Di antara daftar 50 orang terkaya di Indonesia yang dirilis majalah Forbes, terselip nama Putera Sampoerna.

Ia berhasil menjadikan Sampoerna sebagai salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia.

Kisah suksesnya itu bisa jadi pelajaran berharga. Apa sajakah itu? Yuk simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Mengenal Sosok Putera Sampoerna

Putera Sampoerna merupakan ahli waris perusahaan tembakau HM Sampoerna. Ia memperoleh pendidikan di Diocesan Boys School, Hong Kong. Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya di Carey Grammar High School, Melbourne.

Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan di University of Houston, Texas, AS. Wah, sudah menjelajah ke beberapa benua, ya? Bisa jadi, inilah yang membuat perspektif Putera Sampoerna menjadi luas.

Pada awalnya, perusahaan HM Sampoerna merupakan industri rumah tangga. Perusahaan ini didirikan oleh Liem Seeng Tee, keturunan Tionghoa yang tinggal di Surabaya sejak 1930. Liem memilih nama Sampoerna sebagai nama keluarganya di Indonesia.

Kisah Sukses Putera Sampoerna, Cucu Konglomerat Sampoerna 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Pertanyaan Orang Sukses yang Ditanyakan Pada Diri Tiap Hari]

 

Tidak sembarang nama dipilih. Dalam Bahasa Indonesia, Sampoerna berarti kesempurnaan. Ini kemudian menjadi nama perusahaan.

Putera adalah generasi ketiga dari keluarga Sampoerna di Indonesia. Itu artinya, Putera merupakan cucu dari Liem Seeng Tee, pendiri perusahaan Sampoerna. Kegigihan sang kakek tercermin pada sosok Putera.

Sekitar tahun 1978, Putra menjadi pimpinan PT HM Sampoerna Tbk. Pada saat kepemimpinannya, ia menghadirkan rokok rendah tar yaitu rokok mild.

 

Merintis Karier dari Bawah

Banyak orang berpikir bahwa menjadi ahli waris merupakan cara instan untuk sukses. Namun, tidak demikian dengan Putera Sampoerna. Justru, ia merintis karier dari bawah.

Lulus dari perguruan tinggi, Putera tidak langsung berkecimpung di perusahaan bisnis keluarga Sampoerna tersebut. Sebelumnya, pria yang lahir di Belanda ini pernah bekerja sebagai pengelola sawit di Singapura.

Pada tahun 1980, barulah Putera kembali ke Surabaya untuk bergabung dalam operasional PT Sampoerna. Lewat pengalamannya bekerja di perusahaan sawit milik pengusaha Malaysia, ia menjadi figur penting untuk perusahaan tembakau terbesar di Indonesia.

 

Mampu Menciptakan Inovasi

Sosok yang mampu menciptakan inovasi adalah yang diperlukan untuk mengembangkan perusahaan. Hal tersebut ada pada sosok Putera Sampoerna.

Putera menciptakan kebijakan dan inovasi demi kemajuan perusahaan tersebut. Salah satunya terobosan barunya yang paling terkenal yaitu produk rokok A Mild.

A Mild mempunyai kadar tar dan nikotin yang sangat rendah. Ini diciptakan karena perokok terkadang harus bersembunyi untuk menikmati rokok.

Kisah Sukses Putera Sampoerna, Cucu Konglomerat Sampoerna 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Kartini Muljadi, Crazy Rich Asian Woman Indonesia]

 

Pasalnya, mereka sering mendapat teguran dari orang terdekat karena asap. Karena itu, rokok A Mild hadir untuk mengurangi jumlah asap yang dihasilkan serta bau menyengat.

Sejak itulah permintaan rokok jenis mild semakin meningkat. Hal ini membuat Sampoerna menjadi salah satu deretan rokok lokal yang menguasai pangsa pasar dalam negeri, selain Gudang Garam dan Djarum.

 

Menjual Perusahaan

Perusahaan Sampoerna sudah semakin maju. Namun, Putera mengambil keputusan besar untuk menjual saham perusahaannya kepada raksasa bisnis tembakau, Philip Morris International.

Sekitar 92,5 persen saham HM Sampoerna dijual pada Philip Morris International. Nilainya kira-kira mencapai US$ 2 miliar. Keputusan ini cukup mengejutkan. Pasalnya, PT HM Sampoerna sendiri sedang dalam performa baik pada 2004.

Namun, jangan salah. Putera yang memiliki pola pikir jangka panjang tidak lantas berfoya-foya menghabiskan uang hasil penjualan saham perusahaan tersebut.

Ia justru mengolah dananya untuk membuka beberapa perusahaan di bidang lain, seperti keuangan, perkebunan, telekomunikasi, hingga perkayuan. Dengan ini, ia bisa mengeksplorasi kemampuannya dalam mengelola bisnisnya.

 

Cinta Kegiatan Sosial dan Dunia Pendidikan

Putera Sampoerna berhasil mendirikan organisasi sosial bernama Putera Sampoerna Foundation (PSF). Organisasi ini aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial.

Saking pedulinya dengan pendidikan anak bangsa, Putera mampu menjembatani para calon mahasiswa Indonesia yang ingin belajar di universitas di Amerika Serikat dengan beasiswa. Melalui program beasiswa ini, banyak orang Indonesia yang bekerja di Amerika Serikat.

Lewat Sampoerna Foundation, Putera memiliki sejumlah program untuk pembangunan bangsa. Beberapa di antaranya yaitu program pendidikan, pemberdayaan perempuan, wirausaha, dan bantuan kemanusiaan.

Atas upayanya ini, Putera Sampoerna menerima penghargaan Peace Through Commerce Medal Award oleh pejabat perdagangan Amerika Serikat. Keren, ya?

 

Meneladani Jejak Putera Sampoerna

Menjadi pengusaha bukan hanya memikirkan profit untuk diri sendiri saja, tetapi juga orang sekitar.

Kesuksesan Putera bukan hanya dinikmati keluarga besarnya saja. Orang lain pun turut merasakannya lewat kegiatan sosial dan beasiswa yang diadakan organisasi Sampoerna.

Selain itu, zaman semakin maju. Inovasi pun sangat diperlukan. Sosok visioner seperti Putera memang sangat dibutuhkan. Selalu mencari peluang jika itu untuk hal baik. Semakin gigih, hasil pun akan mengikuti.

Peluang datang kapan saja, namun apakah peluang tersebut akan membawa kita pada kesuksesan atau tidak bergantung pada respon kita.

Oleh karena itu kita harus siap sedia menangkap peluang-peluang tersebut dengan terlebih dulu mengisi pengetahuan kita agar bisa langsung digunakan saat kesempatan itu datang.

Hari ini, Finansialku mau memberikan sebuah kesempatan untuk menambah pengetahuan Anda melalui berbagai e-book gratis yang bisa Anda unduh hari ini juga.

Apa yang ada di dalamnya akan memberikan pengetahuan bagi Anda agar bisa siap sedia menangkap peluang yang menghampiri Anda.

Siapa tahu juga, apa yang kami berikan ini adalah peluang bagi Anda untuk sukses. Download bukunya sekarang tanpa ragu, GRATISS!

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Itu dia kisah sukses Putera Sampoerna. Apa kisah ini memberikan inspirasi bagi Anda? Jangan lupa bagikan kepada rekan atau kerabat Anda juga, ya. Semoga kisahnya bisa dijadikan inspirasi terutama bagi Anda pengusaha muda yang sedang merintis usaha.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 29 Juli 2019. Putera Sampoerna, Cucu Pendiri HM Sampoerna yang Masuk Jajaran Orang Terkaya RI. Liputan6.com – https://bit.ly/2GeNwQJ
  • Boby Chandro. 10 Desember 2019. Walaupun Gak Bisnis Rokok, 6 Usaha Ini Bikin Putera Sampoerna Tetap Tajir. Lifepal.co.id – https://bit.ly/36gHERw
  • Forbes.com – https://bit.ly/2Rjsxmh

 

Sumber Gambar:

  • Sampoerna 1 – https://bit.ly/2G8TJh7
  • Sampoerna 2 – https://bit.ly/2G9OVrG