Mungkin nama Andrea Hirata sudah tidak asing lagi bagi kita, tapi sudahkah kita tahu kisah sukses Andrea Hirata itu? 

Kisah suksesnya sangat menarik untuk kita baca, sama menariknya dengan membaca novel laskar pelangi yang adalah karyanya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Andrea Hirata

Namanya sangat terkenal karena kisah hidup dan karyanya yang menggugah jiwa. Dia, Andrea Hirata mendapatkan gelar di bidang ekonomi dari Universitas Indonesia. Dengan studi mayor yang diambil Andrea adalah ekonomi.

Tetapi Andrea Hirata juga amat menggemari sains, fisika, kimia, biologi, astronomi dan sastra. Andrea Hirata lebih mengidentikkan dirinya sebagai seorang akademisi dan backpacker. 

Andrea mendapatkan beasiswa studi Master of Science di Université de Paris, dan Sheffield Hallam University, United Kingdom. Tesis Andrea di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari universitas tersebut dan beliau lulus cum laude.

Bahkan tesis itu telah diadaptasikan ke dalam Bahasa Indonesia dan buku itu telah beredar sebagai referensi ilmiah. Pria yang merilis novel Laskar Pelangi pada tahun 2005 ini, memiliki nama lengkap Andrea Hirata Seman Said Harun.

Lebih dikenal dengan nama Andrea Hirata, terlahir di Gantung, Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung pada tanggal 24 Oktober 1967.

Sang Laskar Pelangi 1

[Baca Juga: VIDEO: Will Wright: Tokoh Di Balik Games The Sims Yang Dimainkan Raditya Dika]

 

Andrea Hirata adalah anak keempat dari pasangan Seman Said Harunayah dan NA Masturah. Beliau dilahirkan di sebuah desa yang tergolong sebagai desa miskin yang letaknya cukup terpelosok di pulau Belitong.

Novel tersebut ditulis dalam waktu enam bulan dituangkan dari kenangan dan kehidupan masa kecilnya di Belitung. Andrea kemudian menggambarkannya sebagai sebuah ironi tentang minimnya akses pendidikan bagi anak-anak di salah satu pulau terkaya di dunia.

Novel ini terjual lima juta eksemplar, dengan edisi bajakan terjual 15 juta lebih. Laskar Pelangi menghasilkan trilogi novel, yakni Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Kehidupan Masa Kecil Andrea Hirata

Sedikit cerita dalam pemberian nama Andrea Hirata ini. Dalam wawancaranya dengan media Jakarta Globe pada tahun 2010, Andrea Hirata mengatakan bahwa ia telah mengganti namanya sebanyak tujuh kali.

Ketika lahir Andrea diberi nama Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun. Merasa tak cocok dengan nama tersebut, beliau pun sempat menggantinya dengan Wadhud. Akan tetapi rupanya ia masih merasa terbebani dengan nama itu.

Alhasil, ia kembali mengganti namanya dengan Andrea Hirata Seman Said Harun. Nama Andrea sendiri diambil dari nama seorang wanita yang nekat bunuh diri bila penyanyi pujaannya, yakni Elvis Presley tidak membalas suratnya.

Sedangkan nama Hirata diambil dari nama sebuah kampung dan bukanlah nama orang Jepang seperti anggapan orang. Sejak remaja itulah, pria asli Belitong ini mulai menyandang nama Andrea Hirata.

Dia tumbuh dalam keluarga miskin yang tidak jauh dari tambang timah milik pemerintah, yakni PN Timah yang sekarang menjadi PT Timah Tbk.

Yang mana ayahnya pun bekerja sebagai pegawai biasa di sana. Hidup dengan segala keterbatasan, Andrea Hirata tumbuh seperti halnya anak-anak kampung lainnya.

Sang Laskar Pelangi 2

[Baca Juga: Deretan Tokoh Dunia Ini Lakukan Donasi untuk Korban COVID-19]

 

Ia menjadi anak periang yang terkadang juga menjadi pemikir saat menimba ilmu di sekolah. Selain itu, ia juga kerap memiliki impian dan mimpi-mimpi di masa depannya. Semasa SD Andrea bersekolah di SD Muhammadiyah yang kondisinya tidak bagus bahkan bangunannya hampir roboh.

Diakuinya fasilitas sekolah itu cukuplah memprihatinkan bahkan dapat digambarkan bentuknya lebih mirip sebagai kandang hewan.

Sekalipun menimba ilmu di bangunan yang tak nyaman, Ia tetap memiliki motivasi yang besar untuk belajar. Di sekolah itu pulalah, ia bertemu dengan sahabat-sahabatnya yang dinamai dengan sebutan Laskar Pelangi

 

Sosok Bu Muslimah, di Balik Kisah Sukses Andrea Hirata

Bu Muslimah atau Bu Mus merupakan sosok yang menjadi inspirasi dan sangat dihormati di SD Muhammadiyah waktu itu. Beliau mengajar dengan penuh semangat meskipun muridnya hanya 11 anak. Sebutan Laskar Pelangi ternyata diberikan oleh Bu Muslimah kepada murid-muridnya ini.

Sebenarnya di Pulau Belitong masih ada sekolah lain yang dikelola oleh PN Timah. Namun, Andrea tak berhak untuk bersekolah di sekolah tersebut karena status ayahnya yang masih menyandang pegawai rendahan.

Keterbatasan ekonomi keluarga yang membuat Andrea di sekolahkan di SD Muhammadiyah dengan jarak kurang lebih 30 kilometer.

