Sukses Jadi Penyanyi di Amerika, Ini Kisah Sukses Niki Zefanya

Niki Zefanya adalah seorang penyanyi muda yang namanya mulai melambung di negeri Paman Sam. Bagaimanakah kisah sukses Niki Zefanya? Yuk Simak!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Niki Zefanya dan Hobi-nya

Dikenal dengan nama panggung NIKI, gadis yang mempopulerkan lagu berjudul  Indigo ini lahir di Jakarta, 24 Januari 1999. Niki yang sedari kecil sudah akrab dengan dunia musik ini memulai pengalaman pertamanya bermusik sejak usia 8 tahun.

Sejak kelas 4 SD diakui oleh Niki bahwa ia sudah belajar memainkan alat musik Piano dan juga Gitar. Terlebih lagi mengingat sang Bunda yang juga merupakan seorang penyanyi membuat jiwa musik Niki semakin terasah.

“Aku sangat ter-influence dengan RnB tahun 90-an dan mamaku juga sering dengerin Destiny Child, Mariah Carey, Stevie Wonder, dan jadinya aku menjadi lebih suka sama musik RnB” tutur Niki dalam sebuah wawancara.

Masih dalam ingatannya jika sang bunda juga kerap kali meminta Niki untuk bernyanyi jika beliau sedang berkumpul dengan teman-temannya. Tentu lewat dukungan sang Bunda ini membuat Niki semakin menyukai dunia musik.

Menjadi seorang artis bukanlah cita-citanya, pada mulanya Niki hanya menyalurkan hobinya dengan mengcover beberapa lagu yang kemudian di unggah ke akun YouTube.

Tak hanya itu, Niki juga mengupload beberapa karya lagu ciptaannya ke dalam akun youtubenya. Lewat hobinya ini Niki mulai mendapat perhatian. Masih diingat jika Niki pernah menjadi pembuka acara di konser Taylor Swift di Jakarta pada 2014 lalu.

Bukan hanya itu, di tahun 2018 Niki pernah menjadi tamu spesial dalam tur dunia Hasley, penyanyi Amerika, yang bertajuk “Hopeless Fountain Kingdom, Halsey”. Dan masih ada lagi Niki Zefanya juga pernah membuka tiga konser Rich Brian yang digelar di Australia. Ketiga konser tersebut merupakan bagian dari Tur Australia 2018 yang digelar Rich Brian.

Kisah Sukses Niki Zefanya, Penyanyi Indonesia yang Sukses di Amrik 02

[Baca Juga: Kisah Sukses Justin Bieber, Penyanyi Internasional (Plus Rahasia Sukses) ]

Meski jalan Niki menuju karir bemusiknya sekarang terlihat mudah, dibalik prestasi yang diraihnya hingga saat ini tidak semulus yang dibayangkan. Terlebih untuk bersaing di pasar musik Internasional, ada banyak pengorbanan dan usaha yang harus dilalui.

Kesulitan dan tantangan tidak menjadi penghalang bagi Niki untuk terus berkarya, sebab menurutnya segala sesuatu yang dilakukan dengan passion akan membuat seorang artis bisa bertahan untuk terus berkarya, bahkan di dunia internasional.

 

Kisah Sukses Niki Zefanya Menembus Amerika

Menjadi diri sendiri, kunci pertama Niki yang mungkin terdengar biasa namun itulah yang membuka jalan Niki menembus pasar musik Amerika. Selepas hobinya membuat lagu dan mengcover lagu-lagu Hits.

Niki Zefanya hijrah ke Amerika pada tahun 2017 fokus untuk bersekolah dan bekerja. Tetapi ternyata jalan dan karirnya tidak lantas terhenti begitu saja.

Dengan hijrahnya Niki ke Amerika, membawa ia bertemu dengan Brian Imanuel atau lebih dikenal Rich Brian. Seorang rapper muda Indonesia yang juga sudah mendunia. 

Kisah Sukses Niki Zefanya, Penyanyi Indonesia yang Sukses di Amrik 03

[Baca Juga: Kisah Sukses Kartini Muljadi, Crazy Rich Asian Woman Indonesia]

 

Brian yang mengagumi karya-karya Niki, pada akhirnya mengajak Niki untuk tergabung dalam satu label yang sama dengannya di 88rising. 

Label tersebut adalah label bagi para penggiat dan penikmat musik hip hop di Amerika Serikat. Selain bergabung dalam label 88rising, Niki  juga pernah bekerjasama dengan musisi Randy Jackson hingga merilis EP bertajuk Wanna take this downtown?. Ia juga berkolaborasi dengan Rich Brian dalam sebuah lagu berjudul “Little Prince” yang termasuk dalam album Amen milik Rich Brian.

Kisah Sukses Niki Zefanya, Penyanyi Indonesia yang Sukses di Amrik 04

[Baca Juga: Kisah Sukses Sabana Prawirawidjaja, Pendiri Ultramilk]

 

Perjalanan karier Niki pun bersama label ini terus berkembang, bahkan satu lagunya yang berjudul “Vintage” dari album Zephyr, sukses masuk daftar Best of 2018 di Apple Music.

Setelah sederet prestasi yang luar biasa, tak lantas membuat Niki menjadi sombong. Ia yang juga sahabat Lisa Blackpink ini membagikan kisah karir dan prinsip hidupnya dalam bermusik. Berikut rangkumannya.

 

Niki Zefanya: Trending Pertama Pada Tangga Lagu Korsel

Dilansir dari liputan6, Niki Zefanya yang awal kariernya telah dikenal dengan meng-cover lagu orang lain dan menggunggahnya di YouTube. Perlahan ia menciptakan lagu sendiri dan banyak disukai pencinta musik dunia.

Salah satu lagunya yang berjudul “Spell” sempat menjadi trending nomor satu di tangga lagu Korea Selatan lewat bantuan Lisa Blackpink. 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

 

Niki Zefanya : Berkarya dan Tak Pusing Selera Pasar

Dalam menciptakan sebuah karya, Niki mengaku tak terlalu mengambil pusing dengan selera pasar. “Sejujurnya nih aku enggak terlalu memikirkan pasar atau market. Aku berpikir kalau artis sejati hanya menciptakan karya,” kata Niki.

Kisah Sukses Niki Zefanya, Penyanyi Indonesia yang Sukses di Amrik 05

[Baca Juga: Kisah Sukses Putera Sampoerna, Cucu Konglomerat Sampoerna]

 

Niki merasa tidak masalah bila karyanya tidak sejalan dengan selera pasar luas saat ini. “Jadi buat aku, kalau itu sesuai dengan selera pasar ya bagus, tapi kalau enggak ya enggak apa-apa,” ucapnya. Menurut dia, para penggemar setia akan selalu mendukung apapun yang dilakukan oleh seorang artis.

 

Dalam sebuah jumpa pers peluncuran Brand Ambasador Guess di Central Park, Grogol, Jakarta Barat. Niki mengungkapkan jika sumber inspirisinya dalam menciptakan sebuah lagu.

Menurutnya dalam mendapat inspirasi, dia selalu menemukannya ketika ia sedang melakukan aktivitas sehari-harinya.

Kisah Sukses Niki Zefanya, Penyanyi Indonesia yang Sukses di Amrik 06

[Baca Juga: Kisah Sukses Amancio Ortega, Pebisnis Sukses dan Bos Zara]

 

“Inspirasi datang dari film, atau ketika aku jalan-jalan. Dan itu biasanya datang begitu saja” kata Niki.

“Dan sebenarnya cara paling mudah untuk mencari inspirasi ya kamu harus banyak jalan-jalan saja” lanjutnya lagi. Dan tentu selain itu, Niki mengakui jika sang Bunda juga turut berperan dalam mempengaruhi seleranya dalam bermusik.

 

Belasan Karya Musik Niki Zefanya dalam Kurun Waktu 5 tahun

Terhitung sejak tahun 2016, Niki telah merilis belasan lagu dan beberapa album.

Sebut saja beberapa lagu jagoan miliknya Polaroid Boy merupakan single di tahun 2016, kemudian Anaheim, See U Never, I Like U dan Chilly yang dirilis sepajang tahun 2017, masih ada Vintage, Spell, Dancing with the Devil di album Zephyr dan Warpaint  di album Head in the Clouds tahun 2018. Tak lupa juga lowkey, Indigo dan La La Lost You di tahun 2019 kemarin. Jika masih ada lagi, masih ada satu single yang berjudul “Awali hari dengan Cinta” yang dirilis pada tahun 2014.

 

Pesan Niki Jika Mau Go International

Niki Zefanya memberikan pesan kepada artis muda tanah air yang ingin berkiprah di industri musik dunia seperti dirinya. “Dan saran aku buat artis muda yang mau bermusik seperti aku, jadi dirimu sendiri, memang itu kedengarannya klise banget, tapi kamu harus mulai dari situ dulu,” kata Niki.

Menurut Niki, segala sesuatu yang dilakukan dengan passion akan membuat seorang artis bisa bertahan untuk terus berkarya, bahkan di dunia internasional sekalipun.

Demikian kisah perjalanan karir seorang Niki Zefanya, gadis muda yang sudah menembus pasar Internasional di Amerika. Apakah kisah ini juga menginspirasi kamu untuk sukses seperti Niki?

Jangan lupa juga untuk download aplikasi Finansialku untuk memudahkan kamu dalam pencatatan keuangan. Aplikasinya dapat di-download di Google Play dan App Store.

 

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 20 September 2019. Pertajalan Karir Bermusik Niki Zefanya Hingga Tembus Kancah Internasional. Manado.tribunnews.com- https://bit.ly/2PhOsZz
  • Sapto Purnomo. 19 Agustus 2019. 4 Prestasi Niki Zefanya, Penyanyi Lagu Indonesia Raya di Amerika Serikat. Liputan6.com- https://bit.ly/2Tjmr59
  • Rena Pangesti. 13 Juli 2019. Perjalanan Karier Unik Niki Zefanya, dari Cover Lagu Hingga Merambah Amerika. Celebrity.okezone.com- https://bit.ly/2vTweqk
  • Ira Gita. 20 September 2019. Niki Zefanya dan Cerita Karier Musiknya di Kancah Internasional. Entertainment.kompas.com- https://bit.ly/37QUQxl

 

Sumber Gambar:

  • Niki 01 – https://bit.ly/2wlIkc2
  • Niki 02 – https://bit.ly/2PI9SiO
  • Niki 03 – https://bit.ly/2PEr1tu
  • Niki 04 – https://bit.ly/2uNVRbU
  • Niki 05 – https://bit.ly/2VEqLP5
  • Niki 06 – https://bit.ly/39iqgOt

About the Author:

Angga Tammara, A.Md.
Seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta di Bandung. Menyukai berbagai kegiatan dan pengalaman yang dapat menambah wawasan dalam pengembangam diri, khususnya dalam mempelajari manajemen, strategi bisnis, kuliner dan fenomena yang terjadi sehari-hari. Gunung, danau, pantai dan menikmati perbedaan kultur dan kultus di waktu lepas, menjadi cara untuk mengaktualisasi diri dan menempatkan itu semua sebagai warisan cerita dalam bersosialisasi.

Leave A Comment