Definisi Startup Adalah

Startup adalah perusahaan yang baru saja didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Agar tidak ketinggalan informasi terbaru, mari kita melihat informasi selanjutnya tentang startup dan serba serbi startup berikut ini.

 

Startup Adalah…

Tentunya Anda sudah sering mendengar istilah startup. Tetapi pertanyaan yang sering muncul adalah “Apa definisi startup?” Sebenarnya bisnis startup sudah cukup berkembang di Indonesia.

Sayangnya, sebagian kecil pebisnis belum mengetahui jelas mengenai startup.

Mengutip dari Wikipedia, perusahaan rintisan atau umum disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi.

Dengan kata lain, mayoritas perusahaan-perusahaan merupakan perusahaan yang baru saja didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Definisi Startup Adalah 02 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Istilah startup kerap kali dihubung-hubungkan dengan perusahaan baru di bidang teknologi dan informasi. Mengapa demikian?

Ternyata alasannya adalah karena istilah “startup” menjadi populer secara internasional pada masa bubble dot-com (tahun 1998 hingga 2000), karena banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan pada periode tersebut.

Dengan demikian, banya perusahaan yang memanfaatkan internet sebagai sarana mengembangkan bisnisnya hingga lahirlah bisnis startup itu.

Adapun karakteristik dari startup antara lain adalah sebagai berikut:

  • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun,
  • Jumlah pegawai kurang dari 20 orang,
  • Pendapatan kurang dari US$100.000 per tahun atau Rp1,35 miliar per tahun,
  • Masih dalam tahap berkembang,
  • Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi,
  • Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital,
  • Biasanya beroperasi melalui website.

 

Bagaimana? Menarik sekali bukan mengetahui asal usul startup ini. Kini Finansialku akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dalam mengenai startup.

 

Pendiri dan Pendanaan Startup

Saat ini diestimasikan terdapat 58 startup yang telah memperoleh pendanaan seri-A. Secara total terdapat 103 pendiri dari 58 startup tersebut dan 50 diantaranya menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer) dan 11 sisanya menjabat sebagai CTO (Chief Technology Officer).

Selain CEO dan CTO, ada juga yang memiliki jabatan ganda sebagai CMO, Head of Product, dan lainnya.

Kunci Rahasia Sukses dalam Membangun Bisnis Startup 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tito Sulistio: Startup Bisa Melantai Di Bursa Efek Indonesia]

 

Setelah didirikan, umumnya perusahaan startup akan mencari pendanaan. Semakin baik prospek perusahaan startup, maka umumnya semakin besar pendanaan yang bisa diperolehnya.

Pada umumnya, saat ini terdapat 3 jenis pendanaan dalam bisnis startup, yaitu sebagai berikut:

 

#1 Bootstraping

Memperoleh investor bagi bisnis startup bisa tidaklah semudah yang dibayangkan.

Seringkali para pendiri terpaksa menggunakan sumber daya yang mereka miliki saat ini hingga menemukan investor yang tertarik mengucurkan uang untuk model bisnis yang dimiliki.

Tahapan inilah yang disebut sebagai Bootstraping.

 

#2 Seed Funding

Seed funding merupakan pendanaan tahap awal yang didapatkan perusahaan startup.

Seed funding umumnya digunakan untuk membuktikan bahwa ide bisnis dapat berjalan dengan baik sebelum memperoleh pendanaan lebih lanjut.

 

#3 Seri-A, B, … Funding

Apabila telah melewati tahap seed funding, maka umumnya perusahaan startup akan masuk ke tahap ketiga, yakni seri-A, B, C dan demikian seterusnya.

Pada tahap ini, perusahaan startup sudah siap menerima pendanaan dari Venture Capital. Perusahaan startup menawarkan saham sebagai timbal balik dari pendanaan yang diperoleh dari Venture Capital.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Perkembangan Startup di Indonesia

Perkembangan perusahaan startup di Indonesia bisa dibilang merupakan kabar baik. Mengapa?

Bisnis ini bermunculan bahkan dalam setiap bulannya. Bahkan menurut dailysocial.net, sekarang ini terdapat setidaknya 1.500 perusahaan startup lokal yang ada di Indonesia.

Hal ini dapat terjadi karena adanya peningkatan pesat dalam potensi penggunaan internet oleh pengguna. Dengan demikian, sarana ini menjadi sebuah lahan basah untuk mendirikan sebuah startup.

Saat ini, diperkirakan pengguna internet di Indonesia telah mencapai 70 juta orang, dan nilai ini terus meningkat. Bayangkan berapa jumlahnya beberapa tahun ke depan.

Apakah Mungkin Terjadi Bubble Ekonomi pada Bisnis Start Up di Indonesia - Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

 

Rama Mamuaya, CEO dailysocial.net juga mengungkapkan bahwa startup di Indonesia saat ini terbagi menjadi dalam tiga kelompok yaitu sebagai berikut:

  • Startup pencipta game,
  • Startup aplikasi edukasi, serta
  • Startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi.

 

Selain itu, kini mulai bermunculan komunitas founder-founder startup.

Seperti Bandung Digital Valley (bandungdigitalvalley.com), Jogja Digital Valley (jogjadigitalvalley.com), Ikitas (www.ikitas.com) Inkubator Bisnis di Semarang, Stasion (stasion.org) wadah bagi Startup lokal kota Malang, dan masih banyak lagi.

Diharapkan komunitas ini bisa menjadi sarana bagi para pengusaha startup untuk saling berbagi pengalaman dan informasi, hingga untuk memunculkan ide-ide kreatif.

 

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Beberapa Perusahaan Startup di Indonesia

Seiring dengan perkembangannya sejak tahun 1990 an, kini sudah banyak perusahaan startup yang telah memiliki nama besar di tanah air.

Beberapa contoh perusahaan tersebut adalah sebagai berikut:

 

#1 BukaLapak

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2010 ini kini telah menjajaki langkahnya hingga menjadi salah satu situs jual beli terbesar di Indonesia. BukaLapak didirikan oleh Achmad Zaky dengan visi untuk mengubah hidup banyak orang dengan memajukan UMKM lewat internet.

Kisah Sukses Achmad Zaky pendiri BukaLapak.com - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

BukaLapak.com pada awalnya lahir dari dana pribadi para pendirinya. Namun seiring dengan pertumbuhannya yang sangat pesat, pendanaan dari beberapa investor mulai bermunculan.

Beberapa investor yang tertarik mendanai BukaLapak.com adalah 500 startups, Batavia Incubator, IMJ Investment, dan juga Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK Group).

BukaLapak sendiri banyak digemari karena sistem pembayaran yang aman, dimana kasus penipuan dapat diminimalkan dengan cara penahanan pembayaran pada BukaLapak.

Pembayaran baru bisa dicairkan apabila barang sudah sampai ke pihak pembeli dengan selamat.

 

#2 Gojek

Dibalik kesuksesan Gojek, ternyata ada sosok pendiri yang bernama Nadiem Makarim yang saat ini menjabat CEO PT Gojek Indonesia.

Nadiem memposisikan PT Gojek Indonesia sebagai penyedia jasa transportasi ojek di Indonesia yang berkembang pesat setelah meluncurkan aplikasi di ponsel pada awal 2015.

Kisah Sukses Nadiem Makarim Pendiri Gojek - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Mobil Pribadi? 9 Start Up Indonesia Tawarkan Uang untuk Pasang Iklan di Mobil]

 

Gojek sendiri bergerak di bidang transportasi dan jasa pengiriman atau kurir. Ide awal munculnya gojek adalah karena Nadiem melihat permasalahan utama tukang ojek adalah waktu tidak produktif yang besar, seperti mangkal dan menunggu penumpang.

Saat di pangkalan ojek, pengemudi ojek harus bergiliran dengan pengemudi ojek lainnya.

 

#3 Tiket.com

Sesuai namanya, Tiket.com menawarkan jasa reservasi tiket secara online, mulai dari tiket pesawat, kereta api, perhotelan, hingga event .

Tiket.com menjalin kerja sama bisnis dengan PT Kereta Api Indonesia dan berbagai maskapai penerbangan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses pembelian tiket melalui internet.

Tiket.com didirikan oleh Natali Ardianto yang kemudian bergabung dengan beberapa rekannya yaitu Wenas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, dan Mikhael Gaery Undarsa.

Tiket.com terus berkembang dan akhirnya pada tahun 2013, dua tahun setelah didirikan, situs ini berhasil meraup omzet hingga 13 kali lipat omzet tahun sebelumnya.

Kisah Sukses Natali Ardianto, Pendiri Tiket.com 02 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Bisnis Startup itu Sebenarnya Apa? Apakah Menguntungkan?

 

Namun hal tersebut tidak cepat membuat Natali puas, ia mengatakan bahwa sistem penerima panggilan yang mereka gunakan belum beroperasi secara maksimal, sehingga masih ada sekitar 60% hingga 70% panggilan terabaikan.

Untuk mengatasinya, Natali langsung memilih solusi terbaik yaitu dengan mempekerjakan lebih banyak orang untuk mengatasi panggilan terabaikan tersebut. Dengan perekrutan yang terus dilakukan, jumlah pegawai Tiket.com telah mencapai lebih dari 150 karyawan pada tahun 2014.

 

Tertarikkah Anda Merintis Bisnis Startup?

Setelah melihat beberapa contoh bisnis startup dan serba serbinya, kini Anda siap memulai bisnis startup sendiri. Jangan lupa untuk melakukan beberapa riset untuk membentuk jenis usaha yang tepat dan dibutuhkan masyarakat.

Jika artikel ini bermanfaat bagi Anda, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang juga berencana memulai sebuah bisnis startup.

 

Dislaimer: Penyebutan beberapa nama merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai media pembelajaran, bukan tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai definisi startup lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Maxmanroe. Apa Itu Startup dan Bagaimana Perkembangannya di Indonesia? Maxmanroe.com – https://goo.gl/nxqad9
  • Sutan Mudo. 26 Agustus 2015. Apa Itu bisnis Startup? Dan Bagaimana Perkembangannya? Techinasia.com – https://goo.gl/33DC9y
  • Info peluang usaha. Pengertian Startup dan Contoh Bisnisnya di Indonesia. Infopeluangusaha.org – https://goo.gl/ibM7dY
  • Andrew Prasatya. 2 Agustus 2017. Mengenal Jenis-jenis dan Istilah pada Startup. Kumparan.com – https://goo.gl/BxfLPK
  • Wikipedia. Perusahaan Rintisan. Id.wikipedia.org – https://goo.gl/pX6WSi

 

Sumber Gambar:

  • Definisi Startup Adalah – https://goo.gl/N9an1F
  • Startup Adalah – https://goo.gl/HwX7bC

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-11-09T10:58:30+00:00 November 9th, 2017|Categories: Istilah Keuangan|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment