan Komisi Pusat Partai yang berpandangan jauh ke depan dan tingginya semangat sukarela yang ditunjukkan semua orang yang bergerak mematuhi perintah Komisi Pusat Partai’.

Namun, lanjut KCNA, Jong Un juga menekankan perlunya ‘menjaga kewaspadaan maksimum’ khususnya menyoroti wabah baru di ‘negara-negara tetangga’.

“Dia berulang kali memperingatkan bahwa pelonggaran langkah anti-epidemi yang tergesa-gesa akan menghasilkan krisis yang tidak bisa dibayangkan dan tidak bisa diperbaiki,” sebut KCNA dalam laporannya merujuk pada Kim Jong Un.

 

Sejauh Mana Kebenaran Nol Kasus Covid-19 di Korut?

Korut belum mengonfirmasi satu pun kasus corona di wilayahnya, saat negara-negara di dunia terus berjuang menghadapi penyebaran virus mematikan ini.

Berdasarkan berita yang tersebar, Kementerian Kesehatan publik Korut baru melaporkan bahwa sebanyak 922 orang yang diperiksa sejauh ini dinyatakan hasilnya negatif.

Ratusan orang, kebanyakan pekerja yang mengangkut barang di pelabuhan dan perbatasan darat, secara teratur dikarantina untuk dipantau oleh pihak terkait.

Meski begitu, negara tertutup ini telah menerapkan langkah-langkah tegas, termasuk menutup perbatasan dan sekolah, serta menempatkan ribuan orang dalam isolasi.

Para pakar menilai Korut tidak mungkin terhindar dari virus corona. Sistem kesehatan yang buruk di negara itu disinyalir berjuang keras menghadapi wabah besar.

Bulan lalu seorang pakar hak-hak PBB memperingatkan kerawanan pangan semakin dalam sebagai hasil dari upaya Korea Utara untuk menangkal wabah, terutama menutup perbatasan.

Sebelum krisis virus korona, lebih dari 40 persen orang di Korea Utara sudah dianggap rawan pangan, dengan banyak yang menderita kekurangan gizi.

Pandemi Covid-19 sejauh ini sudah menjangkit 213 negara dan teritorial, dengan 10.984.735 kasus terjangkit, 524.036 kasus kematian, dan 6.140.649 kasus pasien berhasil sembuh, data Worldometers.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan yang Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel di atas lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Thea Fathanah Arbar. 03 Juli 2020. Kim Jong Un Klaim Korea Utara Bebas dari Covid-19. Cnbcindonsia.com – https://bit.ly/2D5KQqh
  • Dwina Agustin. 03 Juli 2020. Kim Jong-un Klaim Sukses Cegah Penyebaran Covid-19. Republika.co.id – https://bit.ly/2NRiUbM
  • Fajar Nugraha. 03 Juli 2020. Kim Jong-un Puji Keberhasilan Besar Korut Atasi Covid-19. Medcom.id – https://bit.ly/2NQxEaP
  • Novi Christiastuti. 03 Juli 2020. Kim Jong-Un Puji Keberhasilan Negaranya Melawan Virus Corona. Detik.com – https://bit.ly/2D6f1xx

 

Sumber Gambar:

  • Kim JongUn 01 – https://bit.ly/31KqpJF
  • Kim JongUn 02 – https://bit.ly/3eX6VoN