Kisah Sukses Satoru Iwata, Pendiri Nintendo

Para gamers pasti tahu apa itu Nintendo, bahkan kids zaman now gak bisa dibilang sebagai gamers sejati kalau tidak tahu Nintendo!

Simak kisah sukses dibalik layar seorang pendiri Nintendo, Satoru Iwata melalui rubrik ini. Selamat membaca dan selamat terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Mengenal Sosok Satoru Iwata, CEO Nintendo

Satoru Iwata merupakan orang keempat yang memimpin Nintendo sejak perusahaan itu didirikan pada tahun 1889.

Satoru Iwata, yang lahir di Sapporo Jepang pada tahun 1959, juga merupakan presiden pertama yang tidak terkait dengan keluarga Yamauchi, pendiri Nintendo.

Pendakiannya ke posisi teratas Nintendo pada tahun 2002 bisa dibilang menakjubkan, karena ia awalnya meniti karier sebagai programmer di bidang rekayasa perangkat lunak.

Hal tersebut menjadikan Satoru Iwata sebagai satu-satunya tokoh berpengaruh di industri game yang memiliki pengalaman sebagai pencipta video game.

Dengan demikian, Satoru Iwata merupakan pencipta video game yang paling sukses sepanjang sejarah.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan majalah TIME, Satoru Iwata mengatakan tentang bagaimana keterlibatan pribadinya untuk membantu mendorong dan mengevaluasi ciri khas penemuan yang tidak kuno.

Kisah Sukses Satoru Iwata, Pendiri Nintendo 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Investasi Emas? Ketahui Dulu Cara Perhitungan Pajak Penghasilan Beli Emas]

 

Sejak tahun 1980an hingga 1990an, Satoru Iwata bekerja sebagai pencipta video game di HAL Laboratory, perusahaan game di Tokyo yang berafiliasi dengan Nintendo.

Ia membantu mengembangkan beberapa game Nintendo yang paling berkesan, termasuk Super Smash Bros.

Di studio ini juga Nintendo 64 dibuat, dibintangi oleh karakter Nintendo populer seperti Mario dan Donkey Kong. Seri ini sangat menguntungkan secara finansial dan menghasilkan puluhan juta dollar untuk perusahaan tersebut.

Setelah dipromosikan menjadi presiden HAL Laboratory pada tahun 1993, Satoru Iwata terus bekerja dengan keras untuk memajukan produk perusahaan, termasuk membuat beberapa judul dalam seri Pokémon Nintendo yang sangat populer.

 

Diangkat Sebagai CEO Nintendo

Pada tahun 2000, Satoru Iwata pindah ke Nintendo dan masuk ke divisi perencanaan.

Dua tahun setelahnya, Presiden Nintendo Hiroshi Yamauchi, yang telah memimpin perusahaan tersebut sejak 1949, memutuskan untuk pensiun dan mengangkat Satoru Iwata sebagai CEO Nintendo dan menciptakan sejumlah inovasi besar bagi perusahaan ini.

Di bawah Satoru Iwata, Nintendo memiliki Nintendo DS, handheld game dual-screen yang menggantikan Game Boy yang sempat populer dan akhirnya menantang Sony untuk meraih gelar “platform permainan terlaris sepanjang masa.”

Inovasi lain dari Satoru Iwata adalah Wii Nintendo yang juga meraih kesuksesan besar. Sekarang Wii Nintendo dapat dikatakan sebagai sistem video game yang paling dikenal dalam sejarah industri ini.

Kisah Sukses Satoru Iwata, Pendiri Nintendo 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Perlu Membeli Asuransi Mobil Rental, Jika Saya Memiliki Bisnis Penyewaan Mobil?]

 

Pada tahun 2006, Satoru Iwata secara menakjubkan bisa membangkitkan GameCube, yang tidak menarik perhatian pasar sejak diluncurkan pada tahun 2001.

Sementara itu, para kritikus kerap menuduh Satoru Iwata bereaksi terlalu lambat terhadap industri tren.

Namun, ia berhasil membuktikannya dengan melakukan perubahan radikal.

Setelah bertahun-tahun mengalami kemerosotan keuangan (diperburuk oleh konsol game Wii U yang kurang mendapat perhatian), dia mengumumkan rencana untuk mengembangkan game smartphone dan tablet.

Pada tahun 2011, Satoru Iwata membantu meluncurkan serial video yang dijuluki Nintendo Direct.

Serial video ini merupakan video tentang aktivitas “dapur” perusahaan Nintendo, yang meraih perhatian dari para pecinta Nintendo.

 

Masalah Kesehatan dan Akhir Hidup Satoru Iwata

Masalah kesehatan Satoru Iwata pertama kali ditayangkan pada bulan Juni 2014, ketika Satoru Iwata, yang telah merencanakan untuk menghadiri sebuah pertunjukan secara misterius mundur.

Pada saat itu, Nintendo mengatakan bahwa dokter pribadi Satoru Iwata telah memperingatkannya untuk tidak melakukan perjalanan, namun dia tidak mengatakan alasannya.

Beberapa minggu kemudian, perusahaan tersebut mengungkapkan Satoru Iwata sedang berjuang melawan kanker, yakni tumor di saluran empedunya.

Pada saat itu dia menjalani operasi, dan prospeknya terdengar penuh harapan karena para dokter rupanya telah menemukan tumornya lebih awal.

Ketika dia kembali tampil di video Nintendo Direct mengikuti E3, dia jelas lebih kurus, tapi sepertinya tidak terpengaruh dengan penyakit yang ia derita.

CEO dan Presiden Satoru Iwata, 55, meninggal setelah berjuang melawan kanker saluran empedu selama lebih dari setahun.

Kisah Sukses Satoru Iwata, Pendiri Nintendo 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kabar Gembira! Ada Ide Bisnis Rumahan Bagi Pecinta Binatang Peliharaan]

 

Pelajaran Hidup dari Satoru Iwata tentang Kesuksesan

Satoru Iwata mengambil jurusan ilmu komputer saat masih duduk di bangku kuliah.

Meskipun kemerosotan Nintendo sejak bangkitnya smartphone dan game berbasis smartphone mulai di sekitar 2008 dan seterusnya, Satoru Iwata tetap mengarahkan perusahaan tersebut dengan penuh percaya diri.

Inilah lima pelajaran hidup dan kesuksesan yang bisa dipelajari dari Satoru Iwata, CEO Nintendo.

 

#1 Jika Anda Gagal, Segera Perbaiki

Pada tahun 2001, Satoru Iwata merilis konsol game Nintendo – The GameCube. Meski terjual 22,6 juta unit di seluruh dunia, ia merasa tak mencapai kesuksesan yang diharapkan.

Setelah itu, dengan cepat konsol game Nintendo digantikan oleh Xbox, kompetitor video game.

Satoru Iwata, yang baru saja mengambil alih komando perusahaan mengetahui bahwa ia harus bertindak cepat untuk membalikkan keadaan itu.

Dia memiliki tiga tantangan di depan: untuk mengembangkan konsol inovatif dan user-friendly serta terjangkau. Dia harus mendapatkan kembali “tanah yang hilang.”

Begitulah cara para insinyur mengembangkan Nintendo Wii, yang menjadi industri video game paling sukses.

Dirilis pada tahun 2006, Nintendo Wii mengungguli pesaingnya dalam hal penjualan dan memperoleh keuntungan besar bagi perusahaan.

Kisah Sukses Satoru Iwata, Pendiri Nintendo 05 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan Tanpa Mengorbankan Kebahagiaan Anak-anak]

 

#2 Adaptasi dengan Lingkungan

Seringkali, Satoru Iwata dikritik karena bereaksi lamban terhadap tren pasar. Selama bertahun-tahun, presiden perusahaan Nintendo enggan mengembangkan game untuk smartphone gratis atau murah serta game mobile lainnya.

Namun, perlawanan ini segera lenyap. Satoru Iwata akhirnya mengakui sudah saatnya Nintendo pindah ke ranah baru.

“Dunia berubah, dan setiap perusahaan yang tidak beradaptasi dengan perubahan itu akan hilang.”

 

Perusahaan Nintendo berencana untuk bermitra dengan perusahaan game mobile Jepang. Ide tersebut mengembangkan game untuk smartphone berdasarkan karakter Nintendo yang populer.

Kisah Sukses Satoru Iwata, Pendiri Nintendo 06 - Finansialku

[Baca Juga: Gunakan Facebook Sebagai Salah Satu Cara Mengembangkan Bisnis E-Commerce]

 

#3 Miliki Hati Pelanggan

Satoru Iwata adalah seorang jenius dalam hubungan masyarakat. Dengan kepribadiannya yang menyenangkan, menyegarkan dan spontan, ia menjadi pemimpin yang dicintai dan dihormati di komunitas video gamers.

Pada tahun 2011 Satoru Iwata berpartisipasi dalam peluncuran seri video yang disebut Nintendo Direct, di mana secara pribadi ia mengungkapkan beberapa kejutan besar yang akan diluncurkan oleh perusahaan tersebut.

Selain itu, ia biasa mengejutkan penggemarnya dengan tampil menyamar sebagai tokoh yang meriah dalam presentasi publik.

Kisah Sukses Satoru Iwata, Pendiri Nintendo 07 - Finansialku

[Baca Juga: Beberapa Hal Penting Yang Anda Perlu Tahu Sebelum Melakukan Bisnis Kuliner]

 

Selanjutnya, mantan CEO Nintendo menciptakan seri Iwata Asks, di mana tim tersebut mewawancarai beberapa pengembang game, menawarkan kepada para penggemarnya melihat sejarah dan anekdotnya.

Tapi Satoru Iwata juga mengerti pentingnya mendengar ulasan negatif dari pelanggan mereka.

Ketika penggemar menanggapi secara negatif suatu gagasan, segera ubah strategi.

Seperti yang terjadi baru-baru ini di mana Nintendo DS yang menghasilkan ulasan negatif di pameran teknologi.

Dengan segera Satoru Iwata men-tweet sebuah pesan di mana dia mengucapkan terima kasih kepada para penggemarnya atas komentar mereka dan berjanji untuk memenuhi harapan mereka.

 

#4 Mengambil Tanggung Jawab

Dikabarkan bahwa Nintendo akan kehilangan pamornya dalam jumlah besar. Hal ini disebabkan beberapa faktor, termasuk penjualan beberapa produk baru yang buruk seperti versi baru Wii dan 3DS, serta jatuhnya yen terhadap dolar.

Dalam situasi ini, investor sama sekali tidak senang, dan banyak yang menduga bahwa karya Satoru Iwata bisa berisiko.

Sebagai bagian dari strategi untuk mengatasi krisis tersebut, Satoru Iwata dengan cepat menerima tanggung jawab publik atas kemunduran perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu, keputusannya itu termasuk memotong gajinya selama lima bulan dan menyebabkannya kehilangan beberapa obligasi untuk mencari kompensasi dari kemerosotan tersebut.

Ia mengungkapkan bahwa:

“Saya merasa bertanggung jawab untuk merusak kepercayaan dari pelanggan kami, kami telah secara signifikan mempengaruhi perkiraan keuangan bahwa dividen tahunan telah lebih rendah dari yang diharapkan … Dengan pengurangan ini, kami berusaha menunjukkan sikap tulus bahwa kami menerima tanggung jawab kami. Adalah tugas kami untuk memulihkan kinerja keuangan dan membawa Nintendo kembali posisi terdepan di pasar.”

 

#5 Terlibat dalam Setiap Proses

Salah satu kualitas yang paling berkesan dari ketertarikannya adalah terlibat dalam setiap proses penciptaan dan pengembangan video game.

Dan, seperti yang dia tunjukkan, seorang pemimpin yang baik tidak terbatas untuk mengeluarkan perintah dari kantornya.

Satoru Iwata, seorang insinyur komputer ternama, juga seorang gamer, adalah sosok yang sangat menyadari produk perusahaannya.

Dia memulai kariernya di Nintendo sebagai programmer, dan diangkat sebagai CEO.

Sebagai CEO, dia tetap turun tangan untuk mengembangkan game Nintendo. Versi populer dari Pokémon adalah hasil kreativitas dan karyanya.

 

Kepemimpinan adalah Kunci Kesuksesan Satoru Iwata

Kesuksesan Satoru Iwata semasa hidupnya merupakan buah dari gaya kepemimpinannya yang baik.

Pemimpin yang baik bukan sekadar bos yang hanya menyuruh bawahannya.

Ia selalu turun tangan dan bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi di bawah kepemimpinannya.

Untuk meraih kesuksesan, Anda juga harus mencintai apa yang Anda lakukan dan menjadi yang terbaik di bidangnya. Seperti yang Satoru Iwata katakan pada tahun 2005 dalam pidatonya di Konferensi Pencipta Game di San Francisco, California.

“Di kartu namaku, aku seorang presiden perusahaan. Di pikiranku, aku seorang pencipta game. Di hatiku, aku adalah seorang gamer.”

 

Apakah kisah Satoru Iwata menginspirasi Anda? Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Stephen Totilo. 13 Juli 2015. The Game Maker Who Became CEO: What Satoru Iwata Meant To Nintendo. Kotaku.com – https://goo.gl/fnvi5B
  • Matt Peckham. 13 Juli 2015. Why Nintendo President Satoru Iwata Mattered. Time.com – https://goo.gl/Wf6Nz8
  • Admin. Satoru Iwata. Wikipedia.com – https://goo.gl/VNdZaw
  • Eser Hangul. Satoru Iwata: 5 Lessons of Former CEO of Nintendo. Tinobusiness.com – https://goo.gl/SPZnqW
  • Steven Millward. 13 Juli 2015. RIP Nintendo CEO Satoru Iwata. Here Are 5 Ways He Was a Great Leader. Techinasia.com – https://goo.gl/2GpgJ3

 

Sumber Gambar:

  • Satoru Iwata – https://goo.gl/mQvpGT dan https://goo.gl/QybWvC
  • Kisah Sukses Satoru Iwata – https://goo.gl/8eX9hk
  • Pendiri Nintendo – https://goo.gl/XixFGP dan https://goo.gl/Hzjnua
  • Satoru Iwata dan Nintendo Wii – https://goo.gl/AWD1HL
  • Satoru Iwata dan Mario Bross – https://goo.gl/VtEQz3

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment