Kisah Sukses Li Ka Shing, Orang Terkaya Di Asia

Di tengah kesibukan Anda, mari luangkan waktu sejenak untuk menyimak kisah sukses Li Ka Shing, orang terkaya di Asia.

Selamat membaca dan selamat terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Kisah Sukses Li Ka Shing

Li Ka Shing memiliki cerita kesuksesan yang luar biasa. Ia terpaksa putus sekolah untuk menunjang keluarganya. Tapi hari ini dia adalah salah satu orang terkaya di dunia.

Li Ka Shing membuka pabrik pertamanya pada usia 22 tahun dan dalam beberapa tahun melihat sukses besar sebagai produsen, pengembang properti, tokoh bisnis, dan investor.

Li Ka Shing sekarang menjadi investor utama dalam sektor teknologi. Dia adalah salah satu investor besar pertama di Facebook, dan akuisisi besar terakhirnya adalah perusahaan telekomunikasi Inggris O2, yang dia beli pada akhir Maret sebesar US$15 miliar (Rp202,5 triliun).

Kisah Sukses Li Ka Shing, Orang Terkaya Di Asia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Johnny Andrean Pendiri J.CO Donuts, BreadTalk dan Johnny Andrean Salon]

 

Benua Asia memberi dunia beberapa pemimpin bisnis dan pengusaha paling produktif. Namun, sangat sedikit yang berhasil mencapai puncak kesuksesan melawan kemiskinan dan segudang rintangan.

Salah satu pemimpin visioner tersebut adalah Li Ka Shing.

Tanpa latar belakang keuangan yang kuat atau pendidikan yang memadai, dia berhasil menjadi salah satu pemimpin bisnis papan atas di dunia.

Dengan kekayaan sebesar US$31 miliar (Rp418,5 triliun), Li Ka Shing adalah orang terkaya ke-11 di seluruh dunia dan orang terkaya di Asia.

Melalui Grup Cheung Kong dan Hutchison Whampoa Limited, Li Ka Shing menjalankan sebuah kerajaan bisnis yang tersebar di 54 negara. Yang terakhir termasuk dalam liga Fortune Global 500 Company.

Bisnisnya telah beragam menjadi sektor seperti produksi semen, real estate, perbankan dan produksi baja.

Perjalanan Hidup Li Ka Shing

Li Ka Shing dibebani tanggung jawab finansial sejak usia muda. Setelah keluarganya melarikan diri ke Hong Kong dari China selatan selama Perang Dunia II, ayahnya meninggal karena TBC.

Dia harus meninggalkan sekolah sebelum berusia 16 tahun untuk bekerja di pabrik.

Selama hampir empat tahun selama pendudukan Jepang di Hong Kong, Li Ka Shing mengirim 90% gaji selama ia bekerja kepada ibunya.

Kesuksesan yang ia dapatkan sebagai pencari nafkah mengajarkan kepadanya nilai-nilai murah hati yang telah membuatnya terkenal dengan filantropinya saat ini.

Kisah Sukses Li Ka Shing, Orang Terkaya Di Asia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Yasa Singgih, Pendiri Men’s Republic]

 

Kesuksesan Li Ka Shing jelas dipengaruhi oleh pengalamannya selama bekerja di tengah kesulitan keluarga yang mengharuskannya menjadi tulang punggung keluarga sejak ia remaja.

“Tidak masalah seberapa kuat atau mampu Anda; Jika Anda tidak memiliki hati yang besar, Anda tidak akan berhasil.”

 

Sepenggal kalimat inspiratif itulah yang memberikannya kekuatan untuk terus bangkit.

Li Ka Shing menunjukkan janji sebagai pemimpin yang visioner saat membuka pabrik pertamanya di tahun 1950 saat usianya menginjak 22 tahun.

Pabrik Cheung Kong Industries, memproduksi bunga plastik.

Dia membayangkan bahwa plastik akan menjadi industri yang booming, dan mimpinya tersebut ternyata benar.

Li Ka Shing mengaitkan kesuksesan Perusahaan Cheung Kong, yang ia mulai dengan hanya sekitar US$50 ribu (Rp657 juta), dengan kemauan untuk mempelajari tren industri terbaru.

Li Ka Shing memegang teguh sebuah komitmen dimana korelasi antara pengetahuan dan bisnis adalah kunci kesuksesan

Kisah Sukses Li Ka Shing, Orang Terkaya Di Asia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Pavel Durov, Pendiri Telegram]

 

Meskipun Li Ka Shing putus sekolah pada usia muda dan tidak pernah menerima gelar dari universitas, Li Ka Shing selalu menjadi pembaca yang “rakus” dan sangat menyukai kesuksesannya untuk belajar mandiri.

Misalnya, dia menyelesaikan buku akuntansi Cheung Kong di tahun pertama perusahaan itu sendiri tanpa pengalaman akuntansi. Dia hanya belajar dari buku.

Seiring dengan wawasan pengetahuan dan industri, Li Ka Shing menganggap kesetiaan dan reputasi sebagai kunci kesuksesan.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Pada tahun 1956, dia pernah menolak tawaran yang akan memberinya keuntungan 30% tambahan atas penjualan (dan mengizinkannya untuk memperluas pabriknya) karena dia telah membuat kesepakatan lisan dengan pembeli lain.

Dia tetap menerapkan prinsip kesetiaan tersebut hingga saat ini, bahkan ia akan tetap melakukannya walaupun ia harus kehilangan uang.

Meskipun ia dikenal terutama sebagai pengembang properti, perusahaan Li Ka Shing menguasai 70% lalu lintas pelabuhan dan sebagian besar utilitas listrik serta telekomunikasi di Hong Kong.

Dia juga memiliki saham mayoritas di Husky Energy, sebuah perusahaan Kanada. Li Ka Shing mendistribusikan kekayaan dan kekuasaannya di berbagai industri serta wilayah geografis.

Hal ini menunjukkan bahwa Li Ka Shing tidak takut untuk belajar dan bereksperimen di arena baru.

Kisah Sukses Li Ka Shing, Orang Terkaya Di Asia 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Nicholas Kurniawan, Pengusaha Ikan Hias]

 

Li Ka Shing mengatur aset kepemilikannya secara strategis untuk memastikan keamanannya meski keadaan ekonomi yang tidak menentu. Dia mengantisipasi ekonomi tinggi dan rendah.

Meskipun memiliki banyak aset kepemilikan, sifat hemat yang dilakukannya selama masa kecil telah terbawa ke dalam karier Li Ka Shing hingga saat ini.

Sebuah kebijakan untuk mengoperasikan perusahaan tanpa utang berarti bahwa perusahaannya beroperasi dengan menggunakan utang sekecil mungkin.

Li Ka Shing sendiri membeli semua real estate-nya dengan menggunakan modalnya sendiri demi mempertahankan utang pribadi yang berada pada titik nol.

Kebiasaan finansial Li Ka Shing yang baik telah memberi dia kebebasan untuk melakukan investasi di bidang teknologi sebagai “hobi berupah tinggi,” melalui Horizons Ventures Ltd.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Li Ka Shing merupakan salah satu investor besar pertama di Facebook dan baru-baru ini berinvestasi di sebuah startup yang bertujuan untuk mengganti telur dengan substitusi tanaman.

Li Ka Shing hanya berinvestasi dalam teknologi yang dia anggap potensial dan akan membuat kepemilikannya semakin mutakhir. Hal ini ia lakukan secara konsisten dengan inovasi yang konstan dalam bisnisnya.

Ia senang menghabiskan uang untuk investasi dan bukan pada hal-hal materi. Secara materi, Li Ka Shing ingin dianggap sebagai orang yang sederhana.

Dia memakai arloji listrik seharga £30 (Rp600 ribuan) sepanjang tahun 1990 an.

Kisah Sukses Li Ka Shing, Orang Terkaya Di Asia 06 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Justin Bieber, Penyanyi Internasional (Plus Rahasia Sukses)]

 

Mungkin salah satu faktor terpenting yang berkontribusi terhadap kesuksesan Li Ka Shing adalah hasrat yang dia rasakan untuk setiap karyanya.

Pada tahun 2010, Li Ka Shing mengatakan kepada Forbes:

“Kenikmatan yang paling penting bagi saya adalah bekerja keras dan menghasilkan lebih banyak keuntungan.”

 

Dalam masa pensiunnya, Li Ka Shing tetap sibuk dengan setiap jadwal pekerjaannya.

Li Ka Shing melakukan persiapan untuk menyerahkan tahta kebesarannya kepada putra tertuanya yang bernama Victor.

Meskipun usianya menginjak 87 tahun, Li Ka Shing tidak menunjukkan tanda-tanda akan melambatnya kesuksesan yang terus ia raih.

 

Tips Sukses dari Li Ka Shing bagi Anda yang Ingin Meraih Kesuksesan

Berikut ini nasihat dari orang terkaya di Asia, Li Ka Shing bagi para entrepreneur dan juga pekerja yang ingin sukses dalam usaha.

 

#1 As a leader, one should spend more time than others planning for the future.

Sebagai pemimpin, seseorang harus menghabiskan lebih banyak waktu daripada yang direncanakan orang lain di masa depan.

 

#2 I do not get overly optimistic when the market is good, nor overly pessimistic when the market is down.

Saya tidak terlalu optimis saat pasar bagus, atau terlalu pesimis saat pasar sedang tidak bagus.

 

#3 A good reputation for yourself and your company is an invaluable asset not reflected in the balance sheets.

Reputasi yang baik untuk diri Anda dan perusahaan Anda adalah aset tak ternilai yang tidak tercermin dalam neraca.

 

#4 It doesn’t matter how strong or capable you are; if you don’t have a big heart, you will not succeed.

Tidak masalah seberapa kuat atau mampu Anda; Jika Anda tidak memiliki hati yang besar, maka Anda tidak akan berhasil.

 

#5 To be a successful manager, attitude and ability are equally important ingredients. A leader inspires others to greatness. A boss dominates his subordinates and makes them feel small.

Menjadi manajer, sikap, dan kemampuan yang sukses sama pentingnya. Seorang pemimpin mengilhami orang lain untuk kebesaran. Seorang bos mendominasi bawahannya dan membuat mereka merasa kecil.

 

#6 Although a universal formula for success is difficult to come by, caution signs for failure are posted everywhere. Establishing a structure that serves to minimize failure will prove to be a shortcut to success.

Meskipun formula universal untuk sukses sulit didapat, tanda peringatan akan kegagalan diposkan ke mana-mana. Menetapkan struktur yang berfungsi untuk meminimalkan kegagalan akan terbukti menjadi jalan pintas menuju sukses.

 

#7 Successful managers should also have a keen eye for talent. They not only select people who are smarter than themselves, but also avoid picking corporate superstars whose reputation precedes them.

Manajer yang sukses juga harus memiliki mata yang tajam untuk setiap bakat. Mereka tidak hanya memilih orang yang lebih pintar dari diri mereka sendiri, tapi juga menghindari memilih superstar perusahaan yang reputasinya mendahului mereka.

 

#8 The art of good management lies in the capacity to accept change, and the ability to meld new and traditional thinking.

Seni manajemen yang baik terletak pada kapasitas untuk menerima perubahan dan kemampuan untuk memadukan pemikiran baru dan tradisional.

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan juga kenalan Anda.

Jika Anda membutuhkan konsultasi mengenai perencanaan keuangan, Konsultan keuangan Finansialku siap menolong Anda.

Anda juga dapat menuliskan komentar, tanggapan dan juga nasihat yang diperoleh dari kisah sukses Li Ka Shing melalui kolom yang tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Charlene. 23 Juli 2015. 8 Life Lessons You Can Learn From Li Ka Shing, The Richest Man In Hong Kong. Vulcanpost.com – https://goo.gl/ZPrpGB
  • Russell Flannery. 7 Maret 2012. 8 (Genuine!) Tips for Success from Asia’s Richest Man Li Ka Shing. Forbes.com – https://goo.gl/jVibwg
  • Admin. Li Ka Shing Success Story. Successstory.com – https://goo.gl/WHWmCS
  • Christi Danner. 27 Juni 2015. Here’s How Li Ka Shing Became The Richest Man in Hong Kong. Businessinsider.com – https://goo.gl/2eAjYf

 

Sumber Gambar:

  • Kisah Sukses Li Ka Shing – https://goo.gl/6fExpt dan https://goo.gl/jsbsJv
  • Li Ka Shing – https://goo.gl/AnGDWF dan https://goo.gl/Dgvug3
  • Orang Terkaya di Asia Li Ka Shing – https://goo.gl/kSQrCA dan https://goo.gl/6tSKPh

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-11-04T14:47:57+00:00 October 29th, 2017|Categories: Tokoh|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download