Kuliner Pekalongan ini, hukumnya wajib banget untuk kamu kunjungi! Kalau belum ke tempat makan Pekalongan ini, jamin bakal nyesel!

Daripada nyesel, ayok kita cobain…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Aneka Kuliner Pekalongan 

Kuliner Pekalongan tidak bisa dianggap biasa. Sajian makanannya beraneka yang lezat dan populer. Oleh karena itu, bagi yang mengaku pecinta kuliner atau travellers, tapi belum nyobain kuliner ini, kayaknya belum cocok deh disebut pecinta kuliner.

Nah dari pada predikat pecinta kuliner kamu diragukan, cobain langsung deh makanan Pekalongan ini.

Selain untuk pengalaman kuliner kamu sendiri, nyobain tempat makan Pekalongan ini juga bisa jadi salah satu kuliner favorit kamu nantinya.

Aneka kuliner Pekalongan ini, mulai dari makanan khas Pekalongannya maupun makanan seafood yang bakal bikin perut dan lidah ketagihan. Eits… masih beraneka macam loh, cobain sendiri!

 

Kuliner Pekalongan yang Bikin Ngiler

Buat Travellers… Kalau sudah di daerah Pekalongan, dan mau nyobain kulinernya, nah kali ini Finansialku akan membahasnya buat kalian. Makanan Pekalongan berikut ini:

 

#1 Nasi Megono

Makanan yang satu ini adalah ciri khasnya Pekalongan. Makanan ini memang memiliki citarasa yang unik dan lezat. Tempat makan Pekalongan ini pun tidak pernah terlihat sepi dari para pengunjung. Nasi megono banyak diminati oleh masyarakat.

Khas Pekalongan 1

[Baca Juga: Ini Nih Lokasi Kuliner Bandung yang Top Markotop]

 

Ini adalah sebuah makanan dengan menu irisan nangka muda dengan bumbu sambal kelapa. Rasa gurih dan pedas dari makanan ini, membuat nasi megono tidak boleh ketinggalan dalam wisata kuliner Anda. Aduh Bikin ngiler aja…

 

#2 Tauto Pekalongan, Tempat Makan Pekalongan

Selain menjadi yang populer, kuliner Pekalongan ini juga menjadi yang favorit bagi hampir sebagian orang. Disebut tauto Pekalongan, karena makanan ini adalah sejenis sop daging kuah kental dengan bumbu khas taoco.

Travellers, wajib cobain makanan yang satu ini. 

 

#3 Kuliner Pekalongan Pindang Tetel

Pindang tetel juga termasuk salah satu makanan khas Pekalongan yang juga populer. Makanan ini merupakan sejenis soto.

Namun, bedanya pindang tetel menggunakan kuah dari bumbu kuah yang dimasak dengan menggunakan buah pucung yang sudah matang.

Isiannya berupa tetelan daging dengan bumbu kluwak, serta bumbu standar lainnya seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar dan beberapa bumbu lainnya.

Makanan yang kalau sudah ada di lidah langsung lumer. Makanan ini nikmatnya nagih. Gak percaya? Yuk cobain Sendiri.

 

#4 Kuliner Pekalongan, Garang Asem

Satu lagi jenis kuliner Pekalongan populer yang banyak disukai, garang asem. Makanan merupakan jenis makanan berwujud sup berbumbu rempah dan juga daging sapi sebagai bahan utama.

 

#5 Mie So

Untuk makanan kali ini berwujud mie, diberi nama mie so. Sajian berupa kombinasi mie kuning dengan kulit melinjo, kerupuk pasir, keripik tempe yang dihancurkan, bakso, daun bawang serta kuah segarnya.

Khas Pekalongan 3

[Baca Juga: Jangan Salah! Ikuti 5 Langkah Memulai Bisnis Kuliner Berikut Ini]

 

Sekilas tampilannya mirip bakso kuah, tapi jika sudah dirasakan di lidah akan terasa sangat berbeda dan unik rasanya. Makanan yang satu ini juga wajib banget travellers cobain.

 

#6 Kluban Bothok

Beda lagi kuliner Pekalongan yang satu ini dengan kuliner sebelumnya. Makanan ini dominan menggunakan sayur segar. Kluban bothok merupakan makanan sejenis urap kelapa parut dengan bervariasi sayuran sebagai isinya.

Sayuran tersebut terdiri dari kol, kacang panjang, tauge, sayur bayam dan kangkung. Bahkan, uniknya makanan ini juga bisa disajikan dengan makanan khas lainnya yaitu pindang tetel.

Sangat nikmat disajikan pada saat momen seperti hari raya lebaran, bersama keluarga besar.

 

#7 Kopi Tahlil

Kuliner terakhir yang Finansialku bahas adalah minuman. Kopi tahlil. Kuliner ini juga termasuk kuliner favorit Pekalongan.

Kopi yang diseduh dengan rempah-rempah seperti jahe, kapulaga, cengkeh, kayu manis, pandan, serai dan pala. Rempahnya saja sudah sangat tidak biasa alias unik.


Menggugah selera, dan penasaran. Dulu, kopi ini hanya disajikan ketika acara tahlil. Tahlil sendiri adalah acara doa kepada arwah keluarga yang meninggal.

Namun, sekarang sudah banyak yang menjual kopi tahlil dalam kemasan maupun disajikan secara langsung untuk para wisatawan.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Untuk Mahasiswa

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

Lezatnya Kuliner Pekalongan

Travellers, kalau ke Pekalongan mampir ke tempat makan yang sudah kita bahas ya. Biar nyobain kulinernya Pekalongan. Di mana kuliner yang lezat akan kalian temukan.

Mungkin ada yang sudah menikmati beberapa kelezatan kuliner di atas, jadi kenapa gak cobain yang lain?

Untuk travellers, yang senang cicip sana cicip sini kuliner di seluruh daerah di nusantara. Nih… Finansialku punya video yang mungkin tertarik untuk kalian coba. Menghasilkan uang dari wisata kuliner, kok bisa? Tonton deh video ini.

 

 

Oke Finansialku sudah selesai membahas kuliner Pekalongan. Buat travellers, yang sudah pernah mencicipi beberapa makanan yang baru saja kita bahas boleh donk tulis pengalaman kalian di kolom komentar.

Dan silakan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian yang juga punya hobi travelling ya… Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Angga Panji W. 30 Juni 2018. 7 Kuliner Khas Pekalongan yang Lezat dan Pupoler. Cintapekalongan.com – https://bit.ly/2Vnnqmm

 

Sumber Gambar:

  • Khas Pekalongan 1 – https://bit.ly/3eBRnH7
  • Khas Pekalongan 2 – https://bit.ly/3dECG4G
  • Khas Pekalongan 3 – https://bit.ly/2VkXPdI