Kesuksesan salah satunya ditandai dengan banyaknya relasi. Miliki relasi yang luas dengan membangun komunikasi yang baik dengan orang-orang di sekitar Anda.

Simak caranya yuk, selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Komunikasi yang Baik dan Efektif

Komunikasi yang efektif adalah komponen penting untuk menguasai kesuksesan. Dengan menguasai seni komunikasi, Anda akan meningkatkan setiap tingkat kinerja dalam hidup Anda.

Dalam setiap seminarnya, Jim Rohn sering mengatakan bahwa jika Anda hanya berkomunikasi, Anda hanya bisa bertahan. Tetapi jika Anda berkomunikasi dengan terampil, Anda dapat melakukan “berbagai keajaiban” dalam hubungan keluarga Anda, hubungan bisnis Anda, bahkan persahabatan Anda.

Apakah Gaya Berinvestasi Pria dan Gaya Berinvestasi Wanita Berbeda 01 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: TERBUKTI, 8 Cara Hidup Sukses di Usia Muda, Apakah Kamu Sudah Mulai Melakukannya?]

 

Manfaatkan setiap kesempatan untuk melatih keterampilan komunikasi Anda sehingga ketika kesempatan berharga muncul, Anda akan memiliki karunia, gaya, ketajaman, kejelasan dan emosi untuk memengaruhi orang lain.

Sekarang sebelum kita sampai ke pembahasan bagaimana berkomunikasi dengan cara yang efektif, ada beberapa dasar yang harus diletakkan dalam membangun komunikasi yang baik.

 

Cara Membangun Komunikasi yang Baik Ala Jim Rohn

Anda harus benar-benar berupaya dan secara konsisten untuk terus menanamkan dalam benak Anda, dan memasukkan ke dalam hati serta jiwa Anda tentang informasi berharga dari pengalaman hidup Anda.

Anda tidak dapat berbicara tentang apa yang tidak Anda ketahui.

Anda tidak dapat menghubungkan apa yang tidak Anda miliki.

Anda tidak dapat memberikan apa yang belum masuk dalam pikiran Anda.

Jadi kunci pertama untuk komunikasi yang baik adalah cara yang konsisten untuk mengumpulkan informasi, pengetahuan, pengalaman dan kemudian mengingatnya, menyimpannya, dan membuatnya selalu tersedia sehingga Anda dapat menggunakannya.

Dan sekali lagi, persiapan adalah kuncinya.

 

#1 Pertajam Rasa Ingin Tahu

Pertajam rasa ingin tahu Anda dan minat Anda dalam hidup bersama orang-orang di sekitar Anda. Kehidupan dan manusia adalah subjek yang utama.

Banyak orang mempertanyakan tentang hidup dan misteri kehidupan. Apa yang sedang terjadi di belahan bumi lainnya, bagaimana rasanya hidup di tempat yang selalu bersalju setiap saat meskipun saat musim panas sedang berlangsung, atau seperti apakah nantinya kehidupan setelah kematian?

Dasar Membangun Komunikasi yang Baik Ala Jim Rohn 2 Finansialku

[Baca Juga: Telah Dimulai! Bank Syariah Memproyeksi Sukuk Ritel SR-010 Akan Sukses]

 

Mungkin Anda juga mempertanyakan salah satunya. Ini adalah misteri kehidupan dan banyak orang mempertanyakannya dan akan terus mencari jawabannya.

Dan tentu saja, ada banyak kesamaan di tengah banyaknya perbedaan dimana orang-orang tentu ingin memiliki kehidupan yang semakin baik. Anda juga demikian, bukan?

Siapa yang tidak mau memiliki kehidupan yang semakin baik, semakin meningkat taraf hidupnya termasuk untuk masalah keuangan.

Semua orang pasti ingin berhasil dan mencapai impian mereka.

It's OK to Fail, Seperti Kata D'MASIV JANGAN MENYERAH 01 Sukses - Finansialku

[Baca Juga: Mewaspadai 3 Masalah Psikologis yang Dapat Merusak Aktivitas Trading Anda dan Diri Anda]

 

Mencatat arus keuangan setiap hari adalah salah satu langkah untuk mencapai keberhasilan dalam bidang finansial. Anda bisa tahu kemana saja uang Anda pergi dan membuat uang Anda semakin bermanfaat untuk setiap kebutuhan yang diperlukan.

Gunakan Aplikasi Finansialku untuk mencatat arus keuangan Anda setiap hari dengan lebih mudah dan praktis melalui gadget pintar Anda.

Selain mencatat keuangan setiap hari, Anda juga menikmati fitur lainnya seperti merencanakan dana membeli barang dan juga merencanakan liburan Anda bersama keluarga atau sahabat.

Manfaatkan free trial-nya untuk menikmati lebih lanjut setiap fitur Aplikasi Finansialku yang akan membantu Anda mencapai kesuksesan dalam finansial.

Jika Anda tertarik untuk berlangganan, Anda bisa langsung berlangganan selama 1 tahun untuk menghemat biaya registrasi dan juga mendapatkan keuntungan tambahan, yaitu mendapatkan kursus online gratis selama 1 tahun yang akan dipandu oleh Konsultan Perencana Keuangan Profesional Finansialku.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Ingin membangun komunikasi yang baik? Kuncinya adalah dengan mempertajam minat Anda dan ketertarikan Anda terhadap setiap segi, perilaku manusia, wilayah, negara budaya dan lain segala hal yang terkait dengan hal-hal itu.

Ketahui dan pelajari itu semua, setidaknya itu ada dalam perbendaharaan pengetahuan Anda sehingga Anda bisa mempersiapkan percakapan yang lebih menarik dengan orang lain.

Tambahkan pengalaman Anda yang menarik seputar apa yang Anda ketahui dan apa yang pernah Anda alami dan rasakan.

Dengan mempertajam rasa ingin tahu akan kehidupan dan juga manusia, Anda dapat membangun hubungan komunikasi dengan orang lain, orang yang baru saja Anda kenal, atau ketika Anda sedang merasa bosan di tengah perjalanan menuju kota tujuan, Anda bisa membuka dan membangun komunikasi yang baik dan efektif.

 

#2 Punya Rasa Ketertarikan

Mengapa orang harus mengumpulkan dana untuk hari tua? Kenapa makan durian terlalu banyak bisa mengakibatkan kolesterol? Bagaimana caranya bisa mengetik dengan 10 jari? Bagaimana caranya menambah keuntungan dalam bidang investasi? Investasi macam apakah yang menguntungkan dan merugikan di tahun ini?

Buat diri Anda tertarik dengan beberapa hal yang terutama sedang terjadi belakangan ini.

Biasanya, anak-anak yang memiliki ketertarikan yang luar biasa seperti ini dan nampaknya seringkali orang dewasa agak “terganggu” dengan setiap pertanyaan mereka. Tapi intinya, anak-anak punya ketertarikan untuk mengetahui banyak hal.

Dasar Membangun Komunikasi yang Baik Ala Jim Rohn 3 Finansialku

[Baca Juga: HR: Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan]

 

Simpan setiap pengalaman akan rasa ketertarikan dan juga pengetahuan Anda itu yang juga Anda alami dengan rasa emosi Anda. Dengan demikian, Anda akan bersiap untuk berbicara dan membagikan hal-hal tersebut dengan rasa ketertarikan dan cara pandang Anda ketika berkomunikasi.

Sebagai orang yang sudah dewasa, tentu ada banyak hal yang membuat Anda frustasi.

Mulailah untuk berpikir positif dan miliki rasa tertarik pada hal-hal yang menyenangkan daripada memberi makan rasa frustasi Anda yang membuat Anda semakin lelah.

Frustasi memikirkan dana pendidikan buah hati Anda? Kira-kira jika sekarang anak Anda sudah masuk TK, berapa uang yang harus dipersiapkan untuk uang kuliahnya nanti ya?

Tidak perlu frustasi ketika memikirkannya.

Anda dapat mempersiapkan dana pendidikan sang buah hati tanpa frustasi dengan E-Book Gratis Panduan Mempersiapkan Dana Pendidikan anak Anda dari Finansialku.

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

#3 Kepekaan

Dalam mempersiapkan sebuah komunikasi yang baik dan efektif, kita perlu memiliki kepekaan. Cobalah untuk lebih peka terhadap situasi kondisi atau keadaan orang lain dengan menempatkan diri Anda di posisi orang lain.

Rasakan apa yang Anda rasakan ketika Anda sedang mengalami kebangkrutan. Apa yang ada dalam benak Anda ketika Anda sedang dikejar-kejar oleh debt collector? 

Atau sebaliknya, Anda sedang menikmati setiap kerja keras dari investasi Anda dengan berlibur ke luar negeri, ke sebuah pantai yang sangat indah dan perjalanan traveling yang Anda mimpikan bersama dengan keluarga atau pasangan Anda.

 

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Anda juga bisa melatih kepekaan dengan merasakan bagaimana seseorang sedang marah ketika merasakan kekecewaan yang tak tertahankan.

Ketahui bagaimana Anda harus mempergunakan setiap “perasaan” tersebut seperti ketika ada teman Anda yang sedang membutuhkan teman untuk bercerita karena sakit hati ditinggalkan sang kekasih, atau ketika mereka belum mendapatkan kesempatan untuk bisa naik jabatan dan lain sebagainya.

Kapan Anda harus turut bahagia dan mengutarakan sukacita Anda dan ketika And harus turut merasakan kesedihan dengan mereka yang sedang kecewa dan memerlukan motivasi Anda.

Rasa simpatik dan empati, itu adalah sebuah soft skill dari sebuah strategi dalam membangun komunikasi dengan orang lain.

Tingkatkan rasa simpati dan empati Anda dengan rasa peka terhadap orang lain. Bangun jembatan hubungan dengan komunikasi yang efektif melalui kepekaan Anda.

Anda bisa memberikan rasa simpati Anda kepada teman yang sedang mengalami kesulitan dalam pengaturan dan perencanaan keuangan dengan memberikan E-Book Perencanaan Keuangan yang dapat Anda download secara gratis dari Finansialku berikut ini:

 

Dengan E-Book di atas, Anda bisa membuka komunikasi yang baik dan memperlihatkan rasa simpati Anda kepada orang yang membutuhkan.

 

#4 Isi Diri Dengan Pengetahuan

Diri Anda layaknya sebuah danau besar yang harus terus diisi air dan mengalirkannya ke beberapa sungai-sungai kecil di sekitar Anda.

Ini layaknya pengetahuan yang tak pernah ada habisnya untuk dipelajari dan dibagikan kepada orang lain melalui sebuah komunikasi yang menarik.

Terus isi diri Anda dengan berbagai pengetahuan, rasa ingin tahu yang tinggi akan memberikan pintu yang terbuka lebar bagi Anda terhadap segala jenis pengetahuan.

Buat diri Anda terbuka dengan berbagai ide, pendapat, disamping Anda sendiri perlu memiliki prinsip hidup yang tak tergoyahkah untuk hal-hal tertentu yang bersifat prinsip bagi Anda.

Isi diri Anda dengan berbagai pengetahuan tentang cara berinvestasi dan memiliki kebebasan keuangan dengan mempelajari dengan saksama E-Book Panduan Berinvestasi dari Finansialku berikut ini untuk membantu Anda dalam berinvestasi:

 

#5 Perhatikan Kecepatan dan Kata-kata yang Tidak Penting

Ketika Anda merasa senang, atau ketika Anda gugup, sangat mudah untuk berbicara terlalu cepat. Anda memiliki banyak hal untuk dikatakan dan Anda mencoba untuk mengatakan semuanya itu, sehingga kata-kata itu secara alami datang kepada Anda dalam aliran yang konstan.

Tanpa sadar beberapa orang takut dengan kondisi “hening” dan situasi menjadi kaku sehingga mereka berusaha berbicara dengan cepat untuk menutupi jeda singkat yang mungkin terjadi.

Dasar Membangun Komunikasi yang Baik Ala Jim Rohn 4 Finansialku

[Baca Juga: Pasangan Baru, Lakukan Kiat Sukses Mengatur Keuangan Sebelum dan Setelah Menikah]

 

Jauh lebih baik untuk berbicara perlahan. Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan pilihan kata-kata Anda; Anda dapat menggunakan jeda untuk menambahkan penekanan pada beberapa kata penting dalam kalimat yang Anda ucapkan, dan yang terpenting, Anda akan tampil sebagai orang yang jauh lebih percaya diri dan terkendali.

Bangun komunikasi Anda dengan menyadari kecepatan dalam berbicara dan pastikan Anda dalam kondisi yang relaks dan tenang saat sedang mengkomunikasikan maksud Anda kepada lawan bicara Anda.

Selain itu, banyak orang yang juga tidak menyadari memberikan beberapa tambahan kata yang sebetulnya tidak perlu, seperti, “eee…. hmmmm…..” dan memanjangkan beberapa suku kata. Ini biasanya terjadi ketika seseorang tidak siap untuk mengatakan sesuatu atau bahan pembicaraan di dalam kepala tiba-tiba “menghilang”.

Jangan biarkan kata-kata tambahan tersebut mendominasi setiap kalimat yang Anda komunikasikan. Pertajam daya ingat Anda, pelajar banyak hal dengan cara membaca dan menonton berbagai tayangan yang memberi banyak inspirasi agar Anda siap untuk melakukan komunikasi.

 

#6 Perhatikan Cara Anda dalam Berbicara

Banyak orang tidak menyadari saat mereka berbicara, mereka melakukan sesuatu yang terkadang mengganggu lawan bicara, seperti mengerak-gerakkan kaki, mengetuk-ngetuk meja dengan jari, atau mereka tidak sadar melihat ke arah lain dan tidak melihat mata sang lawan bicara.

Secara umum, ini adalah sikap yang tidak sopan dan tidak menghargai lawan bicara, namun mereka tetap melakukannya karena tidak menyadarinya.

Jika perlu, Anda bisa berbicara dengan teman Anda dan minta mereka untuk memberikan nasihat tentang cara Anda berbicara. Apa saja masukkan darinya tentang kekurangan yang perlu mendapatkan perhatian khusus untuk adanya perubahan dalam cara Anda berkomunikasi.

 

Bertele-tele adalah Ciri Komunikasi yang Buruk

Bertele-tele adalah indikasi kegugupan, dan itu sangat tidak baik dalam sebuah komunikasi.

Jangan biarkan kebiasaan buruk ini menjadi lebih baik dari Anda. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah melalui latihan berkelanjutan.

 

Apakah Anda memiliki tips lainnya dalam membangun komunikasi yang baik?

Bagikan opini Anda melalui kolom di bawah ini.

Anda juga bisa membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam perencanaan keuangan pribadi, keluarga atau bisnis, Anda dapat menghubungi Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Jkrampe. 30 Agustus 2017. How to Speak Well… and Listen Better. Success.com – https://goo.gl/jrtrnA
  • Jim Rohn. 9 Juli 2018. The 4 Building Blocks of Good Communication. Jimrohn.com – https://goo.gl/ne8AUi
  • Jayson DeMers. 9 Juni 2015. 5 Common Mistakes You Make in a Conversation. Success.com – https://goo.gl/PtC4MB

 

Sumber Gambar:

  • Dasar Membangun Komunikasi – https://goo.gl/96Y4Ci
  • Dasar Membangun Komunikasi 2 – https://goo.gl/M6nT9z
  • Dasar Membangun Komunikasi 3 – https://goo.gl/pYyTyD
  • Dasar Membangun Komunikasi 4 – https://goo.gl/7AY3CR
Summary
Ingin Memiliki Relasi yang Luas? Bangun Komunikasi yang Baik dari Sekarang!
Article Name
Ingin Memiliki Relasi yang Luas? Bangun Komunikasi yang Baik dari Sekarang!
Description
Kesuksesan salah satunya ditandai dengan banyaknya relasi. Miliki relasi yang luas dengan membangun komunikasi yang baik dengan orang-orang di sekitar Anda.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo