Apakah Anda tahu apa kolam renang termahal di dunia? Di manakah letak kolam renang termahal itu?

Untuk mengetahuinya mari kita simak artikel berikut!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kolam Renang Termahal di Dunia

Apakah Anda hobi berenang? Jika ya, di manakah Anda biasanya berenang? Sudahkah Anda mencoba kolam renang termahal di dunia?

Sebagian kolam renang termahal di dunia ini ada yang dibuka untuk umum lho. Apakah Anda berminat mencobanya?

Kolam renang termahal di dunia ini menghabiskan jutaan bahkan miliaran dolar untuk membangunnya. Jika dirupiahkan mencapai miliaran hingga triliunan rupiah.

Kolam Renang Termahal di Dunia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Penting Gak Penting! 10 Benda Termahal di Dunia yang Pernah Dibeli Orang Kaya Raya]

 

Namun, sebenarnya apa yang membuat kolam renang tersebut mahal? Biasanya harga kolam renang tersebut mahal karena teknologi yang digunakan untuk  membangun kolam renang yang besar serta kedalaman yang sangat dalam.

Selain itu, bisa dikarenakan penggunaan bahan material yang mewah seperti marmer, ubin mosaik, atau elemen desain lainnya.

Fitur-fitur lainnya seperti water slides, air mancur, serta sistem kontrol yang canggih juga dapat menyebabkan kolam renang tersebut menjadi sangat mahal.

Apakah Anda sudah penasaran kolam renang seperti apa sih yang termahal di dunia? Langsung saja, ini dia top 10 kolam renang termahal di dunia.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Top 10 Kolam Renang Termahal Di Dunia

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi top 10 kolam renang termahal di dunia. Berikut top 10 kolam renang termahal di dunia.

 

#10 San Alfonso del Mar

Kolam renang ini berlokasi di kota resort Algarrobo di pantai selatan Chili. Kolam renang ini memang sangat besar. Bahkan Anda bisa mengarunginya dengan perahu. Apakah Anda terbayang seberapa besar kolam renang ini?

San Alfonso del Mar berukuran lebih dari 8 hektar. Ukuran tersebut 6.000 kali lebih besar dari kolam renang hotel rata-rata. Wah, besar sekali kan?

Tak heran jika San Alfonso del Mar pernah dinobatkan sebagai kolam terbesar di dunia oleh Guinness Book of World Records pada tahun 2008.

Kolam Renang Termahal di Dunia 03 San Alfonso del Mar - Finansialku

[Baca Juga: 11 Tempat Wisata Dunia Yang Wajib Anda Kunjungi! Ada Indonesia Lho!]

 

Waktu yang dibutuhkan untuk membangun kolam ini pun lumayan lama yaitu 5 tahun.

Biaya yang dikeluarkan pun fantastis, yaitu hampir US$2 miliar (sekitar Rp29 triliun).

Kolam renang ini menggunakan teknologi penyaringan air asin inovatif yang dibuat oleh Crystal Lagoons untuk memurnikan lebih dari 2,5 juta liter air laut untuk mengisi kolam.

Kolam ini resmi dibuka pada tahun 2007 sebagai bagian dari resort San Alfonso del Mar. Sayangnya, kolam renang ini tidak dibuka untuk umum. Namun, semua tamu serta penghuni resort San Alfonso del Mar memiliki akses yang tidak terbatas.

 

#9 Seagaia Ocean Dome

Kolam renang satu ini memberikan konsep yang menarik. Pengunjung bisa berselancar (surfing) serta terdapat gunung berapi buatan yang meletus setiap 15 menit sekali.

Kolam renang yang panjangnya mencapai 300 meter dan lebarnya 100 meter ini berada dalam ruangan (indoor) lho. Walaupun indoor, tapi Seagaia Ocean Dome memiliki atap yang bisa di buka.

Kolam Renang Termahal di Dunia 04 Seagaia Ocean Dome - Finansialku

[Baca Juga: 15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri. Cek Perbatasan Nomor 12!]

 

Untuk membangun Ocean Dome ini dibutuhkan biaya hingga US$2 miliar (sekitar Rp29 triliun).

Ocean Dome dibuka pada tahun 1993. Namun, sayangnya sejak saat itu kolam ini sudah ditutup beberapa kali karena perubahan kepemilikan serta kesulitan keuangan.

Lalu, pada bulan Oktober 2007, Ocean Dome ditutup saat resort memulai renovasi serta restrukturisasi yang besar.

 

#8 Nemo 33

Terbayangkah Anda jika kolam renang ini memiliki kedalaman hingga 33 meter?

Kolam Nemo ini memang dikenal dengan kolam renang buatan manusia terdalam di dunia. Dengan kedalaman tersebut, tentu saja kolam ini memang sangat cocok untuk diving.

Di Nemo 33 terdapat terowongan bawah air serta ruang bagi para pengunjung untuk dijelajahi.

Pembangunan kolam ini mencapai 7 tahun lamanya. Kolam ini menghabiskan biaya hingga lebih dari US$3 juta (sekitar Rp43,5 miliar).

Kolam Renang Termahal di Dunia 05 Nemo 33 - Finansialku

[Baca Juga: Wow! Ini Dia 17 Material Termahal Di Dunia Sepanjang Masa]

 

Nemo dibuka untuk umum pada tahun 2004. Kolam ini juga digunakan oleh penyelam scuba serta kru film yang ingin membuat film adegan di bawah air. Para penyelam bersertifikat dapat menggunakan kolam dengan harga US$30 (sekitar Rp435 ribu).

Namun, jika pengunjung lainnya belum bisa menyelam maka para pengunjung juga bisa mengambil kelas untuk belajar menyelam dengan aman.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#7 Hearst Castle

California’s Hearst Castle bisa dikatakan sebagai rumah dari 2 kolam mewah yang paling terkenal di dunia, yaitu kolam Neptunus dan kolam Romawi.

Kolam Neptunus berada di luar ruangan, sedangkan kolam Romawi berada di dalam ruangan. 

Hearst Castle dibangun antara tahun 1924 dan 1936. Seluruh properti serta kolam renang dan semua perabotan berharga kurang dari US$10 juta (Rp145 miliar).

Kolam-kolam ini dirancang menyerupai pemandian romawi kuno dan dipenuhi dengan mosaik marmer yang tak ternilai dan ubin yang rumit.

Kedua kolam ini juga dipenuhi dengan karya-karya seni besar dari keluarga Hearst seperti patung-patung yang dibuat oleh pengrajin Italia.

Kolam Renang Termahal di Dunia 06 Hearst Castle - Finansialku

[Baca Juga: Top 15 Sepatu Termahal di Dunia, Coba Tebak Berapa Harganya?]

 

Selain itu, seluruh area kolam Neptunus, termasuk dinding-dinding serta langit-langit ditutupi oleh ribuan ubin mosaik berjajar dengan emas. Oleh karena itu, kolam-kolam ini akan sulit ditiru dengan harga berapa pun.

Pengunjung dapat mengunjungi mansion dengan tur siang dan malam yang tersedia. Namun, bagaimana jika Anda ingin berenang di salah satu kolam tersebut?

Beberapa kali dalam setahun, mansion ini mengadakan lelang dimana para pengunjung dapat tawar menawar kesempatan untuk menghabiskan malam di tempat tersebut atau berenang di kolam mewah tersebut.

 

#6 Lev Leviev Residence

Pada tahun 2008, seorang miliarder Israel bernama Lev Leviev dan keluarganya pindah ke sebuah rumah pribadi yang paling mahal yang pernah dibangun di Inggris.

Rumah tersebut terletak di London Utara.

Untuk membangun rumah tersebut menghabiskan biaya sebesar US$68 juta (Rp986 miliar). Rumah tersebut juga merupakan rumah bagi salah satu kolam renang pribadi termahal di dunia.

Kolam Renang Termahal di Dunia 07 Lev Leviev Residence - Finansialku

[Baca Juga: Penting Gak Penting! 10 Benda Termahal di Dunia yang Pernah Dibeli Orang Kaya Raya]

 

Kolam renang di dalam ruangan Leviev tersebut dilapisi dengan ubin emas serta memiliki spa dan sauna yang lengkap.

Hal menarik lainnya, ketika pesta, kolam renang ini memiliki penutup yang dapat ditarik yang seketika mengubah area menjadi ballroom mewah. Wah..keren sekali kan?

Namun, sayangnya kolam ini tidak dibuka untuk umum. Kolam ini hanya untuk teman dan keluarga Leviev saja.

 

#5 Gellert Thermal Baths

Kolam ini terletak di Budapest, Hungaria. Pemandian Air Panas Gellert ini dibangun antara tahun 1912 dan 1918.

Pemandian Air Panas Gellert ini juga merupakan salah satu pemandian umum tertua dan paling terkenal di dunia yang masih beroperasi.

Pemandian Air Panas ini memiliki beberapa kolam yang berukuran lebih dari 700 meter persegi. Kolamnya pun juga bervariasi. Ada kolam ombak outdoor, kolam renang anak-anak, serta pemandian romawi yang mewah.

Kolam Renang Termahal di Dunia 08 Gellert Thermal Baths - Finansialku

[Baca Juga: 7 Bumbu Dapur Termahal di Dunia. 2 di Antaranya Ada di Indonesia Lho!]

 

Kolam-kolam di Gellert ini berasal dari lebih dari 100 mata air mineral panas. Banyak orang yang menyakini dapat memberikan kesembuhan secara alami. Kolam ini terbuka untuk umum sehingga siapa saja bisa menikmatinya dengan biaya tertentu. Apakah Anda berminat mencobanya?

 

#4 Umaid Bhawan Palace

Umaid Bhawan Palace berada di India. Umaid Bhawan Palace adalah bagian dari hotel, serta bagian kediaman kerajaan.

Tempat ini selesai dibangun pada tahun 1943. Pada saat itu, Umain Bhawan Palace menjadi rumah terbesar di dunia.

Selain itu, untuk membangun rumah ini dibutuhkan pekerja lebih dari 3.500 orang. Biaya yang dikeluarkan pun tentunya tidak sedikit. Biayanya berkisar lebih dari US$225 ribu (Rp3,3 miliar). Waktu yang diperlukan pun juga sangat lama yaitu 15 tahun untuk menyelesaikannya.

Fitur di istana yang paling spektakuler adalah adanya kolam renang di dalam ruangan yang letaknya jauh di bawah bangunan.

Kolam Renang Termahal di Dunia 09 Umaid Bhawan Palace - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Tahu Mewahnya 10 Apartemen Termahal di Dunia? Cek Di Sini!]

 

Kolam tersebut dikenal dengan nama “Zodiac” yang merupakan kolam renang melingkar dan bertema Art Deco klasik.

Bagian bawah kolam ditutupi oleh ubin mosaik bergambar tanda-tanda zodiac. Sedangkan dinding-dinding dan langit-langit di ruangan ditutupi oleh ribuan ubin yang dilapisi emas.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

#3 Sarojin Resort

Sarojin Resort terletak di Thailand. Sarojin Resort adalah rumah dari salah satu kolam hotel paling mewah di dunia. Lokasinya di dekat area resort Phuket.

Sarojin ini telah dinobatkan sebagai hotel kecil paling mewah di Asia selama beberapa tahun berturut-turut oleh World Travel Awards.

Kolam renang ini berukuran 25 meter persegi. Menariknya kolam renang ini menghadap ke Samudera Hindia sehingga para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan yang indah.

Kolam Renang Termahal di Dunia 10 Sarojin Resort - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Lihat Bagaimana Megahnya 15 Hotel Termahal Di Dunia!]

 

Berencana di buka pada desember tahun 2004, namun sayangnya resort bernilai jutaan dolar ini hancur akibat tsunami Asia dan harus dibangun kembali sepenuhnya.

Lalu, 8 bulan kemudian dibuka kembali dan berhasil menarik pengunjung kembali ke wilayah tersebut.

 

#2 Kitchukov Family Pool

Kota Gilbert, Ariz adalah rumah bagi kolam renang pribadi paling mewah di Amerika. Kolam renang ini dibangun oleh Red Rock Contractors yang hanya membutuhkan waktu selama 5 bulan saja.

Biaya yang dihabiskan adalah US$1 juta (Rp14,5 miliar). Kolam ini dilengkapi dengan air terjun, air mancur, dan seluncuran sepanjang 4,5 meter.

Kolam Renang Termahal di Dunia 11 Kitchukov Family Pool - Finansialku

[Baca Juga: 20 Restoran Unik yang Ada di Dunia, Salah Satunya Ada Di Indonesia Lho!]

 

Salah satu fitur yang paling menarik dari kolam renang ini adalah sistem kontrolnya. Keluarga dapat mengontrol operasi kolam renang dari mana saja menggunakan ”Screen Logic”.

Sistem ini dapat mengubah suhu kolam renang dari jauh, mengubah warna pencahayaan, dan bahkan bisa memanaskan jacuzzi.

Program ini dapat diakses menggunakan koneksi internet manapun atau menggunakan aplikasi di iPhone.

 

#1 City of Stars

Pembangun Sal Alfonso del Mar, yaitu Crystal Lagoons membangun kolam renang yang paling besar di dunia.

Crystal Lagoons menggunakan teknologi penyaringan yang dipatenkan untuk membangun kolam renang tersebut. 

Usaha ini terletak di Sharm el Sheikh, Mesir, dan dibuka pada akhir 2009. Kolam renang ini berukuran lebih dari 8,5 hektar.

Kolam Renang Termahal di Dunia 12 City of Stars - Finansialku

[Baca Juga: 12 Daun Teh Termahal di Dunia yang Harganya Fantastis Luar Biasa]

 

Kolam ini adalah bagian dari resort City of Stars dan dikelilingi oleh lebih dari 30.000 kondominium dan kamar hotel. Penghuni tempat tersebut dapat berenang atau bahkan berlayar menggunakan perahu di kolam ini.

Kolam ini menghabiskan biaya lebih dari US$5,5 miliar (Rp79,75 triliun). Wow, angka yang fantastis kan?

Namun, Crystal Lagoons tidak berhenti sampai disini saja.

Ia juga mengerjakan proyek kolam renang di Teluk Soma, sebelah selatan Kairo. Kolam Teluk Soma akan menampilkan 18 laguna yang saling terhubung yang berukuran lebih dari 12 hektar.

Harga yang diperkirakan mencapai US$12 miliar (Rp174 triliun).

Kolam Renang Termahal di Dunia 13 Soma Bay Pool - Finansialku

[Baca Juga: 10 Resort Ski Termewah di Dunia untuk Liburan Musim Dingin Anda dan Keluarga]

 

Yang Mana Kolam Renang Termahal di Dunia Favorit Anda?

Setelah mengetahui top 10 kolam renang termahal di dunia. Yang mana yang menjadi favorit Anda? Apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya?

Jika berminat mengunjunginya, tentunya Anda harus menyiapkan budget yang besar terlebih dahulu ya.

 

Jadi kolam renang yang mana yang menjadi favorit Anda? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah disediakan. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Bambi Turner. 8 September 2009. 10 Most Expensive Pools. Howstuffworks.com – https://goo.gl/jgLDGs

 

Sumber Gambar:

  • Kolam Renang Termahal di Dunia 01 – https://goo.gl/QfJrdu
  • Kolam Renang Termahal di Dunia 02 – https://goo.gl/nHPy6R
  • Kolam Renang Termahal di Dunia 03 San Alfonso del Mar – https://goo.gl/LEH9yB
  • Kolam Renang Termahal di Dunia 04 Seagaia Ocean Dome – https://goo.gl/q3uDdZ
  • Kolam Renang Termahal di Dunia 05 Nemo 33 – https://goo.gl/519T7Q
  • Kolam Renang Termahal di Dunia 06 Hearst Castle – https://goo.gl/iatKZM
  • Kolam Renang Termahal di Dunia 07 Lev Leviev Residence – https://goo.gl/SuATnB
  • Kolam Renang Termahal di Dunia 08 Gellert Thermal Baths – https://goo.gl/c5CRuu
  • Kolam Renang Termahal di Dunia 09 Umaid Bhawan Palace – https://goo.gl/EAPfNn
  • Kolam Renang Termahal di Dunia 10 Sarojin Resort – https://goo.gl/FjpV8w
  • Kolam Renang Termahal di Dunia 11 Kitchukov Family Pool – https://goo.gl/ezhyCQ
  • Kolam Renang Termahal di Dunia 12 City of Stars – https://goo.gl/gqmw6x
  • Kolam Renang Termahal di Dunia 13 Soma Bay Pool – https://goo.gl/RxNgD5
Summary
Top 10 Kolam Renang Termahal di Dunia! Mana Favoritmu?
Article Name
Top 10 Kolam Renang Termahal di Dunia! Mana Favoritmu?
Description
Apakah Anda tahu apa kolam renang termahal di dunia? Dimanakah letak kolam renang termahal itu? Untuk mengetahuinya mari kita simak!
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo