Apakah Anda pernah mendengar nama Aria Rajasa pendiri Tees.co.id atau GantiBaju.com? Yuk ikuti perjalanan Aria Rajasa dalam mendirikan dan membesarkan bisnis tees.co.id.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Aria Rajasa, Lulusan Teknologi Informatika yang Menjadi Entrepreneur

Aria Rajasa Masna, adalah seorang lulusan Teknologi Informatika Universitas Indonesia. Sejak kecil Aria, sangat senang dengan yang namanya menggambar dan membuat desain. Hobinya tersebut, membawa Aria Rajasa menjadi entrepreneur saat dia kuliah dengan mencari pekerjaan sambilan di bidang desain grafis. Singkat cerita Aria jadi terjun dan fokus pada web design.

Kisah Sukses Aria Rajasa Pendiri Tees.co.id 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Nadiem Makarim Pendiri GoJek]

 

Usahannya yang dilakukan pada saat kuliah, membawa banyak manfaat. Selain menambah pengalaman dan koneksi, ternyata Aria juga dapat mengumpulkan modal usahanya. Pada saat lulus kuliah, Aria memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur dibidang konsultan web designer. Bersama-sama dengan temannya Aria merintis usaha pertama yaitu Rajasa Web and Graphics, perusahaan yang bergerak di bidang IT dan desain. Aria sempat mengerjakan beberapa website perusahaan besar di Indonesia.

[Baca Juga: Kisah Sukses Achamd Zaky pendiri BukaLapak.com]

 

Menurutnya membangun bisnis dan branding dari nol bukanlah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan lebih banyak waktu, tenaga, pikiran dan uang untuk mengerjakan semuanya. Pada saat awal Aria mendirikan usahanya, dia bekerja lebih dari 8 jam dan seringkali tidak mengenal waktu.

 

Bisnis GantiBaju.com

Nama Aria Rajasa Masna dikenal pertama kali pada tahun 2009, saat menjadi inovasi pelopor bisnis clothing di Indonesia dengan sistem crowdsourcing.

 

KamusCrowdsourcing adalah salah satu model bisnis yang memungkinkan seseorang bsia mendapatkan desain atau menyelesaikan pekerjaan dari sekelompok (banyak) orang secara online.

 

Apa yang dilakukan oleh Aria Rajasa? Dia membuat sistem yang memungkinkan desainer-desainer baju untuk membuat desain. Kemudian desain tersebut ditandingkan, dengan sistem vote. Desain dengan jumlah vote terbanyak akan diproduksi dan dipasarkan. Keuntungan dari penjualan tersebut, kemudian di bagikan dengan desainer. Metode tersebut ternyata menarik perhatian lebih dari 30 desainer yang telah tergabung di GantiBaju.com

[Baca Juga: Kisah Sukses Ferry Unardi Pendiri Traveloka.com]

 

Inovasi bisnis yang dilakukan oleh Aria Rajasa membuatnya mendapatkan banyak penghargaan, seperti Best Startup di Indonesia pada saat SparxUp Award 2010, Best Business dari Swa tahun 2011, penghargaan The Marketeers Top 100 Most Influencial Youth, Women, Netizen 2011 dan International Young Creative tahun 2012 dari International Young Creative Entrerpeneur.

 

Bisnis Tees.co.id

Sukses dengan GantiBaju.com, Aria tidak langsung berpuas diri. Beliau bersama kedua rekannya Gary Lilardi dan Bima Satrya Tama kembali melakukan inovasi. Tetap dalam bisnis clothing dan mendirikan Tees.co.id. Apa bedanya Tees.co.id dengan GantiBaju.com? Aria Rajasa menjelaskan bahwa Tees.co.id adalah on-demand merchandise marketplace yang memberikan kemudahan pembeli untuk memesan merchandise sesuai dengan desain yang mereka miliki alias custom. Ada banyak merchandise yang dapat dibuat melalui Tees.co.id, seperti kaos, jaket, canvas print, casing handphone dan lainnya.

Kisah Sukses Aria Rajasa Pendiri Tees.co.id 2 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses William Tanuwjiaya Pendiri Tokopedia]

 

Jadi pengguna hanya perlu mengurus desain dan sisanya akan dikerjakan oleh Tees.co.id. Mulai dari produksi, packaging dan pengiriman. Wow mudah bukan, bisa memiliki bisnis clothing line tanpa harus mengeluarkan banyak uang? Jadi Anda bisa memiliki bisnis clothing tanpa harus memiliki stock barang.

Anda pasti penasaran, kok bisa ya kepikiran ide bisnis seperti Tees.co.id? Aria Rajasa mengatakan pada awal berbisnis clothing line pada tahun 2009, mereka menemukan banyak orang yang membeli kaos satuan dengan desain yang mereka miliki. Ada yang ingin menuliskan kata-kata mutiara, kata-kata bijak dan motivasi, gambar lucu-lucu, meme dan juga logo perusahaan. Pada saat itu juga, teknologinya belum secanggih sekarang, sangat susah untuk mendesain custom hanya untuk 1 baju.

Aria Rajasa dan teman-temannya berpikir, sebuah konsep bisnis yang mempermudah orang bisa menjual desain sesuai permintaan saja. Hal ini membuat perusahaan tidak perlu menyediakan stok minimum dan memangkas modal awal. Istilah kerennya produk hanya dibuat jika ada pesanan atau make to order. Suatu ketika Aria bertemu dengan Gary Liardi yang ahli dibidang percetakan dan pada saat itu Gary memiliki mesin dan teknologi yang dapat menjawab kebutuhan Aria.  Dari situlah bisnis Tees.co.id berjalan dan menjadi semakin besar hingga saat ini.

 

Pelajaran dari Kisah Sukses Aria Rajasa Pendiri Tees.co.id

Ternyata banyak hal yang dapat kita pelajari dari Aria Rajasa pendiri Tees.co.id:

  1. Memulai bisnis harus dengan dilakukan dengan memberikan solusi kepada target customer. Dalam hal ini Aria memberikan kemudahan kepada customer-nya untuk mencetak desainnya di baju dan merchandise
  2. Berbisnis tidak harus mulai dengan modal besar.
  3. Bisnis harus dijalani dengan tekun dan pantang menyerah.
  4. Senantiasa untuk berinovasi, jangan pernah berhenti berinovasi
  5. Jalankan bisnis sesuai dengan tujuan hidup dan passion.

 

Semoga artikel mengenai Aria Rajasa ini dapat memberikan pelajaran yang berharga untuk kita.

 

Apakah teman-teman jugar berkeinginan untuk mulai berbisnis? Kira-kira bisnis apa yang ingin Anda lakukan? Berikan komentar Anda di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber:

  • Aria Rajasa – http://goo.gl/QVEKpv
  • Tees.co.id – https://goo.gl/6pJUDN http://goo.gl/Ng4TxR

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang