Apakah Anda pernah mendengar Perry Chen pendiri Kickstarter? Sebuah website yang mendanai karya-karya kreatif dan pebisnis UMKM. Seperti apa kisah suksesn Perry Chen?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Kisah Sukses Perry Chen, Pendiri Kickstarter

Perry Chen, adalah seorang seniman yang berasal dari New York, dan dikenal sebagai salah satu pendiri platform pendanaan crowdfunding Kickstarter. Platform tersebut diluncurkan oleh Perry Chen pada tahun 2009, bersama co-foundernya Yancey Strickler dan Charles Adler.

kisah-sukses-perry-chen-pendiri-kickstarter-situs-crowdfunding-1-finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Mark Zuckerberg pendiri Facebook]

 

Perry Chen adalah alumnus dari Hunter Collage High School di kota New York. Perry Chen tumbuh dan dibesarkan di kota New York dan New Orleans. Perry Chen sempat bekerja di dunia music dan mendirikan galeri pertamanya Southfirst pada tahun 2001. Perry Chen juga masuk bergabung dalam TED Fellow pada tahun 2010 dan masuk dalam 100 orang yang paling berpengaruh pada tahun 2013.

Ide bisnis Kickstarter pertama kali terpikirkan oleh Perry dan akhirnya Perry Chen mendirikan perusahaan Kickstarter dan menjadi CEO hingga tahun 2013. Kemudian jabatan SEO diserahkan kepada Yancey. Sebelumnya Yancey menjabat posisi kepala komunitas dan kepala komunikasi di Kickstarter.

 

Apa itu Kickstarter.com?

Kickstarter.com adalah perusahaan pendanaan crowdfunding berbasiskan di kota New York. Didirikan pada tahun 2009 dan berfokus pada mendanai proyek-proyek kreatif.

Crowdfunding adalah jenis pendanaan dengan meminta bantuan dari kerumunan orang (crowd) untuk mendanai (funding) atau mendonasi sejumlah uang untuk kebutuhan tertentu (proyek profit atau non profit), bisa dengan imbalan (rewards) atau tanpa imbalan tertentu. Di Amerika sendiri tumbuh banyak website serupa, setelah Kickstarter.com tumbuh dan menjadi sukses.

kisah-sukses-perry-chen-pendiri-kickstarter-situs-crowdfunding-2-finansialku

[Baca Juga: Top 10 Situs Crowdfunding untuk Membantu Pendanaan]

 

Dikabarkan Kickstarter sudah mengumpulkan pendanaan hingga lebih dari US$ 10 juta dari para Backers, termasuk perusahaan-perusahaan ventura dan angel investors. Selain di Amerika, Kickstarter mulai membuka cabang di beberapa negara seperti United Kingdom (mulai 31 Oktober 2012), Kanada (9 September 2013), Australia dan New Zealand (13 November 2013), Denmark, Irlandia, Norwegia, Swedia (15 September 2014), Spanyol (19 Mei 2015) dan Singapura serta Hongkong (31 Agustus 2016).

 

Berikut ini salah satu tampilan website kickstarter.com

kisah-sukses-perry-chen-pendiri-kickstarter-situs-crowdfunding-3-finansialku

Jika Anda perhatikan tampilan website Kickstarter (seperti gambar di atas), maka Anda akan tahu skema kerjanya. Pertama-tama seseorang membuat penjelasan mengenai proyek yang sedang dijalankan. Contoh seorang artis bernama Chris Gore yang ingin meminta bantuan pendanaan proyeknya berjudul Save Film Threat. Proyeknya membutuhkan dana sebesar US$ 37.500 dan berita baiknya sudah ada pendanaan sebesar US$ 49.203. Artinya proyek Chris Gore dapat berjalan sesuai dengan rencana.

kisah-sukses-perry-chen-pendiri-kickstarter-situs-crowdfunding-4-finansialku

Apa yang terjadi misalkan pendanaan tidak mencukupi dana yang dibutuhkan? Jika dana yang dibutuhkan tidak dapat terpenuhi hingga akhir waktu pada tidak ada uang yang diberikan, Kickstarter akan mengembalikan uang-uang para donatur. Platform Kickstarter.com memungkinkan untuk menerima bantuan pendanaan dari semua orang di seluruh negara. Jika Anda menemukan proyek yang menarik untu Anda, tidak ada salahnya Anda coba mendanai proyek tersebut.

 

Darimana Kickstarter.com menghasilkan pendapatan?

Kickstarter.com mengenakan biaya provisi sebesar 5% dari dana yang didapat. Fee dikenakan jika proyek berhasil didanai, karena ada biaya opersional dan biaya transfer antar bank mencapai 3% – 5% . Kickstarter mengatakan bahwa proyek yang berhasil didanai, akan tetap disimpan, diarsipkan dalam websitenya. Setelah pendaaan terpenuhi, maka penjelasan mengenai proyek, media dan komentar tidak dapat dihapus dari website.

Kickstarter.com mengatakan tidak ada garansi bahwa pemilik proyek akan menjalankan proyeknya, meskipun dana sudah terpenuhi. Jadi dibutuhkan sebuah penilaian masing-masing backers (orang yang mendanani proyek). Termasuk juga proyek bisa gagal, setelah ada pendanaan. Contoh pemilik proyek tidak melakukan perhitungan biaya produksi dengan cermat, adanya kesalahan teknis dan lain sebagainya.

 

10 Kisah Sukses Proyek di Kickstarter

  1. Jam Pebble (smartwatch) berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 20.338.986 pada 27 Maret 2015.
  2. Coolest cooler berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 13.285.226 pada 29 Agustus 2014.
  3. Teknologi Pebble berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 10.226.845 pada tanggal 18 Mei 2012.
  4. The World’s Best Travel Jacket berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 9.192.055 pada tanggal 3 September 2015.
  5. Exploding Kittens berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 8.782.571 pada tanggal 19 Februari 2015.
  6. OUYA berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 8.596.474 pada tanggal 9 Agustus 2012.
  7. Shenmue 3 berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 6.333.295 pada 17 Juli 2015.
  8. PonoMusic berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 6.225.334 pada 15 April 2014.
  9. Mystery Science Theater 3000 berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 5.764.229 pada 12 Desember 2015.
  10. The Veronica Mars Movie Project berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 5.702.153 pada 12 April 2013.

 

Pelajaran Kisah Sukses dari Perry Chen pendiri Kickstarter.com

Berdasarkan pengalaman dan kisah sukses Perry Chen, terdapat beberapa hal yang bisa kita pelajari, seperti:

  1. Fokus pada pekerjaan Anda, jangan bercabang-cabang. Perry Chen memiliki ide kickstarter.com karena dirinya mengalami kesulitan saat mendanai proyek music yang ingin dijalankannya. Perry Chen mencari jalan dan menemukan ide pendanaan online yang dikenal dengan crowdfunding.
  2. Mungkin saja Anda tidak perlu menjadi pertama dalam bisnis, tetapi Anda memiliki pembeda dan kekuatan dalam bisnis.
  3. Jangan terlalu terobsesi dengan persaingan, sehingga Anda menghalalkan segala cara untuk memenangkan persaingan bisnis. Intinya tetap fokus pada tujuan dan produk.
  4. Bangun sebuah komunitas, bukan hanya produk saja. Kickstarter.com berhasil menjadi besar karena dukungan dari para backers dan orang-orang yang memiliki ide dan proyek kreatif.
  5. Bangun perusahaan, sesuai dengan value dan keyakinan Anda. Kickstarter dibangun atas dasar keyakinan Perry Chen dan teman-teman pendirinya. Nilai-nilai tersebut dapat tersampaikan dengan kuat dalam operasional harian bisnis.

 

Menurut Anda apakah situs crowdfunding seperti Kickstarter dapat membantu juga di Indonesia?

 

Sumber Referensi dan Gambar:

  • Perry Chen. https://goo.gl/1IGgDT
  • Kickstarter. https://goo.gl/bu7Rgm
  • Nina Zipkin. 28 Desember 2015. The 10 Most Funded Kickstarter Campaigns Ever. Entrepreneur.com – https://goo.gl/PvbsLl
  • Kick Starter – Perry Chen https://goo.gl/vthJa0, https://goo.gl/n0PydU

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang