Apakah Anda seorang PNS yang belum memiliki rumah? Apakah Anda ingin membeli rumah dengan KPR yang murah?

Membeli rumah memang sudah menjadi impian semua orang. Tetapi dengan harga rumah yang cukup tinggi membuat kita semakin sulit membelinya. Untungnya, untuk Anda seorang PNS ada KPR murah yang bisa diajukan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Perkara Membeli Rumah dan PNS

Jika Anda adalah seorang PNS yang baru saja diterima, tentu saja gaji atau pendapatan Anda tidak sebesar seorang PNS yang sudah bekerja di atas 5 tahun bahkan 10 tahun.

Dengan gaji yang masih kecil dan umur Anda yang masih muda pun tentu saja Anda memiliki banyak keinginan yang ingin terwujud. Salah satunya adalah dengan membeli rumah.

Mengajukan KPR Murah Bagi Para PNS yang Belum Memiliki Rumah 02 KPR 2 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Beli Rumah Impian Minimalis, Ketahui Perhitungan Simulasi KPR]

 

Seperti yang kita tahu, harga rumah apalagi di kota-kota besar sudah cukup mahal. Apalagi jika kita menginginkan rumah yang berada di jalan yang besar sehingga mempermudah akses kita.

Tetapi dengan gaji Anda yang masih belum seberapa dan pasti jika mengambil KPR pun belum tentu Anda bisa membayarnya dengan tipe rumah yang seperti itu.

Pasti Anda menyiasati dengan membeli rumah yang mungkin tidak berada di daerah kota. Harganya pun sudah dipastikan lebih murah daripada rumah yang berada di tengah kota.

Mungkin Anda bisa mendapatkan rumah dengan luas tanah yang besar dengan harga rumah yang jauh lebih murah daripada rumah di kota besar.

Permasalahannya adalah, ketika status Anda masih CPNS atau bahkan baru diangkat jadi PNS, gaji Anda pun masih terbatas.

Tetapi jika Anda menunggu waktu yang tepat saat uang Anda sudah terkumpul, belum tentu harga rumah yang Anda inginkan pun masih sama. Pasti juga, Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan uangnya.

Apalagi ketika Anda sudah mulai berkeluarga, selain pengeluaran Anda bertambah, menabung untuk membeli rumah secara tunai pun  menjadi cukup sulit.

Maka, tidak jarang juga kita menemui orang yang membeli rumah dengan menggunakan KPR.

Keuntungan dari KPR ini adalah Anda bisa memiliki rumah lebih cepat daripada Anda menunggu tabungan Anda cukup untuk membelinya secara tunai.

KPR ini sendiri bisa Anda ajukan di Lembaga perbankan yang memiliki kemudahan dalam pengajuan kreditnya.

PNS juga bisa mendapatkan bantuan uang muka dan bantuan tabungan perumahan untuk meringankan biaya selama KPR berlangsung.

 

Perbankan Dukung Program Pemerintah

Salah satu perbankan BUMN mendukung sebuah program pemerintah mengenai penyediaan sejuta rumah yang diperuntukkan terutama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI maupun POLRI.

Bank yang mendukung program tersebut adalah bank Mandiri.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri, Donsuwan Simatupang pun mengatakan bahwa per September 2018 lalu, nilai dana yang disalurkan untuk program KPR bagi ASN dan TNI/POLRI sudah mencapai sekitar Rp700 miliar.

Donsuwan pun menambahkan bahwa saat ini, per September yang sudah disalurkan oleh bank mandiri sebesar Rp700 miliar untuk ASN dan TNI/POLRI di seluruh Indonesia.

Selain itu, bank mandiri memang telah mempersiapkan produk untuk penyediaan rumah murah baik bagi ASN dan TNI/POLRI.

Mulai dari mempermudah dalam pengajuan down payment (DP) atau uang muka, memperpanjang jangka waktu hingga angsuran.

Donsuwan pun mengatakan bahwa perbankan sudah siap. Berapa kesiapan dana, itu tidak terbatas selama demand masih ada.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Khalawi AH, mengapresiasi langkah baik Bank Mandiri yang sudah lebih dulu memenuhi kebutuhan kepemilikan rumah ini.

Khalawi pun mengaku bahwa pemerintah saat ini memang kesulitan dalam merealisasikan penyediaan rumah bagi ASN dan TNI/POLRI.

Selain itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pun menyusun untuk ASN dan TNI/POLRI yang belum memiliki rumah dan susah mendapatkan rumah.

Dari Kementerian PUPR dan Menteri Keuangan sedang menyusun sebuah skema yang akan mempermudah ASN maupun TNI/POLRI untuk memiliki rumah, salah satunya mungkin FLPP diperluas.

Maka dari itu, Khalawi mengharapkan ketersediaan dan bantuan dari para stakeholders, baik dari perbankan maupun pengembang properti untuk turut membantu merealisasikan pembangunan perumahan ini.

Khalawi pun menambahkan, sejauh ini negara hanya mampu merealisasikan perumahan secara langsung maksimal 30% dari kebutuhan yang ada.

 

Yuk Rencanakan Rumah Pertama Kamu

Dengan adanya kemudahan sebagai ASN maupun TNI/POLRI untuk membeli rumah, sudah seharusnya Anda mempersiapkan dana untuk membeli rumah.

Salah satu cara untuk merencanakan biaya rumah Anda adalah dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Jika Anda belum memiliki Aplikasi Finansialku, Anda dapat download melalui link di bawah ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Jika Anda sudah memiliki Aplikasi Finansialku, maka Anda tinggal login dan langsung klik rencana keuangan di dashboard utama saat Anda membuka Aplikasi Finansialku.

Mengajukan KPR Murah Bagi Para PNS yang Belum Memiliki Rumah 03 - Finansialku

Dashboard utama Aplikasi Finansialku

 

Setelah klik rencana keuangan, lalu klik tanda tambah dan klik dana membeli rumah. Saat Anda berada di menu dana membeli rumah, Anda akan diberi sebuah form yang harus Anda isi.

Mengajukan KPR Murah Bagi Para PNS yang Belum Memiliki Rumah 04 - Finansialku

Dana membeli rumah pada menu Rencana Keuangan

 

Sebelum mengisi form tersebut, pastikan Anda sudah tahu berapa harga rumah yang akan Anda beli, kemudian tulislah di form tersebut.

Selanjutnya, Anda mengisi uang muka yang akan Anda bayarkan, semakin kecil DP yang Anda berikan maka cicilannya pun akan semakin besar. Semakin besar DP yang Anda berikan, maka cicilannya pun akan semakin kecil.

Aturan di perbankan sendiri, memiliki aturan DP minimal adalah sebesar 15% dari harga rumah. Tentukan juga berapa lama Anda akan membelinya, 5 tahun? 10 tahun atau berapa tahun? Yang kemudian dikalikan dengan 12 bulan.

Jika Anda memiliki dana yang tersedia, maka tulislah berapa dana yang tersedia. Jika tidak, maka kosongkan saja.

Selanjutnya adalah ketahui inflasi rumah, caranya mudah, bandingkanlah harga rumah tahun lalu dengan harga rumah tahun sekarang.

Mengajukan KPR Murah Bagi Para PNS yang Belum Memiliki Rumah 05 - Finansialku

Dana membeli rumah pada menu Rencana Keuangan

 

Selanjutnya, tentukanlah hasil investasi yang diharapkan, apakah 10%, 15% atau 20%. Sesuaikan dengan pengetahuan Anda mengenai investasi yang akan Anda lakukan dan jangka waktu investasi Anda.

Anda pun perlu menentukan bunga KPR, tanyakanlah ke bank yang ingin Anda tuju, biasanya bunga KPR berkisar di 10 hingga 12 persen. Tentukan juga berapa lama Anda akan mengambil KPR, 10 tahun? 15 tahun?

Langkah terakhir adalah Anda tinggal klik hitung dan nanti akan muncul sebuah kesimpulan mengenai berapa yang harus Anda tabung untuk memenuhi DP Anda dan perkiraan cicilan yang harus Anda bayarkan.

Mengajukan KPR Murah Bagi Para PNS yang Belum Memiliki Rumah 06 - Finansialku

Kesimpulan Hasil Rencana Keuangan: Dana membeli rumah

 

Mudah bukan merencanakan biaya untuk membeli rumah ? Pastikan Anda juga sudah tahu mengenai investasi yang akan Anda lakukan. Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai rencana biaya rumah ini, Anda bisa tanyakan ke perencana keuangan di Finansialku.

 

Rencanakan Rumah Pertama Mu, Mulai dari Sekarang!

Tidak ada salahnya dengan merencanakan biaya untuk membeli rumah pertama Anda mulai dari sekarang.

Supaya Anda tahu berapa sih yang seharusnya Anda tabung, karena setiap individu pasti memiliki kebutuhan menabung yang berbeda.

Jika Anda ingin mengetahui rencana keuangan lainnya yang bisa Anda lakukan, Anda bisa membaca ebook mengenai perencanaan keuangan untuk usia 20 tahun di bawah ini secara gratis.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui mengajukan KPR Murah bagi para PNS yang belum memiliki rumah.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui mengajukan KPR Murah bagi para PNS yang belum memiliki rumah. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Ranny Virginia Utami. 17 November 2018. Hai PNS! Belum Punya Rumah, Ini Ada KPR Murah. Cnbcindonesia.com https://goo.gl/a4FmoC

 

Sumber Gambar:

  • KPR – https://goo.gl/b1JtTp
  • KPR 2 – https://goo.gl/MLhtYW