Direktorat Jenderal Pajak membuka layanan call center Kring Pajak yang akan menangani keluhan, pertanyaan maupun pengaduan seputar perpajakan.

Kenali inovasi Kring Pajak, untuk kemudahan dalam mengatasi masalah pajak Anda lewat artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Wajib Pajak

Pajak adalah iuran yang sudah semestinya menjadi hal wajib bayar bagi warga negara seluruh Indonesia. Pajak akan membiayai semua kebutuhan fasilitas umum.

Sebagai warga negara yang taat peraturan maka wajib bagi kita membayar pajak tanpa menunggak atau menipu jumlah pajak yang harus dibayar. Patuh pajak berarti mendukung pembangunan infrastruktur pemerintah yang ada.

Ada banyak bentuk nyata dari uang pajak yang kita bayarkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya berupa bangunan atau gedung maupun layanan umum.

Untuk itu, pemerintah mempermudah dalam pelayanan pembayaran pajak untuk para wajib pajak. Yang paling terkenal dan tren saat ini adalah penggunaan Kring Pajak. Semua tentang pajak dan komponennya ada di satu layanan ini.

 

Macam-Macam Layanan Yang Ada di Kring Pajak

Tidak semua layanan pajak dilayani pada layanan ini, hanya beberapa saja. Hal ini dikarenakan petugas pajak memerlukan berbagai data atau berkas yang harus dipenuhi oleh wajib pajak saat melakukan transaksi di tempat.

Layanan yang dapat dilakukan melalui Kring pajak adalah:

 

#1 Layanan Inbound dan Outbound

Layanan Inbound merupakan layanan yang dapat langsung berhubungan dengan agen Kring Pajak tentang informasi dan pengaduan. Sedangkan layanan outbound adalah layanan panggilan keluar.

Kedua layanan ini dapat diakses di nomor Kring Pajak 1500200 dengan menambahkan kode telepon area Anda berada.

 

#2 Layanan Kring Pajak Online

Kring Pajak di nomor 1500200 juga dapat diakses secara online yaitu dengan membuka website pajak.go.id lalu pengisian data diri yang mengharuskan Anda memasukkan email aktif untuk membuka link aktivasi.

Setelah semua prosedur terlampaui untuk registrasi, Anda dapat login dan pada kolom pengaduan silahkan menuliskan apa keluhan atau masalah yang Anda hadapi dengan pajak.

 

#3 Layanan Live Chat Kring Pajak

Layanan ini berupa chat antara wajib pajak dengan agen dari Kring Pajak. Layanan live chat ini memiliki tujuan memberikan informasi kepada wajib pajak tentang peraturan perpajakan terbaru dan tarif pajak terbaru. Anda dapat mengakses layanan live chat ini mulai pukul 08.00-16.00.

 

Langkah-Langkah Persiapan Sebelum Menghubungi Kring Pajak

Berikut adalah paparan singkat tentang langkah-langkah persiapan sebelum menggunakan layanan Call Center Direktorat Jenderal Pajak ini.

 

Langkah 1: Menghafalkan NPWP sendiri

NPWP atau Non Pajak Wajib Pajak merupakan hal pertama yang akan ditanyakan atau disertakan dalam pengurusan pajak.

Maka dari itu, wajib pajak harus menghafalkannya atau paling tidak menuliskannya pada buku catatan Anda sebelum menggunakan layanan ini. 

Kring Pajak, Layanan Call Center Untuk Kemudahan Urusan Perpajakan 03 Kring Pajak 3 - Finansialku

[Baca Juga: Online Pajak, Platform yang Mempermudah Wajib Pajak Dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan]

 

Ini berpengaruh pada pilihan di sistem telepon Kring Pajak. Jika Anda sudah memasukkan sebagai wajib pajak dengan NPWP maka setelah pilihan tersebut Anda harus memasukkan nomor NPWP Anda.

Terlalu lama dalam input nomor NPWP, sistem akan menutup otomatis panggilan telepon Anda.

 

Langkah 2: Menghubungi Kring Pajak Di Luar Jam Layanan

Ini penting diketahui wajib pajak karena meskipun tertera jam layanan adalah 8 pagi namun telepon yang masuk tidak akan diangkat.

Anda harus bersabar sampai sekitar satu jam dari waktu yang sudah ditentukan dan berusaha menghubungi layanan ini pada jam-jam lain.

 

Memanfaatkan Kesempatan Bertanya

Poin ini bertujuan agar wajib pajak yang Menghubungi Kring Pajak bertanya langsung tentang ketidaktahuan atau ketidakpahaman mereka atas pajak.

Petugas Pajak akan menjawab dan memberikan informasi maupun klarifikasi atas semua pertanyaan atau pernyataan yang diajukan wajib pajak.

Jadi, jangan sia-siakan kesempatan Anda, para wajib pajak, untuk berkeluh kesah atau sekedar mencari kebenaran informasi yang ada.

Petugas yang ramah dan sabar dari Kring Pajak bersedia membantu Anda selama hari dan kerja mereka.

Zaman serba digital ini telah dimanfaatkan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk lebih dekat dengan para wajib pajak dalam membantu menyelesaikan masalah mengenai perpajakan.

Cukup dengan akses 1500209, masalah pajak Anda akan selesai dengan mudah.

 

Jadi, apakah Anda siap untuk menggunakan layanan Kring Pajak? Jika ya, maka jangan lupa membagikan info terbaru ini pada sesama wajib pajak, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Surtan Siahaan. Mengenal Kring Pajak, Call Center Pelat Merah yang Raih Penghargaan Internasional. online-pajak.com – https://goo.gl/227K1v
  • Riza Alhusna. 15 November 2016. (TF) Tips Menghubungi Kring Pajak. Riza-alhusna.blogspot.com – https://goo.gl/7bdfUs

 

Sumber Gambar:

  • Pajak 1 – https://goo.gl/BGgrRh
  • Pajak 2 – https://goo.gl/x3PNrv
  • Kembar.pro – https://goo.gl/8EDtDQ
  • Pajak 3 – https://goo.gl/3V1MpQ
  • Live Chat – https://goo.gl/77kpKE