Meskipun begitu tak dipungkiri berkat sosok Bu Muslimah, Ia memiliki dorongan yang membuatnya mampu menempuh jarak sejauh itu dari rumah ke sekolah untuk menimba ilmu. Perubahan dalam kehidupannya, tak lain karena motivasi dan hasil didikan Bu Muslimah

…Saya menulis buku Laskar Pelangi untuk Bu Muslimah – Andrea Hirata.

Sang Laskar Pelangi 3

[Baca Juga: Djarum Beli Como 1907, Tokoh Ini Juga Pernah Beli Klub Bola]

 

Beliau mengenang bagaimana kehidupan mereka dalam mempertahankan sekolah yang hampir roboh itu dengan gigih bersama dengan Bu Muslimah. Sejak kelas 3 SD, Andrea membulatkan niat untuk menjadi penulis yang menggambarkan perjuangan Bu Muslimah sebagai seorang guru.

“Kalau saya besar nanti, saya akan menulis tentang Bu Muslimah,” ungkapnya.  Sejak saat itu, Ia tak pernah berhenti mencoret-coret kertas untuk belajar menulis cerita.

 

Kisah Sukses Andrea Hirata Dimulai, Menjadi Novelis

Di tahun 1997 Andrea Hirata sempat bekerja di PT Telkom sebagai pegawai biasa, kemudian keinginan menulis kembali muncul disaat beliau menjadi salah satu relawan saat terjadi tsunami di Aceh. Laskar Pelangi menjadi karya pertama yang ditulis olehnya.

Novel ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka, novel yang memiliki kisah sangat menginspirasi bahkan kisah novel tersebut diangkat ke layar lebar.


…Kini Laskar Pelangi memiliki artikulasi yang lebih luas daripada sebuah buku. Nilai-nilai dalam Laskar Pelangi menjadi lebih luas. – Andrea Hirata.

Namun demikian, beberapa pihak sempat meragukan isi dari novel Laskar Pelangi yang dianggap terlalu berlebihan. Terlepas dari kontroversinya, novel laskar pelangi sukses menjadi sebuah sajian cerita yang menarik. Mira Lesmana dan Riri Riza, mengemas novel ini menjadi sebuah karya film dengan judulnya sama.

Film ini diproduksi oleh Miles Films dan Mizan Production. Film ini dibuat dengan aktor anggota Laskar Pelangi adalah anak asli Belitung.

Singkatnya novel Laskar Pelangi menceritakan kehidupan Andrea Hirata ketika masih duduk di bangku sekolah dan tentang 10 anak keluarga tidak berkecukupan lainnya yang menuntut ilmu di SD – SMP Muhammadiyah.

Teman sekolah Andrea Hirata yang berjumlah 10 anak ini disebut dengan Laskar Pelangi, Tantangan, harapan, cita-cita dan mimpi-mimpi mereka tertuang bersama dengan sosok figur Bu Mus yang dikaguminya.

Seperti yang ia utarakan bahwa novel Laskar Pelangi dipersembahkan untuk Bu muslimah. Kisah Hidup Andrea Hirata menjadi kisah sukses Andrea Hirata itu sendiri sejak meledaknya novel serta film laskar pelangi.

Dari tahun 2005 hingga tahun 2019, Diketahui Andrea Hirata sudah menghasilkan 11 novel. Dari karyanya tersebut, Andrea banyak menerima penghargaan sebagai seorang novelis. Novel Laskar Pelangi ini mendapatkan beberapa penghargaan.

Antara lain, Khatulistiwa Literally Award atau KLA di tahun 2007, Aisyiyah Award, Netpac Critics Awards, Paramadina Award. Selain itu penghargaan yang berasal dari luar negeri juga diterimanya yakni BuchAwards Jerman tahun 2013, Pemenang Festival Buku New York 2013 (general fiction category) serta penghargaan Honorary Doctor of Letters (Hon DLitt) dari Universitas Warwick pada tahun 2015.

Sepanjang karirnya Andrea memperoleh beberapa penghargaan karena telah berpartisipasi dalam sastra internasional karena novel pertamanya yang telah diterjemahkan ke 34 bahasa asing dan diterbitkan lebih dari 130 negara. Sukses Luar biasa.

 

Mimpi dan cita-cita tidak terhalang oleh siapa kita, di mana kita berada dan apa yang kita punya. Semua berawal dari dalam diri sendiri dan keinginan untuk mewujudkannya. Jadi Bagaimana dengan Anda? Beranikah Anda memiliki mimpi untuk sukses. 

Bagaimana pendapat Anda mengenai kisah sukses sosok luar biasa ini? Kami undang Anda untuk menuliskan komentar mengenai isi artikel ini pada kolom yang sudah disediakan. Dan jangan lupa untuk berbagi kisah sukses ini karena mungkin semangat kesuksesan bisa menular bagi pembaca lainnya, terima kasih. 

 

Sumber Referensi:

  • Wink. 13 Oktober 2018. Biografi Andrea Hirata – Kisah Inspiratif Penulis Novel Laskar Pelangi. Biografiku.com – https://bit.ly/2BBN8wz

 

Sumber Gambar:

  • Sang Laskar Pelangi 1 – https://bit.ly/2U9LUyP
  • Sang Laskar Pelangi 2 – https://bit.ly/2Myn5su
  • Sang Laskar Pelangi 3 – https://bit.ly/2AIaakK
  • Sang Laskar Pelangi 4 – https://bit.ly/2UbRf96