Kontribusi adalah kata yang sebenarnya memiliki makna lebih luas daripada sekadar uang iuran dan sumbangan.

Berikut akan Finansialku bahas pengertian kontribusi menurut para ahli beserta manfaat dan contohnya dalam berbagai aspek. Yuk, simak!

 

Summary:

  • Dengan berkontribusi akan memberikan banyak manfaat, mulai dari membangun relasi sampai membuat seseorang lebih bahagia.
  • Contoh penerapan kontribusi bisa dilakukan dalam berbagai aspek, seperti lingkungan pekerjaan, masyarakat, dan organisasi.

 

Pengertian Kontribusi Menurut Ahli

Menurut Kamus Besar Bahasa Indoensia (KBBI), kontribusi adalah uang iuran (kepada perkumpulan dan sebagainya) dan sumbangan.

Namun, kontribusi sebenarnya tidak sebatas hanya pada uang iuran atau sumbangan.

Kata kontribusi berasal dari Bahasa Inggris contribute, contribution, yang artinya keikutsertaan, keterlibatan, melibatkan diri, maupun sumbangan.

Menurut Merrian-Webster, kontribusi memiliki arti untuk memberi atau memasok (sesuatu, seperti uang atau waktu) sebagai bagian atau berbagi.

 

Selain itu, Merriam-Webster juga menyebutkan kontribusi berarti untuk memasok (sesuatu, seperti artikel) untuk publikasi, dan untuk memainkan peran penting dalam membuat sesuatu terjadi.

Dari sumber yang sama, kontribusi memiliki arti sebagai bentuk tindakan berkontribusi, sesuatu yang disumbangkan, dan pembayaran (seperti retribusi atau pajak).

Selain pengertian tersebut, terdapat sejumlah pengertian kontribusi menurut para ahli seperti berikut ini.

 

#1 Yandianto

Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia (2000:282), Yandianto menjelaskan kontribusi sebagai uang iuran pada perkumpulan, sumbangan.

Pengertian tersebut mengartikan kontribusi ke dalam lingkup yang lebih sempit, yaitu kontribusi sebagai bentuk bantuan yang individu/kelompok keluarkan dalam bentuk uang atau sokongan dana.

 

#2 Soerjono Soekanto

Pengertian kontribusi menurut Soerjono Soekanto dalam Sosiologi Suatu Pengantar (2006), adalah sebagai berikut:

“Kontribusi adalah bentuk iuran uang atau dana, bantuan tenaga, bantuan pemikiran, bantuan materi, dan segala macam bentuk bantuan yang kiranya dapat membantu suksesnya kegiatan pada suatu forum, perkumpulan, dan lain sebagainya.”

 

#3 Dany H

Menurut Dany H dalam Kamus Ilmiah Populer (2006:264), kontribusi merupakan uang sumbangan atau sokongan.

 

#4 Hidayatullah Arief

Sementara itu, Hidayatullah Arief (2011) mengartikan kontribusi sebagai segala sesuatu yang seseorang terima setelah melakukan berbagai usaha yang memberi dampak masukan sumber daya (benda) maupun uang.

 

#5 T. Guritno

Menurut T. Guritno (2000), kontribusi adalah sumbangan yang orang berikan sebagai upaya membantu kerugian atau membantu kekurangan terhadap hal yang dibutuhkan.

Hal ini bisa dilakukan secara bersama dalam membantu masyarakat yang terkena bencana.

[Baca Juga: Pengertian Cease and Desist (CDO), Jenis dan Contohnya, Catat!]

 

Manfaat Kontribusi

Kontribusi adalah wujud sumbangsih dalam bentuk pemikiran, kepemimpinan, kinerja, profesionalisme, finansial, dan lain sebagainya untuk tujuan bersama.

Memberikan kontribusi bagi sesama maupun lingkungan dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah sejumlah manfaat kontribusi yang bisa Anda rasakan:

 

#1 Melegakan dan Membuat Lebih Bahagia

Penelitian menemukan bahwa setelah melakukan perbuatan baik, orang mengalami kenaikan tingkat kebahagiaan. Jadi, berkontribusi terhadap sesuatu dapat membawa perasaan lega tersendiri.

Orang yang menjadi sukarelawan dan senang memberi bantuan akan memiliki hidup yang lebih bahagia.

Selain itu, orang yang memberi kontribusi akan memiliki penyesuaian hidup yang lebih baik, dan cenderung melihat hidup lebih bermakna.

 

#2 Membangun Relasi yang Baik

Hubungan akan lebih seimbang ketika tidak hanya fokus pada menerima. Kontribusi dan kebaikan dapat membantu merasa lebih terhubung dengan orang lain.

Bahkan selama konflik dan argumen, kebaikan dapat menyatukan orang, serta memperbaiki dan menyembuhkan keretakan.

[Baca Juga: Ingin Memiliki Relasi yang Luas? Bangun Komunikasi yang Baik dari Sekarang!]

 

#3 Lebih Sehat Secara Mental dan Fisik

Orang altruistik mengalami penurunan rasa putus asa, berkurangnya depresi, dan peningkatan harga diri.

Hal ini sangat masuk akal karena ketika Anda membantu dengan tulus dan penuh cinta, hampir tidak mungkin merasakan cemas dan stres.

Di sisi lain, banyak penelitian menunjukkan dampak positif bagi tubuh ketika Anda melakukan kebaikan, altruisme, dan kontribusi.

Beberapa di antaranya, yakni menurunkan tekanan darah tinggi, baik untuk jantung, mencegah sakit, lebih cenderung aktif, dan berolahraga secara teratur.

 

#4 Membuat Dunia Menjadi Tempat yang Lebih Baik

Kontribusi adalah salah satu upaya membuat dunia menjadi lebih baik.

Dengan meningkatkan kontribusi di kehidupan bertetangga, komunitas, keluarga, kota, negara, bahkan dunia bisa berdampak luas bagi kehidupan di masa depan.

 

#5 Memecahkan Masalah

Salah satu manfaat dari kontribusi adalah bisa memecahkan masalah, dan sering kali menjadi solusi sederhana untuk banyak konflik.

Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk berbuat baik kepada sesama dan lingkungan.

 

Contoh Kontribusi dalam Berbagai Aspek

Secara sederhana, kontribusi berarti sebagai sumbangsih, peran, atau keikutsertaan seseorang. Orang yang berkontribusi disebut sebagai kontributor.

Kontributor adalah orang yang melibatkan diri untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas suatu kegiatan.

Contoh kontribusi sendiri bisa kita temukan dalam berbagai aspek kehidupan untuk meningkatkan efektivitas hidup seseorang.

 

#1 Kontribusi dalam Pekerjaan

Sebagai pekerja, kontribusi positif sebaiknya Anda berikan kepada perusahaan. Pada umumnya, jenis kontribusi yang bisa Anda berikan adalah bersifat tindakan.

Hal ini berhubungan dengan kinerja, dan akan memberikan dampak yang baik bagi tempat di mana individu tersebut bekerja.

 

#2 Kontribusi dalam Bermasyarakat

Contoh kontribusi dalam bermasyarakat adalah bantuan dalam bentuk dana atau materi.

Hal ini sering kita temui ketika seseorang memberikan sumbangan, benda-benda, lalu diserahkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan untuk kepentingan bersama.

kontribusi adalah 1

Ilustrasi Donasi sebagai Kontribusi dalam Masyarakat. Sumber: Pixabay.com

 

Sebaiknya, Anda menganggarkan keuangan khusus untuk pengeluaran seperti ini. Supaya tidak mengganggu cash flow tetapi tetap bisa berbuat baik pada sesama.

Untuk membuat anggaran yang sesuai, ikuti panduannya dalam ebook gratis dari Finansialku Cara Membuat Anggaran dengan Tepat.

 

#3 Kontribusi dalam Organisasi

Ketika bergabung dalam suatu organisasi, maka kontribusi yang bisa Anda berikan adalah dalam bentuk pemikiran.

Pemikiran ini dapat berupa usulan atau pendapat yang bisa mengubah sesuatu menjadi lebih baik dan berdampak bagi anggota dan orang-orang di sekitarnya.

 

#4 Kontribusi dalam Ilmu

Ketika seseorang memiliki ilmu yang dapat mereka ajarkan kepada orang lain, maka ia berkontribusi dalam memberikan ilmu tersebut.

Orang tersebut juga berarti telah memberi dampak langsung pada kehidupan orang yang menerimanya. Sehingga kontribusi tersebut bermanfaat baginya.

Jika Anda ingin memberikan kontribusi ilmu seputar keuangan dan investasi, yuk, gali referensinya melalui berbagai tayangan di YouTube Finansialku. Salah satunya terkait saham berikut ini!

 

 

Berikan Kontribusi yang Baik Kepada Diri Sendiri

Kontribusi adalah kata yang memiliki kaitan dengan berbagai bidang. Oleh karena itu, bentuk-bentuk kontribusi bisa bermacam-macam.

Kontribusi juga berperan penting bagi seseorang yang ingin meningkatkan efisiensi dan efektivitas hidupnya.

Hal ini mereka lakukan dengan cara menajamkan posisi perannya, untuk kemudian menjadi bidang spesialis, agar lebih tepat sesuai dengan kompetensi.

Anda juga bisa berkontribusi untuk memberikan dampak positif bagi diri sendiri, lho.

Salah satu caranya adalah dengan membuat anggaran dana darurat sebagai proteksi keuangan saat menghadapi kondisi tak terduga.

Untuk membuat rencana dana darurat yang tepat, Anda bisa membaca ebook Cara Selamatkan Keuangan dari Pengeluarakan Dadakan.

Selain itu, konsultasikan juga dengan Perencana Keuangan Finansialku yang akan memberikan strategi perencanaan keuangan yang lebih matang.

Hubungi WhatsApp di nomor 0851 5866 2940 untuk informasi selengkapnya atau klik banner di bawah ini, sekarang!

konsul - PERENCANAAN KEUANGAN Q3 23

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian kontribusi beserta manfaat dan contohnya dalam berbagai aspek kehidupan.

Semoga informasinya bermanfaat bagi Sobat Finansialku. Jangan lupa bagikan artikel ini ke rekan-rekan kantor Anda yang juga ingin meningkatkan kontribusinya kepada perusahaan.

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi:

  • Mabruri Pudyas Salim. 19 Juli 2022. Kontribusi Adalah Sumbangsih, Ketahui Bentuk-Bentuk dan Manfaatnya. Liputan6.com- https://shorturl.at/FIQTU
  • Pengertian dan Istilah. 14 Juli 2023. Arti Kontribusi Menurut Ahli dan Manfaatnya. Kumparan.com – https://shorturl.at/nrFP1
  • Aditya Mardiastuti. 02 Agustus 2022. Pengertian Kontribusi Adalah: Ini Manfaat dan Pentingnya Kontribusi. Detik.com – https://shorturl.at/berC1
  • Ragam Info. 22 Oktober 2023. Pengertian dan 4 Contoh Kontribusi dalam Kehidupan. Kumparan.com – https://shorturl.at/gxNV7