Direktorat Jenderal Pajak membuka layanan call center Kring Pajak yang akan menangani keluhan, pertanyaan maupun pengaduan wajib pajak seputar perpajakan.

Anda mengalami masalah dengan urusan perpajakan dan belum mendapatkan solusinya? Yuk simak informasinya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apa itu Kring Pajak?

Kring Pajak didirikan sebagai wujud dukungan terhadap terbitnya Instruksi Presiden Nomor 03 Tahun 2006 tentang Paket Kebijakan Iklim Investasi.

Selain itu, kring pajak dibentuk sebagai upaya Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam menciptakan keterbukaan mengenai informasi perpajakan kepada wajib pajak dan masyarakat lainnya.

Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor PER-22/PJ/2014 menjelaskan layanan ini lantas dipublikasikan sebagai Kring Pajak 1500200.

Kring Pajak, Layanan Call Center Untuk Kemudahan Urusan Perpajakan 02 Kring Pajak 2 - Finansialku

[Baca Juga: Online Pajak, Platform yang Mempermudah Wajib Pajak Dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan]

 

Secara hierarki, layanan Kring Pajak berada di bawah Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan (KLIP) Direktorat Jenderal Pajak.

Kring Pajak didirikan pada bulan Januari 2008, namun masih belum sempurna dikarenakan jumlah petugas yang masih relatif sedikit.

Tahun 2012 kring pajak mengalami perkembangan dengan pembagian job desc yang jelas dan kuantitas serta kualitas para agensi (sebutan untuk orang yang menjawab di telepon).

Selain itu, ditunjang dengan berdirinya unit kerja yang khusus “Layanan Informasi dan Pengaduan/KLIP” yang menangani penyampaian informasi dan pengaduan dari wajib pajak.

 

Apa Saja Layanan yang Disediakan Kring Pajak?

Kring pajak menyediakan berbagai layanan mengenai informasi pajak.

Wajib pajak atau masyarakat dapat menanyakan berbagai pertanyaan seputar pajak seperti Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) hingga Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Selain itu, kring pajak juga melayani berbagai pertanyaan dan pengaduan dari wajib pajak.

Kring Pajak, Layanan Call Center Untuk Kemudahan Urusan Perpajakan 03 Kring Pajak 3 - Finansialku

Panduan IVR

 

Kring pajak menyediakan beberapa macam pelayanan, diantaranya:

 

#1 Layanan Inbound dan Outbound

Layanan inbound mencakup informasi, layanan pengaduan, dan berkomunikasi langsung dengan agen. Sedangkan layanan outbound meliputi layanan panggilan keluar.

Kring pajak 1500200 dibentuk sebagai wujud pemberian layanan untuk memudahkan wajib pajak dalam mendapatkan informasi maupun pengaduan seputar perpajakan.

Hanya dengan menekan 1500200 Anda bisa mendapatkan solusi terkait masalah perpajakan yang Anda hadapi. Bagi yang menggunakan handphone bisa dengan ditambahkan kode area 021.

Sementara itu, layanan berbicara dengan agen kring pajak 1500200 dapat Anda lakukan mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Diluar jam tersebut, wajib pajak akan dilayani oleh mesin Interactive Voice Response yang siap melayani selama 24 jam penuh.

Mesin tersebut memberikan layanan terkait dengan Kurs Pajak, Informasi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), informasi Surat Pemberitahuan (SPT), dan informasi lainnya.

 

#2 Layanan Kring Pajak Online

Selain layanan 500200, kring pajak dapat diakses secara online. Langkah yang harus diikuti untuk menikmati layanan kring pajak secara online, diantaranya:

  • Pertama, Anda harus mengunjungi web pajak.go.id.
  • Setelah masuk ke halaman web, lakukan pendaftaran akun dengan mengisi data diri Anda secara lengkap dan benar.
  • Beberapa saat setelah registrasi, DJP akan mengirimkan link aktivasi melalui email. Lalu, klik link tersebut untuk mengaktifkan akun Anda.
  • Selanjutnya, Anda bisa login di web pajak.go.id.
  • Di kolom pengaduan, sampaikan keluhan Anda atau pertanyaan secara jelas. Jika disetujui, server akan mengirim nomor tiket pengaduan ke email Anda.
  • Untuk menelusuri status pengaduan, masukkan tiket yang Anda terima melalui email tersebut.  

 

#3 Layanan Live Chat Kring Pajak

Kring pajak juga menyediakan layanan Live Chat. Layanan tersebut bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi langsung dengan agen melalui chat.

Live Chat disediakan untuk memberikan fasilitas berupa informasi peraturan perpajakan yang berlaku dan tarif pajak terbaru.

Melalui aplikasi tersebut, Anda juga bisa mengajukan pertanyaan dan keluhan terkait dengan masalah pajak yang Anda hadapi.

Kring Pajak, Layanan Call Center Untuk Kemudahan Urusan Perpajakan 04 Live Chat - Finansialku

[Baca Juga: Memahami Apa Itu Kurs Pajak]

 

Layanan Live Chat dapat digunakan setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Untuk berkomunikasi dengan customer service, cukup masukkan nomor identitas di kolom yang disediakan. Kemudian, klik “Start Chat” agar pesan Anda diterima oleh customer service.

Tak hanya fasilitas di atas, kring pajak juga menyediakan layanan lain melalui:

  • Faksimile (021- 584792)
  • Email (pengaduan@pajak.go.id)
  • Melalui surat ke alamat DJP atau datang langsung ke Kantor Direktorat Penyuluhan, Pelayanan & Hubungan Masyarakat (P2HM) Direktorat Jenderal Pajak.

 

Tips Menghubungi Kring Pajak

Kali ini Finansialku akan memberikan beberapa tips bagi Anda yang akan menghubungi kring pajak. Yuk simak apa saja tipsnya?

 

#1 Hafalkan Baik-baik Nomor NPWP Anda

Jika Anda sudah terhubung dengan kring pajak, Anda akan diberikan perintah untuk memilih antara sudah memiliki NPWP dan belum memiliki NPWP, setelah itu Anda akan terhubung langsung dengan officer.

Jika Anda sudah memiliki NPWP, maka Anda akan diberikan perintah untuk memasukkan nomor NPWP.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah mempunyai NPWP alangkah baiknya untuk mengingat nomor NPWP Anda karena jika Anda lama memasukkan nomor NPWP sambungan telepon akan langsung terputus.

 

#2 Jangan Menghubungi di Jam Buka Layanan Kring Pajak

Jam buka layanan kring pajak di mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Jangan pernah menghubungi kring pajak tepat pukul 08.00 WIB karena mereka tidak akan langsung merespon Anda.

Meskipun pukul 08.00 WIB semua pegawai kring pajak sudah masuk, tapi keberadaan mereka tidak dapat diketahui. Oleh karena itu, merupakan hal yang mustahil Anda bisa terhubung dengan kring pajak tepat pukul 08.00 WIB.

 

#3 Manfaatkan Sebaik-baiknya Apabila Anda Sudah Terhubung dengan Kring Pajak

Anda harus memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Pada kesempatan ini, Anda berhak menanyakan apapun terkait dengan pajak karena agen akan membantu anda dengan memberikan jawaban.

Pegawai kring pajak pada umumnya ramah, mereka akan memberikan solusi atas masalah perpajakan Anda.

 

Urusan Pajak Jadi Lebih Mudah dengan Adanya Kring Pajak

Jika saat ini Anda mengalami kesulitan dalam masalah perpajakan, maka masalah tersebut bisa diatasi hanya dengan menghubungi Kring Pajak. Kring Pajak memberikan solusi untuk setiap permasalahan yang Anda hadapi.

Mengalami masalah dalam urusan pajak akan menghambat Anda untuk menyelesaikan pekerjaan. Termasuk pekerjaan yang berkaitan dengan kewajiban pajak Anda. Oleh karena itu, Kring Pajak menjadi solusi yang tepat.

Apakah Anda sudah memiliki perencanaan keuangan yang tepat? Anda dapat membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS, agar rencana keuangan Anda dapat tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Anda juga bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda. Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Menurut Anda, apakah fasilitas Kring Pajak ini memudahkan Anda dalam menyelesaikan masalah perpajakan yang Anda hadapi? Berikan jawaban dan pendapat Anda pada kolom yang tersedia dibawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima Kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Surtan Siahaan. Mengenal Kring Pajak, Call Center Pelat Merah yang Raih Penghargaan Internasional. online-pajak.com – https://goo.gl/227K1v
  • Riza Alhusna. 15 November 2016. (TF) Tips Menghubungi Kring Pajak. Riza-alhusna.blogspot.com – https://goo.gl/7bdfUs

 

Sumber Gambar:

  • Kring Pajak 1 – https://goo.gl/BGgrRh
  • Kring Pajak 2 – https://goo.gl/x3PNrv
  • Kembar.pro – https://goo.gl/8EDtDQ
  • Kring pajak 3 – https://goo.gl/3V1MpQ
  • Live Chat – https://goo.gl/77kpKE