Belakangan ini publik heboh dengan penjualan koin Rp 1000 kelapa sawit yang dibanderol dengan harga Rp 100 juta. Kenapa sih?

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Uang Koin Rp 1000 Kelapa Sawit Dibanderol Ratusan Juta?

Harga uang koin pecahan Rp 1000 bergambar kepala sawit tahun emisi 1993 kembali merebut perhatian publik. Pasalnya, di lapak online uang tersebut dijual dengan harga Rp 100 juta.

Penjualan dengan harga yang bisa buat DP rumah itu bisa ditemukan di beberapa lapak online, seperti Bukalapak, Shopee, hingga Tokopedia.

Uang logam lawas yang diterbitkan oleh Bank Indonesia (BI) sejak 8 Maret 1993 itu ada yang ditawarkan dengan harga mencapai Rp100 juta per keping.

Salah satunya akun dengan nama blue_shark88 yang berlokasi di Cilacap, Jawa Tengah di lapak online Shopee.

Ada pula yang menawarkan koin kelapa sawit itu dengan harga Rp 100 juta di Tokopedia dengan akun Keren Sobh yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat.

Meski begitu, belum diketahui pasti apakah ada orang yang membeli uang kuno tersebut atau tidak.

Harga yang selangit tersebut membuat warganet ramai membicarakannya. Beberapa diantaranya menanggapinya dengan kocak. Berikut beberapa komentar warganet:

Gw di rumah masih banyak uang koin seribu kelapa sawit. Bisa kaya mendadak ini

Kebiasaan papaku simpen duit lama buat kenang-kenangan patut ditiru

Wow! Uang Koin Rp 1000 Kelapa Sawit Dijual Ribuan Kali Lipat 02

[Baca Juga: Bernilai Tinggi, Apa Barang Koleksi Termasuk Instrumen Investasi?]

 

Seperti yang diketahui, penjualan uang koin kelapa sawit ini biasanya untuk kebutuhan pembuatan mahar atau seserahan. Modelnya bisa dihias dan dibingkai kaca dengan menandakan filosofis tersendiri

Terlepas dari itu, Bank Indonesia sebelumnya mengatakan bahwa uang logam bergambar kelapa sawit tersebut masih bisa digunakan sebagai alat transaksi. BI belum mencabut peredaran uang tersebut.

Sebenarnya harga rata-rata uang koin kelapa sawit ini berkisar Rp 2.000 sampai Rp 5.000 per keping. Pada kisaran tersebut, banyak koin yang sudah laku terjual.

Mengutip CNN Indonesia, Kamis (18/06) salah satu penjual uang koin dengan akun @annasfadloli yang berlokasi di Ponorogo, Jawa Timur di Shopee menawarkan harga mulai dari Rp 2.100 per keping untuk uang koin kelapa sawit yang memiliki cacat, seperti bolong dan berkarat.

Sementara uang koin kelapa sawit yang sudah dibersihkan dibanderol dengan harga Rp 3.600 per keping.

Dari harga yang ditawarkan ini, setidaknya sudah ada 2.400 keping koin yang terjual dan masih memiliki stok sekitar 101 keping.

Annas mengatakan penjualan uang koin kelapa sawit sebenarnya sudah dilakukannya sejak 2015 lalu. Ia mengaku berjualan koin jadul itu karena banyak peminatnya.

“Karena memang ada peminatnya, banyak orang yang cari untuk koleksi atau sebagai bahan mahar,” ujar Annas mengutip dari CNN Indonesia.

Pada umumnya, barang-barang yang memiliki historis dan langka kerap dikaitkan dengan harga yang tinggi. Beberapa orang meyakini bahwa kualitas barang zaman baheula itu lebih baik dari barang baru.

Perlu diingat, jika kamu ingin beli barang langka, diperlukan ketelitian dan perhitungan yang tepat sebelum membayarnya agar terhindar dari penyesalan.

Barang langka memang bisa juga dijadikan investasi, peluang usaha atau hanya sekedar buat pajangan. Tergantung kepentingannya.

Tapi ingat, jangan sampai berinvestasi pada sesuatu yang tidak kamu pahami ya! Kalau tertarik, kamu bisa belajar mengenai ilmu dasar investasi secara gratis dari website Finansialku.com.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Praktis Investasi Reksa Dana Pertama

Ebook Reksa Dana Pertama Kamu

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 17 Juni 2020. Koin Rp1.000 Bergambar Kelapa Sawit Dijual Online Rp100 Juta. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/2NkI7LD
  • Sylke Febrina Laucareno. 17 Juni 2020. Uang Koin ‘Kelapa Sawit’ Harganya Mahal Banget? Detik.com – https://bit.ly/3fuT6he
  • Mia Chitra Dinisari. 17 Juni 2020. Sedang Viral, Uang Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Dijual Ratusan Juta. Bisnis.com – https://bit.ly/2zMen7a

 

Sumber Gambar:

  • Koin 1000 01 – https://bit.ly/3fAZgMZ
  • Koin 1000 02 – https://bit.ly/2YPp554