Bagaimana cara sukses yang dilakukan oleh Alexa Von Tobel pendiri LearnVest.com? Womanpreneur yang satu ini sukses membangun bisnisnya dalam bidang perencanaan keuangan. Apa saja yang dilakukan oleh Alexa Von Tobel untuk membuat sukses bisnisnya?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Kisah Sukses Alexa von Tobel

Alexa von Tobel dilahirkan pada tanggal 23 February 1984. Beliau adalah pendiri dan CEO LearnVest.com, website perencana keuangan di Amerika. Berita terakhir mengabarkan bahwa perusahaannya telah dibeli dengan harga mencapai 250juta US$ (mencapai Rp 2,5T). Alexa Von Tobel juga pernah menulis buku berjudul Financially Fearless  dan menjadi New York Times bestseller. Banyak hal hebat yang dapat kita pelajari dari kesuksesan Beliau. Yuk kita bahas perjalanan karirnya hingga mencapai kesuksesan.

kisah-sukses-alexa-von-tobel-pendiri-learnvest-com-2-finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Aaron Patzer pendiri Mint.com]

 

Alexa Von Tobel berasal dari Florida Amerika, dan menamatkan pendidikannya di jurusan psikologi Harvard. Setelah selesai kuliah, Alexa Von Tobel bekerja sebagai trader di Morgan Stanley. Kemudian Beliau melanjutkan karirnya menjadi head Business Development Drop.io.

Alexa Von Tobel melahirkan ide Learnvest.com pada tahun 2006 saat dirinya bekerja di Morgan Stanley. Alexa Von Tobel menyadari bahwa dirinya dan kebanyakan perempuan tidak memiliki edukasi formal mengenai cara mengelola keuangan dan perencanaan keuangan dengan baik.

Singkat cerita pada April 2009, Alexa Von Tobel mendapatkan pendanaan sindikasi seri A sebesar US$ 4,5 juta, yang dipimpin oleh Accel Partners. Setelah itu Learnvest.com mendapatkan beberapa kali pendanaan mencapai US$ 72 juta  dari beberapa investor, seperti Accel Partners, American Express Ventures dan Northwestern Mutual Capital.

Learnvest.com adalah website yang melayani perencanaan keuangan, dengan didukung ratusan perencana keuangan yang tersertifikasi. Learnvest juga memiliki sebuah aplikasi, yang dapat digunakan untuk membantu mengelola dan merencanakan keuangan. Setiap orang yang ingini memiliki rencana keuangan, dapat berlangganan setiap tahunnya dengan harga yang terjangkau.

Pada Maret 2015, Northwestern Mutual Life Insurance Co., perusahaan asuransi di Milwaukee Amerika, mengumumkan akan membeli LearnVest. Kabarnya setelah proses pembelian tersebut, LearnVest akan tetap bergerak sebagai bisnis yang terpisah dan tetap dikepalai oleh Alexa von Tobel.

 

Angka Ajaib Alexa Von Tobel 50 / 30 / 20

Sebagai perencana keuangan, Alexa Von Tobel memiliki aturan 50 / 30 / 20 sebagai panduan dalam mengelola keuangan. Apa makna angka-angka tersebut?

  1. 50% penghasilan digunakan untuk memenuhi kebutuhan utama rumah tangga, seperti cicilan KPR, biaya utilitas, belanja dapur dan lain sebagainya.
  2. 30% untuk lifestyle dan gaya hidup, pergi ke restaurant, berbelanja, nonton, perawatan tubuh dan lain sebagainya.
  3. 20% untuk kebuthan keuangan, seperti investasi, dana darurat dan lain sebagainya.

Rencana Keuangan, Roadmap Keuangan Masa Depanku Quote - Perencana Keuangan Independen Finansialku - Web

[Baca Juga: Rencana Keuangan, Roadmap Keuangan Masa Depanku]

 

Pelajaran Bisnis dari Alexa Von Tobel

Kisah sukses Alexa Von Tobel, bukanlah pekerjaan yang dapat diselesaikan dalam waktu semalam. Ada banyak hal yang perlu dilakukan dan banyak proses pembelajaran di dalamnya. Melansir dari sumber Business Insider, berikut ini pembelajaran penting dari Alexa Von Tobel:

 

#1 Fokus dan Disiplin

Alexa von Tobel menekankan bahwa, sebagai entrepreneur dirinya selalu fokus dan disiplin dalam pencapaian-pencapaian kecil yang menurutnya prioritas utama. Dalam bisnis kita selalu memiliki rencana jangka panjang 5 tahunan, rencana tahunan bahkan rencana setiap kuartal. Alexa Von Tobel mengajarkan agar para entrepreneur fokus pada rencana kuartal tersebut, dan berjuang mati-matian untuk mencapai KPI (key performance indicator) tersebut.

kisah-sukses-alexa-von-tobel-pendiri-learnvest-com-3-finansialku

[Baca Juga: 7 Cara Menghadapi Kegagalan Ala Bos Starbuck, Howard Schultz]

 

#2 Membuat Keputusan Hebat Setiap Harinya

Alexa Von Tobel mengatakan setiap hari adalah pilihan dan selalu membuat keputusan. Jangan pernah membuat keputusan yang sekedar bagus, karena keputusan yang bagus saja tidak cukup membuat bisnis menjadi sukses. Sedangkan keputusan yang luar biasa bagus dan sempurna, membutuhkan waktu yang lama dan pertimbangan yang mendalam. Beliau menyarankan agar kita membuat keputusan yang hebat setiap harinya. Dalam proses tersebut tentunya tidak setiap orang bisa senang dengan keputusan kita.

 

#3 Berpikir Besar dan Dalami

Pelajaran ketiga yang dari Alexa von Tobel adalah kita harus senantiasa berpikir besar dan melakukan eksekusi kecil. Menurutnya jika seorang entrepreneur takut berpikir besar, karena keterbasan (modal, tenaga, waktu dan sumber daya lainnya), maka entrepreneur tersebut akan kehilangan kesempatan dan bisa jadi tidak melihat kesempatan yang ada di depan mata.

apakah-papa-perlu-beli-asuransi-jiwa-dan-kesehatan-lagi-finansialku

[Baca Juga: Kenali Tipe-Tipe Peluang Usaha di Indonesia]

 

#4 Jangan Melupakan Diri Sendiri

Kesalahan yang pernah dilakukannya saat awal-awal mendirikan Learnvest adalah lupa dengan diri sendiri. Biasanya entrepreneur baru akan bekerja dan lupa akan waktu, sehingga tidak seimbang antara kehidupan pribadi dan dunia kerja (work life balance).

Semoga kisah sukses Alexa von Tobel dan startup perencanaan keuangannya Learnvest.com memberikan inspirasi untuk kita. Ada banyak hal yang luar biasa dan dapat kita pelajari dari Alexa. Tidak mudah mendirikan dan membesarkan sebuah perusahaan startup, karena setiap hari kita sebagai entrepreneur selalu dihadapkan berbagai permasalahan. Mulai dari masalah yang teknis, strategis dan permasalahan lain.

 

Apakah Anda melihat keberhasilan Alexa Von Tobel sebagai sebuah usaha yang luar biasa? Menurut Anda apakah orang Indonesia juga butuh bantuan dalam merencanakan keuangan?

 

Sumber artikel:

  • Alexa Von Tobel. https://goo.gl/o1NSL5
  • Learnvest. https://en.wikipedia.org/wiki/LearnVest
  • Lisa Eadicicco. 14 September 2014. Tips Every Startup Founder Should Live By, As Told By One Of Silicon Alley’s Most Successful Entrepreneurs. BusinessInsider.co.id – https://goo.gl/THQJLO
  • Adam Bryant. 16 April 2015. Alexa von Tobel of LearnVest: No, Really, What’s Your Weakness?com – https://goo.gl/x41BIA
  • Dan Kedmey. 18 Desember 2014. How LearnVest’s CEO Raised Her First $1 Million in 6 Months. Times.com – https://goo.gl/Vk0ny7
  • Shelby Skrhak. 6 Januari 2014. LearnVest Founder Alexa Von Tobel’s 3 Magic Numbers. Success.com – https://goo.gl/HOOY7p
  • 24 Desember 2015. LearnVest. PCmag.com – https://goo.gl/1gHGJm

 

Sumber Gambar:

  • Alexa Von Tobel. https://goo.gl/e4rFKK, https://goo.gl/nzpmdw, https://goo.gl/t5wBhZ
  • Learnvest logo. https://goo.gl/nGypBb, https://goo.gl/ksjluD

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda!

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang