Berawal dari sebuah gudang di halaman belakang rumah, Perusahaan Harley Davidson Motor kini merajai bisnis moge (sepeda motor gede) di era milenial.

Simak perjalanan kisah sukses Motor Harley Davidson yang tetap bertahan di masa-masa sulit hingga menjadi motor legendaris dan ikon masyarakat Amerika Serikat. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Kisah Sukses Harley Davidson: Sejarah Lahirnya Motor Harley Davidson

Jika mendengar suaranya, memang cukup gaduh apalagi jika ada gerombolan motor ini sedang berarakan di jalan. Suaranya saja sudah memiliki ciri khas dari kejauhan. Penasaran dengan kisah sukses Harley Davidson? Mari bahas sejarahnya terlebih dahulu.

Menurut sejarahnya, motor gagah Harley-Davidson sudah ada sejak tahun 1903 dan hingga tahun milenial ini, motor yang berciri khas macho dan maskulin ini merupakan brand atau merek ikon dari negara Paman Sam, Amerika Serikat.

Motor Harley-Davidson lahir pada tahun 1903 pada saat yang sama dengan brand Ford atau Cadillac di Amerika Serikat melalui inovasi dari para penciptanya.

William S.Harley dan Arthur Davidson, merekalah dalang dari pembuatan mesin motor ini.

Cerita kesuksesan mereka dimulai saat William Harley yang pada saat usianya menginjak 15 tahun bekerja di sebuah pabrik sepeda.

William Harley merupakan seorang remaja yang sangat berambisi dan memiliki visi yang cukup kuat dalam bidang bisnis.

Ia sangat tertarik dalam melakukan pengembangan sepeda sehingga membuatnya ingin merombak dan berinovasi menciptakan sesuatu melalui pabrik sepeda, tempat ia bekerja.

Dalam melakukan inovasi, William S.Harley mengajak rekannya Arthur Davidson untuk mengumpulkan setiap perlengkapan sepeda dengan mesin bermotor.

Dua sahabat yang sudah berteman sejak kecil ini ternyata sama-sama memiliki minat yang mendalam dalam mengembangkan sepeda untuk menciptakan jenis baru dari mesin sepeda motor yang dapat digunakan oleh manusia.

Mereka segera melakukan berbagai percobaan melalui mesin berbahan bakar bensin dengan sepeda yang mereka miliki.

Dirasa kurang memuaskan dengan setiap inovasi yang mereka lakukan, William S.Harley bertekad untuk menimba ilmu melalui bangku kuliah dan dia menjadi orang pertama dalam keluarganya yang meraih gelar sarjana untuk bidang teknik mesin dari University of Wisconsin-Madison pada tahun 1907.

Setelah lulus dan mendapatkan cukup ilmu dalam bidang teknik mesin, William S.Harley kembali ke tempat kelahiran Harley Davidson Co.

Ia kembali untuk mewujudkan impiannya bersama Arthur Davidson dan dua saudara Arthur lainnya yang juga bekerja sama mewujudkan motor kebanggaan Amerika yang kelak menjadi motor tangguh para lelaki tersebut.

Kisah Sukses Harley Davidson Sang Motor Legendaris 02 - Finansialku

[Baca Juga: Quiz: Tertarik Bisnis Jual Beli Motor Bekas? Terapkan 5 Kiat Berikut!]

 

Semua yang besar tentu berawal dari yang kecil, demikianlah perusahaan Harley Davidson Motor Company yang kini dikenal sebagai perusahaan moge (motor gede) yang punya pabrikan dimana-mana.

Pada awal sejarah berdirinya dimulai di sebuah gudang kecil di halaman belakang rumah keluarga Davidson.

Merek Harley Davidson diawali dengan nama William S.Harley dikarenakan dialah yang menjadi penggagas pertama dari ide menciptakan sepeda motor ini.

Di tahun pertama, Harley Davidson mampu menghasilkan 3 sepeda, diantaranya sepeda engkol dan pedal serta motor dengan satu silinder.

Dengan berbagai sentuhan eksperimen dan ide brilian, inovasi dan pembaharuan terjadi sehingga membuat sepeda motor khas lelaki ini semakin menyempurnakan setiap produknya.

Perkembangannya semakin mantap dimana perusahaan yang tadinya berbasis di gudang kecil ini mulai menunjukkan eksistensinya di tahun 1909 melalui pembangunan pabrik sendiri dengan total pekerja mencapai 35 orang dan mampu menghasilkan lebih dari 1000 sepeda motor setiap tahunnya.

Pertama di dunia, sepeda motor dengan dua silinder tercipta dan dalang di balik pembuatannya adalah ide cemerlang dari William Harley yang dikenal cukup perfeksionis.

Inovasinya ini kemudian dipatenkan setelah beberapa tahun penciptaannya dan diberi nama mesin V-Twin dengan keberhasilannya yang meroket sehingga menyokong perkembangan dari produksi perusahaan hingga mencapai 3.200 unit sepeda dalam setahun.

Mulai dari yang kecil seperti kesuksesan Harley Davidson mengawali kesuksesan mereka. Catat arus kas harian-mu dengan Aplikasi Finansialku dan jadilah tangguh menghadapi masa sulit dengan pengadaan dana darurat yang telah tersedia di rekeningmu.

Sudahkah Anda download Aplikasi Finansialku? Jika belum, Anda bisa dengan mudah download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

 

Harley Davidson Unjuk Gigi Dalam Kemenangan Perang Dunia I

Motor Harley Davidson menjadi semakin dikenal dan populer dalam penjualan di pasar Amerika Serikat, terutama saat Perang Dunia I dimana saat itu militer Amerika Serikat dengan berani memasok motor Harley Davidson menjadi unit sepeda motor yang dibutuhkan selama perang bergulir.

Tak tanggung-tanggung, dari total kebutuhan 70.000 unit sepeda motor, setidaknya sepertiganya berasal dari motor Harley Davidson.

Kisah Sukses Harley Davidson Sang Motor Legendaris 03 - Finansialku

[Baca Juga: Sambil Kuliah Beli Motor Baru, Ternyata Begini Caranya!]

 

Dalam masa pertempuran, tak salah motor Harley Davidson menjadi pilihan karena motor ini mampu menolong tentara Angkatan Darat Amerika Serikat untuk menyusup dan melakukan pengintaian di garis depan pertempuran serta melakukan pengantaran logistik dengan lebih efektif serta efisien.

Karena ketangguhannya dalam mengantarkan para tentara Amerika Serikat dalam kemenangan melawan para sekutu, sekitar 20.000 unit sepeda motor Harley Davidson ikut mempelopori kejayaan kemenangan selama Perang Dunia I.

Melalui kemenangan negara adikuasa tersebut yang juga dipelopori oleh motor Harley Davidson sebagai salah satu armada yang digunakan, membuat sepeda motor tangguh itu dicintai oleh masyarakat Amerika Serikat dan gelar “Motor Nasionalis” tersemat pada tubuh Harley Davidson Co.

 

Masa Keemasan Harley Davidson Hingga Era Milenial

Kehebatan dari motor macho ini semakin ramai diperbincangkan oleh berbagai kalangan masyarakat melalui slogan “Uncle Sam’s Choice; Harley Davidson” yang mampang dengan gagahnya dalam sebuah iklan perusahaan di tahun 1920-an.

Itulah masa-masa keemasan dari Harley Davidson yang kemudian mengangkat namanya menjadi semakin besar dan melegenda sehingga mampu bersaing dengan para kompetitor dan menjadi perusahaan sepeda motor terbesar di dunia bahkan hingga di era milenial saat ini.

Oh iya, sudah merencanakan keuangan dengan matang? Ayo Download segera ebook Gratis Panduan Perencanaan Keuangan dari Finansialku di bawah ini sesuai dengan rentang usia:

 

Pasang Surut Keberhasilan Harley Davidson

Harley Davidson kembali merajai bisnis dunia sepeda motor pada masa Perang Dunia II dan mampu bertahan dalam tahun-tahun Depresi Hebat di tahun 1929.

Harley Davidson menjadi salah satu pabrik pembangun motor Amerika Serikat dengan hilangnya berbagai merek legenda seperti Excelsior-Henderson dan juga pabrikan asal India yang mengalami kebangkrutan di tahun 1953.

Pada masa Perang Dunia II, motor Harley Davidson kembali mendapat kesempatan untuk unjuk gigi melalui lebih dari 80.000 unit sepeda motor yang dikendarai oleh para tentara Amerika Serikat.

Setelah perang usai, Harley Davidson kembali dengan inovasi barunya melalui peluncuran Sportster di tahun 1957, sebuah pengembangan bisnis Skuter yang mengakuisisi Aermacchi pada tahun 1960-an.

Tahun 1970 menjadi tahun yang cukup sulit bagi Perusahaan Harley Davidson Co melalui kedatangan kompetitor baru, pabrikan asal Jepang dan persaingan baru dengan para pebisnis motor asal Eropa seperti Triumph.

Harley Davidson saat itu berada di bawah kendali AMF (American Machine & Foundry) dan merupakan periode terburuk perusahaan ini.

Melalui para cucu sang pendiri, salah satunya Willie G. Davidson, merek Harley Davidson kembali meluncurkan berbagai inovasi terbarukan.

Kemudian, menciptakan HOG (Harley Owners Group) dengan satu juta anggota yang berinvestasi pada saham Harley Davidson dengan pertumbuhan keuntungan hingga 2 digit.

Citra Harley Davidson semakin naik dan menjadi prakarsa dari berbagai acara atau event sepeda motor terbesar hingga saat ini.

Diantaranya Pekan Sepeda Daytona atau Sturgis di Amerika Serikat, Pekan Sepeda Eropa di Faaker-See Austria, Festival Eurof Grimaud dan di setiap acara besar lainnya yang diselenggarakan di berbagai negara.

 

Perusahaan Motor Berusia 100 Tahun

1 abad atau 100 tahun merupakan waktu yang tidak sebentar untuk membangun sebuah perusahaan motor terbesar sepanjang masa.

Dalam rentang 100 tahun tersebut, Perusahaan Harley Davidson membuktikan kehebatannya dengan memproduksi sepeda motor tangguh hingga kini dengan tumbangnya para kompetitor di sepanjang jalan perjalanan, bahkan melewati masa-masa sulit di era Depresi Hebat.

Di tahun 2003 silam, Perusahaan Harley Davidson dengan bangga mendeklarasikan usianya yang mencapai 100 tahun semenjak masa berdirinya.

 

Father of Harley Davidson

Bersama dengan Arthur Davidson, William Harley membuktikan diri mereka melalui keberhasilan inovasi mereka dalam pengembangan sepeda motor hingga kini.

Di akhir hidupnya, William Harley  meninggal akibat gagal jantung dan menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 18 September 1943 dan dimakamkan di Pemakaman Holy Cross dan Mausoleum di Milwaukee.

Untuk menghargai karya inovasinya melalui Harley Davidson Co., Arthur Davidson dan William Harley mendapatkan penghargaan di Hall of Fame Motor di Columbus, Ohio pada tahun 1998 dan dikenal sebagai “Father of Harley-Davidson”.

Apakah Anda memiliki bisnis? Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS lho!

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Itulah kisah sukses berdirinya dan berjayanya Motor Harley Davidson hingga kini.

Punya mimpi memiliki motor Harley Davidson? Wujudkan impianmu dengan menata keuangan pribadi dari hal yang mudah melalui Aplikasi Finansialku.

Kamu juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku yang menginspirasi kepada kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Harley Davidson Museum. Get The Rest Of The Story. Harley-davidson.com – https://bit.ly/2DaA1Tr
  • J&P Cycles. 24 Februari 2008. Harley-Davidson Motorcycle History. Jpcycles.com – https://bit.ly/2Y6Vodl
  • Wide Choice Of High-End Motorcycles. Harley-Davidson or an American success story! En.universalriders.com – https://bit.ly/2Sxgbpg
  • Aaron P. Frank. 23 Maret 2018. Timeline Of Harley-Davidson History. Motorcyclecruiser.com – https://bit.ly/2GqlIJH
  • Matthew DeBord. 3 Maret 2019. Harley-Davidson has been around for 116 years — but the iconic American company is facing new challenges. Businessinsider.sg – https://bit.ly/2O846s3
  • Jitendra Parashar. The Early History of Harley-Davidson: The Motorcycle Pioneer. Marketrealist.com – https://bit.ly/2Ymyq6i
  • Kukuh Wicaksono. 11 Oktober 2017. Kilas Balik Sejarah Harley-Davidson di Indonesia Sejak 1920. Autos.id – https://bit.ly/32ONKIa
  • Wink. 3 Februari 2013. Biografi William Harley – Pendiri Harley-Davidson. Biografiku.com – https://bit.ly/2JZXIOo
  • Judith May. 1 Oktober 2018. Sejarah Singkat Harley Davidson. Vtwinbbs.com – https://bit.ly/2JOqimR
  • Yongki Sanjaya. Seabad Lebih Harley-Davidson, Sejarah Berawal Dari Sepeda Jengki. Carmudi.co.id – https://bit.ly/2OhExFi

 

Sumber Gambar:

  • Harley Davidson 1 – http://bit.ly/2GVTuGP
  • Harley Davidson 2 – http://bit.ly/2Td4Uea
  • Harley Davidson 3 – http://bit.ly/2ZDVpr2